10 Rekomendasi Sampo Kucing agar Bulu Kucing Lebih Indah dan Lebat (2020)

10 Rekomendasi Sampo Kucing agar Bulu Kucing Lebih Indah dan Lebat (2020)

Kucing adalah hewan peliharaan yang wajib dirawat dengan baik. Agar bulunya tetap cantik, bersih, dan tidak mudah rontok, tentu saja kamu wajib memandikannya dengan rutin. Pilihlah sampo khusus untuk kucing karena minim bahan kimia. Hindari memakai sampo manusia untuk kucing karena dikhawatirkan ada bahan kimia yang bisa terjilat si kucing. Nah, cek rekomendasi dari kami, ya!

Meski Bisa Membersihkan Tubuhnya Sendiri, Kucing Wajib Dimandikan

Memiliki kucing di rumah tentu jadi hal yang menyenangkan. Kucing adalah hewan peliharaan yang manja dan tentunya bikin kita jadi terbebas dari stres saat kucing bermanja-manja dengan kita. Kucing wajib dirawat dengan baik agar ia bisa hidup dengan sehat dan terlihat bersih terawat.

Dalam merawat kebersihan kucing, tentu kita harus maksimal. Agar tubuh kucing tetap bersih dan bebas bau, kucing kita perlu dimandikan. Memang sih, kucing memiliki kemampuan alami untuk membersihkan dirinya dengan cara menjilati bagian tubuhnya sendiri. Air liur kucing bermanfaat sebagai pembersih alami yang bisa menghilangkan kotoran debu, minyak, dan bulu yang rontok.

Meski bisa membersihkan tubuhnya sendiri dengan air liur, namun tetap saja kucing perlu dimandikan. Ada beberapa kondisi yang membuat kucing wajib dimandikan. Salah satunya adalah jika ada sesuatu yang sangat lengket atau sesuatu yang berbahaya yang menempel di tubuh kucing seperti getah karet, minyak, cat, dan lain sebagainya. Jika sampi terjilat kucing tentu ia bisa keracunan.

Kondisi lain yang bisa membuat kucing harus dimandikan adalah jika kucing memiliki berat badan berlebih hingga ia kesulitan meliukkan tubuhnya untuk membersihkan diri. Kondisi lainnya adalah jika si kucing sudah berusia terlalu tua sehingga kesulitan untuk membersihkan diri sendiri.

Sebelum Membeli Sampo Kucing, Simak Tips Berikut!

Kenali Jenis-jenis Sampo Kucing

Jika ingin memandikan kucing, kamu perlu tahu bahwa kucing butuh sampo khusus. Nah, ada banyak sampo di pasaran untuk si kucing. Biar tidak salah pilih, kamu wajib tahu jenis-jenis sampo untuk kucing, loh. Secara umum ada 4 jenis sampo kucing, kenali perbedaannya berikut:

Pertama adalah jenis sampo untuk mayoritas kucing. Sampo yang satu ini hadir dengan bahan aktif berupa chlorhexidine dan climbazole. Adanya bahan aktif tersebut mampu menangani infeksi bakteri dan infeksi jamur pada kulit kucing. Bahan tersebut juga berfungsi untuk mengatasi aneka masalah kulit umum seperti gatal, iritasi, dan kekeringan. Jenis sampo yang umum ini kaya akan zat pelembab untuk mengurangi rasa gatal yang mengganggu.

Kedua, ada jenis sampo untuk mengatasi alergi. Sampo kucing jenis yang satu ini memiliki pelembap alami seperti oatmeal dan lidah buaya di dalamnya. Kandungan ini efektif untuk melembapkan kulit yang gatal dan kering. Selain itu biasanya sampo ini berbahan dasar kelapa sehingga bisa menghilangkan bau badan juga.

Ketiga, ada sampo kucing untuk mengatasi bakteri. Kucing yang terinfeksi bakteri biasanya memiliki ciri gatal, kulit berkerak, hingga bulu rontok. Jika sudah seperti ini sebaiknya diberikan sampo yang mengandung benzoil peroksida sebagai antibakteri dan anti-seborheik. Selain itu bisa juga memilih sampo kucing dengan kandungan asam salisilat dan sulfur untuk jadi antiseptik dan menurunkan pH kulit.

Terakhir, ada jenis sampo anti kutu yang bisa digunakan kucing. Gigitan kutu menyebabkan kucing bisa kehilangan darah yang cukup parah bahkan bisa terkena anemia. Gangguan kutu lebih mengancam karena bisa berdampak langsung pada kesehatan kucing. Maka dari itu segera gunakan obat kutu dan mandikan dengan sampo anti kutu. Jenis sampo kutu bekerja dengan cepat untuk membunuh kutu dan juga bisa mencegah kutu hinggap dan berkembang biak kembali.

Utamakan Sampo Berbahan Organik

Saat memilih sampo kucing sebaiknya perhatikan komposisi juga. Usahakan memilih yang minim kandungan zat kimia agar tidak membahayakan bulu si kucing. Kamu bisa mengutamakan sampo kucing yang berbahan organik sebagai pilihan. Sampo kucing organik bisa mencegah risiko peradangan usai digunakan.

Sampo kucing yang memiliki bahan kimia terlalu banyak juga bisa membahayakan kucing. Ini karena kucing pasti menjilati bulu-bulunya. Jika tidak ingin kucing keracunan, tentu kamu harus memilih bahan yang benar-benar aman dan natural.

Cek apakah sampo si kucing memiliki bahan seperti lanolin, hypoallergenic, dan bahan tumbuhan. Adanya ketiga bahan tersebut menunjukkan samponya organik dan aman digunakan. Hindari sampo kucing dengan bahan surfaktan buatan karena bisa bikin kucing kesayangan kita jadi terserang alergi.

Pilih Sesuai Jenis Bulu

Kalau kamu hendak membeli sampo kucing, kamu juga bisa memilih sampo sesuai dengan jenis bulunya. Jangan sampai salah pilih karena salah-salah malah bisa merusak bulu kucing. Berhentilah memakaikan sampo jika ternyata bulu kucing kamu makin rontok parah. Ini tandanya ada bahan kimia yang bikin kucing alergi dan akhirnya bulunya jadi rontok parah.

Kamu bisa bertanya pada penjual atau pada yang sudah ahli untuk tahu sampo mana yang paling pas untuk bulu kucing kamu. Pastikan memilih sampo kucing yang bisa membuat bulu kucing lebih indah dan halus.

Pilih Sampo yang Bisa Menghilangkan Bau

Kucing adalah hewan yang kerap mengikuti majikannya kemana saja. Sayangnya kucing kadang memiliki aroma tubuh yang kurang menyenangkan. Ini tentu mengganggu pernapasan kita. Nah, agar kucing memiliki aroma tubuh yang lebih segar maka bisa memilih sampo yang bisa menghilangkan bau.

Kamu bisa memilih sampo yang bisa bekerja sebagai deodoran sehingga meski kucing aktif dan berlarian di dalam maupun luar rumah, aroma kucing tetap wangi. Namun ingat untuk menghindari jenis sampo dengan zat pewangi aditif. Ini hanya akan mengiritasi kulit kucing. Pilih wangi yang aman dan alami sekadar agar bau tubuh kucing tidak terlalu menyengat.

Ini Dia Aneka Pilihan Sampo Kucing untuk Si Manis Kesayangan Kamu

Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo

Bio-Groom Klean Kitty No Rinse Shampoo merupakan rekomendasi pertama untuk kucing kesayangan. Produk yang satu ini sangat praktis digunakan. Ini karena samponya tidak perlu dibilas. Sampo ini juga hadir dengan formula kondisioner sehingga bulu kucing tidak hanya bersih namun juga terasa lebih lembut usai dimandikan.

Sampo kucing ini tidak mengandung bahan kimia yang berlebihan. Ini membuat samponya juga tidak meninggalkan residu pemicu iritasi. Dengan pH seimbang dan formula ringan, sampo kucing ini cocok untuk untuk kucing yang sedang bermasalah dengan kutu. Di dalamnya ada kandungan purified water, coconut oil, decyl glucoside, lauramidopropyl betaine, dan sulfat. Selain itu ada juga chamomile dan lavender yang berfungsi sebagai pengharum alaminya sehingga aroma kucing jadi lebih segar. Produk ini bebas paraben sehingga aman digunakan si kucing.

Harga Rp. 109.000-390.000

Espree Bright Cat Shampoo

Espree Bright Cat Shampoo ini juga bisa jadi pilihan kamu untuk kucing kesayangan. Sampo kucing yang satu ini bisa mengembalikan warna cerah bulu kucing. Terbuat dari aneka bahan organik yang aman untuk kucing, sampo ini bisa membersihkan noda pada bulu kucing. Produk ini terbuat dari bahan aloe vera, panthenol sebagai kondisioner, dan jojoba. Selain itu ada juga Vitamin A, D, E, serta agen pencerah optik pada produk ini. Cara pemakaiannya mudah, cukup pijat sampo pada bulu kucing lalu bilas sampai bersih. Bulu kucing bisa jadi makin lebat dan kilaunya lebih cantik.

Harga Rp. 194.000-204.000

Bioline Cat Shampoo

Bioline Cat Shampoo tentu sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini bisa membuat bulu kucing jadi lebih indah. Sampo kucing ini sudah direkomendasikan oleh banyak dokter hewan. Produk yang dibuat dengan teknologi Jerman ini juga dibuat dengan pengawasan dokter hewan profesional. Dengan sampo ini, kesehatan kucing dan bulunya jadi lebih terjamin. Produk ini akan bikin kucing lebih sehat dengan bulu yang lebih halus dan lebat.

Harga Rp. 49.000-108.000

Pet Silk Flea & Tick Shampoo

Pet Silk Flea & Tick Shampoo menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini memang sedikit mahal harganya, namun ini sesuai dengan kualitasnya. Sampo kucing ini memiliki serat sutra alami sehingga bisa mengembalikan kilau dan warna alami bulu kucing. Di dalamnya juga ada formula zat pyrethrins. Zat ini bisa efektif membasmi kutu dan caplak pada kucing. Pemakaian teratur bikin kucing sehat bebas kutu dan iritasi.

Harga Rp. 185.000-215.000

Smooth Touch Pro-V Cat The Best Shampoo for All Breed

Smooth Touch Pro-V Cat The Best Shampoo for All Breed tentu bisa jadi andalan kamu. Produk yang satu ini merupakan gabungan sampo dan kondisioner terbaik untuk kucing. Sampo ini tidak hanya bisa membersihkan namun juga bisa menutrisi bulu kucing. Produk ini akan membuat bulu kucing lebih berkilau indah.

Sampo ini hadir dengan kandungan surfaktan ringan yang efektif menghilangkan kotoran. Sementara itu kondisioner di dalamnya bisa melembutkan dan menjaga kelembaban bulu. Uniknya, sampo ini kaya akan pelindung sinar UV sehingga bulu kucing tetap sehat meski terpapar sinar matahari dalam waktu lama.

Harga Rp. 250.000

Raid-All Medicated Cat Shampoo

Raid-All Medicated Cat Shampoo adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini diproduksi oleh Raid-All yang sudah sangat berpengalaman dalam hal sampo kucing. Sampo yang satu ini sudah bisa digunakan pada kucing usia 6 minggu ke atas. Sampo yang satu ini bisa mengatasi gatal, bakteri, dan infeksi kulit. Produk ini minim bahan kimia sehingga tidak bikin iritasi. Ada triclosan dan salicylic acid di dalam samponya sehingga bisa mengatasi masalah kulit. Produk ini juga memiliki bahan pewangi dari tea tree oil sehingga lebih aman dan tidak bikin iritasi. Kucing jadi lebih segar dan tidak bau.

Harga Rp. 29.000-113.000

Malaseb Medicated Shampoo Dermcare

Malaseb Medicated Shampoo Dermcare adalah sampo kucing selanjutnya yang bisa diandalkan. Produk yang satu ini bisa digunakan saat kucing mengalami gatal karena jamur, bakteri, atau parasit. Sampo ini juga bisa mengatasi penyakit dermatitis seborrhoeic pada kucing. Produk ini bisa menjadi antibakteri untuk kulit kucing kesayangan kamu. Sampo ini dijamin bikin bulu kucing makin bersih dan juga indah.

Harga Rp. 159.000-315.000

True Iconic Meow Show Plus Cat & Kitten Bath

True Iconic Meow Show Plus Cat & Kitten Bath tentu tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Sampo ini paling pas untuk digunakan saat kondisi cuaca lembap maupun kering. Produk ini sangat inovatif dan bisa mengurangi penggumpalan dan kusut pada bulu kucing. Dengan sampo ini maka minyak berlebih dan kotoran pada bulu bisa terakngkat dengan sempurna. Selain itu, minyak alami pada bulu kucing tetap terjaga dan tidak berkurang sehingga kucing tidak berasa gatal-gatal dan teriritasi.

Sampo yang satu ini bisa merevitalisasi bulu dan juga mencerahkan warna bulu. Dibuat bebas akohol, silikon, dan pewarna rambut, sampo yang satu ini bisa digunakan jangka panjang. Sampo ini juga mengandung pewangi alami dan penyerap bau sehingga kucing tidak akan berbau tidak sedap.

Harga Rp. 230.000-298.000

Bioline Deshedding Shampoo for Cats

Bioline Deshedding Shampoo for Cats adalah pilihan kami berikutnya. Sampo kucing ini hadir dengan formula khusus yang bisa menutrisi bulu kucing dengan baik. Produk yang satu ini juga bisa bikin bulu kucing bebas kasar dan kaku. Usai dimandikan dengan sampo ini, bulu kucing jadi lebih halus dan lebih sehat.

Sampo yang satu ini juga bisa mengurangi kerontokan berlebih pada kucing. Produk ini juga dilengkapi dengan kondisioner di dalamnya sehingga kucing tampak lebih menggemaskan. Sampo dilengkapi dengan pewangi sehingga aroma tubuh kucing bisa tersamarkan dengan baik.

Harga Rp. 73.000-115.000

Tubby Feline Cat Shampoo Persian

Tubby Feline Cat Shampoo Persian adalah rekomendasi terakhir dari kami. Sampo yang satu ini khusus untuk kucing Persia agar bulunya bisa lebih terjaga dan tidak mudah rontok. Sampo ini dibuat dengan bahan unggulan yang bisa menguatkan akar bulu. Sampo kucing yang satu ini aman digunakan karena pet friendly dan cruelty free. Produk yang satu ini juga bisa bikin bulu jadi lebih lembut dan berkilau. Sampo ini bisa menghilangkan bau tidak sedap juga pada kucing.

Harga Rp. 20.000-95.000
From our editorial team

Pastikan Memilih Sampo Rekomendasi Dokter

Jika bulu kucing kita bagus, lebat, dan berkilau, tentu kita sebagai pemiliknya merasa bangga. Maka dari itu, kita tidak boleh asal saja memilih sampo untuk si kucing. Daripada kesehatan kucing terganggu dan bulunya rontok, kita wajib memilih sampo yang benar-benar bagus untuk kucing. Kalau bisa, kamu pilih saja sampo yang sudah direkomendasikan oleh dokter hewan. Periksakan kucing kamu ke dokter lalu tanyakan sampo apa yang sekiranya cocok untuk kondisi bulu kucing kamu. Dengan begini kamu bisa mendapatkan sampo terbaik untuk kesehatan bulu kucingmu.

Tag