Agar Makin Aktif, 10 Rekomendasi Mainan Kucing Ini Bisa Kamu Berikan kepada Si Manis (2020)

Agar Makin Aktif, 10 Rekomendasi Mainan Kucing Ini Bisa Kamu Berikan kepada Si Manis (2020)

Kita tentu bahagia memiliki kucing peliharaan. Kita bisa mengajaknya ngobrol saat kesepian dan bisa juga melihat tingkah lucunya untuk menghilangkan penat. Namun, bukan hanya kamu yang butuh dihibur, kucing juga butuh bermain. Maka dari itu, kamu wajib memberikan mainan khusus untuk kucingmu. Nah, cek rekomendasi dari kami, ya!

Kucing juga Butuh Diajak Bermain

Memiliki hewan peliharaan menjadi kesenangan tersendiri. Adanya hewan peliharaan di rumah bisa jadi teman kita saat sedang suntuk. Salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan adalah kucing. Hewan yang satu ini dikenal sangat manja dan menggemaskan sehingga banyak jadi pilihan masyarakat sebagai peliharaan.

Kucing tidak butuh perawatan yang rumit. Perawatannya cukup standar sama dengan hewan peliharaan lain. Kucing butuh dimandikan sesekali meski pada dasarnya kucing sudah menjilati bulu-bulunya agar bersih. Selain itu, kucing juga butuh diberi makan secara teratur agar kesehatannya terjaga dan nutrisinya terpenuhi. Dan, satu lagi nih yang perlu kamu lakukan saat memiliki hewan peliharaan kucing, yakni mengajaknya bermain.

Kucing, utamanya yang masih kecil, perlu dilatih sejak dini. Kemampuan otot, refleks, dan geraknya harus dilatih agar tumbuh dengan baik. Selain itu naluri berburunya juga harus diasah sehingga ia jadi hewan peliharaan yang sehat dan aktif. Untuk melatih semua itu, kamu bisa mengajak kucing bermain. Ini adalah rutinitas penting guna menjaga kesehatan fisik dan psikologinya.

Bermain bagi kucing juga menjadi sumber energi untuk naluri predatornya. Jika tidak disalurkan maka kucing bisa jadi stres dan gelisah. Kalau kondisinya begini maka jangan heran jika kucing gemar membuat ruangan berantakan, mencakari perabotan, dan lain sebagainya. Nah, jadi mulai sekarang, ajak si manis bermain agar ia tidak merusak barang di rumah dan agar ia terhindar dari stres dan bisa tumbuh dengan baik, ya.

Tips Memilih Mainan Kucing

Sesuaikan Ukuran Mainan dengan Kucing

Untuk mengajak kucing bermain, kamu perlu memilih mainan kucing yang tepat. Saat memilih mainan kucing, pastikan kamu memilih ukuran yang sesuai dengan ukuran kucingmu. Hindari membeli yang terlalu besar ataupun terlalu kecil karena bisa membahayakan kucingmu.

Kucing kamu akan memperlakukan mainannya sebagai buruan dan mangsa. Mereka akan mengejar, meloncat, menangkap, dan menggigit mainannya. Maka dari itu hindari membeli mainan yang terlalu besar. Jika mainan terlalu besar, si kucing tidak akan tertarik karena tidak melihatnya sebagai mangsa. Mainan yang terlalu kecil dikhawatirkan bisa tertelan dan membahayakannya. Jadi, belilah mainan yang sesuai dengan ukurannya agar si kucing tertarik meliriknya sebagai mangsa. Kamu bisa pilih mainan kucing dengan ukuran 3,5 hingga 5 cm.

Pilih Tipe Mainannya

Kucing juga terbilang pemilih dalam hal mainan. Ini membuat kamu tidak boleh asal saja memilih mainan. Kamu wajib mencari mainan yang sekiranya menarik perhatiannya. Kenali aneka tipe mainan agar kamu tidak salah pilih untuk kucing kamu, ya.

Pertama ada tipe mainan yang bergerak seperti bola atau tikus-tikusan. Mainan semacam ini tentu menggoda kucing agar ikut bergerak aktif mengejar mainannya. Dengan mainan bergerak ini maka ia bisa main sendiri tanpa harus ditemani.

Selanjutnya ada tipe mainan teaser. Biasanya bentuknya mirip pancing dengan bulu aneka warna. Tongkat mainan semacam ini biasanya juga diberi suara sehingga menarik perhatian kucing. Si kucing akan berusaha menangkap bulu-bulu yang bergerak. Ia akan bergerak aktif, meloncat dan bergulung-gulung saat bermain dengan alat ini.

Kamu juga bisa memberikan mainan yang bisa menyala. Mainan ini berupa sinar LED atau laser yang bisa dikontrol dari jauh. Biasanya ujung sinar laser mengeluarkan bentuk-bentuk lucu seperti tikus, kaki kucing, dan lain sebagainya. Kucing akan aktif mencoba menangkap sinar tersebut.

Selanjutnya, ada tipe mainan boneka. Kucing juga suka boneka, loh. Tentu saja bonekanya harus yang ukurannya sesuai dengan ukuran kucing. Si manis bisa menggigit atau menangkap bonekanya. Biasanya boneka untuk mainan kucing hadir dalam bentuk ikan yang mirip aslinya.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Kucing memiliki kesenangan sendiri saat bermain. Kamu harus mempertimbangkan dengan baik tipe mainan yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan kucing. Jika hanya memiliki satu kucing, maka pilihkan mainan yang hanya bisa dimainkan secara individu. Beda lagi jika kamu punya banyak kucing di rumah. Pilihkan mainan yang sekiranya bisa dimainkan secara kelompok. Kamu bisa juga memilih mainan yang sekiranya bisa mengeluarkan makanan. Dengan begini, kucing akan makin senang memainkannya.

Pilih Mainan yang Aman

Mainan untuk kucing benar-benar harus dipilih secara seksama. Kita tidak bisa asal memilihnya karena kucing tidak tahu mainannya bahaya untuknya atau tidak. Jika kucing sudah tertarik akan sesuatu, bukan tidak mungkin ia akan tetap memainkannya tanpa tahu mainan tersebut akan melukainya. Maka dari itu, cek mainan yang akan diberikan dan pastikan tidak melukai kucing.

Cek bahan mainannya apakah aman jika dijilat atau digigit. Selain itu, pastikan bahan aksesori mainan seperti mata pada tikus-tikusan tidak mudah lepas. Kamu tentu tidak ingin kucingmu menelan mata tikus tersebut. Cek juga setiap sudut mainannya dan pastikan tidak ada sudut lancip yang dapat merobek mulut kucing. Hindarkan juga kucing dari mainan berbahan logam karena membahayakan kesehatannya.

Ini Dia Pilihan Mainan Kucing yang Seru untuk Si Manis

Mainan Kucing Boneka Plush Ikan Lucu dengan Mint Fish Catnip Toy Med

Mainan Kucing Boneka Plush Ikan Lucu dengan Mint Fish Catnip Toy Med ini adalah mainan pertama untuk kucing kesayangan kamu. Produk yang satu ini hadir dengan ukuran panajng 20 cm dan lebar 7 cm. Mainan bentuk ikan ini sangat lembut karena terbuat dari bahan PP cotton dan plush. Selain itu tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga aman untuk kucing. Bentuknya begitu mirip dengan aslinya sehingga bisa mengecoh si kucing. Kucing menjadi lebih aktif dan bisa melepas stresnya dengan baik. Mainan ini berkualitas tinggi dan pastinya tahan lama digunakan.

Harga Rp. 24.900-72.000

Squeaky Mouse

Squeaky Mouse adalah mainan yang tidak bisa dilewatkan untuk kucing kamu. Produk yang satu ini hadir dalam bentuk tikus mini yang bisa berbunyi. Ini membuat kucing jadi penasaran dan lebih aktif untuk mengejarnya. Mainan ini akan membangkitkan naluri berburu pada kucing. Kamu bisa membunyikannya dulu sebelum dilempar untuk menarik perhatian kucing. Mainan ini tentu menyenangkan untuk si kucing. Produk ini tersedia dalam aneka warna yang bisa dipilih sesuai kesukaan kamu.

Harga Rp. 7.860-165.000

Tongkat Bulu dengan Lonceng untuk Kucing

Tongkat Bulu dengan Lonceng untuk Kucing adalah mainan selanjutnya untuk si manis. Mainan yang satu ini sederhana bentuknya namun tetap menyenangkan untuk si kucing. Kucing menjadi lebih aktif dan terbebas dari stres. Mainan ini berupa bulu dengan warna yang mencolok dan menarik. Uniknya, ada lonceng di bagian ujungnya sehingga kucing lebih tertarik dan lebih bersemangat untuk bermain. Produk ini cocok untuk anak kucing dan juga kucing dewasa. Cukup digerakkan ke atas, bawah, atau kemana saja agar kucing lebih aktif menangkapnya.

Harga Rp. 32.000-106.000

Garukan kucing Momo Scratcher

Garukan kucing Momo Scratcher ini juga bisa jadi pilihan yang seru. Produk yang satu ini terbuat dari bahan corrugated yang aman dan tidak beracun. Dengan adanya produk ini, kucing bisa lebih leluasa mencakar dan menggaruk untuk melatih kuku-kukunya. Perabot rumah pun jadi lebih aman dari risiko dicakar kucing. Produk ini hadir dengan ukuran 33 x 20 x 5 cm.

Harga Rp. 33.000-92.000

MAINAN KUCING BOLA PELANGI

MAINAN KUCING BOLA PELANGI ini adalah rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan bentuk bola yang memiliki warna pelangi yang menarik. Produk ini terbuat dari bahan spons yang empuk sehingga aman dipukul dan digigit. Tidak hanya cocok untuk anak kucing, namun kucing dewasa juga bisa memainkannya. Bola ini hadir dengan diameter 3,5 cm sehingga tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk si kucing. Hewan peliharaan kamu jadi lebih sehat karena terbebas dari stres saat memainkannya.

Harga Rp. 5.500-7.000

Catit Play ‘n Scratch

Jangan lewatkan juga Catit Play ‘n Scratch. Mainan yang satu ini unik dan juga menarik untuk si kucing. Di bagian tengahnya terdapat papan kardus sehingga kucing akan lebih aktif menggaruk. Produk ini juga bikin kucing semangat untuk menangkap mainannya.

Harga Rp. 220.000-369.000

Mainan kucing Laser LED Pointer Pen

Mainan kucing Laser LED Pointer Pen tentu tidak bisa dilewatkan. Mainan yang satu ini terbuat dari bahan plastik kombinasi aluminium dengan ukuran 7 x 1 cm. Produk ini sudah lengkap dengan baterai sehingga siap digunakan. Si kucing tentu akan makin penasaran dengan produk ini. Mainan ini bisa menstimulasi naluri berburunya. Cukup nyalakan lampunya dan akan ada cahaya laser berbentuk tikus, ikan, atau telapak kucing. Gerakkan mainan ini untuk bikin kucing aktif bergerak. Mainan ini cocok untuk anak kucing maupun kucing dewasa.

Harga Rp. 29.950-182.000

Cat Kitten Toys / Mainan Kucing Bola Interaktif 3 Tingkat

Cat Kitten Toys / Mainan Kucing Bola Interaktif 3 Tingkat adalah produk yang tidak bisa kamu lewatkan. Mainan kucing yang satu ini terbuat dari bahan plastik berkualitas. Cocok untuk anak kucing dan juga kucing dewasa. Mainan terdiri dari 3 tingkat dengan 1 buah bola di masing-masing tingkatan. Pilihan warnanya adalah hijau dan oranye. Desain mainannya unik sehingga bikin kucing penasaran untuk memainkannya. Saat kucing menyentuh bola, maka bolanya bisa bergulir dan bikin kucing jadi ingin menangkapnya.

Harga Rp. 100.000-163.000

Hermy Cat Scratcher H03

Hermy Cat Scratcher H03 menjadi rekomendasi yang tidak bisa dilewatkan. Mainan yang satu ini memiliki ukuran alas bawah 50 cm x 30 cm serta alas atas 25 cm x 25 cm untuk tiang pertama dan 20 cm x 20 cm untuk tiang kedua. Tiang pertama memiliki tinggi 40 cm dan tiang kedua memiliki tinggi 23 cm. Mainan ini bisa jadi tempat bermain kesukaan kucing. Ini karena ada dua buah alas sebagai tempat memanjat, melompat, dan mencakar. Produk ini akan bisa mengurangi rasa stres pada anak kucing. Peliharaan kamu jadi lebih aktif dan sehat.

Harga Rp. 185.000-293.000

Heysa X10

Heysa X10 HEYSA adalah rekomendasi terakhir dari kami. Produk yang satu ini bisa jadi tempat bermain, berlindung, dan tidur kucing. Terbuat dari bahan cardboard dengan kualitas terbaik, produk ini memakai white craft sebagai finishing-nya. Ukuran produk ini adalah 52 x 27 x 46 cm. Kamu bisa mengasah kreativitasmu lewat mainan ini. Kamu bisa menyusunnya secara vertikal atau horizontal. Yang jelas, mainan ini bisa menampung banyak kucing hingga 40 kg. Mainan ini bisa disambung sehingga antara ruang satu dengan lainnya bisa terhubung dan bikin kucing makin seru bermainnya.

Harga Rp. 48.000-726.000
From our editorial team

Berikan Mainan yang Sudah Diujikan kepada Kucing

Jika kamu baru memiliki kucing, tentunya ada banyak hal yang wajib kamu ketahui dan pelajari tentang si Manis. Nah, saat membelikan mainan misalnya, kamu tidak perlu membelikan mainan dalam jumlah besar sekaligus dengan harga mahal. Kamu wajib mengujinya dulu dengan satu atau dua buah mainan. Cek apakah kucing kamu suka dengan mainan tipe yang kamu beli. Jika suka, maka kamu bisa membeli mainan tipe seperti itu untuk kucing kamu lagi. Jika kucing kamu kurang tertarik dengan tipe mainan yang kamu beli, maka kamu bisa membeli tipe mainan lainnya yang beda dari yang sebelumnya agar tahu mana yang disukai si kucing.

Tag