Rawat Rambut si Kecil dengan 8 Rekomendasi Sampo Zwitsal Berikut Ini (2021)

Rawat Rambut si Kecil dengan 8 Rekomendasi Sampo Zwitsal Berikut Ini (2021)

Memilih sampo untuk anak tentu tidak sembarangan, apalagi bayi. Rambut bayi yang masih sangat lembut dan sensitif harus mendapatkan sampo khusus. Kandungan sampo khusus bayi tentu saja sudah teruji dan bahan-bahan yang digunakan aman untuk bayi. Zwitsal menghadirkan sampo bayi yang bisa menjadi rekomendasi perawatan rambut bayi bagi para ibu.

Bayi dan Anak-anak Memerlukan Perawatan Rambut dan Kulit Kepala Secara Rutin

Bayi memiliki jenis rambut yang halus dan perawatannya tentu tidak sembarangan. Meskipun rambut bayi masih cenderung tipis, tetapi berkemungkinan untuk memiliki rambut yang lebat. Perawatan untuk rambut bayi bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan kulit kepala secara teratur.

Keramas secara teratur menjadi salah satu cara untuk memberikan perawatan kulit kepala dan rambut pada bayi. Memberikan sampo khusus untuk kulit kepala bayi sangat dianjurkan karena kulit bayi masih sensitif. Beri sampo yang memberikan nutrisi rambut sehingga dapat membuat rambut bayi semakin lebat.

Panduan Mencuci Rambut Bayi

Hindari Penggunaan Air Panas

Kulit bayi yang masih sensitif tidak disarankan menggunakan air panas saat memandikannya. Berikan air hangat atau suam-suam kuku untuk memandikan bayi. Pengukuran suhu bisa dilakukan dengan menempelkan siku atau pergelangan tangan pada air tersebut. Apabila bagi Anda masih terasa panas, maka panas pula untuk bayi.

Suhu air yang tepat untuk memandikan bayi berada pada suhu 29-30 derajat Celcius. Suhu air akan menentukan nyaman atau tidaknya bayi saat mandi dan keramas. Apabila terlalu panas dapat membuat kulit bayi memerah dan terbakar. Apabila terlalu dingin akan membuat bayi menggigil. Maka, pastikan suhu airnya sebelum memandikan bayi.

Sesuaikan Frekuensi Keramas

Tidak ada patokan khusus berapa kali mengeramasi bayi. Hal itu juga tergantung dari jenis rambut yang dimiliki bayi. Apabila bayi memiliki rambut yang tebal, sebaiknya mengeramasinya setiap hari itu pun jika bayi sering berkeringat atau memiliki tipe rambut berminyak. Apabila bayi memiliki rambut yang tipis, Anda bisa mengeramasinya 2-3 hari sekali.

Apabila jenis rambut bayi normal, Anda bisa mengeramasinya seminggu 2 kali. Perlu diketahui pula bahwa terlalu sering mengeramasi bayi dapat menyebabkan tubuh terhambat dalam memproduksi flora kulit yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Pastikan menggunakan sampo khusus bayi dan secara teratur mengeramasinya akan membuat bayi selalu nyaman. Apabila terlalu lama tidak mengeramasinya, kulit kepala akan berkerak dan akan menimbulkan rasa gatal pada kepala. Tentu membuat bayi tidak nyaman.

Pilih Sampo yang Tepat

Pilih sampo khusus bayi karena sangat penting untuk kesehatan kulit kepala dan rambut bayi. Sebaiknya pilih sampo bayi dengan pH netral, yaitu 5,5 yang sangat cocok untuk bayi. Hal ini karena kulit bayi masih sensitif, jadi pilih sampo yang aman untuk bayi.

Biasanya, sampo bayi diformulasikan tidak pedih di mata, tetapi Anda tetap harus berhati-hati agar air sampo tidak masuk ke mata ya. Pilih pula sampo bayi yang bisa merawat rambut bayi, sehingga pertumbuhan rambut akan lebih baik dan tebal.

Gunakan Alat Mandi Saat Keramas

Terkadang bayi akan rewel ketika dimandikan, pastikan Anda tetap memberi kenyamanan pada bayi. Mengatasi air yang menetes ke wajah bayi, Anda bisa menggunakan spons atau waslap untuk membersihkan bagian kepala. Ketika Anda membilas kepala bayi, pastikan untuk mengontrol airnya agar tidak berlebih.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan meletakkan handuk yang sudah dilipat di dahi bayi. Dengan begitu, air yang mengenai kepala bayi akan terserap oleh handuk jika mengalir ke dahi bayi. Anda bisa gunakan gayung khusus untuk keramas, mirip seperti shower manual.

Atasi Kerak pada Kulit Kepala Bayi

Cradle cap atau kerak kulit wajar dimiliki oleh bayi karena kelenjar sebaceous bayi yang distimulasi oleh hormon sang ibu selama kehamilan. Kerak kulit berwarna kuning atau kecokelatan dan berminyak yang menempel di kulit kepala bayi. Tenang saja, kerak tersebut akan mengelupas sedikit demi sedikit.

Ketika mandi dan mengeramasi bayi, bersihkan kerak kepala dengan memijat-mijat halus pada kepala bayi. Meskipun tidak bisa bersih dalam satu waktu, perlahan sisa-sisa kulit yang menempel pada rambut akan mengelupas. Itu mengapa, Anda perlu membersihkannya dengan teratur.

Tips Memilih Sampo Bayi

Diformulasikan Khusus untuk Bayi

Memberi sampo khusus bayi sangat dianjurkan karena kandungannya dibuat memang untuk bayi. Sampo yang diproduksi untuk orang dewasa sudah mengandung bahan kimia yang disebut anionics atau dikenal dengan ammonium laurel sulfate. Bahan kimia tersebut menjadikan sampo sangat berbusa untuk membersihkan rambut secara maksimal.

Sampo khusus untuk anak tidak memiliki bahan kimia yang terlalu besar. Hal ini karena kulit bayi juga masih tergolong sensitif sehingga tidak membuat kulit bayi mengalami iritasi. Selain itu, kenyamanan juga akan dirasakan bayi karena aman bagi mata dan tetap lembut.

Telah Lulus Uji Dermatologi

Sampo yang sudah mengalami uji dermatologi bisa menjadi pilihan tepat bagi anak. Proses uji dermatologi untuk sampo anak memang sangat penting karena untuk memastikan bahwa kandungan bahan tidak membahayakan kulit bayi. Lolos uji dermatologi akan meyakinkan bahwa produk anak tidak membahayakan bagi kulit bayi yang sensitif sekali pun.

Formula Sampo Tidak Pedih di Mata

Salah satu alasan bayi rewel atau anak tidak mau mandi ialah sabun atau sampo yang pedih di mata. Sebagai cara menghindari hal tersebut, Anda harus memilih produk dengan formula yang tidak pedih di mata. Memilih sampo untuk si kecil dengan kandungan bahan yang lembut akan memastikan sampo tersebut tidak pedih di mata bayi.

Memiliki Kandungan Bahan yang Aman

Memilih produk sampo untuk bayi dengan bahan aman wajib dilakukan. Anda memang perlu memperhatikan setiap kandungan di dalam produk terlebih dahulu. Hindari kandungan bahan kimia dalam produk seperti propylene glycol (DPG) karena dapat mengganggu sistem syaraf apabila masuk ke hidung atau mulut bayi.

Hindari pula kandungan antiseptik, deodoran, sodium laureth sulphate, dan sodium lauryl sulphate karena dapat menyebabkan bayi mengalami masalah kulit. Kandungan berbahaya lainnya yang perlu Anda hindari ialah phthlate dan paraben karena dapat mengubah kadar hormon pada bayi setelah diserap oleh kulit.

Selain tiga bahan tersebut, Anda juga perlu menghindari produk yang mengandung alkohol. Sebelum memutuskan produk apa yang ingin digunakan untuk bayi, sebaiknya perhatikan betul-betul kandungan bahannya.

Rawat Rambut Si Kecil dengan 8 Rekomendasi Sampo Zwitsal

Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri

Zwitsal Baby Shampoo Natural with Aloe Vera Kemiri Seledri cocok menjadi pilihan Anda. Kandungan aloe vera, kemiri, dan seledri dapat membantu pertumbuhan rambut bayi agar tampak tebal dan hitam. Zwitsal shampoo bayi ini sudah teruji hypoallergenic sehingga aman digunakan untuk kulit bayi sensitif sekali pun.

Harga Rp. 24.000-26.600

Zwitsal Baby Shampoo Classic

Zwitsal Baby Shampoo Classic dapat membantu membersihkan rambut dan kulit kepala bayi secara maksimal. Menutrisi rambut dan kulit kepala bayi sehingga membantu pembentukan rambut yang indah. Selain itu, Zwitsal Baby Shampoo Classic juga dapat melindungi kulit kepala bayi dari kekeringan dan iritasi. Dengan begitu, aman digunakan bagi kulit bayi yang masih sensitif.

Harga Rp. 8.900-11.500

Zwitsal Kids Shampoo Active Blue

Zwitsal Kids Shampoo Active Blue merupakan sampo khusus anak-anak yang memiliki aroma buah-buahan. Wangi yang dihasilkan dapat bertahan lama dan segar, sehingga membuat anak menyukainya. Mengandung pro vitamin B5 yang membuat rambut halus, lembut dan mudah diatur. Selain itu, mengandung kondisioner yang bisa memberi kelembutan secara maksimal.

Harga Rp. 17.100-20.000

Zwitsal Kids Shampoo Natural Green with AVKS

Zwitsal Kids Shampoo Natural Green with AVKS merupakan produk sampo anak yang mengandung aloe vera, kemiri, dan seledri. Kandungan tersebut membantu rambut anak tumbuh subur, hitam, dan tebal. Mengandung pro-vitamin B5 yang membantu kehalusan dan kelembutan rambut sepanjang hari. Diformulasikan untuk anak-anak usia 4-8 tahun yang masih aktif bergerak.

Harga Rp. 15.000-17.000

Zwitsal Kids Shampoo Soft & Moisturizing Pink

Zwitsal Kids Shampoo Soft & Moisturizing Pink merupakan sampo 2 in1 yang mengandung kondisioner dan bahan alami untuk kesehatan rambut. Kandungan surfactant membuat sampo tidak pedih di mata, sehingga memberi kenyamanan pada anak-anak ketika keramas.

Dilengkapi pula dengan kandungan pro vitamin B5 yang dapat memberi kelembutan pada rambut. Selain itu, wangi stroberinya bisa membuat anak-anak menyukainya.

Harga Rp. 11.000-15.700

Zwitsal Kids Shampoo Beauty Pink

Zwitsal Kids Shampoo Beauty Pink memberi keharuman stroberi yang disukai anak-anak. Tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk kulit anak dan dapat membersihkan kotoran pada rambut dan kulit kepala secara maksimal. Selain membuat rambut lembut dan halus, Zwitsal Kids Shampoo Beauty Pink juga menyehatkan rambut dan kulit kepala si kecil.

Harga Rp. 13.400-15.900

Zwitsal Kids Shampoo Clean & Fresh Blue

Zwitsal Kids Shampoo Clean & Fresh Blue diformulasikan untuk anak-anak dengan wangi buah-buahan yang disukainya. Kandungan pro vitamin B5 memberi kelembutan dan kehalusan pada rambut. Bahan alami sebagai kandungannya membuat pertumbuhan rambut secara baik. Selain itu, memiliki kandungan bahan anti gatal yang bisa mengurangi rasa gatal pada kulit kepala.

Harga Rp. 13.500-15.700

Zwitsal Kids Shampoo Natural & Nourishing Care Green

Zwitsal Kids Shampoo Natural & Nourishing Care Green merupakan sampo 2 in1 yang mengandung kondisioner dan bahan alami untuk menyehatkan rambut. Mengandung aloe vera, kemiri, dan seledri yang dapat memberikan nutrisi pada rambut agar subur, hitam, dan lebat. Keharuman wangi bunga water-lotus memberi kesegaran sepanjang hari yang disukai anak-anak.

Harga Rp. 13.200-14.500
From our editorial team

Pilih Sampo Terbaik untuk Rambut Bayi

Memilih sampo terbaik untuk rambut bayi menjadi hal wajib. Selain memberi perawatan, pilih sampo dengan keamanan yang sudah teruji untuk bayi. Pilihan terbaik menentukan hasil yang aman, khususnya untuk bayi.