10 Rekomendasi Camilan Kacang Bawang Lezat Ini Cocok untuk Anda Nikmati Setiap Saat (2021)

10 Rekomendasi Camilan Kacang Bawang Lezat Ini Cocok untuk Anda Nikmati Setiap Saat (2021)

Kacang bawang adalah camilan lezat yang disukai semua kalangan. Cara membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Simak artikel BP-Guide ini untuk mencari tahu resep membuat kacang bawang dan kacang bawang siap santap yang lezat.

Kacang Bawang Adalah Camilan yang Cocok Disantap Setiap Saat

Kacang adalah bahan makanan yang mengandung banyak protein di dalamnya. Tidak heran berbagai olahan kacang sangat bergizi dan bernutrisi untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Selain itu, kacang juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari makanan ringan hingga santapan yang berat.

Salah satu camilan dari kacang yang sangat disukai oleh semua kalangan adalah kacang bawang. Camilan ini terbuat dari kacang utuh tanpa kulit yang sudah dibumbui dengan bawang. Ciri khas dari kacang bawang adalah rasanya yang gurih dan renyah. Kacang bawang sering dijadikan suguhan hingga disantap untuk mengisi waktu luang.

5 Cara Membumbui Kacang Bawang untuk Mendapatkan Rasa yang Lezat

Rendam Kacang Dalam Santan

Bukan rahasia lagi kalau santan punya rasa yang gurih dan sering dijadikan sebagai bumbu tambahan dalam masakan untuk memperkaya rasanya. Ternyata santan juga cocok untuk bumbu kacang bawang lho. Anda bisa menggunakan santan yang terbuat dari kelapa asli atau santan instan siap pakai.

Caranya cukup dengan merendam kacang mentah yang belum diolah ke dalam santan selama beberapa jam. Selama proses perendaman ini, santan akan meresap ke dalam kacang, membuatnya jadi lebih gurih sekaligus empuk.

Bumbui dengan Bumbu Halus

Kunci dari kelezatan kacang bawang adalah rasanya yang gurih. Untuk mendapatkan rasa tersebut, cukup gunakan dua jenis bumbu saja yaitu bawang putih dan garam. Agar bumbu lebih mudah meresap dan tercampur rata ke dalam kacang, haluskan saja keduanya. Lumuri kacang dengan bawang putih halus dan garam, diamkan beberapa saat agar meresap sebelum digoreng ke dalam minyak.

Tambahkan Dedaunan Wangi

Cara berikutnya untuk menambah kelezatan kacang bawang adalah dengan menambahkan dedaunan wangi ketika mengolahnya. Jenis-jenis daun yang bisa Anda pakai antara lain adalah daun jeruk, daun salam, dan daun seledri sesuai selera. Sangrai atau panggang terlebih dahulu dedaunan ini sebelum digunakan sebagai bumbu kacang bawang agar aromanya semakin keluar.

Gunakan Banyak Bumbu Pelengkap

Bila suka, Anda juga bisa menambahkan bumbu-bumbu lain untuk menambah kelezatan kacang bawang. Beberapa jenis bumbu tambahan yang bisa ditambahkan antara lain adalah keju bubuk, ebi bubuk, hingga madu.

Anda bisa menambahkannya setelah kacang bawang selesai digoreng dan akan disantap. Namun jika Anda ingin menambahkan madu, panggang kembali kacang bawang setelah dilumuri madu agar rasanya tetap renyah dan tidak menjadi lembek.

Goreng dengan Minyak yang Baru

Jangan gunakan minyak bekas saat menggoreng kacang bawang. Selalu gunakan minyak yang bersih dan baru agar rasa kacang tetap renyah dan gurih. Jika Anda menggoreng kacang bawang dengan minyak bekas, maka kacang tidak akan bertahan lama dan cita rasanya juga akan menjadi berbeda.

3 Resep Kacang Bawang yang Sederhana namun Lezat

Kacang Bawang Gurih Original

Sumber gambar piknikdong.com

Ini dia resep kacang bawang yang paling praktis dan sederhana:

Bahan

  • 1 kg kacang tanah tanpa kulit
  • 6 siung bawang putih, iris tipis lalu goreng
  • 2 sdm garam
  • 2 sdm bawang putih halus
  • Santan kelapa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

  • Siapkan wadah besar, lalu masukkan kacang, bawang putih halus, garam, dan santan ke dalamnya.
  • Rendam selama 3 sampai 4 jam. Kemudian tiriskan sambil panaskan minyak di atas wajan.
  • Masukkan kacang ke dalam minyak panas, goreng hingga kuning keemasan dan teksturnya menjadi kering.
  • Tiriskan kacang, lalu biarkan dingin. Setelah kacang dingin, masukkan bawang putih goreng dan campur secara merata dengan kacang.

Kacang Bawang Aroma Daun Jeruk

Aroma daun jeruk yang wangi semakin menambah kelezatan kacang bawang. Tidak percaya? Yuk, simak resep di bawah ini!

Bahan

  • 1 kg kacang tanah kupas
  • 65 ml santan
  • 20 siung bawang putih, iris tipis
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 10 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 1 1/2 sdm garam
  • Kaldu ayam bubuk
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat

  • Cuci kacang tanah sampai bersih, lalu rendam di dalam air mendidih sampai airnya dingin. Setelah itu, kupas kulit arinya hingga bersih dan tiriskan.
  • Kemudian rebus kacang tanah dengan api kecil untuk mendapatkan tekstur yang empuk. Sisihkan.
  • Siapkan panci, lalu masukkan kacang, bawang putih halus, dan garam ke dalamnya. Rebus lagi dengan api kecil sampai mendidih.
  • Tunggu hingga air berkurang dan bumbu lebih meresap. Angkat lalu tiriskan.
  • Panaskan minyak goreng di atas wajan. Masukkan kacang secukupnya, kemudian goreng hingga setengah matang.
  • Ketika kacang setengah matang, masukkan irisan bawang putih, aduk rata sambil terus digoreng dengan api kecil.
  • Setelah kacang terasa gurih dan renyah, angkat lalu tiriskan.
  • Campurkan irisan daun jeruk yang sudah disangrai sebelumnya ke dalam kacang, aduk rata lalu simpan ke dalam toples kedap udara.

Kacang Bawang Oven

Sumber gambar www.njajan.com

Buat Anda yang tidak ingin memasak dengan minyak goreng, Anda bisa mempraktikkan resep kacang bawang oven yang simpel ini.

Bahan

  • 250 gr kacang tanah kupas
  • 1 1/2 sdt garam
  • 4 siung bawang putih, iris
  • 3 lembar daun salam
  • 500 ml air

Cara Membuat

  • Rebus kacang bersama dengan garam dan daun salam hingga mendidih, lalu tiriskan.
  • Pindahkan kacang ke nampan, lalu jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 5 jam.
  • Panaskan oven dengan api besar selama 15 menit. Tuangkan kacang ke loyang aluminium dan beri taburan irisan bawang putih.
  • Masukkan loyang berisi kacang ke dalam oven, lalu kecilkan apinya.
  • Bolak balik kacang beberapa kali sambil diaduk agar matang secara merata.
  • Setelah itu, matikan kompor dan keluarkan loyang dari oven.
  • Tunggu sampai dingin dan masukkan kacang ke dalam toples.

Tidak Mau Repot? Ini Dia Rekomendasi Kacang Bawang yang Siap Santap

Kacang Bawang Bali Gayatri

Kacang Bawang Bali Gayatri adalah kacang bawang siap santap pertama yang direkomendasikan kepada Anda. Perbedaan kacang bawang ini dengan kacang bawang yang lainnya adalah butiran kacang yang lebih besar dan utuh. Terbuat dari kacang tanah super untuk menghasilkan camilan yang lebih lezat.

Diolah dengan bumbu-bumbu alami untuk menghasikan cita rasa manis dan gurih yang seimbang. Kacang ini adalah produksi lokal home industry dari Sidoarjo yang selalu dijamin kesegarannya. Camilan kacang bawang ini cocok disantap bersama dengan keluarga.

Harga Rp. 15.000-55.000

Kacang Kapri Bali Sari

Kacang bawang adalah camilan yang memang cocok untuk suasana santai. Seperti Kacang Kapri Bali Sari, kacang bawang dari Bali dengan rasa original yang gurih dan lezat. Kacang ini punya perpaduan rasa manis dan asin yang seimbang, dijamin membuat Anda ketagihan.

Diproses dengan cara yang sangat higienis, tidak memiliki tambahan MSG dan bahan pengawet. Camilan ini bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja!

Harga Rp. 20.000-25.000

Kacang Bawang Tridara

Satu lagi rekomendasi kacang bawang lezat siap santap, untuk suguhan atau camilan. Kacang Bawang Tridara namanya. Kacang bawang ini hadir dalam ragam kemasan berbeda, mulai dari kemasan plastik hingga toples besar.

Camilan ini hanya menggunakan kacang pilihan yang dibumbu dengan bawang gurih. Cocok untuk disantap kapan saja dan di mana saja. Kacang ini bisa disimpan selama 2 bulan dan cita rasanya juga tidak akan berubah.

Harga Rp. 16.000-100.000

Kacang Kapri Tari Bali Asli

Berikutnya ada rekomendasi Kacang Kapri Tari Bali Asli buat Anda yang suka dengan kacang bawang. Bali memang terkenal dengan oleh-oleh kacangnya, sehingga jangan sampai Anda melewatkan kelezatan camilan yang satu ini. Ini adalah camilan yang diproduksi langsung di Bali, sehingga rasanya pun sangat khas.

Kacangnya sangat gurih, renyah, dan empuk. Cocok untuk disantap ketika bersantai. Ini termasuk oleh-oleh khas Bali yang paling dicari lho. Masa simpan kacang ini adalah 32 bulan, sehingga bisa dinikmati dalam waktu yang lama.

Harga Rp. 20.000-35.000

Kacang Matahari Asli Bali Rasa Bawang

Kacang Matahari Asli Bali Rasa Bawang juga kacang yang lezat dari Pulau Dewata. Camilan ini terbuat dari kacang pilihan yang utuh dan berkualitas untuk dinikmati setiap saat, baik sendirian maupun bersama teman dan keluarga.

Kacang ini diproses dengan cara yang bersih dan higienis, jadi tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Anda bisa menjadikan kacang ini oleh-oleh karena bisa disimpan hingga 26 bulan lamanya.

Harga Rp. 15.000-50.000

Juara Snack - Kacang Bawang

Berikutnya ada rekomendasi snack kacang bawang yang wajib Anda coba. Juara Snack - Kacang Bawang namanya. Ini adalah snack dari kacang utuh dengan rasa gurih dan renyah. Dijual dalam kemasan besar, sehingga bisa dinikmati bersama seluruh anggota keluarga dan teman-teman saat bersantai.

Kacang ini merupakan produksi home industry. Proses pengolahannya dijamin bersih dan higienis. Tanpa bahan pengawet dan bumbu perasa lainnya. Rasakan gurih dan lezatnya kacang bawang asli dengan snack ini.

Harga Rp. 16.000-35.000

Kacang Bawang Khas Kudus Sumber Gelis

Camilan kacang bawang yang lezat asalnya bukan hanya dari Bali saja. Seperti Kacang Bawang Khas Kudus Sumber Gelis ini, yang merupakan produksi asli dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Kacang bawang ini diolah dengan bumbu yang sangat lezat, sehingga rasanya sangat mirip denga kacang mete.

Dikemas dalam kemasan vacuum agar lebih kuat tahan lebih lama hingga 5 bulan. Kacang yang digunakan juga kacang pilihan yang besarnya 2 sampai 3 kali lipat dari kacang biasa. Cita rasanya sangat khas, renyah, dan gurih dengan bumbu yang meresap hingga ke dalamnya.

Harga Rp. 20.000-50.000

Kacang Bawang Kasuari Bali

Kacang adalah makanan yang kaya protein dan bisa menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, kacang juga sangat mudah diolah menjadi berbagai macam makanan dan camilan lho.

Kacang bawang adalah salah satu cara menikmati kacang secara utuh karena bentuknya tidak berubah. Dapatkan kenikmatan kacang alami dan penuh nutrisi dalam Kacang Bawang Kasuari Bali. Kacang yang asli diproduksi langsung dari Bali ini bisa bertahan selama 6 bulan lamanya tanpa campuran bahan pengawet.

Harga Rp. 15.000-150.000

GREEN FARM Garlic Peanut

Memilih camilan jangan sembarangan. Apalagi kalau Anda sedang berdiet. Pilihlah camilan sehat yang terbuat dari bahan alami dan tidak menyebabkan berat badan naik.

Seperti GREEN FARM Garlic Peanut ini. Camilan sehat ini terbuat dari kacang tanah pilihan yang diolah secara higienis dan rasanya sangat gurih. Cocok banget nih untuk camilan saat bersantai atau saat sedang bepergian.

Camilan ini tidak mengandung bahan pengawet, namun bisa bertahan hingga 28 bulan lamanya.

Harga Rp. 20.000-35.000

Kacang Bawang Rasa Mete Surya Dewi

Terakhir ada Kacang Bawang Rasa Mete Surya Dewi, snack yang dari namanya saja sudah terdengar unik. Ini adalah kacang bawang yang terbuat dari kacang pilihan utuh berukuran besar. Pengolahannya juga dengan cara dipanggang, sehingga tidak mengandung banyak minyak.

Kacangnya memiliki tekstur yang empuk, tidak bikin Anda capek saat mengunyah. Anda bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja. Kacang produksi dari Yogyakarta ini bisa bertahan hingga 6 bulan.

Harga Rp. 40.000-50.000
From our editorial team

Perhatikan Cara Penyimpanannya agar Kacang Bawang Tetap Renyah

Salah satu yang membuat kacang bawang tetap lezat adalah teksturnya yang renyah. Untuk menjaga agar kacang bawang tetap renyah, pastikan Anda menyimpannya dengan benar. Yaitu dengan cara memasukkannya ke dalam toples kedap udara agar bisa dinikmati dalam waktu yang lama. Mau bikin sendiri atau beli kemasan siap saji, pilih kacang bawang favorit Anda dari rekomendasi BP-Guide di atas ya!