Melaju Kencang dengan 10+ Rekomendasi Sepeda Balap Pilihan

Melaju Kencang dengan 10+ Rekomendasi Sepeda Balap Pilihan

Melaju kencang dengan sepeda balap, selain memacu adrenalin juga bisa menjaga kesehatan loh. Anda bisa mencoba gaya hidup sehat dengan mengganti kendaraan Anda menjadi sepeda balap untuk efisiensi waktu.

Sepeda racing berikan banyak poin dari segi kecepatan

Sepeda racing atau sepeda balap hadir untuk Anda yang membutuhkan kecepatan dan efisiensi waktu. Sepeda ini sedikit berbeda dengan sepeda umumnya, karena memiliki banyak fitur dan elemen lainnya yang tidak dimiliki sepeda biasa. Tapi, dengan sering menggowes sepeda, tentunya Anda nantinya akan terbiasa.

Jenis sepeda ini memang ditujukan untuk Anda yang membutuhkan kecepatan. Biasanya, meski memiliki roda yang lebih besar dari sepeda biasa, namun tubuh dan rodanya justru lebih tipis. Biasanya, gigi depan statis, namun gigi belakang bisa mencapai 10 speed loh. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah sekitar 30 km/jam.

Tentunya sepeda ini adalah pilihan utama bagi Anda yang gemar mengikuti road bike atau balap sepeda. Bila menggunakan sepeda biasa, nanti lawan Anda bisa overlap dan menyalip Anda lebih dari satu kali.

Tips memilih sepeda racing

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepeda balap. Pertama, pastikan bahwa sepeda yang dipilih sesuai dengan kapasitas atau kebutuhan. Bila Anda ingin mengikuti lomba balap sepeda, maka sepeda racing dengan kecepatan tertinggi adalah pilihan yang tepat. Tapi, bila Anda ingin bersepeda santai, maka pilihlah sportive bike.

Pastikan bahwa Anda cocok dengan sepeda yang Anda pilih. Dengan kenyamanan, tentunya Anda bisa tetap santai dalam memacu sepeda tersebut hingga batas maksimumnya. Berikut BP-Guide paparkan tips memilih sepeda balap yang pas untuk Anda. Jadi, Anda bisa memilih sepeda yang tepat dan nyaman untuk Anda gunakan.

Ketahui jenis sepeda racing dengan baik

Karena Anda akan memacu dalam kecepatan tinggi, maka perlu Anda pastikan persneling dan rem dari sepeda tersebut mumpuni. Jadi, lebih teliti dalam memperhatikan groupset dari setiap sepeda racing yang akan Anda pilih.

Ada beberapa jenis sepeda balap yang juga harus Anda sesuaikan dengan gaya bersepeda Anda. Ada yang sangat ringan sehingga bisa memberi kecepatan maksimal saat dikayuh. Ada juga yang memiliki rangka kaku dengan tujuan untuk mengurangi penyerapan energi saat dikayuh, namun kurang fleksibel.

Ada juga sepeda balap yang memiliki gigi lebih banyak. Beberapa sepeda balap juga memiliki desain yang berbeda-beda, namun yang paling banyak adalah desain yang aerodinamis yang pas untuk menerjang angin dalam mencapai kecepatan tertinggi.

Pilih yang rangka ringan dan kokoh

Selanjutnya, pastikan bahwa sepeda yang Anda pilih memiliki material rangka dan fork yang tepat. Biasanya, sepeda racing memiliki rangka dan fork yang terbuat dari logam dan karbon. Sepeda dengan berbahan karbon biasanya harganya lebih tinggi, namun lebih ringan sehingga bisa memberikan kecepatan maksimum saat dikendarai.

Perlu diingat bahwa material sepeda sangat berpengaruh pada performa sepeda tersebut. Pilih yang berbahan logam untuk kenyamanan yang pas untuk Anda. Bila Anda memiliki dana yang berlebih, maka tidak ada salahnya menggunakan sepeda berbahan karbon. Selain lebih ringan, tentunya Anda bisa lebih maksimal dalam mencapai kecepatan tertinggi dari sepeda tersebut.

Sesuaikan ukuran sepeda dan ukuran tubuh

Juga, pastikan sepeda tersebut pas dengan ukuran tubuh Anda. Sepeda yang terlalu ramping mungkin akan kurang pas digunakan oleh Anda yang bertubuh besar. Begitu juga dengan sepeda yang lebar akan kurang cocok digunakan oleh Anda yang bertubuh kecil.

Biasanya, pengguna sepeda racing mengukurnya dengan cara membandingkan antara tinggi badan, dan panjang dari pangkal paha ke tanah. Di beberapa sepeda balap, tertera ukuran tubuh yang pas untuk mengendarai sepeda tersebut. Biasanya ada tinggi badan dan inseam atau panjang pangkal paha menuju ke tanah yang tertera.

Atau, lebih mudah lagi dengan langsung duduk di jok sepeda tersebut dan memperhatikan kenyamanan Anda saat berkendara, Apabila kurang nyaman, coba cari ukuran lain yang lebih pas untuk Anda.

Model sepeda racing yang bisa menjadi pilihan

Beberapa model dari sepeda balap di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan jitu untuk menemani Anda mencapai kecepatan tertinggi. Ada sepeda model race, endurance, flatbar, BMX Race, dan road untuk youth bikes. Pilih model sepeda yang paling sesuai dengan karakter Anda juga kenyamanan Anda.

Berikut rekomendasi produk dari BP-Guide untuk Anda :

KHS Alpine

Sumber gambar bukalapak.com

Brand sepeda asal Amerika ini sudah diakui kualitasnya di lebih dari 30 negara di dunia loh. Perusahaan produsen sepeda ini sudah memproduksi sepeda selama 200 tahun terakhir, dan selama hampir tiga dekade terakhir sudah banyak diganjar penghargaan dari beberapa negara.

Salah satu produk andalannya adalah KHS Alpine Road Bike. Sepada berwarna merah ini memberikan kecepatan dan kelincahan maksimal bagi Anda untuk melaju secepat mungkin. Rangkanya dibuat dari bahan Chromium Molybdenum dengan fork retro Cr-Mo.

Sepeda ini juga diperkuat dengan seat SP-602 dan ban 700 x 23 C, juga handle FSA. Sangat aman dikendarai, meski berada di jalan raya atau di tengah kota. Produk ini bisa Anda dapatkan di sejumlah toko online seperti Blibli, Tokopedia dan Elevenia. Harganya sekitar Rp 5.900.000.

Polygon Bend RV Rival

Sumber gambar cyclingtips.com

Banyak yang mengira Polygon adalah produk dari luar negeri, karena kualitas yang mumpuni. Apalagi, sepeda ini juga dengan mudah ditemukan di lebih dari 17 negara di dunia. Nyatanya, ini adalah produk lokal yang diproduksi di Sidoarjo oleh PT Insera Sena.

Salah satu produk sepeda racing dari Polygon adalah Polygon Bend RV. Sepeda ini memiliki ciri khas head tube yang lebih tinggi sehingga Anda tidak membungkuk ketika berkendara. Memiliki frame atau kerangka yang ringan dan geometri off road berbahan ALX alloy dan fork terbuat dari ACX karbon.

Dengan tambahan tire clearance, disc brakes dan ukuran ban yang lebar, Anda bisa tetap nyaman mengendarainya meski melewati rute yang sulit sekalipun. Produk Polygon bisa Anda temukan di situs resmi Polygon atau di toko sepeda terdekat. Produk ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 14.000.000.

Polygon Strattos S3

Sumber gambar olx.co.id

Masih produk dari Polygon, kali ini adalah Polygon Strattos S3. Kelebihan produk ini adalah frame yang terbuat dengan dari bahan ALX Alloy dan fork dari carbon fiber menjadikan sepeda yang lebih ringan untuk mencapai kecepatan maksimal.

Rem depan dan belakang adalah Tektro R369 yang menjadikan pengereman lebih pakem dan aman. Pedal terbuat dari alloy menjadikan Anda mudah mengayuhnya untuk melaju lebih kencang.

Bahkan, Strattos S3 digadang-gadang sebagai produk terbaik di kelasnya, loh! Produk ini juga bisa Anda temukan di situs resmi Polygon atau di toko sepeda terdekat di kota Anda. Sepeda ini bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 6.400.000.

Colnago V1-r Custom Build Road Bike

Sumber gambar pinterest.com

Colnago adalah brand sepeda kelas dunia asal Milan, Italia. Produk ini awalnya dikenal sebagai sepeda dengan bingkai berkualitas tinggi, sehingga sering digunakan oleh pembalap sepeda profesional. Bahannya biasanya terbuat dari serat karbon yang ringan.

Selain kualitas, fitur dan bahan, sepeda ini juga memiliki kelebihan di desain. Desainnya keren, juga elegan dan premium. Selain itu, perhitungan saat desain sangat presisi menjadikan sepeda yang sangat nyaman untuk digunakan dalam kecepatan tinggi.

Salah satu produk yang bisa Anda jadikan pilihan jitu adalah Colnago V1-r Custom. Produk ini diproduksi berbarengan dengan Ferrari, mobil sport yang juga melaju kencang. Awal pembuatannya, sepeda ini memang disetel agar bisa merajalela di jalanan dengan kecepatan tinggi. Terbuat dari bahan karbon dengan groupset mekanis Shimano Dura Ace 9010 menjadikan persneling dan pengereman menjadi sangat lancar.

Dapatkan sepeda satu ini di situs resmi Colgano atau di toko sepeda terdekat. Harganya adalah Rp 6.905.516.

United Hybrid 700C Felipe H73

Sumber gambar sepedanusantara.com

United juga merupakan salah satu produksi Indonesia yang mendunia. Perusahaan produsen sepeda yang satu ini sudah beroperasi sejak tahun 1991 dan terus berinovasi menciptakan produk-produk yang berkualitas.

Tidak heran kalau brand ini memiliki reputasi dan popularitas yang cukup bagus. Selain itu, sepeda balap produksi United juga mendapat apresiasi yang baik dari penggunanya. Karena, fitur dan elemen serta desainnya mumpuni dan berkualitas. Setiap produknya juga melewati standardisasi kontrol yang ketat, sehingga memiliki kualitas yang sama.

Salah satu produk yang BP-Guide rekomendasikan untuk Anda adalah Sepeda United Hyberi 700 C Felipe H73. Sepeda ini bisa digunakan dalam kecepatan tertinggi, juga bisa menerjang medan yang berat, seperti ketika mendaki gunung atau medan yang terjal lainnya. Sebab, sepeda ini diperkuat dengan Acera 24 speed dan rangka berbahan alloy yang ringan.

Anda akan lebih nyaman berkendara dengan tambahan rem Alloy V-brake ditambah ban Kenda K148 700 X 38C. Jadi, akan tetap nyaman meski berada di medan aspal, maupun tanah berbatu. Produk ini bisa Anda dapatkan di toko sepeda terdekat atau di toko online seperti Blibli, Serba Sepeda dan lain-lain. Harganya adalah Rp 3.844.000.

UNITED INERTIA 1.0 (700C)

Sumber gambar bukalapak.com

Masih produk dari United, kali ini adalah Inertia 1.0 (700c). Produk yang satu ini ditujukan untuk pengguna remaja dan dewasa dengan rangka ringan berbahan alloy. Dengan kecepatan 2 x 7 speed dan groupset Shimano Tourney menjadikan kecepatan sepeda Anda lebih cepat dan konstan.

Handle, stem, saddle dan fork dari United menjadikan Anda lebih nyaman berkendara. Sepeda ini juga secara keseluruhan lebih ringan. Dengan panjang 142 cm, lebar 26 cm dan tinggi 74 cm, sepeda ini hanya memiliki berat 14.03 kg saja.

Dapatkan produk United Inertia 1.0 (700c) di beberapa toko online seperti Serba Sepeda. Harga satu unit sepeda ini dibanderol seharga Rp 3.799.900.

Element FRC70

Sumber gambar rickobikeshop.com

Brand sepeda Element juga merupakan manufaktur sepeda yang terus menawarkan sepeda berkualitas dengan harga terjangkau. Beberapa produk dari Element bisa Anda jadikan pilihan jitu untuk dimiliki dan dikendarai.

Kelebihan sepeda ini antara lain adanya berbagai teknologi termutakhir yang disematkan pada produk-produk terbaru. Oleh karena itu, setiap produknya begitu spesial dan nyaman digunakan. Desain geometry system menjadikan Anda lebih nyaman saat berkendara.

Salah satu produk yang ditawarkan Element untuk Anda yang menginginkan kecepatan maksimal adalah Element FRC70. Sepeda seberat 40 kg ini dibuat dari bahan alloy pada bagian frame yang kuat dan tahan lama dengan ukuran 51. Sepeda ini juga diperkuat dengan groupset Shimano Sora 9 Speed yang nyaman dikendarai dan bisa mencapai kecepatan maksimum dengan tetap stabil.

Dapatkan produk ini di beberapa toko online terkemuka di Indonesia, salah satunya di Tokopedia dan Bukalapak. Kamu bisa mendapatkannya seharga Rp 5.800.000.

Pacific BMX 20

Sumber gambar andanews.com

Sepeda Pacific tentunya sudah sangat dikenal oleh para freestyler sepeda. Sepeda dari brand ini dikenal dengan bahan yang berkualitas tinggi, namun ringan jadi bisa fleksibel dan menunjang gaya bersepeda freestyle Anda.

Namun, ada juga produk Pacific BMX yang ditujukan untuk racing dan bisa melaju cepat. Salah satu produk yang BP-Guide rekomendasikan adalah BMX Pacific Hotshot Racer. Dari namanya, sepeda ini memang ditujukan untuk Anda yang ingin memacu adrenalin dalam kecepatan tinggi bersepeda.

Bagian rangka dibuat dari bahan hi tensile steel dengan fork terbuat dari rigid steel. Seperti sepeda BMX freestyle pada umumnya, sepeda ini juga bisa diputar stangnya hingga 360 derajat, loh. Meski tidak memiliki gigi, namun kecepatan dari sepeda ini bisa diadu.

Produk Pacific sangat mudah ditemukan, baik di toko sepeda maupun di toko online. Beberapa produknya dijual di Lazada, Tokopedia dan Blibli. Harganya juga cukup terjangkau sekitar Rp 2.000.000.

Pinarello FP 7

Sumber gambar olx.co.id

Brand kenamaan sepeda dari Italia, Pinarello juga menjadi salah satu primadona bagi pesepeda di dunia. Sepeda ini pernah digunakan atlet profesional yang memenangkan tour de France beberapa waktu lalu.

Salah satu produknya yang BP-Guide rekomendasikan adalah Pinarello Dogma K8. Sepeda ini bisa dipacu dalam kecepatan tinggi, dengan sistem suspensi yang mumpuni dalam bentuk Pinarello Dogma K8-S. Juga rantai datar untuk memudahkan Anda mengayuh.

Ditambah lagi, bingkai yang terdiri dari 14 ukuran sehingga bisa dipilih sesuai ukuran tubuh Anda, termasuk untuk wanita. Sementara itu, bingkai dibuat dari bahan karbon, begitu juga dengan fork. Bisa Anda dapatkan di toko online Helens Cycles. Harganya berkisar di angka Rp 35.000.000.

Willier Jaroon

Sumber gambar willier.com

Sepeda dari Wilier Jaron adalah salah satu produk yang bisa mengarungi medan terjal dalam kecepatan tinggi. Sepeda besutan Wilier Triestina ini terus menyematkan teknologi terkini yang bisa menunjang kecepatan penggunanya namun tetap stabil dan nyaman.

Ditunjang dengan jok sepeda yang empuk berdiameter 27,2 mm, rem cakram, stang racing dan monocoque all carbon sebagai bahan roda menjadikan Anda dapat lebih maksimal dan nyaman saat bersepeda.

Bahan sepeda dibuat dari Jaroon atau kerangka baja yang dibuat dalam teknik khusus, termasuk pengelasannya. Karena dibuat dengan teknik tinggi, bingkai dari sepeda ini sangat rapi dan keren serta terkesan elegan dan ekslusif.

Produk ini bisa Anda dapatkan di situs questadventure.co.uk atau langsung di situs resmi Willier Jaron. Harga produk ini adalah Rp 3.417.242.

From our editorial team

Sepeda Balap yang Pas, Jadikan Laju Anda Semakin Kencang

Semakin tepat sepeda yang Anda pilih, maka semakin cepat pula Anda bisa melaju. Melaju dengan kencang, pacu adrenalin Anda, dan menangkan kejuaraan. Apalagi, bila Anda adalah seorang atlet profesional, maka pilihan sepeda yang tepat tentu akan menunjang performa Anda.