Selain Pemandangan yang Indah, 10 Rekomendasi Makanan Khas Bali ini Wajib Anda Cicipi (2023)

Selain Pemandangan yang Indah, 10 Rekomendasi Makanan Khas Bali ini Wajib Anda Cicipi (2023)

Bukan tanpa sebab pulau Bali setia menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Selain pantai dengan panorama indah serta wisata budaya yang memesona, Bali juga memiliki berbagai kuliner dengan cita rasa yang tiada duanya.

Tren Wisata Kuliner

Makin banyak orang yang menggemari tren terbaru wisata, yaitu wisata kuliner, terutama generasi millennial alias kaum muda. Wisata kuliner meliputi eksplorasi berbagai hidangan sebagai bentuk wisata. Eksplorasi ini dapat meliputi makan, masak, hingga pergi mengunjungi tempat tertentu untuk mencicipi suatu hidangan.

Banyak penggemar wisata kuliner yang gemar melakukan eksplorasi secara menyeluruh. Bukan hanya penasaran pada rasa suatu hidangan, mereka ingin mengetahui asal, pembuat, serta cerita di balik hidangan tersebut. Kini tidak sedikit penyedia jasa wisata yang menawarkan fokus pada pengalaman kuliner.

Pesona Kuliner Bali

Pesona kuliner Bali menjadikan wisata terasa tidak lengkap jika belum mencicipi hidangan khas dari pulau Dewata ini. Anda tentu tidak ingin melewatkan menikmati berbagai menu lezat yang disajikan sambil pemandangan yang memanjakan mata. Beberapa tempat makan menawarkan suasana asri yang akan membuat pengalaman wisata kuliner Anda lebih memuaskan.

Tips Memilih Tempat Makan Saat Berlibur di Bali

Selama berlibur di pulau Dewata, Anda tentunya tergoda untuk mencicipi kelezatan kuliner khasnya. Bali memang memiliki banyak makanan tradisional yang melegenda, namun bukan berarti Anda harus mencicipi semuanya sekaligus. Pertama-tama ada baiknya untuk mengingat kembali bahwa Bali merupakan daerah dengan mayoritas penganut Hindu. Bagi Anda yang beragama muslim, perhatikan bahan makanan yang digunakan.

Sebelum memilih tempat makan, ada baiknya untuk mengecek rekomendasi dari internet. Beberapa situs menyediakan review tempat makan dapat membantu Anda dalam memilih. Pastikan untuk mengecek kesesuaian budget sebelum memutuskan.

10 Rekomendasi Makanan Khas Bali

Bali memiliki banyak jenis hidangan dengan cita rasa lokal yang kaya akan rempah. Sebaiknya Anda tidak melewatkan kesempatan untuk mencicipinya. Berikut rekomendasi makanan khas Bali yang wajib untuk dicicipi.

Ayam atau Bebek Betutu

Ayam atau Bebek Betutu

Ayam dan bebek betutu merupakan makanan khas Bali yang banyak digemari. Gurih lembutnya daging unggas yang dipadukan dengan sambal matah dan sayur plecing sukses membuat menu ini menjadi salah satu hidangan populer dari pulau Dewata.

Lezatnya ayam atau bebek betutu tidak lepas dari penggunaan bumbu rempah yang khas. Hidangan dibuat dari ayam atau bebek utuh yang pada bagian perutnya diisi dengan bumbu rempah.

Setelah dibumbui, daging dipijat-pijat agar lebih empuk dan cita rasa bumbunya meresap. Selanjutnya, daging dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang pada bara api sekam selama sehari semalam.

Salah satu lokasi yang direkomendasikan untuk menikmati hidangan ini yaitu Ayam Betutu Men Tempeh. Anda dapat mengunjungi Ayam Betutu Men Tempeh yang terdapat pada beberapa lokasi di Bali, antara lain Gilimanuk, Melaya, dan Jembrana.

Restoran ini menyajikan hidangan halal dan buka setiap hari dari pukul tujuh pagi sampai sembilan malam. Restoran lain yang dapat Anda kunjungi untuk menyantap menu ini yaitu Ayam Betutu Liku dan Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Harga Rp. 40.000-120.000

Bebek Bengil

Bebek Bengil

Bagi Anda yang menyukai daging unggas goreng seperti ayam atau bebek krispi, wajib untuk mencicipi hidangan khas Ubud ini. Bebek bengil memiliki ciri khas berupa tekstur yang sangat renyah serta cita rasa berbeda dari bebek goreng biasa. Daging bebek bengil terlihat kecokelatan dan bertabur bumbu rempah.

Selain berkat paduan bumbunya, kelezatan rasa dan kerenyahan tekstur bebek bengil dihasilkan dari proses pengolahannya yang lama. Pertama, bebek direbus selama dua hingga tiga jam, kemudian direndam selama 12 jam dalam air yang dicampur bumbu. Proses inilah yang memungkinkan rasa dalam bumbu benar-benar meresap.

Bebek bengil biasanya disajikan bersama beberapa lauk pendamping, sayur urap, sambal, serta nasi. Anda dapat menikmati kuliner ini di berbagai rumah makan Bali, terutama di daerah Ubud. Tempat yang direkomendasikan untuk menyantap hidangan ini antara lain rumah makan Bebek Bengil Ubud, Bebek Tepi Sawah, dan Laka Leke Restaurant.

Sekarang dengan adanya layanan antar makanan Anda juga dapat menyantap gurihnya bebek bengil tanpa perlu repot mengunjungi rumah makan. Salah satu jasa pengantar makanan yang tersedia untuk bebek bengil ialah Gofood.

Hidangan ini juga bisa Anda temukan pada beberapa restoran di Jakarta. Untuk mendapatkan rekomendasi restoran yang menyajikan menu bebek bengil, Anda dapat mengunjungi pergikuliner.com atau Traveloka.

Harga Rp. 66.000-141.000

Sate Lilit

Sate Lilit

Sate lilit dibuat dengan cara melilitkan daging ke tangkai bambu atau batang daun serai. Biasanya bahan sate menggunakan daging ayam, sapi, babi, atau ikan tenggiri. Kelebihan utama sate lilit terletak pada cita rasanya yang begitu khas berkat daging yang yang terlebih dahulu dicincang dan dicampur dengan bumbu rempah Bali.

Hidangan ini dapat dengan mudah Anda temukan sebab hampir semua rumah makan menyediakan sate lilit. Biasanya Anda dapat menikmati sate lilit di warung nasi campur. Beberapa restoran juga menyajikan menu ini, seperti Warung Be Pasih, Warung Wardani, dan Warung Lesehan Mertha Sari.

Opsi lain untuk menikmati sate lilit saat tidak berada di Bali adalah dengan mengunjungi rumah makan terdekat. Beberapa rumah makan di Jakarta menyajikan menu ini, di antaranya Bali Timbungan dan Halo Bali! Untuk mendapatkan rekomendasi rumah makan, Anda dapat mengunjungi pergikuliner.com.

Harga Rp. 15.000-90.000

Lawar Kuwir

Lawar dibuat dari daging cincang yang dipadukan dengan berbagai sayuran, kemudian ditambahkan dengan bumbu rempah pilihan. Biasanya, lawar menggunakan bahan utama dari daging babi. Namun, bagi muslim dapat memilih alternatif dari bahan bebek (luwir).

Menu lawar memiliki beberapa jenis yang berbeda, seperti lawar kuwir, lawar merah, dan lawar putih. Sebaiknya Anda memperhatikan jenis lawar sebelum memesan sebab setiap jenis mengandung bahan yang berbeda.

Beberapa rumah makan yang direkomendasikan untuk menyantap hidangan ini antara lain, Warung Makan Pan Sinar, Lawar Kuwir Cabe, Lawar Kuwir Kasiku yang berlokasi di Denpasar.

Harga Rp. 25.000-30.000

Tipat Cantok

Tipat Cantok

Nama hidangan satu ini berasal dari bahasa Bali, yaitu “tipat” yang berarti ketupat dan “cantok” yang berarti dihaluskan. Seperti namanya, bahan utama menu ini adalah ketupat yang dipotong-potong lalu dicampurkan dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan mentimun. Selanjutnya ditambah dengan bumbu kacang pedas.

Kuliner ini memiliki harga terjangkau dan mudah sangat populer di Bali sehingga Anda dapat menemukannya hampir di mana saja, mulai warung makan sederhana hingga restoran ternama. Anda dapat mengunjungi beberapa rumah makan rekomendasi untuk menyantap tipat cantok, antara lain Warung Rujak Dong Soka di Denpasar Utara, Warung Tipat Cantok Aulia di Denpasar Selatan. Anda juga bisa mengunjungi Warung De Rujak yang berlokasi di jalan Pulau Misol Denpasar

Harga Rp. 5.000-15.000

Rujak Bulung dan Kuah Pindang

Rujak Bulung dan Kuah Pindang

Ciri khas rujak bulung ialah kuah yang menggunakan ikan tuna. Bahan rujak terdiri dari irisan mangga muda ditambah beberapa jenis buah lain seperti kedondong, bengkuang, dan rumput laut. Menu ini memiliki rasa asam dan segar dari buah dipadukan dengan kuah yang super pedas.

Rujak bulung termasuk hidangan yang relatif terjangkau dan mudah ditemukan di berbagai tempat di Bali. Beberapa rumah makan yang direkomendasikan untuk mencicipi menu ini yaitu Warung Rujak Glogor dan Warung Rujak Kuah Pindang Bo Hwa di Denpasar. Mengingat rasa yang didominasi pedas dan asam, menu ini kurang sesuai bagi Anda yang memiliki pencernaan sensitif atau masalah lambung.

Harga Rp. 6.000-10.000

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Nasi jinggo merupakan kuliner murah meriah yang digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Menu ini terdiri dari sekepal nasi putih yang dipadukan dengan daging ayam suwir, mie goreng, tempe goreng, dan sambal super pedas. Nasi jinggo dikemas dengan bungkus dari daun pisang.

Beberapa tempat yang direkomendasikan untuk menyantap nasi jinggo nikmat antara lain Nasi Jinggo Sambal Ijo, Nasi Jinggo Diponegoro, dan Nasi Jinggo Simpangan yang berlokasi di Denpasar. Anda juga dapat mencicipi nasi jinggo di daerah lain, seperti Nasi Jinggo Wikowi di Badung dan Nasi Jinggo Kuta di pantai Kuta.

Harga Rp. 3.000-5.000

Tipat Blayag

Satu lagi hidangan berbahan dasar ketupat. Bedanya, ketupat pada tipat blayag memiliki bentuk memanjang, dibungkus dengan jamur muda atau daun enau muda yang dililitkan.

Tipat dihidangkan bersama sayur urap, ayam sisit, ceker ayam, kerupuk kulit ayam, dan kacang kedelai. Kemudian ditambah dengan bumbu yang terbuat dari olahan tepung beras dan rempah-rempah.

Kuliner ini memiliki tekstur kental dengan bumbu yang tampak mirip dengan santan. Anda dapat menikmati hidangan asal Buleleng ini di berbagai rumah makan berlabel Singaraja yang berlokasi di Kuta dan Denpasar. Salah satu tempat makan yang menyajikan tipat blayag ialah Warung Bu Agus di Denpasar.

Harga Rp. 10.000

Babi Guling

Babi Guling

Menu ini menjadi favorit banyak turis asing, terutama pecinta daging babi. Sajian babi guling dibuat menggunakan campuran bumbu basa genep Bali dan daun ketela pohon yang dijejalkan ke dalam perut babi.

Selanjutnya, babi diguling sambil diputar-putar di atas bara api hingga matang. Hidangan ini memiliki rasa gurih serta renyah pada bagian kulitnya.

Sama seperti bebek betutu, dulu makanan yang disebut juga sebagai be guling ini disajikan dalam upacara adat. Namun, sekarang Anda dapat menikmati be guling di berbagai rumah makan di Bali.

Beberapa restoran yang menyediakan menu ini antara lain Warung Jero Kawan di Mengwi, Warung Babi Guling Candra di Denpasar, dan Warung Babi Guling Pak Dobiel di Nusa Dua.

Harga Rp. 50.000-90.000

Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Nasi tepeng terlihat seperti nasi campur biasa. Umumnya, disajikan dengan ayam goreng, nangka muda, telur, kacang panjang, serta dibungkus dengan daun pisang. Hidangan ini memiliki ciri unik berupa pada tekstur lembut dan rasa yang sangat gurih. Cita rasa ini berasal dari pengolahan nasi yang dibumbui dengan santan dan berbagai rempah tradisional.

Makanan dengan harga yang relatif terjangkau ini dapat Anda temukan dengan mudah, terutama saat mengunjungi daerah asal nasi tepeng, yaitu Gianyar. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk mencicipi nasi tepeng ialah Pasar Senggol Gianyar. Nasi tepeng banyak dijual sebagai menu sarapan dengan harga sekitar Rp 10 ribuan.

Harga Rp. 10.000
From our editorial team

Habiskan hari dengan menikmati kuliner khas Bali saat berlibur di Pulau Dewata!

BP-Guide telah merangkum 10 makanan khas Bali yang wajib Anda coba ketika berlibur di sana. Setiap menu tersebut punya keistimewaan sendiri. Jadi, jangan sampai skip mencoba semuanya ya!