Foto Makin Artistik dengan 10 Rekomendasi Bingkai Foto dari BP-Guide (2020)

Foto Makin Artistik dengan 10 Rekomendasi Bingkai Foto dari BP-Guide (2020)

Bingkai foto dibutuhkan untuk membuat foto tampil lebih menonjol. Simak yuk aneka jenis bingkai foto yang ada. Selanjutnya, jangan lupa mengecek rekomendasi produk bingkai foto dari kami!

Sekelumit Sejarah Bingkai Foto

Untuk menghias dinding rumah supaya tidak terkesan monoton, banyak yang bisa kita lakukan. Mulai dari menambahkan wallpaper, menempelkan dekorasi gantung, hingga memajang foto dalam bingkai. Memajang foto dalam bingkai bisa memberikan sentuhan personal pada dekorasi rumah kita. Selain bisa mempermanis ruangan juga bisa menunjukkan kenangan indah yang sudah diabadikan.

Bicara mengenai bingkai foto, benda ini awalnya dikenal di Mesir pada 50 hingga 70 Masehi. Bingkai kayu tersebut ditemukan di sebuah makan Mesir dan diperkirakan berasa dari abad ke 2 Masehi. Bingkai tersebut diberi nama Potret Mumi Fayum. Bingkai berisi potret Fayum tersebut ditemukan di Hawara dalam kondisi masih terpasang. Bingkai diperkirakan masih awet karena iklim gurun.

Di Eropa, bingkai kayu muncul pada abad ke 12 dan ke 13. Pada masa itu bingkai digunakan hanya di dalam gereja. Fungsinya adalah untuk bagian dari altar atau arsitektur gereja. Bingkai dihias memakai elemen arsitektur meniru eksterior katedral-katedral besar. Tahun berlalu dan bingkai foto terus mengalami perubahan. Hingga saat ini kita mengenal aneka ragam bingkai foto.

Sekarang ini kita bisa mendapati aneka jenis bingkai foto yang indah. Ada bingkai foto yang bisa dipajang di dinding dan ada pula bingkai yang bisa didudukkan di meja. Ukuran bingkai pun sangat beragam, ada yang berukuran kecil dan ada juga yang berukuran sangat besar. Ukuran bingkai bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Semisal untuk memajang foto keluarga di ruang tamu, maka bisa memakai ukuran yang super besar. Sementara untuk foto pribadi atau foto kenangan bisa memakai ukuran kecil atau sedang saja.

Aneka Jenis Bingkai Foto yang Patut Diketahui

Bingkai Foto Minimalis

Jenis bingkai pertama yang wajib kamu tahu adalah bingkai foto minimalis. Jenis yang satu ini simpel berbentuk kotak atau bulat tanpa detail tambahan aksen apapun. Bingkai standar semacam ini lebih cocok untuk dipasang pada ruang bertema minimalis.

Umumnya bingkainya berwarna solid sehingga bisa menonjolkan kesan gambar di dalamnya. Bingkai foto minimalis biasanya memiliki beragam pilihan warna. Ada pilihan warna putih, hitam, emas, atau perak yang bisa memberikan kesan simpel.

Ada pula pilihan warna yang benar-benar bold untuk memberi kesan sedikit lebih ceria. Ukuran bingkai ini juga beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bingkai Foto Kolase

Jenis bingkai foto lainnya adalah bingkai kolase. Yang satu ini adalah bingkai yang saling bertumpuk atau berjajar sedemikian rupa. Model bingkai kolase sangat banyak di pasaran. Kamu bisa memilih yang bentuknya bertumpuk, berjajar, membentuk lingkaran, dan lain sebagainya.

Dengan memakai bingkai foto kolase, maka kamu bisa memajang lebih banyak foto yang kamu inginkan. Kamu juga bisa memajang foto yang saling berhubungan dalam bingkai foto kolase. Ini akan menyajikan cerita menarik pada mereka yang melihatnya.

Bingkai Floating

Ada juga bingkai foto floating yang bisa dipilih. Jenis bingkai yang satu ini unik dan menarik. Bingkai floating membuat foto tampak melayang. Kamu bisa menikmati ilusi optik dari gambar yang benar-benar mengambang di dinding. Bingkai floating adalah bingkai foto dari bahan akrilik.

Jenis bingkai ini sedang sanagt diminati sekarang karena terkesan seperti karya seni yang ada di galeri. Kaca akrilik bisa memberi efek seni yang indah sehingga foto terlihat berkelas dan modern apabila kamu menggantungnya di dinding yang berwarna abu-abu, atau broken white.

Bingkai Dekoratif

Yang paling banyak diminati adalah bingkai foto dekoratif. Sesuai namanya, bingkai yang satu ni tidak hanya membuat kita bisa menunjukkan indahnya foto kenangan kita namun juga bisa memberi keindahan dari desain bingkai yang menarik.

Bingkai foto dekoratif bisa juga diselipi gambar, teks, dan kadang-kadang elemen 3D yang makin membuat foto makin indah. Bingkai dekoratif juga memiliki ukiran indah disekeliling bingkai utamanya. Ini membuatnya tampak makin menarik.

Untuk kamu yang ruangannya bertema shabby chic atau vintage, bisa mengandalkan bingkai foto dekoratif sebagai andalan. Ini akan membuat ruangan terkesan makin unik dan makin sedap dipandang. Warna dari bingkai foto dekoratif ini juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Bingkai Foto Shadow Box

Ada juga bingkai foto shadow box yang bisa diandalkan. Bingkai jenis ini memiliki ciri kedalaman yang lebih dalam dari bingkai biasa. Ini membuat kau bisa menyimpan dan menampilkan lebih dari sekadar foto. Jenis bingkai ini bisa membuat foto atau lukisan yang kita pajang jadi terkesan lebih artistik karena memiliki bayangan dari pinggiran bingkainya.

Ini Dia Rekomendasi Bingkai Foto untuk Menghias Rumah

Ikea Vaxbo

Ikea Vaxbo merupakan bingkai foto yang bisa diandalkan untuk berbagai ruangan. Bingkai yang satu ini termasuk bingkai kolase dengan banyak tempat untuk memajang foto kenangan.

Kamu bisa memajang foto dari satu waktu atau bisa juga memajang foto dari berbagai tempat dan suasana. Ukuran produk ini setelah dirakit adalah 55 x 18 x 58 cm.

Perawatan bingkai foto ini cukup mudah karena cukup di lap memakai kain kering. Bingkai ini terbuat dari bahan plastik ABS dengan pelingung plastik polistirena di bagain depan.

Harga Rp. 144.000-235.000

Bingkai Foto 8R Putih Minimalis Kayu

Selanjutnya ada Bingkai Foto 8R Putih Minimalis Kayu yang bisa kamu lirik. Ini merupakan bingkai yang cocok dipasang di ruang tidur atau ruang keluarga.

Bingkainya minimalis karena hanya memiliki pilihan warna monokrom seperti hitam dan putih. Produk ini bisa diisi foto ukuran 8R. Ada pelindung berbahan kaca pada bingkai foto ini.

Pinggiran bingkai terbuat dari bahan kayu asli yang tahan lama. Setiap frame sudah dibungkus dengan plastik tipis.

Harga Rp. 45.000-75.000

Bingkai Foto Akrilik

Kamu juga bisa memakai Bingkai Foto Akrilik Acrylic Frame. Produk yang satu ini akan memberikan kesan dekoratif di rumah. Foto yang kamu poasang akan tampak seolah melayang.

Kamu bisa memajangnya di kamar tidur. Produk berukuran A4 ini ukuran penuhnya adalah 27 x 36 cm. Terbuat dari bahan kaca akrilik being dua lapis, produk ini tahan lama digunakan.

Dalam pembelian sudah lengkap dengan baut stainless dan fixer untuk pemasangan baut stainless ke tembok.

Harga Rp. 95.000-180.000

Inno Foto 08949

Jangan lewatkan untuk memiliki Inno Foto 08949. Ini adalah produk bingkai foto yang bagus. Bentuknya pohon sehingga terlihat sangat atraktif dan bisa jadi dekorasi dinding yang indah. Produk ini cocok untuk ruang bertema modern atau minimalis.

Kamu bisa memajang foto bersama keluarga atau orang terkasih pada foto ini. Terbuat dari bahan plastik lentur, produk ini tidak mudah pecah dengan banyak opening foto berbagai ukuran. Ada ukuran 4R, 5R dan square 4 x 4 inci pada produk ini.

Harga Rp. 233.000-310.000

YLLEVAD Bingkai Foto Kolase untuk 4 Foto 4R

Kamu bisa juga memakai YLLEVAD Bingkai foto kolase untuk 4 foto 4R. Produk keren yang satu ini terbuat dari bahan plastik ABS yang berkualitas tinggi. Bagian belakang bingkai foto ini terbuat dari plastik polipropilena.

Dengan pelindung depan plastik polistirena, bingkai foto ini akan menampilkan foto dengan baik. Produk ini kokoh dan ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Bingkai jenis kolase ini akan dengan indah membingkai foto terbaikmu. Ukuran produk ini adalah 41 x 21 x 1 cm.

Harga Rp. 33.000-53.000

Inno Foto (08233)

Inno Foto (08233) tentu bisa jadi rekomendasi bingkai foto selanjutnya. Produk yang satu ini merupakan jenis bingkai kolase yang cocok diletakkan di ruang keluarga. Desainnya unik dan cantik sehingga bisa menjadi dekorasi ruang yang indah.

Ada 6 display yang tersedia dengan bentuk love yang memukau. Ukuran tiap frame pun berbeda, ada yang 3,5, 5, hingga 6 inci. Produk ini hadir dalam warna putih yang membuatnya terkesan simpel dan modern.

Harga Rp. 124.000-246.000

Ikea Ung Drill

Jangan lupa juga untuk melirik produk Ikea Ung Drill. Produk ini dipersembahkan oleh Ikea yang merupakan penyedia perabot rumah tangga asal Swedia. Ikea selalu menghadirkan produk terbaiknya untuk kamu. Maka kamu jangan ragu memakai produk yang satu ini. Bingkai ini memiliki ukuran 85 x 40 x 50 cm. Bingkai yang satu ini terbuat dari bahan plastik polistirena.

Bagian depan bingkai ini adalah bahan kaca sehingga bisa berkesan sangat eksklusif. Produk ini dihiasi ukiran-ukiran unik yang membuatnya terkesan makin menarik. Warna putih pada produk ini membuatnya semakin terkesan elegan. Kamu bisa memakainya untuk memajang foto pernikahan, wisuda, atau foto lainnya yang berharga.

Harga Rp. 479.000-550.000

Bingkai Foto Set-up Kreatif Ins Gaya Eropa

Bingkai Foto Set-up Kreatif ins Gaya Eropa adalah produk selanjutnya yang bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini terbuat dari bahan logam sehingga bobotnya sedikit berat. Namun ini justru bisa membuat bingkai foto tidak mudah jatuh dan lebih kokoh.

Bingkai yang satu ini berbentuk love dengan gantungan. Bingkainya dari kaca akrilik sehingga terkesan sangat artistik. Produk ini bisa jadi hiasan meja. Bingkai yang satu ini hadir dalam pilihan warna hitam, emas, dan perak.

Harga Rp. 190.000-493.000

Inno Foto Bingkai Kayu Shadowbox

Inno Foto Bingkai kayu Shadowbox merupakan produk yang tidak bisa dilewatkan. Bingkai foto keren yang satu ini bisa digunakan untuk menyimpan foto kenangan terindah.

Produk ini akan menciptakan kesan visual lebih menarik. Bingkai ini cocok untuk 1 foto ukuran10 x 10 inci. Desainnya cukup simpel sehingga bisa menambah kesan elegannya. Secara keseluruhan ukurannya 33 x 4 x 33 cm dengan berat 700 gram.

Harga Rp. 105.000-195.000

Neoframe - Bingkai Foto 8i 20,5 x 20,5 cm ShadowBox

Neoframe - Bingkai Foto 8i 20,5 x 20,5 cm ShadowBox adalah produk selanjutnya yang bisa dimiliki. Bingkai foto yang satu ini terbuat dari bahan polisterin dan kaca. Kamu bisa memakainya untuk foto, scrapbook, mahar, dan objek 3D.

Bingkai yang satu ini memiliki kedalaman 3,5 cm. Untuk ukuran final terluar bingkai adalah 24 x 24 x 5 cm. Desainnya elegan sehingga bisa mempercantik ruangan tempatnya diletakkan.

Harga Rp. 70.000-166.000
From our editorial team

Atur Bingkai Sebagai Pemanis Tangga

Bingkai foto paling cocok menghias ruang keluarga, ruang kamar tidur, dan lainnya. Namun biar tidak monoton, kamu bisa juga memajangnya di tempat lain. Kamu bisa mengatur bingkai foto sebagai pemanis di tangga. Letakkan beberapa bingkai foto secara bertingkat di pinggiran dinding tangga. Kamu bisa menyusunnya sesuai dengan bentuk tangganya, misalkan dari arah atas ke bawah. Ini adalah cara yang tepat untuk menambah hiasan pada rumah bertema minimalis.