Ini 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Kamu yang Hobi Fotografi (2020)

Ini 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Kamu yang Hobi Fotografi (2020)

Sumber gambar pixabay.com

Kamera mirrorless memang jadi tren belakangan ini. Produk yang satu ini ukurannya mini sehingga mudah dibawa kemana saja. Yuk, miliki kamera mirrorless sendiri! Intip tips memilih kamera mirrorless dari kami supaya kamu tak salah beli!

Kamera Mirrorless Banyak Jadi Pilihan untuk Fotografi

Sumber gambar pixabay.com

Dunia fotografi memang menarik untuk digeluti. Makin kesini, makin banyak anak muda yang gemar menggeluti bidang yang satu ini. Melihat potensi ini, maka produsen kamera pun memperbarui teknologi pada kamera untuk mempermudah penggemar fotografi melakukan hobinya.

Salah satu hasil teknologi kekinian dari kamera adalah hadirnya jenis kamera mirrorless. Kamera jenis ini tak dilengkapi kaca yang bisa meneruskan gambar yang masuk ke lensa ke viewfinder optis dan sensor kamera. Gambar yang diterima langsung masuk ke sensor. Hal ini membuat kamu bisa melihat gambar yang ditangkap oleh lensa dan sensor langsung di LCD.

Kamera mirrorless mulai diperkenalkan ke publik tahun 2008 lalu. Kendati demikian, kepopulerannya baru pada tahun 2011. Ini karena saat kemunculan pertamanya, kamera mirrorless hanya memiliki fitur standar sehingga dianggap kurang menarik. Namun saat ini, kamera mirrorless memiliki teknologi canggih dan sensor yang makin besar sehingga mulai lebih populer ketimbang kamera DSLR yang notabene jadi piihan anak muda pencinta fotografi.

Kelebihan Kamera Mirrorless

Sumber gambar pixabay.com

Kamera mirrorless memiliki sederet kelebihan jika dibanding dengan kamera DSLR. Kamera yang satu ini jauh lebih ringan sehingga lebih fleksibel dibawa kemana saja. Ukurannya yang kecil membuatnya tidak mencolok ketimbang DSLR. Hal ini juga yang membuatnya cocok untuk dipakai street photography.

Hal menarik lainnya yang menjadi kelebihan kamera mirrorless adalah lensanya mudah untuk diganti. Kamera yang satu ini tak memiliki lensa permanen. Kamu bisa menggantinya sesuai dengan objek yang akan difoto.

Meski tak memiliki mirror pada CSC, kamera mirrorless tetap nyaman dioperasikan. Dengan tak adanya mirror, maka kamu harus memakai live view atau EVF untuk menangkap foto. Kamera mirrorless ada yang dibekali viewfinder ada yang tidak. Untuk yang tidak dibekali, bisa dipasangi dengan aksesori viewfinder kecil pada hotshoe kamera.

Tips Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sumber gambar pixabay.com

Sebelum membeli kamera mirrorless ada baiknya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan. Apakah kamu membelinya untuk koleksi peribadi? Atau, apakah kamu akan memakainya untuk keperluan bisnis? Jika sekadar untuk keperluan pribadi, maka kamu tak perlu memilih kamera mirrorless dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Beda halnya, saat kamu mencari kamera mirrorless untuk keperluan bisnis. Kamu perlu memilih kamera yang bagus supaya hasilnya lebih memuaskan dan bisa menarik pelanggan.

Kamu bisa memilih berbagai jenis kamera mirrorless yang sekiranya sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk yang pemula misalnya, kamu bisa memakai kamera yang fiturnya simpel. Tak perlu membeli yang terlalu rumit daripada kamu belum bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Nah, untuk kamu yang hobi fotografi untuk bisnis, kamu bisa memilih kamera yang bagus dengan fitur mumpuni. Harganya memang mahal, namun tentu sebanding dengan hasil yang memuaskan.

Cek Fiturnya

Sumber gambar www.pexels.com

Kamera mirrorless hadir dengan berbagai merek di pasaran. Setiap merek mempersembahkan fitur tersendiri yang pastinya menarik untuk dilirik. Nah, saat membeli kamera mirrorless, kamu bisa juga membeli berdasarkan pertimbangan fitur yang ada.

Beberapa fitur kamera mirrorless yang banyak dicari adalah ISO yang besar, kemampuan shutter speed 30 detik ke atas, fitur burst, sensor kamera minimal 4/3, dan autofocus yang cepat. Selain itu, ada juga fitur yang membuat kamera lebih mudah untuk diakses seperti, WiFi, Bluetooth, GPS, dan touch screen.

Kamu bisa juga memilih fitur kamera sesuai dengan kegiatanmu. Untuk kamu yang hobi eksplorasi bisa memilih kamera mirrorless dengan resolusi 16 Megapixel untuk foto dan 1080 untuk video. Untuk kamu yang senang memotret di luar ruangan bisa memilih fitur dust proof dan waterproof supaya kamera lebih aman dibawa.

Pilih dari Sensornya

Sumber gambar www.pexels.com

Memilih kamera mirrorless juga bisa didasarkan pada sensor kameranya. Pastikan kamera memiliki sensor yang baik, minimal APS-C. Sensor kamera lainnya yang bisa dipilih adalah CMOS, Full-frame, serta Medium Format.

Sebagai informasi, sensor CMOS dan APS-C merupakan sensor yang banyak dipilih oleh para produsen kamera untuk ditanamkan pada produknya. Kedua jenis sensor ini akan sangat mumpuni untuk mengambil foto atau video dokumentasi. Di sisi lain, jika kamu ingin kamera dengan gambar yang lebih detail, maka kamu bisa memilih kamera mirrorless dengan sensor Full-frame atau Medium Format. Ini karena kedua jenis sensor ini bisa menangkap cahaya dengan lebih baik sehingga kualitas pencahayaan foto jadi lebih baik.

Sesuaikan dengan Bujet

Sumber gambar m.economictimes.com

Ketika membeli kamera, utamakan membeli sesuai bujet. Hindari membeli kamera yang harganya di atas anggaranmu. Ingatlah bahwa kamera mirrorless bagus tidak melulu harus yang harga mahal. Apalagi, untuk kamu yang masih pemula. Tak perlu beli yang terlalu mahal jika masih untuk sekadar belajar saja. Beda halnya jika kamu sudah berpengalaman. Kamu bisa membeli kamera mirrorless dengan kualitas tinggi dan harga yang lebih mahal. Tentu saja, jika bujet belum mencukupi, kamu bisa menabung dulu supaya keuangan bulanan kamu tetap aman.

Ini Dia Rekomendasi Kamera Mirrorless untuk Mendukung Hobi Kamu

Canon EOS M6 Mark II

Canon EOS M6 Mark II bisa menjadi pilihan kamera yang tepat untukmu. Produk yang satu ini memang tak dibekali viewfinder, kendati demikian, kamu bisa tetap mendapatkan hasil foto yang maksimal. Kamera ini memiliki desain yang handy dan ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Resolusi kamera ini adalah 32,5 MP sehingga cocok untuk mengabadikan beragam momen penting. Produk ini dibekali lensa F mount tambahan dan autofocus 143 AF. Kamu juga bisa mengabadikan momen dengan cepat karena produk ini dibekali rate shooting maksimal 14fps.

Harga Rp. 12.000.000-14.000.000

Sony Alpha A5100

Produk selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi adalah Sony Alpha A5100. Ini merupakan kamera mirrorless dengan bodi portabel yang bobotnya ringan. Produk ini memiliki ukuran 109,6 x 62,8 x 35,7 mm. Lensa kamera ini adalah 24,3 MP dengan rentang ISO dari 100-16.000 sehingga bisa menghasilkan resolusi maksimum 6.000 x 4.000 piksel. Kamera dari Sony ini bisa merekam dalam format MP4 full HD .920 x 1.080 piksel dan XAVCS. Kamera ini nyaman dibawa kemana saja karena desainnya yang ringkas. Produk ini bisa merekam hingga 6 fps continuous shooting dengan sensitivitas ISO 25600.

Harga Rp. 5.000.000-7.499.000

Panasonic Lumix DC-GF9K

Panasonic Lumix DC-GF9K ini juga bisa menjadi pilihan kamu. Kamera mirrorless yang satu ini hadir dengan desain retro. Fitur-fiturnya standar dan sangat mudah dipahami. Ini membuatnya cocok untuk para fotografer pemula. Bentuknya juga ringkas sehingga mudah dibawa traveling. Alat yang satu ini memiliki kecepatan shutter yang kilat sehingga bisa mengabadikan objek-objek yang bergerak dengan cepat. Dengan hasil jepretan tajam, kamera ini tentu sangat memuaskan penggunanya. Layar produk ini bisa diputar 180 derajat. Kamu bisa juga menangkap momen secara langsung dalam kualitas 4K dengan alat yang satu ini. Produk akan menangkap momen terbaik pada kecepatan 30 fps.

Harga Rp. 5.050.000-8.840.000

Fujifilm X-T100

Fujifilm X-T100 juga bisa jadi pilihan. Produk ini desainnya mirip DSLR sehingga terkesan sangat canggih. Alat ini memiliki electronic viewfinder modern sehingga bisa menghasilkan foto yang menakjubkan. Bobotnya begitu ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Kamera ini memiliki sensor CMOS APS-C dengan resolusi 24,2 megapiksel dan lensa bawaan atau kit CX15-45mm. Alat yang satu ini bisa merekam video berkualitas 4K pada kecepatan 15fps. Fotografer pemula bisa menjadikannya pilihan karena mudah dioperasikan.

Harga Rp. 5.000.000-8.000.000

Nikon Z50

Nikon Z50 ini bisa juga jadi pilihan. Kamera mirrorless ini memiliki fitur holder yang nyaman sehingga membuatnya mudah dibawa. Ada pula fitur touch screen, viewfinder, dan autofocus sehingga bisa jadi andalan kapan saja. Dengan resolusi 20, 9 MP, produk ini memiliki viewfinder 0,3 inci dan 2,36 juta dot. Kamu bisa merekam video berkualitas 4K dengan produk yang satu ini.

Harga Rp. 13.450.000-17.000.000

Samsung Camera NX MINI

Samsung Camera NX MINI tentu bisa jadi pilihan keren untuk kamu. Kamera mirrorless ini memakai sensor 20 megapiksel. Dengan layar sentuh berukuran 3 inci, kamera ini mudah dioperasikan. Layarnya bisa ditekuk 180 derajat menghadap ke arah depan sehingga bisa dipakai untuk melakukan foto selfie. Desain kameranya sederhana dengan warna yang sangat atraktif. Ukurannya juga mini sehingga mudah dibawa kemana saja. Meski bodinya dari plastik, namun kamera mirrorless dari Samsung ini bisa jadi andalan kapan saja.

Harga Rp. 5.600.000-6.552.000

Panasonic Lumix GH5

Panasonic Lumix GH5 ini juga bisa jadi andalan. Produk yang satu ini bisa menghasilkan 4K Video yang memuaskan. Desainnya simpel dan elegan dengan bobot 725 gram sehingga mudah dibawa kemana saja. Dengan Sensor Digital Live MOS yang didukung resolusi 20,3 MP, kamera ini bisa menghasilkan gambar yang sangat tajam. Alat ini terbuat dari bahan magensium alloy untuk bagian bodinya sehingga terkesan kokoh.

Harga Rp. 20.999.000-24.989.000

Olympus OM-D E-M1X

Olympus OM-D E-M1X ini juga meruapakan kamera keren untuk kamu. Desainnya keren meski agak menyulitkan untuk dibawa kemana saja. Kamera mirrorless ini lebih cocok untuk memotret di dalam ruangan. Jika ingin membawanya ke luar ruangan sebaiknya memakai wadah khusus karena produknya berukuran sedikit besar. Alat ini hadir dengan 60fps RAW yang dipadu dengan autofocus. Resolusi yang ditawarkan kamera ini adalah 20, 4 MP. Kamu bisa membuat video 4K dengan produk yang satu ini. Alat ini cocok untuk mengabadikan momen dengan subjek yang bergerak sangat cepat.

Harga Rp. 42.500.000-48.000.000

Sony Alpha A7 III

Sony Alpha A7 III ini juga bisa jadi pilihan. Produk ini hadir dengan resolusi 24,2 MP. Kamu bisa memakainya untuk mengambil gambar pada area yang terang. Alat yang satu ini memakai viewfinder 2.359 juta dot. Dengan monitor ukuran 3 inci, alat ini juga memiliki autofokus 693 AF. Produk ini cocok untuk merekam video berkualitas UHD 4K. Kamu akan puas untuk mengabadikan setiap momen.

Harga Rp. 24.250.000-42.998.000

Canon EOS M5

Canon EOS M5 juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini memiliki viewfinder dan handgrip yang membuatnya sangat nyaman layaknya kamera DSLR. Kamera mirrorless ini bisa menghasilkan gambar yang tajam dan memukau. Alat yang satu ini bisa membuat kita mendapatkan 49 titik autofocus. Ada juga teknologi Dual Pixel AF untuk menjepret dengan kecepatan 7 frame/detik. Kita bisa merekam video dengan kualitas 4K UHD. Alat ini juga dibekali dual pixel CMOS yang lebih cepat dan akurat. Ada juga teknologi 5-axis image stabilization sehingga kamu bisa membidik lebih akurat dan tepat.

Harga Rp. 7.950.000-18.000.000
From our editorial team

Kamera Mirrorless Cocok untuk Kamu yang Memiliki Bujet Minim

Dengan berbagai kelebihan kamera mirrorless di atas, kamu tak perlu ragu lagi untuk memilikinya. Terlebih lagi, produk ini juga memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dari kamera DSLR. Untuk hasil fotonya, kamu tak perlu khawatir karena tetap bagus dan indah.