Tampil Lebih Menarik dengan 10 Rekomendasi Primer untuk Remaja Buat Kamu yang Baru Mulai Make Up! (2022)

Tampil Lebih Menarik dengan 10 Rekomendasi Primer untuk Remaja Buat Kamu yang Baru Mulai Make Up! (2022)

Salah satu bagian terpenting dalam make up adalah primer sebagai base make up yang ringan. Artikel ini membahas tips-tips penggunaan primer untuk pemula, khususnya remaja. Selain tips, terdapat juga rekomendasi produk murah meriah yang bisa disesuaikan dengan uang jajan remaja. Simak juga informasi menarik seputar produk-produk rekomendasi dari kami.

Buat Masa Remaja Kamu Lebih Berwarna dengan Belajar Make Up Yuk!

Masa remaja tentunya adalah salah satu masa yang cukup menarik dalam kehidupan seseorang. Di masa ini, remaja cenderung suka mengeksplorasi hal baru karena sudah bisa menentukan apa yang disukai dan keinginannya. Lalu, bagaimana sih tren remaja khususnya remaja perempuan sekarang ini?

Bicara soal tren remaja, tentu tidak terlepas dari tontonan yang banyak dilihat. Misalnya saja, di media sosial, remaja perempuan dengan leluasa bisa mengakses berbagai hal, termasuk juga beauty dan fashion. Mulai dari inspirasi gaya, tutorial video hingga produk yang dijual bisa dilihat dan pastinya akan menimbulkan rasa penasaran untuk mencoba.

Salah satunya, tentu saja adalah belajar dan mulai mencoba make up. Di usia ini, mereka akan mulai memperhatikan penampilan sehingga keinginan untuk tampil lebih menarik dengan make up pasti ada. Tidak hanya lebih menarik, make up dengan kandungan skincare di dalamnya juga bisa sekaligus merawat kulit remaja jika penggunaannya tepat dan sesuai usia.

Tips Menggunakan Primer agar Lebih Optimal

Gunakan Moisturizer sebelum Aplikasi Primer

Supaya tidak salah langkah, untuk kamu yang masih pemula dalam make up, tips pertama yang harus diingat adalah menggunakan moisturizer sebelum primer. Kelembaban kulit yang terjaga sangat berkaitan dengan banyak hal, termasuk terhindar dari berbagai permasalahan kulit yang diakibatkan oleh seringnya menggunakan make up. Moisturizer yang tepat juga merupakan kunci make up kamu bisa bertahan lebih lama di wajah.

Pilih Primer dengan Kandungan Skincare

Tips kedua, yaitu terkait dengan pemilihan produk primer yang akan kamu gunakan. Alangkah baiknya untuk membaca kandungan dan fungsi yang tercantum dalam kemasan. Beberapa produk dengan kandungan skincare yang baik untuk kulit, misalnya primer berbentuk face mist dari Wardah dan Pixy Make It Glow. Dengan kandungan serupa skincare, kamu bisa mendapatkan tampilan wajah lebih menarik sekaligus merawat kulit.

Gunakan Sponge atau Brush Khusus

Terakhir, untuk hasil primer yang optimal, kamu bisa menggunakan sponge atau brush untuk pengaplikasian primer. Dengan ini, produk kamu akan diaplikasikan secara lebih merata dan menempel. Meski keduanya bisa digunakan, pengaplikasian yang paling tepat untuk primer adalah dengan menggunakan brush.

Ini Dia 10 Rekomendasi Primer untuk Remaja yang Nggak Bikin Kantong Kering!

Emina Pore Ranger 20 ml

Rekomendasi pertama untuk kamu para remaja yang lagi cari primer adalah primer dari brand Emina. Setuju pasti ya, kalau ini masuk daftar teratas rekomendasi? Karena kalau bicara soal make up untuk remaja, Emina juaranya!

Emina Pore Ranger, primer dari Emina ini hadir dengan kemasan tube berwarna biru kehijauan berukuran 20 mL. Higienis dan praktis kamu bawa kemanapun! Produk ini memiliki tekstur seperti mentega, creamy, tetapi meleleh saat diaplikasikan. Warna produknya sendiri adalah cream, seperti atasan baju pramuka.

Meski berwarna, produk ini akan menyatu dengan warna kulit kamu. Emina Pore Ranger menawarkan fungsi menutup pori-pori sekaligus menahan minyak berlebih pada muka. Finish produknya sendiri adalah matte dan tekstur kulit wajah terasa jauh lebih halus. Kandungan yang menarik di dalam produk ini adalah titanium dioxide dan sudah bebas fragrance.

Harga Rp. 45.000-64.000

Focallure Blurmax Primer Keep All Day Base Makeup

Rekomendasi berikutnya adalah Focallure Blurmax Primer Keep All Day Base Makeup. Primer ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu menyamarkan pori, menyamarkan kerutan halus dan untuk mengontrol minyak berlebih di wajah. Primer dari Focallure ini hadir dengan kemasan tube berwarna soft pink yang elegan.

Kandungan yang ada di dalam primer ini meliputi Dimethicone, Isohexadecane, Cyclopentasiloxane dan sebagainya. Produk ini memiliki review yang cukup baik di website resminya.

Banyak yang sudah menggunakan primer ini menyatakan bahwa Focallure Blurmax Primer Keep All Day Base Makeup memenuhi fungsi sesuai klaim produknya. Selain itu, tekstur produk yang terasa ringan di wajah menambah nilai plus di hati penggunanya.

Harga Rp. 54.000-75.000

Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer

Selanjutnya, kembali pada salah satu jagoan lokal untuk produk primer remaja ada dari brand Pixy. Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer berhasil mendapatkan nilai bintang 4,6 dari total 5 bintang di situs female daily. Tak tanggung-tanggung, dari 1504 user yang memberikan reviewnya, 1066 memberikan bintang 5 dan 70% nya merekomendasikan penggunaan produk ini.

Penasaran kan sama produk satu ini? Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer merupakan primer untuk remaja yang sudah tersertifikasi Halal. Hero ingredients yang terkandung di dalamnya, antara lain Jojoba Oil, Olive Oil dan Yuzu Extract yang dikenal baik sebagai agen pelembab dan pencerah wajah.

Tak sampai disitu saja, produk ini juga sudah mengandung SPF 35 PA +++, menjadikannya primer yang tak hanya berfungsi sebagai base makeup biasa. Kandungannya yang nggak main-main membuatnya layak mendapatkan nilai tinggi dari penggunanya, bukan?

Harga Rp. 46.000-63.500

Silkygirl Instant Pore Fix Primer

Lagi, satu brand yang sangat identik dengan make up remaja, yaitu Silkygirl. Silkygirl Instant Pore Fix Primer, primer untuk remaja yang hadir dengan kemasan tube berwarna peach yang cute. Seperti kemasannya, warna produk dari primer ini juga peach sehingga sangat natural saat diaplikasikan di kulit remaja.

Jika kulitmu termasuk jenis yang sensitif, maka primer dari Silkygirl perlu kamu coba karena sudah fragrance-free. Fungsi yang ditawarkan sama saja dengan primer pada umumnya, yaitu menyamarkan pori, mengontrol minyak dan membuat tekstur kulit terasa halus. Kamu harus coba ya, teksturnya sangat ringan dan juga breathable, dijamin nyaman seharian!

Harga Rp. 74.000-108.000

YOU Makeup Prep Smooth & Poreless Primer

Berikutnya, rekomendasi kami untuk primer remaja jatuh pada YOU Makeup Prep Smooth & Poreless Primer. Hadir dengan tube berwarna beige berukuran 25 mL, primer satu ini patut dicoba karena sudah dermatologist tested. Termasuk didalamnya adalah paraben,alkohol dan mineral oil-free.

Salah satu selling point dari produk ini adalah adanya kandungan skincare berupa Zinc PCA dan Portulaca Oleracea Extract. Zinc PCA merupakan kandungan dengan fungsi mengurangi kemerahan kulit dan mengontrol produksi sebum berlebih. Sementara itu, kandungan yang disebutkan di akhir merupakan antioksidan yang menutrisi kulit.

Dengan kandungan tersebut, YOU Makeup Prep Smooth & Poreless Primer juga mengklaim bahwa produknya memiliki tekstur yang silky serta menghidrasi kulit dan menjadikan make up lebih menempel tahan lama. Satu hal yang perlu dicatat adalah, kamu harus mengocok tube kemasan sebelum pemakaian untuk menghindari adanya residu minyak pada primer.

Harga Rp. 49.000-74.000

Maybelline Baby Skin Pore Eraser Primer Make Up

Selanjutnya, salah satu primer wajib untuk remaja adalah produk primer dari Maybelline. Kali ini, yang kami bahas adalah primer kemasan biru kehijauan, yaitu Maybelline Baby Skin Pore Eraser Primer Make Up. Dengan kandungan cherry extract sebagai antioksidan, primer ini sudah teruji klinis sebagai produk non-comedogenic dan fragrance free.

Maybelline Baby Skin, sesuai namanya, mengklaim bahwa produknya mampu menghasilkan tampilan seperti kulit bayi. Aplikasi primer di wajah akan membuat pori-pori kamu tersamarkan, sekaligus terasa halus selayaknya kulit bayi! Untuk tekstur produknya sendiri, Maybelline Baby Skin Pore Eraser Primer Make Up sedikit kental karena produk ini memang masih mengandung silikon. Hasil akhir dari primer ini adalah matte, dijamin pemilik kulit berminyak pasti akan suka!

Harga Rp. 55.000-85.000

Azarine Hydraveil Primer Serum

Rekomendasi selanjutnya dari local brand dan pastinya tidak kalah menarik, yaitu primer keluaran brand Azarine. Siapa sih yang nggak tau brand yang cukup hits di tahun 2021 karena produk sunscreen mereka ini? Tidak hanya sunscreen, rupanya Azarine terus mengembangkan produk skincare dan make up, salah satunya primer.

Primer Azarine hadir dengan dua varian, Let It Go Hydraveil Primer Serum, dengan kemasan tube berwarna biru dan Matte My Day Hydraveil Primer Serum yang kemasannya berwarna hijau. Let It Go Hydraveil Primer Serum diklaim cocok kamu yang ingin tampilan dewy glow. Primer ini cenderung ramah untuk pemilik kulit sensitif karena formulasinya anti iritasi dan kemerahan serta dapat memperkuat skin barrier.

Sementara itu, Matte My Day Hydraveil Primer Serum memiliki finish matte dengan klaim menyamarkan garis halus dan oil control. Kedua produk primer Azarine ini dikatakan untuk memiliki coverage medium to high. Review pengguna juga mengatakan bahwa klaim yang ditawarkan benar adanya dan sesuai, nggak heran produk ini laris banget di pasaran!

Harga Rp. 44.500-75.000

Luxcrime Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer /Hydro Blur Finish Primer

Tidak ketinggalan, masih dari local brand, Luxcrime ikut menghadirkan primer untuk remaja. Primer Luxcrime dibedakan menjadi 2 varian, Luxcrime Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer dan Hydro Blur Finish Primer. Apa sih beda keduanya?

Varian pertama, Mattifying Poreless Primer diklaim cocok untuk kulit kering karena mampu memberikan kelembapan pada kulit. Sedangkan Hydro Blur Finish Primer merupakan varian dengan oil dan shine control, membuat make up di atasnya lebih tahan lama.

Tekstur produk keduanya cukup ringan saat diaplikasikan. Kabar baiknya adalah produk primer dari Luxcrime ini sudah paraben-free dan sulfate-free. Review kedua produk ini cukup baik, kamu hanya perlu memilih produk berdasar jenis kulit kamu dan preferensi saja ya!

Harga Rp. 78.000-89.100

Madame Gie Face Primer Gel Base

Jika dirasa rekomendasi di atas masih belum sesuai dengan jatah uang jajan kamu, tenang saja karena Madame Gie mungkin punya solusinya. Ya! Madame Gie ikut menghadirkan produk primer yang harganya cocok banget buat kantong remaja.

Madame Gie Face Primer Gel Base hadir dengan kemasan tube 15 mL, mungil tetapi mampu menyamarkan pori dan garis halus, menghaluskan tekstur muka serta membuat make up kamu tahan lama. Selain fungsi di atas, Madame Gie Face Primer Gel Base diklaim sebagai produk primer yang non-comedogenic.

Tekstur primer dari Madame Gie adalah gel bening tanpa wangi. Untuk kamu yang mempertimbangkan fragrance, tenang saja karena produk ini sudah bebas wewangian.

Harga Rp. 29.000-45.000

Wardah Lightening Face Mist 60ml Primer Setting Spray

Terakhir, masih produk lokal untuk kalian yang low budget, ada juga Wardah Lightening Face Mist 60ml Primer Setting Spray. Jika kebanyakan primer yang beredar adalah berbentuk gel dan cream dalam tube, maka Wardah menghadirkan kosmetik primer super praktis dengan kemasan face mist. Menarik bukan?

Meski murah, primer milik Wardah mempunyai kandungan niacinamide yang bagus untuk mencerahkan. Selain sebagai primer, produk ini diklaim mampu melindungi kulit dari sinar biru.

Review produk di website Sociolla cukup bagus, yakni mencapai nilai 4,7 dari total nilai 5. Sebanyak 155 pengguna dari total 166 orang merekomendasikan untuk membeli produk ini. Tunggu apalagi, kamu cobain juga yuk!

Harga Rp. 25.000-32.500
From our editorial team

Primer Untuk Remaja, Produk sesuai Budget dan Fungsional untuk Merawat Kulit

Tampil menarik dengan make up itu boleh-boleh saja. Hanya saja, remaja sebagai pemula dalam hal make up, perlu mengetahui tips-tips pemakaian make up yang tepat dan sesuai usia. Bukan sekedar mencari produk yang cocok dengan kantong remaja, kamu sebagai remaja cerdas juga harus memikirkan efek jangka panjang dari seringnya memakai make up, dalam artikel ini yaitu primer. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan primer yang sesuai jenis kulit kamu dan usahakan memilih produk dengan kandungan skincare sehingga bisa sekaligus merawat kulit remaja kamu.