Ciptakan Tampilan Make Up Flawless tanpa Khawatir Kulit Rusak dengan 10 Rekomendasi Primer Terbaik! (2022)

Ciptakan Tampilan Make Up Flawless tanpa Khawatir Kulit Rusak dengan 10 Rekomendasi Primer Terbaik! (2022)

Artikel ini memperkenalkan kamu dengan fungsi-fungsi yang dimiliki oleh primer yang banyak tak diketahui sehingga seringkali dilewatkan penggunaannya. Tak hanya itu, terdapat berbagai informasi seputar kandungan dalam suatu primer. Tentunya, lengkap dengan rekomendasi primer terbaik dari kami!

Samarkan Ketidaksempurnaan Wajah dengan Primer, Benda Wajib untuk Tampilan Riasan Flawless!

Wajah memerah, jerawat tumbuh di sana-sini, belum lagi masalah pori-pori besar dan sebagainya seringkali membuat kamu insecure. Tingkat percaya diri mendadak makin turun ketika yang dilihat di media sosial adalah orang-orang yang secara profesi memang dituntut tampil sempurna serta menarik. Kamu masih begitu?

Dengan banyaknya informasi yang bisa diperoleh sekarang, seharusnya kita sadar bahwa setiap orang pasti memiliki sedikitnya satu atau dua permasalahan kulit. Kondisi seperti ini memang tidak bisa dielakkan lagi karena pengaruh dari berbagai faktor, seperti pola hidup, pola makan, hormon dan lain-lain. Kondisi tersebut adalah wajar dan semua ada solusinya.

Dibandingkan insecure berlebih, saatnya kamu cari tahu lebih banyak lagi tentang benda satu ini, yaitu primer. Primer, merupakan produk pada tahapan paling pertama dalam make up tepat setelah penggunaan skincare. Apa fungsinya? Fungsi utamanya adalah untuk menyamarkan ketidaksempurnaan wajah, seperti masalah yang disebutkan di awal dan juga menutupi kulit kusam, warna kulit tidak merata dan masih banyak lagi.

Dianggap sepele dan sering dilewatkan, primer merupakan kunci agar tampilan riasan kamu tampak flawless, lebih tahan lama dan tidak mudah bergeser. Tidak hanya sebagai cara instan untuk menutupi ketidaksempurnaan wajah, banyak sekali primer yang beredar sekarang sudah memasukkan kandungan skincare di dalamnya. Lebih lengkap lagi, simak ulasan fungsi primer di bawah ini ya!

Fungsi Primer, Tak Sekedar Menutupi Kekurangan Wajah, tapi Juga Merawatnya

Menyamarkan Pori-Pori

Fungsi pertama yang paling sering ditawarkan oleh sebuah primer adalah menyamarkan pori-pori wajah. Untuk memenuhi fungsi tersebut, primer diformulasikan menjadi beberapa tipe, yang umumnya adalah silicone-based dan water-based primer. Perbedaan formulasi keduanya menghasilkan beragam tekstur produk yang berbeda.

Silicone-based primer memiliki tekstur lebih kental dibandingkan tipe water-based. Selain formulasi, pada beberapa primer sudah pula mengandung ingredients yang dibutuhkan untuk perawatan pori. Misalnya saja, pada primer dari Dr. Jart+, mengandung Tri-Retex technology (PHA+Glycoprotein+Panthenol) untuk perawatan pori-pori wajah.

Meningkatkan Tekstur Kulit

Penggunaan make up dianggap dapat merusak kulit. Masa sih? Bisa jadi, kamu belum tahu cara tepatnya. Supaya tidak memperburuk kondisi kulit, terutama bagi yang memiliki permasalahan kulit, primer tentu saja tidak boleh kamu skip.

Pada kegiatan merias wajah, primer diperlukan sebagai alas tahapan make up selanjutnya. Primer juga berfungsi menjaga kelembaban kulit dengan berbagai kandungan antioksidan, seperti vitamin E. Kandungan lain dalam primer dengan fungsi serupa, antara lain Lanolin Oil, vitamin A, vitamin B5, aloe vera dan masih banyak lainnya.

Kelembapan yang terjaga merupakan kunci utama kulit sehat. Tak heran, dengan pemakaian rutin, manfaat yang kamu bisa dapatkan adalah meningkatnya tekstur wajah menjadi lebih halus. Jadi, jangan skip primer kamu ya saat menggunakan make up!

Proteksi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Terakhir, yang tak kalah penting dan mungkin jarang diketahui adalah fungsi primer sekaligus sebagai pelindung atau proteksi kulit. Tahukah kamu jika beberapa primer mengandung key ingredients serupa sunscreen, seperti Titanium Dioxide?

Ya, kandungan yang dikenal sebagai penangkal UVA dan UVB ini juga ada lho di produk primer. Misalnya, primer keluaran NARS Cosmetics dan Ultima II. Dengan kandungan ini, sudah pasti primer juga memiliki fungsi merawat kulit dari berbagai masalah kulit yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

Ini Dia 10 Primer Terbaik untuk Tampilan Wajah Flawless!

YSL Top Secrets Instant Moisture Glow

Rekomendasi merk primer terbaik yang pertama dari kami adalah YSL. Siapa tak kenal YSL? Selain dikenal karena designer bag nya, brand satu ini juga banyak meluncurkan produk kecantikan best seller. Salah satunya adalah YSL Top Secrets Instant Moisture Glow.

YSL Top Secrets Instant Moisture Glow hadir dengan kemasan tube berwarna premium khas YSL, yaitu hitam dan gold. Tak sekedar berfungsi sebagai primer, produk satu ini menawarkan tekstur produk yang sangat ringan hingga rasanya meleleh di kulitmu saat pengaplikasian.

Primer ini tidak hanya mengklaim dapat memberikan efek flawless, tapi juga melembabkan wajah. Kelembabannya bahkan diklaim bertahan hingga 72 jam lho! Adenosine dan glycerin merupakan salah satu kandungan di dalam YSL Top Secrets Instant Moisture Glow yang bekerja memberikan kelembaban pada kulit.

Harga Rp. 750.000-1.200.000

Benefit The POREfessional

Berikutnya, tak kalah dari YSL, satu lagi merk primer yang lumayan sering disebut-sebut oleh para beauty influencer. Kamu pasti bisa menebaknya bukan? Ya, apalagi kalau bukan Benefit Cosmetics. Primer andalannya, Benefit The POREfessional banyak digemari karena menawarkan matte-finish dan tentu saja ketahanannya yang long lasting bisa diandalkan.

Untuk kamu yang concern dengan produk yang mengandung paraben, kabar gembira bahwa produk ini sudah paraben-free lho! Benefit The POREfessional mengandung antioksidan dan vitamin E yang bekerja baik untuk menangkal radikal bebas.

Harga Rp. 230.000-950.000

NARS - Face Primer SPF 35 / PA+++

Mencari primer yang sudah oil, paraben, alcohol dan fragrance free? Jika iya, maka kamu bisa mencoba produk dari NARS Cosmetics yang akan kami rekomendasikan ini. NARS Cosmetics merupakan produk papan atas untuk make up yang berasal dari USA.

Face Primer dari NARS merupakan primer dengan encapsulated sunscreen, tak hanya menjadikan make up kamu menempel lama di kulit, primer ini sekaligus berfungsi sebagai sunscreen. Tak tanggung-tanggung, yang ditawarkan adalah SPF 35, sudah mumpuni untuk menangkal paparan UVA dan UVB di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Produk primer ini cocok untuk kamu pemilik kulit kusam yang ingin mendapatkan tampilan wajah bercahaya.

Harga Rp. 740.000-920.000

Make Over Hydration Serum

Selanjutnya, yang mungkin kamu tunggu-tunggu. Apalagi kalo bukan local brand? Ya, tak hanya produsen kosmetik luar negeri, primer lokal juga banyak lho!

Salah satu primer lokal terbaik adalah Make Over Hydration Serum. Primer ini cukup dikenal karena banyak digunakan MUA lokal ketika merias wajah, misalnya untuk event wisudaan.

Dinamakan serum karena memang primer lokal satu ini memiliki kandungan serupa skincare, antara lain aloe vera, pro vitamin B5 dan vitamin E. Ketiganya bekerja baik untuk melembabkan, mencerahkan dan sebagai anti-oksidan untuk kulit. Bagaimana, menarik bukan?

Selain kandungannya yang serupa serum, kemasan primer dari Make Over ini juga seperti botol serum pada umumnya. Hadir dengan botol pump ukuran 33 ml, selain travel-friendly, botol jenis ini juga sangat higienis. Kamu harus cobain deh!

Harga Rp. 90.000-115.000

Make Over Velvet Mattifying Primer

Masih dari Make Over, rekomendasi satu ini mungkin cocok untuk kamu yang anaknya penyuka velvet matte-finish. Make Over Velvet Mattifying Primer cocok untuk kulit berminyak. Produk ini menawarkan beberapa fungsi seperti menyamarkan tampilan pori-pori besar dan menyerap kelebihan sebum yang sangat dibutuhkan oleh pemilik kulit berminyak.

Berbeda dari primer Make Over yang disebutkan sebelumnya, Make Over Velvet Mattifying Primer hadir dengan kemasan tube berwarna putih yang lebih praktis. Kamu bisa menambahkan foundation setelahnya untuk hasil riasan yang lebih maksimal.

Harga Rp. 75.000-100.000

Make up Forever Step 1 Primer

Rekomendasi selanjutnya dari kami adalah Make up Forever Step 1 Primer. Tersedia dengan berbagai macam varian, yang kesemuanya menawarkan fungsi-fungsi utama primer seperti menyamarkan pori, garis halus, kerutan sekaligus meratakan warna kulit yang tidak merata.

Primer dari Make up Forever ini cukup digemari karena memudahkan aplikasi makeup di atasnya sehingga makeup tidak mudah bergeser dan tahan lama. Tekstur produk dari Make up Forever Step 1 Primer cenderung kental dengan sedikit wangi.

Harga Rp. 150.000-660.000

Ultima II Delicate Undermakeup - Tint Aquafleur

Pernah dengar tentang Ultima II? Beauty enthusiast pasti tahu dong brand satu ini. Ya, brand asal USA ini sudah cukup lama bermain di dunia make up. Salah satu primer dari brand Ultima II yang banyak dipakai MUA dan beauty influencer adalah Ultima II Delicate Undermakeup - Tint Aquafleur. Apa kelebihannya?

Jika kamu memiliki kulit sensitif dengan warna kulit cenderung mudah memerah, maka produk ini bisa jadi merupakan pilihan yang tepat. Ultima II Delicate Undermakeup memiliki dua buah shade, Tint Aquafleur dengan fungsi menutupi kemerahan di wajah, yang produknya berwarna hijau. Shade lainnya, yaitu natural, berfungsi untuk menjadikan tampilan riasan wajah tampak glowing.

Kandungan yang terdapat di dalam salah satu produk primer terbaik ini adalah Sweet Almond Oil, Lanolin Oil dan Titanium Dioxide. Ya! Titanium Dioxide merupakan kandungan utama pada physical sunblock yang berfungsi menangkal paparan sinar matahari. Tak heran ya, produk ini banyak digemari oleh MUA karena kandungannya juga baik untuk melindungi kulit.

Harga Rp. 165.000-200.000

Bobbi Brown Vitamin Enriched Face Base 15ml - Pelembab - Primer

Deretan premium brand lainnya yang juga menawarkan primer terbaik adalah Bobbi Brown. Bobbi Brown Vitamin Enriched Face Base merupakan primer dengan range usia luas mulai dari 20 tahunan hingga 50 tahun ke atas, semua bisa memakainya. Produk ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit dengan skin concern, seperti kulit kusam, garis halus, kerutan dan sebagainya.

Lalu, apa saja kandungan yang terdapat di dalam primer Bobbi Brown Vitamin Enriched Face Base? Primer ini mengandung shea butter, vitamin A, vitamin C dan vitamin E sehingga kaya antioksidan. Fungsi utama kandungan-kandungan tersebut adalah menghaluskan sekaligus menghidrasi kulit wajah.

Hadir dengan kemasan berupa jar, mungkin ini merupakan salah satu kekurangan dari primer Bobbi Brown Vitamin Enriched Face Base untuk kamu yang mempertimbangkan kebersihan produk. Selain itu, kekurangan lainnya ada pada bau jeruk yang cukup tercium. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena bau ini alami dari kandungannya saja dan bukan berasal dari fragrance.

Harga Rp. 220.000-315.000

Innisfree Pore Blur Primer 25ML

Belum lengkap rasanya jika tidak memasukkan Korean brand ke dalam list rekomendasi primer terbaik. Bagi kamu penggemar K-beauty, rekomendasi berikutnya adalah yang kamu tunggu-tunggu nih. Mulai dari Yoona SNSD hingga Jang Won Young sebagai brand ambassador, siapa yang tak kenal dengan brand Innisfree?

Salah satu primer terbaik dari Innisfree adalah Innisfree Pore Blur Primer. Hadir dengan kemasan tube yang memudahkan untuk dibawa kemanapun, primer satu ini patut dilirik karena harganya yang cukup terjangkau.

Keunggulan yang ditawarkan Innisfree Pore Blur Primer ada pada formulasinya yang dikenal sebagai Skin-Fit. Maksudnya adalah, menutupi pori dan benjolan ataupun celah lainnya dengan sempurna.

Dikenal sebagai brand yang konsisten mengusung tema alami, Innisfree Pore Blur Primer sudah bebas dari 8 zat, antara lain sudah silicon-free, mineral oil-free, vegan dan sebagainya.

Harga Rp. 130.000-198.000

Dr.Jart+ / Dr Jart Pore Remedy Smoothing Primer 30ml

Rekomendasi terakhir kami, masih Korean brand, yaitu Dr Jart+ Pore Remedy Smoothing Primer. Primer terbaik dari Dr Jart+ ini hadir dengan Tri-Retex technology yang berfungsi meningkatkan tekstur kulit sehingga lebih halus.

Tri-Retex technology merupakan formulasi yang terdiri dari PHA, Glycoprotein dan Panthenol di mana ketiganya bekerja bersama dalam mengangkat sel kulit mati, menenangkan dan merawat pori-pori kulit. Cocok banget deh buat kamu yang ingin menyamarkan tampilan pori sekaligus merawat kulit!

Harga Rp. 350.000-600.000
From our editorial team

Ketidaksempurnaan Wajah adalah Hal Wajar dan Selalu Ada Solusi untuk Permasalahan Kulit

Semakin maraknya promosi bisnis di media sosial, seringkali menumbuhkan rasa insecure pada sebagian orang. Tak lepas dari hal tersebut adalah orang-orang yang memiliki permasalahan kulit yang setiap hari dihadapkan pada profesi-profesi yang dilihatnya, seperti selebgram, beauty influencer dan sebagainya. Profesi-profesi dimana pelakunya memang dituntut untuk selalu tampil menarik. Yang sering kita lupa, bahwa berbagai masalah kulit, seperti pori dan tekstur serta warna kulit yang tidak merata adalah hal wajar. Akan tetapi, bukan berarti dibiarkan ya. Semua ada solusinya, salah satunya adalah dengan rutin menyelipkan produk yang mengandung manfaat serupa skincare dalam rutinitas make up kamu. Selamat mencoba rekomendasi primer terbaik dari kami!