10 Rekomendasi Stand Laptop Agar Punggung dan Leher Tidak Cepat Pegal (2022)

10 Rekomendasi Stand Laptop Agar Punggung dan Leher Tidak Cepat Pegal (2022)

Bekerja di depan laptop dalam waktu yang alam membuat leher dan punggung Anda cepat pegal. Stand laptop dengan sudut kemiringan yang bisa diatur agar sejajar dengan pandangan mata Anda bisa menjadi solusi masalah tersebut lho! Temukan rekomendasi produk stand laptop terbaik sesuai kebutuhan Anda dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Stand Laptop Bisa Meredakan Pegal di Punggung dan Menunjang Produktivitas

Laptop sudah menjadi barang yang sering digunakan untuk mendukung aktivitas kerja sehari-hari. Berjam-jam menatap layar laptop tak jarang membuat punggung dan leher terasa pegal. Maka dari itulah hadir stand laptop.

Stand laptop adalah alat fungsional yang dapat membantu memposisikan laptop agar lebih ergonomis, sehingga Anda pun bisa duduk dengan tegak saat menatap layar laptop. Ini mencegah punggung dan leher mudah pegal. Anda pun jadi lebih produktif dalam bekerja.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Stand Laptop

Bahan Pembuat

Sejauh ini pada umumnya ada tiga material yang sering dipakai menjadi stand, yaitu plastik, kayu, dan logam aluminium. Bahan plastik dan kayu bersifat lumayan ringan, tetapi tidak bagus untuk menghantarkan panas.

Jika laptop yang Anda miliki mudah panas, sebaiknya pilih stand laptop dari logam karena panas laptop bisa tersalurkan dan mengurangi risiko kerusakan akibat overheating.

Pilihan Ketinggian

Anda perlu mempertimbangkan tinggi stand laptop dengan tinggi Anda. Jika Anda memilih tinggi stand laptop yang tidak cocok dengan tinggi badan Anda, maka Anda akan mudah merasa pegal walau sudah memakai aksesori ini.

Ada baiknya untuk mencari stand laptop yang bisa diubah-ubah ketinggiannya. Dengan begitu Anda menyesuaikan tingginya dengan tinggi meja dan kursi kerja Anda, sehingga layar laptop akan sesuai dengan penglihatan Anda.

Rongga Ventilasi

Logam aluminium sudah menjadi elemen stand yang bagus karena dapat menyalurkan panas, sehingga laptop Anda pun jadi tidak mudah overheating. Bobotnya pun masih terbilang ringan untuk ukuran logam.

Namun, jika Anda ingin memaksimalkan kemampuan pendinginan itu, sebaiknya Anda mencari stand yang aerodinamis. Sisi aerodinamis ini bisa dilihat dari adanya rongga pada bagian penahan dasar stand laptop.

Desain

Pastikan stand laptop yang Anda gunakan memiliki desain yang ergonomis, yang nyaman digunakan, sehingga Anda pun tidak mudah pegal karena tinggi laptop yang sesuai dengan pandangan Anda.

Stand laptop ergonomis yang spesial bahkan bisa digunakan berdiri. Jadi, apabila Anda merasa capek dengan kondisi duduk terus, Anda dapat berganti posisi sambil terus memakai laptop.

Kepraktisan

Saat Anda perlu kerja di luar tempat kerja Anda yang biasanya, Anda masih bisa membawa stand laptop bersama dengan laptop Anda, jika stand laptop Anda praktis untuk dibawa-bawa.

Oleh karena itu, carilah stand laptop yang sekiranya dapat dilipat sehingga dapat Anda bawa bepergian, work from anywhere. Ini akan memudahkan Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Cara Merawat Stand Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Letakkan di Tempat yang Tepat

Saat Anda membeli stand laptop atau meja laptop portable, biasanya akan dilengkapi dengan pouch khusus. Setiap Anda selesai menggunakan stand laptop, Anda dapat menyimpannya di dalam pouch itu.

Jika tidak ada pouch, simpan saja di dalam tas jinjing atau lemari. Pastikan kalau Anda menyimpannya di tempat yang tepat sehingga tidak mudah terjatuh. Dengan begitu, meja laptop portable tidak akan mudah kotor, dan lebih awet.

Bersihkan Secara Rutin

Meskipun Anda sudah menyimpan meja laptop portable di tempat yang tertutup, namun debu bisa saja tetap menempel. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap membersihkan seluruh bagiannya secara berkala.

Anda bisa menggunakan tisu basah atau kain bekas untuk mengelapnya. Sebelum disimpan kembali, pastikan meja laptop portable yang Anda miliki sudah kering dengan sempurna. Dengan begitu, meja laptop Anda bisa senantiasa terlihat baru.

Jangan Memberi Beban Berlebih

Jika stand laptop menanggung beban yang berlebih, barang tersebut bisa patang dan rusak. Saat Anda membeli stand laptop, biasanya ada informasi mengenai kapasitas atau beban yang dapat ditanggung oleh produk tersebut.

Hal itu tentu saja sudah disesuaikan dengan pemilihan bahannya sehingga Anda hanya boleh meletakkan laptop, tablet, atau benda lainnya yang beratnya tidak melebihi kapasitas. Dengan begitu, meja laptop yang Anda miliki tidak akan mudah rusak.

Rekomendasi Stand Laptop Untuk Anda

Starco Laptop Stand Tablet Holder

Stand laptop dari Starco ini hadir dengan desain yang simpel dengan konstruksi lipat pasang, sehingga sangat praktis saat Anda hendak menyimpannya. Penggunaan material aluminium alloy yang ringan dengan bobot total hanya 211 gram serta aksen warna perak membuatnya jadi terlihat modis.

Meski terbuat dari aluminium, stand laptop yang satu ini tetap tangguh dan kuat, bisa menahan beban sekitar 5-7 kg atau biasanya untuk laptop berukuran hingga 17 inci. Produk ini dapat Anda regangkan antara 5-15 cm. Bagian bawah kaki-kakinya juga telah disematkan karet silikon agar laptop stand ini tidak gampang bergeser.

Harga Rp. 80.000-110.000

IKEA Svartasen

Jenuh dengan rangka aluminium atau plastik yang mendominasi gawai atau peralatan elektronik? Mungkin stand laptop berbahan kayu ini bisa menjadi obatnya. Selain fungsional, barang ini juga bisa menghiasi meja kerja Anda dengan aksen kayu natural, sehingga menghadirkan suasana alam pada ruang kerja.

Sebelum digunakan, Anda perlu merakit stand laptop ini terlebih dahulu. Tenang, cara pemasangannya sangat mudah dan tersedia catatan petunjuk. Ukurannya juga ringkas dan bisa dibongkar kembali jika ingin dibawa. Sayangnya, dimensi tergolong kecil. Maksimal hanya untuk laptop 14 inci.

Harga Rp. 650.000-950.000

Nexstand K2 Ergonomic Adjustable Laptop Stand

Ucapkan selamat tinggal pada masalah laptop melorot, karena ada Nexstand K2 Laptop Stand dengan fitur arc grips. Fitur tersebut akan menahan erat laptop Anda sesuai dengan bobot dan ketebalan laptop yang digunakan. Fitur ini akan otomatis menyesuaikan “genggaman”, ketinggian, serta kemiringannya.

Dengan penggunaan material ABS yang ringan dan kuat sebagai bahan utama, laptop stand ini telah teruji untuk menahan bobot hingga 10 kg. Secara keseluruhan, laptop stand ini kompatibel untuk berbagai macam laptop. Dari yang ringkas ukuran 11 atau 12 inci, hingga yang besar berlayar lebar 15,6 inci.

Harga Rp. 150.000-250.000

Acome ALS01

Meja laptop portable dari Acome ALS01 dapat membantu Anda agar bisa bekerja dengan nyaman di mana saja. Meja laptop portable dengan triangle design ini mudah dilipat, sehingga praktis untuk Anda bawa bekerja di luar kantor. Ada tujuh tingkat ketinggian yang disediakan pada meja berbahan aluminium alloy ini, mulai dari 65-145 mm.

Stand laptop yang satu ini dapat menahan beban laptop berukuran di bawah 17.3 inci. Anda tidak perlu khawatir laptop akan cepat panas karena pembuangan panas laptop tersebut tidak akan terhambat media apapun saat menggunakan meja laptop portable ini. Selain itu, dudukan laptop dibuat menggunakan silikon sehingga laptop Anda tidak akan tergores sedikitpun.

Harga Rp. 115.000-250.000

MOFT Laptop Stand

Stand laptop dari MOFT ini memiliki desain yang tipis, ringan, dan tetap terlihat modis saat digunakan. Desainnya yang sangat tipis seringkali membuatnya dijuluki invisible laptop stand (laptop stand yang tidak terlihat). Oleh karena itu, membawanya pun sangat gampang. Untuk menjaga agar laptop tak jatuh, ada dua mode, yaitu dengan perekat dan tanpa perekat.

Laptop stand terbaik muat dipakai untuk laptop hingga ukuran 17 inci dengan sudut pandang ganda yang bisa Anda pilih, yaitu antara 15 hingga 25 derajat. MOFT membuatnya dengan menggunakan material kulit sintetis dengan campuran fiberglass yang tahan terhadap goresan ringan dan memberikan ketangguhan. Produk ini hadir dalam 2 pilihan warna.

Harga Rp. 300.000-450.000

Nillkin ProDesk Adjustable Stand

Meja laptop portable dari Nillkin ini dibuat dari material aluminium alloy, yang dapat menahan beban hingga 12,5 kg. Anda dapat mengatur ketinggian dan sudut pandang stand laptop ini sesuai dengan kebutuhan. Selain aluminium, bahan lainnya yang digunakan pada produk yang satu ini adalah silikon sebagai antislip, sehingga tidak mudah tergelincir atau bergeser.

Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi dengan protective hook agar laptop Anda dapat lebih aman. Laptop Anda juga dapat membuang panas dengan baik karena adanya heat dissipation design. Jika sudah selesai memakai meja, Anda dapat menyimpannya kembali dengan cara melipatnya. Praktis, bukan?

Harga Rp. 600.000-900.000

INBEX Laptop Stands Foldable

INBEX Laptop Stands Foldable ini dirancang dengan khusus, agar Anda dapat mengubah ketinggiannya dalam 8 level! Ini akan memudahkan Anda untuk bekerja menggunakan laptop dengan lebih nyaman.

Tidak cukup sampai di situ, produk ini juga dapat dilipat menjadi sangat compact. Jadi tidak akan memakan ruang yang banyak saat menyimpannya.

Anda pun jadi lebih mudah membawa stand laptop ini saat bekerja di luar. Anda yang mengutamakan portabilitas plus fleksibilitas pengaturan ketinggian wajib mempertimbangkan produk ini.

Harga Rp. 50.000-100.000

VIVAN VLS03 Laptop Stand

Punya masalah terkait sudut pandang saat bekerja dengan meja yang rendah? Daripada merogoh kocek ekstra demi membeli meja yang lebih tinggi, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan laptop stand terbaik buatan VIVAN ini. Dengan mekanisme hidrolik, laptop stand ini bisa diatur ketinggiannya mulai dari 135 mm hingga 180 mm.

Kaki tunggalnya dijamin kuat, dan tatakannya dapat menampung laptop hingga yang berukuran 17 inci. Meski sesungguhnya lebih ideal hingga 15,6 inci saja. Struktur berongga pada tatakannya dimaksudkan untuk memperlancar sirkulasi udara sehingga laptop tidak gampang overheat. VIVAN juga melengkapi tatakan dengan karet silikon anti slip supaya laptop tidak tegeser dan jatuh.

Harga Rp. 350.000-500.000

MINIBEST Laptop Stands Foldable

Stand laptop yang satu ini dibuat dari bahan plastik ABS, aluminium, serta silikon. Stand laptop ini memiliki ukuran 260 x 190 dengan tinggi 100 yang bisa diperluas hingga 160 mm. Mampu menahan beban sampai dengan 15 kg, atau biasanya untuk laptop dan tablet berukuran 11-17 inci. Stand laptop ini juga bisa dilipat, sehingga praktis dibawa.

Stad laptop ini memiliki penopang dan bantalan pendingin yang memaksimalkan pembuangan panas dari laptop lewat bagian bawah. Material silikon anti slip yang dimilikinya membuatnya tidak mudah bergeser, sehingga laptop pun lebih aman. Produk ini tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu putih, merah muda, serta hitam.

Harga Rp. 20.000-50.000

Deepcool M-Desk F1

Rekomendasi meja laptop portable selanjutnya adalah Deepcool M-Desk F1 dengan paduan warna hijau muda dan putih yang terlihat segar. Bentuk persegi panjangnya membuat Anda dapat meletakkan telepon genggam atau benda kecil lainnya yang berdampingan dengan laptop di atas meja. Anda juga bisa meluruskan kaki saat menggunakan stand laptop ini di atas kasur.

Bahan yang dipilih untuk bagian kaki meja ramping ini adalah aluminium perak sehingga produk ini dapat lebih kuat dan awet. Beban yang dapat ditanggung oleh Deepcool M-Desk F1 maksimal, yaitu 10 kg. Hal yang menarik dari meja laptop portable ini, yaitu adanya 4 port USB dan sepasang jack audio. Anda jadi mudah menyambungkannya dengan perangkat lain.

Harga Rp. 300.000-450.000
From our editorial team

Sesuaikan Stand Laptop Dengan Kebutuhan dan Mobilitas Anda

Desain stand laptop cukup beragam, sehingga pastikan pilihan Anda sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, jika Anda punya mobilitas tinggi, pilih stand laptop yang dapat dilipat dan tidak memakan banyak ruang di dalam tas. Masih banyak lagi rekomendasi stand laptop yang bisa Anda temukan dalam artikel BP-Guide ini!