10 Rekomendasi Baju Hem Wanita Bergaya Formal dan Kasual yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh (2019)

10 Rekomendasi Baju Hem Wanita Bergaya Formal dan Kasual yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh (2019)

Baju hem masa kini memiliki ragam bentuk dan desain yang lebih menarik sehingga cocok untuk gaya formal maupun kasual. Dengan rekomendasi dan tips memilih baju hem yang pas sesuai bentuk tubuh, kamu bisa tampil oke dan keren saat ke kantor ataupun acara lainnya.

Yuk, Cari Tahu Dulu Asal Mula Istilah Baju Hem

Sumber gambar www.tamochi.com

Desain dan jenis busana yang melengkapi penampilan kita sehari-hari memiliki banyak ragam. Bahkan, untuk bisa membedakannya, kita dianjurkan untuk tahu istilah mode agar bisa mencari pakaian yang pas. Istilah atau sebutan untuk busana dapat mempermudah kita saat berkunjung ke butik atau membeli secara daring.

Kita mungkin sudah mengenal beberapa istilah umum untuk baju-baju yang sering dipakai seperti kaus yang mengacu pada atasan santai, daster berupa pakaian panjang yang biasanya dipakai di rumah, hingga kemeja yang juga dikenal dengan istilah hem.

Kata “hem” sering ditemukan di daerah Jawa Tengah untuk menyebut pakaian resmi yakni kemeja. Kata atau istilah ini bermula dari bentuk pakaian dengan ciri khas pinggiran dari material yang dilipat-lipat ke arah dalam sebelum dijahit utuh. Umumnya, hem mengacu pada kemeja lengan pendek.

Hem atau kemeja biasanya sering dikenakan pada kesempatan formal dengan bentuk cenderung kaku yakni memiliki kerah, berlengan panjang atau pendek, dan menutup bagian tubuh hingga bagian perut. Seiring perkembangan zaman, kemeja kemudian dimodifikasi lagi sesuai dengan kebutuhan atau profesi seperti seragam safari misalnya.

Hingga saat Ini, Baju Hem Wanita Masih Jadi Fashion Item Wajib untuk Dimiliki

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bagi mereka yang bekerja di kantor, hem menjadi salah satu jenis busana yang wajib dimiliki. Hem bisa memberi kesan penampilan profesional dan elegan.

Apalagi saat ini, hem sudah tidak melulu identik dengan warna putih yang monoton. Kamu bahkan bisa menemukan kemeja dengan motif atau warna pastel yang manis dan dapat disesuaikan dengan lingkungan kerja.

Kemeja juga bisa dipilih berdasarkan material sehingga tak selalu memberi kesan “kantor” dan dapat dipakai dalam acara lain. Kamu juga bisa memadukan hem dengan berbagai bawahan yang lebih berkarakter sehingga dapat memaksimalkan penampilan dan kepercayaan diri.

Tips Memilih Baju Hem Wanita Sesuai Bentuk Tubuh

Tubuh Pendek Berisi

Tubuh ideal menjadi dambaan banyak perempuan, seperti kaki jenjang, tubuh langsing proporsional, lengan kecil dan tungkai panjang. Namun, apakah hanya pemilik tubuh proporsional bak model yang bisa tampil menawan di tiap kesempatan?

Perlu kamu tahu bahwa tubuh ideal sebenarnya tidak terpaku pada tinggi atau berat badan saja. Apalagi, masing-masing wanita memang memiliki tipe tubuh berbeda yang dapat disiasati lewat busana sehingga tetap tampil menawan.

Berlaku juga buat kamu yang memiliki tubuh pendek dan cenderung berisi. Kamu bisa memadukan hem polos dengan outerwear bersama bawahan seperti rok bermotif garis-garis vertikal yang memberi kesan lebih tinggi. Atau, kamu bisa memilih atasan hem simpel dengan motif polkadot jika ingin terlihat lebih playful.

Tubuh Gemuk

Jangan sedih kalau kamu memiliki tubuh gemuk karena kamu tetap bisa tampil menawan dengan memadukan atasan dan bawahan yang pas. Jika kamu kebetulan memiliki tubuh besar dan ingin mengenakan hem untuk ke kantor, pastikan memilih kemeja polos dengan desain simpel atau bermotif garis-garis vertikal yang dapat memberi ilusi ramping.

Kemudian, padukan dengan bawahan dengan warna serasi. Tidak harus berwarna hitam yang diklaim bisa menyembunyikan lemak tubuh, kamu juga bisa memilih warna lain seperti warna yang senada dengan warna kulit.

Hindari mengenakan pakaian yang terlalu longgar atau sangat kecil karena justru bisa membuat tampilan kamu terlihat semakin besar.

Tubuh Kurus

Sumber gambar www.eveshopashop.com

Memiliki tubuh kurus bukan berarti selalu pas mengenakan berbagai macam pakaian. Banyak perempuan kurus yang merasa bingung dan ingin tampak lebih berisi saat mengenakan busana tertentu agar bisa tampil lebih percaya diri.

Nah, buat si pemilik tubuh kurus, bisa memilih hem dengan motif garis-garis horizontal yang memberi kesan tubuh bagian atas lebih lebar. Atau, bisa juga mengenakan kemeja bermotif bunga-bunga atau polkadot. Ada baiknya memilih corak besar supaya terlihat lebih berisi dari ukuran tubuh sebenarnya.

Tubuh Tinggi

Sumber gambar www.idntimes.com

Pemilik tubuh tinggi cenderung lebih mudah memilih pakaian dan cenderung cocok dengan berbagai model busana. Kuncinya, mengenakan atasan dan bawahan atau terusan yang sesuai dengan warna kulit sehingga penampilan semakin maksimal.

Untuk atasan seperti hem, si pemilik tubuh tinggi bisa memilih hem flanel yang dapat dimasukkan ke dalam bawahan misalnya rok. Jika tidak ingin terlihat sangat tinggi, hindari penggunaan sepatu bertumit tinggi dan pilihlah flat shoes yang bisa memberi kesan anggun.

10 Pilihan Baju Hem Wanita yang Rugi jika Dilewatkan

Pomelo Sheer Puff Sleeve Blouse - Navy

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Kamu bisa tampil playful dengan mengenakan Sheer Puff Sleeve Blouse warna navy dari Pomelo ini. Terbuat dari bahan poliester dengan desain longgar yang nyaman dengan lengan beraksen puff. Blus ini semi-transparan sehingga buat kamu yang ingin tampil lebih tertutup, bisa mengenakan kamisol. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 319.200.

M&S Collection Oversized Striped Long Sleeve Shirt

Bagi muslimah, atasan dan bawahan yang menutup aurat dengan baik adalah suatu keharusan sehingga pemilihan desain dan bahan pakaian memerlukan perhatian khusus. Untuk kemeja, sebaiknya pilih yang terbuat dari material tebal sehingga tidak menerawang dan desainnya tidak ketat.

Kamu yang sehari-harinya mengenakan kerudung dapat memadukan Oversized Striped Long Sleeve Shirt dari Marks & Spencer ini. Didesain longgar sehingga aman dikenakan muslimah karena tak membentuk lekuk tubuh, kemeja dengan motif garis-garis vertikal ini tetap bisa memberi kesan ramping ditunjang potongan slim fit.

Terbuat dari material viscose, hem ini bisa kamu peroleh di situs resmi Marks & Spencer dengan harga antara £ 8,85 hingga £ 14 atau setara dengan Rp 166.805 hingga Rp 263.873.

Papercut Fashion Nautica Jasmine Shirt Kemeja Wanita - Navy Blue

Sumber gambar https://www.blibli.com

Seiring perkembangan zaman, kemeja kini tak hanya identik dengan busana kantor, loh. Lewat padu padan yang pas, kamu bisa mengenakan kemeja untuk hang out atau bahkan acara seperti pesta jika ingin tampil berbeda.

Siasati dengan memilih kemeja dari bahan yang tampak mewah seperti Papercut Fashion Nautica Jasmien Shirt Kemeja Wanita warna navy ini. Kemeja ini didesain simpel dengan warna biru gelap yang memberi kesan elegan.

Terbuat dari material satin sehingga memberi kesan glamor karena permukaan bahan yang mengilap. Tampilan ke kantor menjadi lebih berkelas dan kamu pun bisa membawanya pada acara resmi lainnya. Dapat dipesan melalui Blibli seharga Rp 199.500.

Berrybenka Label Laury Tied Waist Shirt

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Kemeja juga bisa menjadi hadiah buat teman kamu yang baru mendapat pekerjaan, loh. Selain manis, kado ini jelas bermanfaat untuk kegiatannya sehari-hari. Sebelum membeli, pastikan kamu mengetahui ukuran baju yang biasa dia kenakan agar bisa memperoleh hadiah kemeja yang pas.

Kamu bisa memberi kemeja dengan desain lebih playful seperti Laury Tied Waist Shirt dari Berrybenka Label ini. Meski warnanya putih dan tampak monoton, kemeja ini dipermanis dengan aksen ruffle pada bagian lengan dan aksen serut di bagian pinggang yang bisa memberi kesan ramping pada penampilan.

Kemeja yang terbuat dari bahan katun poliester ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 179.000 di Zalora.

Zinc Shirt

Model kemeja pada umumnya mungkin terasa membosankan dan kaku. Namun, kamu bisa beralih ke Zinc Shirt dari Logo Jeans yang dapat memberi kesan segar pada penampilan resmi.

Kemeja ini memberi kesan lebih modis dengan aksen asimetris di bagian depan dan sedikit kerut pada bagian pinggang belakang. Terdapat detail pada bagian bahu belakang yang mempertegas penampilan dan nyaman dikenakan karena terbuat dari material katun.

Kemeja dengan pilihan warna biru ini dapat kamu padukan dengan bawahan berwarna hitam atau putih untuk kesan profesional. Bisa juga kamu padukan bersama warna pastel untuk memberi kesan lebih feminin dan lembut. Dapatkan di situs Logo Jeans dengan harga Rp 115.465.

Morphidae Aurell

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Busana denim tak lekang dimakan zaman dan juga cocok dipakai baik oleh pria maupun wanita. Salah satu pilihan kemeja denim yang bisa kamu pilih adalah Aurell dari Morphidae. Kemeja lengan panjang berwarna biru ini terbuat dari bahan katun dengan detail pada bagian bahu. Tersedia dua kantong di bagian depan. Dapatkan di Zalora dengan harga Rp 335.920.

Pomelo Abstract Print Button Up Shirt - Brown

Sumber gambar https://www.zalora.co.id


Abstract Print Button Up Shirt berwarna cokelat dari Pomelo ini terbuat dari bahan poliester. Motif abstrak pada kemeja ini memberi kesan ceria sekaligus elegan karena kombinasi warna yang pas. Selain bisa dikenakan sebagai ke kantor, kemeja ini juga bisa dipakai di saat santai. Dapatkan seharga Rp 279.200 di Zalora.

Candira Combi Shirt Maroon

Sumber gambar https://berrybenka.com

Warna merah marun menjadi pilihan bagi mereka yang ingin tampil bold tapi tak terlalu mencolok. Keluarga dari warna merah ini memang memiliki warna lebih gelap tapi tetap memberi kesan elegan dan cantik. Merah marun bisa menjadi pilihan warna untuk sehari-hari yang tidak mencolok.

Kamu juga bisa memilih kemeja dengan warna merah marun seperti Candira Combi Shirt Maroon ini. Tampil ceria dengan perpaduan motif tartan kecil membuat kemeja ini terkesan unik. Padukan dengan bawahan berwarna polos untuk tampilan akhir yang lebih seimbang. Dapatkan kemeja berbahan poliester ini di Berrybenka seharga Rp 229.000.

Levi's 56427-0003 Darcy Shirt Millbrae Nebulas Kemeja Atasan Wanita - Blue Stripe

Sumber gambar https://www.blibli.com

Pilihan kemeja berikutnya adalah Levi's 56427-0003 Darcy Shirt Millbrae Nebulas Kemeja Atasan Wanita - Blue Stripe yang bisa kamu pakai sehari-hari. Terbuat dari material katun sehingga cocok kamu kenakan untuk aktivitas seharian. Desainnya simpel dengan aksen kerah meruncing dan ditunjang kancing untuk memudahkan pemakaian.

Selain itu, ada kantong pada bagian kiri kemeja untuk membantu kamu menyimpan kartu identitas karyawan atau benda kecil lainnya. Kemeja ini juga bisa kamu kenakan di saat santai karena tampilannya yang playful dan kasual lewat motif garis-garis. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 549.900.

Triset Ladies - Long Sleeve With Collar

Sumber gambar https://www.zalora.co.id

Rekomendasi terakhir dari BP-Guide adalah Long Sleeve with Collar dari Triset Ladies. Tampilan kemeja satu ini cocok untuk kegiatan outdoor kamu karena memberi kesan santai dan dinamis. Kemeja ini dipertegas dengan detail warna dan motif tartan serta didesain dalam model regular fit sehingga nyaman dikenakan.

Dibalut dalam warna light green untuk menambah karakter yang lembut dan tenang, kemeja ini ditunjang lewat material katun yang nyaman dikenakan. Dilengkapi juga dengan kancing serta kantong pada bagian depan. Dapatkan di Zalora seharga Rp 194.950.

From our editorial team

Sesuaikan Model Hem dengan Bentuk Tubuhmu, ya!

Hem memiliki model yang beragam dan tidak semua wanita bisa cocok mengenakannya. Beda bentuk tubuh, beda pula model hemnya. Dengan tips memilih baju hem beserta rekomendasinya ini, kamu bisa tampil keren dan percaya diri dalam segala suasana.