Elegan dalam Balutan 8+ Rok Draperi Cantik nan Menawan. Cocok untuk Gaya Kasual Hingga Formal

Elegan dalam Balutan 8+ Rok Draperi Cantik nan Menawan. Cocok untuk Gaya Kasual Hingga Formal

Sumber gambar pinterest.com

Rok draperi jadi salah satu fashion item yang difavoritkan banyak wanita karena memberikan efek anggun dan cocok digunakan pada acara-acara formal. Rok draperi dengan ciri khas lipatan bertumpuk di bagian depan atau sisi-sisi rok, membuat tampilan keseluruhan menjadi lebih feminin. Kini, banyak rok draperi yang hadir dalam berbagai warna dan corak. Mudah disesuaikan dengan berbagai aktivitas serta acara kamu.

Rok Draperi, Rok Cantik yang Jadi Andalan untuk Acara Formal

Sumber gambar ropehalter.de

Rok draperi adalah salah satu fashion item yang harus dimiliki oleh wanita. Bentuk rok dengan sebagian kain yang menjuntai, memberikan kesan anggun dan sangat cocok digunakan untuk menghadiri acara formal seperti pernikahan, wisuda, pesta, dan lain-lain.

Selain itu rok draperi juga dapat digunakan sebagai pakaian sehari-hari untuk menambah kesan feminin dan manis. Paling tidak kamu harus memiliki satu rok draperi di lemari untuk menambah referensi berpakaian saat menghadiri acara penting.

Apa Itu Model Rok Draperi?

Sumber gambar italymagazine.com

Draperi adalah model pakaian yang sudah eksis semenjak zaman Romawi kuno hingga zaman modern. Di Indonesia pemakaian kain tradisional dipelopori oleh suku Bugis dan Sumba.

Rok bermodel draperi adalah rok dengan kain yang berlipit-lipit dan bertumpuk di bagian depan, samping, atau belakang rok. Bentuk lipitan biasanya bermodel vertikal atau menyamping dengan kain yang sedikit menjuntai.

Mengenal Dua Jenis Draperi

Draperi Hidup

Sumber gambar apexwallpapers.com

Draperi hidup adalah model rok draperi yang bisa dibongkar pasang. Lilitan yang dibuat dari lipitan kain tidak paten dan bisa disesuaikan dengan tubuh pengguna. Biasanya wanita Indonesia menggunakan rok bercorak batik dan dibentuk draperi untuk digunakan ke acara formal seperti pesta dan pernikahan.

Draperi Mati

Sumber gambar wheretoget.it

Draperi mati adalah rok dibentuk bermodel draperi dengan lipatan-lipatan yang sudah dipatenkan dengan dijahit. Lipatan dengan kain yang menjuntai dijahit dan disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Rok draperi mati lebih praktis dan tinggal pakai. Kamu bisa menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari seperti kuliah atau pun hang out dengan teman-teman.

DIY Membuat Rok Draperi yang Mudah dari Kain Batik

Tutorial Rok Draperi Pendek

Sumber gambar womanblitz.com

Untuk membuatnya siapkan kain batik yang akan digunakan sebagai rok. Lilitkan kain pada pinggang dengan panjang sedikit di bawah lutut. Sisakan lipatan terakhir di bagian depan rok dan ambil sisa kain lalu gulung sedikit hingga membentuk tali. Tarik tali tersebut mengelilingi pinggang. Agar tidak merosot, ikat dengan sisa kain lainnya. Rapikan kain dengan memasukkannya ke dalam lipatan rok.

Tutorial Rok Draperi Panjang

Sumber gambar beautynesia.id

Untuk rok draperi panjang ulurkan kain batik dan lilitkan di pinggang. Ambil sisa kain di bagian depan dan bentuk lipitan dengan bentuk dan model draperi yang diinginkan. Bawa kain ke bagian belakang rok dan ikat sampai kencang.

Biasanya rok draperi panjang menyisakan belahan kain yang cukup lebar di bagian depan. Kalau kamu suka, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan legging panjang sebagai dalaman.

Mau Praktis? Ini Dia 8 Rekomendasi Bawahan Rok Draperi Cantik Siap Pakai

Andhita Siswandi Lana Skirt

Sumber gambar zalora.co.id

Andhita Siswandi Lana Skirt adalah item fashion dari desainer lokal yaitu Andhita Siswandi. Andhita mengedepankan model fashion yang feminin, tradisional, dan anggun. Sebagai ciri khas, Andhita selalu menggunakan bahan beraksen glamor disisipi bordir di tiap koleksinya.

Untuk rok draperi model Lana Skirt adalah rok dengan warna light pink yang dapat digunakan untuk pakaian kerja ataupun busana santai. Tersedia dari ukuran S-M. Dapatkan dengan harga Rp 589.000 di Zalora.

Dhievine Batik Nawang Kelir Petagh Skirt

Sumber gambar zalora.co.id

Dhievine adalah komunitas desainer Indonesia yang berasal dari Semarang. Ciri khasnya adalah penggunaan kain tradisional Indonesia seperti tenun ikat, songket, dan batik yang dijahit dengan gaya vintage modern. Salah satunya rok draperi seri Dhievine Batik Nawang Kelir Petagh Skirt.

Rok draperi ini berbahan dasar chiffon silky yang sangat lembut dan nyaman dipakai. Warna yang tersedia adalah broken white dengan ukuran regular fit. Dapatkan rok eksklusif ini seharga Rp 649.000 di Zalora.

Marks & Spencer Pure Cotton Striped A Line Wrap Midi Skirt

Sumber gambar marksandspencer.com

Marks & Spencer adalah perusahaan fashion dunia yang berpusat di Inggris. Marks & Spencer Pure Cotton Striped A Line Wrap Midi Skirt dari line clothing ini bermodel simpel dan cocok digunakan sebagai busana kerja. Aksen lipit di bagian depan rok menambah kesan feminin dan dinamis serta dapat dikombinasikan dengan atasan polos dan bermotif.

Model yang tersedia adalah regular fit dengan ritsleting belakang. Terdapat 2 varian warna navy dan biru. Miliki seharga Rp 459.000 di Map E Mall.

Batik Senawangi Jane Skirt Batik

Sumber gambar zalora.co.id

Kain batik seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk dijahit dan digunakan sebagai busana ke acara formal. Walaupun bercorak ramai, kain batik tak pernah kehilangan penggemar dan cocok dipadupadankan dengan fashion item lainnya.

Batik Senawangi Jane Skirt Batik adalah rok dengan model draperi yang sangat pas dipadukan dengan kebaya. Material yang digunakan adalah katun yang sangat adem di kulit. Tersedia mulai dari ukuran S hingga XL. Dapatkan seharga Rp 400.000 di Zalora.

Coup Belle Valia Drape Skirt Navy

Sumber gambar berrybenka.com

Coup Belle Valia Drape Skirt Navy adalah rok bermodel draperi yang sangat manis dan minimalis. Kamu bisa menggunakannya sebagai busana kuliah dan non formal. Kamu bisa menggunakan atasan bermotif atau pun netral untuk mempercantik tampilan kamu sehari-hari.

Material yang digunakan adalah poliester dengan satu pilihan warna, yaitu navy. Dapatkan seharga Rp 109.000 di Berrybenka.

REDEMPTION Draped Leather Skirt

Sumber gambar www.bobobobo.com

Jika kamu penggemar fashion berbahan dasar kulit, kamu akan jatuh hati dengan rok draperi dari Redemption ini. Seri Redemption Draped Leather Skirt dibuat dari 100% kulit domba dan diimpor langsung dari Italia. Model draperi dijahit mendetail dan sangat rapi. Kamu bisa membelinya seharga USD 1.025 setara dengan Rp 14.081.450 di FWRD.

Nayara R Ambar Mukti

Sumber gambar zalora.co.id

Nayara adalah merek fashion yang konsisten menggunakan kain tradisional dari daerah-daerah di Indonesia. Untuk rok draperi, Nayara R Ambar Mukti adalah rok berbahan kain batik dengan material katun adem berdetail draperi yang sangat cantik.

Selain itu di bagian pinggang dilengkapi dengan karet elastis, sehingga kamu tidak perlu takut kekecilan atau kedodoran saat membelinya. Tersedia dengan warna hijau tosca seharga Rp 504.000 di Zalora.

Batik Senawangi Rok Zasina

Sumber gambar www.zalora.co.id

Rok Zasina dari Batik Senawangi adalah rok draperi yang simpel dan tetap elegan. Rok ini memiliki panjang di atas mata kaki dan berbahan katun yang sejuk. Selain itu ritsleting terletak di bagian depan sehingga memudahkanmu untuk memakainya. Tersedia ukuran S hingga XL dengan warna abu-abu. Dapatkan seharga Rp 400.000 di Zalora.

From our editorial team

Perhatikan Lebar Keliling Rok Draperi

Rok draperi umumnya tidak memberi ruang gerak selebar rok bermodel payung atau berdesain A-line. Oleh sebab itu, kamu harus memperhitungkan lebar rok supaya bisa tetap melangkah dengan baik dan sesuaikan rok draperi dengan acara yang akan didatangi. Untuk rok lilit batik misalnya yang memberi ruang gerak terbatas, bisa dikenakan pada acara formal sementara untuk aktivitas padat seharian, kamu bisa menggantinya dengan rok draperi mati yang tampil hanya sebagai aksen semata.