6 Rekomendasi Rok Songket Cantik untuk Tampilan yang Keren

6 Rekomendasi Rok Songket Cantik untuk Tampilan yang Keren

Mendengar kata songket tentunya yang terbayang adalah kain panjang yang sulit dan membuat repot saat dikenakan. Namun tahukah kamu ada cara mudah untuk memakai songket sehingga tetap simple dan praktis? Ya,kamu bisa menggunakan rok songket dengan berbagai desain dan warna untuk tampil anggun, modern, namun tetap menunjukan kebanggaan sebagai orang Indonesia. Jadi siap melihat-lihat rok songket yang cocok untukmu?

Mengenal kain songket, keindahan yang ditenun tangan

Songket bukanlah selembar kain biasa yang bisa ditemukan dimana saja. Kain ini merupakan simbol budaya Indonesia yang memiliki nilai sosial kemasyarakatan. Songket adalah keindahan yang ditenun dengan tangan dan tak bisa diremehkan begitu saja.

Tradisi menenun kain sudah dikenal bangsa Indonesia sejak jaman nenek moyang dahulu. Songket sendiri mulai diperkenalkan sejak jayanya Kerajaan Sriwijaya. Pada saat itu ramai perdangangan dengan India dan Arab yang juga turut mempengaruhi desain dan motif kain tenun songket.

Kain songket paling menarik karena kilauan emas yang memancarkan kekayaan suatu daerah. Dulu kain songket hanya dipakai oleh para bangsawan dan pejabat besar negara. Kini kain songket sudah bebas dipergunakan seluruh lapisan masyarakat sebagai kain yang menunjukkan keanekaragaman budaya bangsa.

Rok songket atau rok yang dibuat dari kain songket kini telah dilirik dan menjadi populer bagi kaum hawa

Sumber gambar fashionsmodern.com

Kain songket memang warisan budaya yang berharga. Tak salah jika kita ikut melestarikannya dengan mendesain kain songket menjadi busana yang apik. Aneka busana formal untuk wisuda hingga pernikahan bisa diciptakan dari selembar kain songket.

Jangan ragu mengenakan kain songket ini sebagai bahan utama busana resmi, ya. Selain bisa dipakai sebagai baju atasan kain songket juga bisa dikenakan sebagai rok loh. Rok dari kain songket pastinya bikin kamu lebih percaya diri. Hal ini disebabkan karena kainnya tengah populer di semua kalangan. Bermotif unik dengan kilau benang emas membuat kesan glamornya begitu terpancar.

Jika Kamu punya kain songket, inilah tips mudah merawat kain songket agar awet lebih lama

Mencucinya perlu perlakuan khusus

Memiliki kain songket khas Bali pastinya jadi kebanggan tersendiri ya. Kainnya bagus dengan motif yang apik tentu butuh perawatan khusus supaya awet. Terutama untuk mencuci kain ini tentu tak bisa sembarangan.

Usahakan untuk tidak mencuci kain songket kamu terlalu sering ya. Hindari mencuci kain songket dengan mesin cuci dan jangan gunakan detergen. Kamu bisa gunakan teknik dry cleaning untuk mencuci kain songket kamu. Selain itu bisa juga dengan membasahinya sedikit namun jangan diperas atau dikucek terlalu keras agar seratnya tak rusak.

Saat penyimpanan simpanlah dengan menggulungnya

Sumber gambar ksmtour.com

Kain songket dengan kualitas baik tentunya harganya sedikit mahal. Wajib dirawat untuk menjaga keindahan serat kain dan teksturnya. Salah perawatan malah bisa bikin kain songket kamu jadi rusak. Itu sebabnya pedagang kain songket umumnya meletakkan dagangannya dalam kardus khusus supaya tidak rusak meski disimpan lama.

Kamu bisa contoh cara pedagang untuk menyimpan kain songket. Gulung saja kain songketnya supaya tektur dan warnanya tak mudah pudar. Lapisi gulungan songket dengan kertas minyak putih guna menghindari kontak antar benang. Simpanlah kain songket pada tempat kering supaya terhindar dari pertumbuhan jamur.

Sebaiknya tambahkan lada atau cengkih di tempat penyimpanan

Terkadang kamu ingin kain songket koleksi kita terbebas dari bau tak sedap maka menyemprotkan wewangian yang berbahan kimia. Hal ini justru membahayakan kondisi kain songketmu, karena zat kimia dalam wewangian tersebut bisa menimbulkan noda yang tak dapat hilang.

Daripada memakai cairan kimia lebih baik memakai cairan alami yang aman untuk kain songket. Kamu bisa memakai campuran cengkeh dan lada sebelum kain songket digulung. Hal ini mampu membuat kain songket aman dari ngengat hingga 30 tahun.

Jangan lupa untuk diangin-anginkan

Sumber gambar lifestyle.bisnis.com

Cara lain supaya kain songket lebih awet adalah dengan merawatnya secara hati-hati. Jika memang terpaksa dicuci jangan sampai menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Cukup angin-anginkan saja rok songket kamu yang basah.

Jangan lupa saat menjemurnya usahakan agar kain songketnya dibalik dengan bagian luar di dalam. Ini bisa membuat kilap benang emas yang ada di kain songket lebih awet. Selain itu semisal kamu tidak mencuci songketmu kamu juga wajib mengangin-anginkannya paling tidak 3 bulan sekali agar tidak lembab dan berjamur.

Berbagai model dan rekomendasi rok songket yang bisa jadi inspirasimu

Rok Songket Midi

Sumber gambar www.lazada.co.id

Rok yang ukurannya di bawah lutut namun tak sampai panjang ke mata kaki disebut dengan rok midi. Rok ini berkesan vintage dan mulai digemari masyarakat karena kesannya fashionable. Kamu bisa jajal rok midi yang berbahan songket untuk kesan lebih stylish dengan produk di bawah ini.

Bily Shop Bali mempersembahkan Rok Songket Print. Produk ini keren untuk kuliah maupun acara semi formal layaknya reuni. Model rok span ini sangat simple dengan corak songket yang modern. Berbahan BSW Polyester Print, roknya tidak melar. Dengan bagian pinggang berkaret, rok ini tidak memiliki furing. Berwarna dasar hitam, rok ini hadir dalam ukuran M. Kamu bisa beli di Lazada pada harga Rp 45.000.

Rok Songket Lipit

Sumber gambar www.blibli.com

Rok dengan bahan kain songket hadir dalam beragam model. Salah satunya model lipit yang berkesan jadul. Rok lipit terinspirasi dari bentuk alat musik akordeon. Bentuknya berlipat-lipat dan berkesan rapi. Padukan rok lipit kamu dengan baju garis yang penuh warna biar makin berkesan modern.

Pakai yuk Batik Distro R1205 Lipit Songket Panjang. Produk rok ini hadir dalam warna pink dengan desain chic. Rok lipit ini memiliki motif batik songket yang anggun. Berbahan katun lipit elastis, produk bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 118.000.

Rok Songket Lilit

Sumber gambar www.lazada.com

Model rok lilit memang sedang populer saat ini. Peminatnya sangat membludak karena modelnya manis. Cocok dipadukan dengan kemeja, blus, atau kebaya. Silakan beli rok lilit yang memiliki motif songket. Dijamin deh gaya kamu bakal disukai banyak orang.

Kamu bisa beli rok motif songket di Lazada. Produk ini berbahan katun silky terlihat mewah. Tak mudah kusut produk ini dijual pada harga Rp 54.675. Rok lilit satu ini pas untuk paduan organza blouse dengan model yang slim. Kamu bisa juga memadukannya dengan cropped blouse atau pun satin blus untuk lebih stylish.

Rok Songket Slit Depan

Sumber gambar www.mataharimall.com

Model rok span umumnya memiliki slit atau belahan untuk mempermudah kita berjalan. Slit rok span biasa berada di samping atau belakang. Namun saat ini sudah ada loh rok dengan slit di bagian depan. Tak akan terlihat norak atau memalukan kok, karena belahannya masih sopan dan bikin kamu terlihat modis.

Lirik saja produk ini karena ada rok songket dengan slit depan. Kamu bakal terlihat elegan dengan rok anggun ini. Padukan dengan high heels untuk membuatnya makin cantik. Kamu bisa dapatkan produk ini hanya di Mataharimall dengan harga Rp 180.000.

Rok Songket Maxi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Para wanita wajib punya rok model maxi. Ini karena roknya paling cocok untuk wanita yang aktif dan banyak kegiatan. Rok Maxi ini bisa dikenakan dengan gaya yang beragam. Milikilah sebuah rok maxi dengan motif songket. Kamu bisa mix and match dengan aneka atasan yang keren.

Beli yuk produk kebaya rok songket CH-16. Rok ini bisa kamu padukan dengan kaos jika ingin tampil kasual. Kamu bisa beli produknya sekaligus dengan kemejanya yang cantik. Produk bisa ditemukan di Bukalapak dengan harga Rp 375.000.

Rok Songket untuk Kebaya

Sumber gambar fashionsmodern.com

Paduan yang paling cocok untuk rok songket adalah kebaya. Kamu bisa kenakan setelan ini untuk ke pesta atau suasana formal lain. Cocok juga apabila dikenakan pada saat kamu akan menghadiri aneka acara formal.

Rok songket ala Bali pas dengan kebaya Bali brokat warna putih. Kenakan tambahan ikat pinggang untuk tampil khas gadis Bali.

Pakai yuk Rok Sarung Songket Palembang. Produk ini bisa dibeli di Bukalapak. Kamu bisa memperolehnya pada harga Rp 650.000.

From our editorial team

Rok songket membuat penampilanmu lebih berwarna!

Songket terkenal akan warna-warnanya yang cerah dan perpaduan yang berani. Jadi saat kamu mengenakan rok songket jangan terlalu berlebihan menggunakan aksesori lain karena akan membuat penampilanmu terlalu ramai. Dengan atasan dan aksesori yang simple, rok songketmu akan mencuri perhatian dan membuat penampilanmu lebih berwarna!