Menawan dengan 8 Model Rok Batik Modern yang Pas untuk Berbagai Acara

Menawan dengan 8 Model Rok Batik Modern yang Pas untuk Berbagai Acara

Batik adalah seni tradisional Indonesia. Di era modern ini, banyak produk tekstil yang mengevolusi kain khas tradisional ini menjadi berbagai jenis pakaian, seperti rok, baju, dan celana. Tas terbuat dari batik pun banyak dijumpai. Yuk, berselancar bersama BP-Guide dalam mengetahui rok batik apa saja yang cocok untuk kamu.

Rok Batik Modern Jadi Salah Satu Pilihan Favorit Wanita untuk Pakaian Formal

Salah satu ciri khas Indonesia dalam segi busana ialah batik. Namun, batik sangat identik dengan kesan kuno atau ketinggalan zaman, tetapi tren batik modern saat ini sedang naik sehingga banyak pilihan batik yang lebih beragam. Tidak hanya orang tua yang menyukai pemakaian batik dalam acara formal, tetapi banyak anak muda yang menggunakan batik.

Salah satu bentuk kain batik yang sedang trendi adalah rok batik. Rok batik modern ini bisa kamu padankan dengan item lain seperti kaos, aksesoris, dan alas kaki tanpa mengurangi unsur formalnya.

Rok Batik Modern tak Lagi Terkesan Jadul dan tak Modis

Sumber gambar cdn.shopify.com

Kain batik bisa kamu padankan dengan berbagai item fashion lainnya seperti kemeja, rok, blus, dan sebagainya.

Akan tetapi, karena batik merupakan warisan dari nenek moyang sehingga anggapan batik memiliki kesan jadul sangat lengket, padahal item rok batik dapat memberikan sisi modern tanpa meninggalkan keunikan dari batik itu sendiri yang mana membuat yang menggunakannya tetap terlihat muda, modis, dan elegan di saat yang bersamaan.

Tips Memilih Rok Batik

Cek Dulu Bahannya

Bahan merupakan hal utama yang menjadi pertimbanganmu dalam pemilihan rok batik karena bisa mempengaruhi rasa nyaman ketika kamu menggunakannya. Dari berbagai macam pilihan bahan kain batik, kamu bisa memilih kain dengan bahan halus seperti katun. Bahan tersebut akan terasa sejuk dan nyaman ketika digunakan sehingga kamu bisa melakukan segala aktivitas tanpa merasa terganggu.

Perhatikan Motif Batik

Sumber gambar yuniarinukti.com

Beragam corak serta motif batik yang beredar di pasaran, jangan sampai kamu salah memilih motif batik. Walaupun secara sekilas motif memiliki desain yang serupa, tapi bila salah memilih dapat mempengaruhi bentuk poster tubuhmu. Apabila kamu memiliki sedikit masalah dengan berat badan, maka kamu bisa memilih motif geometris yang bisa menyamarkan postur tubuh yang sedikit gendut.

Harga

Ada harga ada kualitas, begitulah anggapan yang beredar di masyarakat. Hal tersebut sebenarnya tepat, bila kamu memilih batik dengan kualitas baik di mana kenyamanan dan motif yang dipilih sangat cocok untukmu maka bersiaplah untuk mengeluarkan uang lebih.

Namun, walaupun dana yang dikeluarkan cukup besar, kamu bisa merasakan manfaatnya dalam waktu yang lama. Hal tersebut berlaku juga sebaiknya, bila kualitas tidak terlalu kamu perhatikan maka uang yang dikeluarkan tentu lebih sedikit, tapi bisa jadi memiliki waktu pemakaiannya yang relatif lebih singkat.

8 Ragam Model Rok Batik Modern dan Elegan nan Menawan

Rok Batik Model Duyung

Sumber gambar ecs7.tokopedia.net

Model rok batik modern yang dapat kamu miliki ialah rok batik model duyung di mana rok ini bisa merubah penampilan kamu menjadi tampil lebih feminim dan anggun. Rok batik ini terbuat dari bahan katun sehingga sangat mudah dalam perawatannya.

Kamu bisa membawa rok ini dalam segala kesempatan karena motif burung kembang yang dimilikinya sangat cantik dan menarik ketika dikenakan. Rok batik ini tersedia dalam panjang 100 cm dan dalam ukuran M, L, dan XL. Kamu bisa memiliki rok batik modern ini seharga Rp 45.000 yang tersedia di Bukalapak.

Rok Batik Maxi

Sumber gambar www.ezyhero.com

Rok batik maxi dengan dua kantong samping ini bisa menjadi pilihan yang menarik di mana kamu bisa membawa rok ini dalam berbagai kesempatan. Warna pink yang tersedia ditambah lagi dengan motif bunga yang cantik dapat membuat yang menggunakannya semakin terlihat berkelas. Rok batik modern ini memiliki kancing dengan self fastening dan karet pinggang elastis.

Karena terbuat dari bahan katun, rok ini sangat mudah dalam hal perawatannya. Kamu bisa memadupadankan rok maxi ini dengan atasan seperti seperti crop T-shirt, tank top, atau blouse tanpa lengan serta sebuah flat shoes sehingga tampilanmu tampak casual dan santai. Tersedia di Zalora seharga Rp 599.000.

Rok Batik Midi

Sumber gambar dynamic.zacdn.com

Salah satu rok midi dengan keindahan motif etnik nusantara yang dibungkus dengan gaya modern mampu membuat Maura Skirt tampak memukau ketika kamu kenakan. Kamu tidak akan pernah merasakan kesan monoton ketika menggunakan salah satu koleksi dari Le Viel Batik ini.

Memiliki desain flare, rok batik print ini hadir dengan multiwarna yang begitu cantik. Rok 7/8 atau panjang di bawah lutut dan di atas mata kaki ini bisa kamu padukan dengan berbagai atasan membuat gayamu terlihat elegan, feminin, sporty, atau edgy.

Terbuat dari bahan katun dan terdapat kait serta resleting pada bagian belakangnya, rok unlined ini bisa kamu beli di Zalora dengan harga Rp 285.000. Namun perlu diingat, bila kamu memiliki tubuh berukuran kecil, maka kamu harus pintar dalam memadupadankan rok ini. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kesan “tenggelam”.

Rok Batik Span

Sumber gambar www.zalora.co.id

Rok mini dengan desain minimalis ini dapat menjadi rekomendasi yang bagus karena antikusut serta regular fit, yaitu Regular Cotton Print Skirt yang merupakan salah satu koleksi dari Bateeq. Rok span ini menawarkan warna abu-abu dengan material yang terbuat dari katun print. Rok yang mengecil pada bagian bawahnya ini bisa kamu bawa dalam berbagai acara formal atau bahkan semi formal.

Dengan terdapat belahan pada rok span, ini membuat penggunanya tidak mengalami kesulitan ketika berjalan. Selain itu, rok ini juga memiliki motif batik yang menawan dapat membuat kamu tampil menarik ketika menggunakannya. Model rok batik modern ini tersedia di Zalora dengan harga Rp 329.000.

Rok Batik Model Tulip

Sumber gambar dynamic.zacdn.com

Pilihan rok batik modern yang bisa kamu miliki ialah R. Gayatri Widuri Hijau yang merupakan salah satu koleksi dari Nayara. Rok maxi ini tersedia dalam multiwarna dengan karet pinggang asimetris yang melengkapinya. Memiliki detail layer asimetris serta drapeyer, kamu bisa membawa rok yang terbuat dari bahan katun ini dalam berbagai acara baik formal maupun tidak.

Rok dengan model tulip ini memiliki bentuk persis seperti kelopak bunga tulip yang terbalik sehingga memberikan kesan sensual pada pemakainya dengan cutting yang mengikuti bentuk tubuh dan sedikit terbuka ketika kamu berjalan. Rok model tulip ini tersedia di Zalora seharga Rp 490.000.

Rok Batik Lilit

Sumber gambar dynamic.zacdn.com

Kain tradisional yang bisa mengikuti fashion kamu ialah rok batik lilit yang merupakan rok mini dengan aksen ikat yang menarik. Kamu bisa mencoba Rok dari Luire by Raden Sirait yang menawarkan warna biru dengan memiliki desain high low hemline.

Terbuat dari material polyester silk membuatnya sangat gampang untuk dilakukan perawatan. Tampilannya juga simpel dengan regular fit dan terdapat karet pinggang yang elastis. Rok ini tersedia di Zalora seharga Rp 379.900.

Rok Batik Mini

Tampilan rok batik modernmu akan semakin indah dengan pita sebagai aksesorisnya. Kamu bisa memilih Lala Skirt dari Bhatara Batik yang menawarkan warna hitam elegan dengan model batik print. Rok ini ini memiliki karet pada bagian pinggang yang elastis dan juga terdapat resleting pada bagian belakang.

Rok ini dapat kamu aplikasikan pada item fashion lain seperti blus atau kemeja sehingga sangat cocok bila kamu bawa dalam berbagai kesempatan. Rok yang terbuat dari material rayon dan polyester ini dapat menjadi gaya andalanmu untuk tampil modis dan bergaya. Tersedia di Zalora dengan harga Rp 339.500.

Rok Batik Klok

Sumber gambar dynamic.zacdn.com

Bila kamu ingin tampil unik maka kamu bisa menggunakan rok dengan model etnik yang menarik. Astari Skirt, contohnya, yang merupakan koleksi dari Astari Batik. Rok batik cap ini menawarkan rok dengan kombinasi warna oranye dan putih yang sangat cocok bila kamu padukan dengan item fashion lain untuk sekedar jalan santai ataupun acara formal.

Rok unlined ini memiliki aksen self tie waist dengan karet pinggang serta memiliki aksen lipit. Terbuat dari bahan katun membuat rok asli Indonesia ini sangat mudah untuk dirawat dan bisa awet dalam kurun waktu yang cukup lama. Tersedia di Zalora dengan harga Rp 550.000.

From our editorial team

Tampil Menawan dengan Rok Batik

Dengan kamu memakai rok batik, kamu bisa menunjukkan kecintaan kamu terhadap budaya Indonesia. UNESCO sudah menetapkan batik sebagai budaya asli milik Indonesia. Kamu masih tetap tampil menawan kok dengan rok batik. Bahannya juga lembut untuk dipakai.