Produksi Musik Lebih Menyenangkan dengan 10 Rekomendasi Keyboard Casio Terbaik dari BP-Guide (2020)

Produksi Musik Lebih Menyenangkan dengan 10 Rekomendasi Keyboard Casio Terbaik dari BP-Guide (2020)

Keyboard adalah salah satu alat musik yang dibutuhkan para music composer untuk membuat lagu. Dalam produksi lagu, keyboard berkualitas tentu menjadi sebuah keharusan. Casio menjadi salah satu produsen keyboard terbaik yang sering dipilih oleh para musisi dalam menciptakan karyanya. Tertarik memiliki? Ini dia 10 rekomendasi keyboard Casio dari BP-Guide yang bisa dipilih untuk menciptakan karya musikmu.

Pada Awal Berdirinya, Casio Dikenal sebagai Perusahaan dengan Produk Kalkulator

Casio adalah produsen alat elektronik dari Jepang yang berdiri sejak tahun 1946. Awalnya perusahaan multinasional ini hanya menjual kalkulator. Perusahaan yang didirikan oleh Tadao Kashio ini adalah pencetus pembuatan kalkulator portabel yang juga menciptakan arloji analog dan digital.

Kalkulator elektronik dengan memori keluaran pertama Casio sekaligus yang pertama di dunia dirilis pada tahun 1965. Ini menjadi langkah pertama bagi Casio sebagai produsen kalkulator untuk pasar global. Perusahaan ini bahkan pernah mendulang untung besar setelah kalkulator Casio Mini keluarannya berhasil terjual lebih dari sepuluh juta unit.

Saat Ini Casio Berkembang dengan Berbagai Jenis Produk Elektronik Lainnya

Sukses dengan produk kalkulator elektroniknya, Casio melebarkan sayapnya dengan memproduksi berbagai macam produk elektronik. Dikenal dengan nama Casio Computer Co. Ltd, perusahaan ini kembali mendulang kesuksesan setelah meluncurkan koleksi jam tangan G-Shock yang mendominasi pasar global.

Populernya jam tangan G-Shock membuat Casio menjadi salah satu perusahaan yang hingga saat ini dikenal sebagai produksen jam tangan terkemuka. Selain kalkulator dan jam tangan, Casio juga memproduksi elektronik lain, seperti kamera, alat musik, dan komputer. Produk-produk tersebut membuat Casio menjadi salah satu merek yang dikenal di pasar Asia.

Produk Casio Selain Kalkulator yang Dikenal oleh Masyarakat Saat Ini

Kamera Digital

Sumber gambar https://www.tek.id

Selain kalkulator, Casio juga memproduksi elektronik lain, salah satunya adalah kamera digital. Di pasar kamera digital, Casio termasuk produsen yang besar. Bahkan pada tahun 1995 Casio meluncurkan kamera digital pertama dengan layar LCD yang diberi nama Casio QV-10.

Pada tahun 2002 Casio juga merilis kamera dengan merek Exilim yang populer dengan desain ultra tipis. Exilim bahkan menjadi tolok ukur tertinggi kamera dari merek-merek lain. Casio merilis kamera digital terakhirnya pada tahun 2016 yang hadir dengan resolusi 1,9 megapiksel. Meski dengan resolusi kecil, kamera ini memiliki desain yang mampu meningkatkan kinerjanya dalam cahaya minim.

Jam Tangan

Sumber gambar https://mancode.id

Produk berikutnya yang dikeluarkan oleh Casio adalah jam tangan. Casio menjadi salah satu perusahaan dengan produk jam tangan populer yang dikenal di pasar Asia. Salah satu produknya yang paling legendaris adalah G-Shock yang mendominasi pasar global.

Jam tangan keluaran Casio dikenal unik, lantaran mampu menampilkan perbedaan zona waktu di berbagai negara, suhu, tekanan atmosfer, ketinggian, dan GPS. Casio hadir sebagai jam digital serta analog dengan desainnya yang elegan. Selain itu, merek ini juga memiliki produk jam tangan kalkulator yang multifungsi.

Keyboard

Sumber gambar https://www.idntimes.com

Selain kamera digital dan jam tangan, Casio juga memproduksi keyboard. Casio pertama kali merilis keyboard pada tahun 1980 dengan nama CT-201. Didesain ringan dan ringkas, keyboard keluaran Casio ini juga disertai dengan built speaker dan 29 suara yang berbeda,

Hingga saat ini Casio masih menjadi produsen keyboard yang terkenal di kalangan pemusik. Beberapa tipe keyboard yang dikeluarkan antara lain adalah localized keyboard, mini keyboard, standard keyboard, hingga key lighting keyboard. Tak hanya menghadirkan fitur-fitur pelengkap yang memudahkan pemakaian, produk keluaran Casio juga hadir dengan desain yang menarik.

Jenis Keyboard yang Bisa Kamu Pilih Berdasarkan Fungsinya

MIDI Controller Keyboard

Sumber gambar https://www.retina.co.id

Tertarik membeli keyboard? Sebelum membelinya kamu perlu mengenali berbagai jenis keyboard yang tersedia di pasaran. Dengan demikian, kamu bisa memilih keyboard sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.

Jenis keyboard yang pertama adalah MIDI controller keyboard. Keyboard ini umumnya digunakan oleh para music producer untuk mengontrol software melalui MIDI. Memiliki bentuk layaknya keyboard asli, MIDI dapat diprogram ke software menjadi berbagai suara, melodi, hingga drum. Untuk ukuran MIDI controller yang tersedia ada bermacam-macam, namun ukuran standar yaitu 32 dan 73 keys.

Keyboard Arranger

Jenis keyboard berikutnya adalah keyboard arranger. Produk ini merupakan jenis keyboard yang paling sering dijumpai di pasaran. Bekerja untuk menggantikan fungsi band secara keseluruhan, keyboard ini dilengkapi dengan berbagai jenis suara, antara lain gitar, bass, drum, hingga string.

Mirip dengan electone, keyboard ini hadir tanpa bass atau pedal kaki. Berbagai suara yang melengkapinya memungkinkan pemainnya mampu menampilkan berbagai genre yang kaya musik secara solo. Keyboard ini banyak dicari sebagai perangkat pengiring live music di berbagai tempat.

Synthesizer Keyboard

Gemar memodifikasi musik, kamu bisa memilih keyboard berjenis synthesizer. Synthesizer keyboard berfungsi untuk membuat atau memodifikasi suara menggunakan berbagai parameter. Salah satu fitur dalam synthesizer yang tidak dimiliki oleh keyboard pada umumnya adalah soundbank yang menghasilkan efek suara yang lebih segar untuk mengisi instrumen.

Synthesizer keyboard sendiri dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu digital synthesizer dan virtual analog synthesizer. Dari kedua macam synthesizer di atas, digital synthesizer lebih banyak dipilih karena dibekali dengan lebih banyak suara dengan kemampuan editing, combining, dan menciptakan musik yang menarik. Keyboard serbaguna ini rata-rata terdiri atas 5-8 oktaf yang dilengkapi dengan berbagai suara alat musik.

Workstation Keyboard

Bagi kamu yang tertarik dalam memproduksi musik, jenis keyboard yang cocok kamu miliki adalah workstation keyboard. Mirip dengan digital synthesizer, keyboard ini hadir dengan kemampuan yang lebih kompleks. Produk ini memiliki sound module, sequencer, track layering, dan berbagai fitur lain yang membantu proses pembuatan musik. Hadir dengan jumlah suara yang lebih banyak dari pada arranger, workstation keyboard kerap disebut sebagai studio berbentuk keyboard.

Digital Piano

Jenis keyboard yang terakhir adalah digital piano. Digital piano memiliki 88 keys untuk mendapatkan suara yang mirip dengan piano akustik. Dibandingkan piano akustik, digital piano memiliki harga yang lebih murah dan dapat diatur menyerupai berbagai tone piano, seperti grand, upright, hingga karakter lain. Digital piano menggunakan sampel rekaman piano akustik yang diperkuat dengan loudspeaker internal. Produk ini juga menggunakan kunci berbobot untuk memberikan kesan piano akustik.

Rekomendasi Keyboard Casio untuk Pencinta Musik

CASIO CT-S100 Compact Size Keyboard

Rekomendasi keyboard pertama dari Casio adalah CASIO CT-S100 Compact Size Keyboard. Produk ini didesain portabel dengan ukuran yang ramping. Dilengkapi dengan fitur antarmuka yang sederhana dan intuitif membuat keyboard ini lebih mudah digunakan.

Keyboard dengan tipe CT-S100 ini memiliki tata letak yang teratur dengan tombol yang lebih sedikit. Produk ini juga dibekali dengan fungsi tambahan yang mengoptimalkan equalizer untuk menghasilkan suara yang seimbang. Keyboard bergaya piano ini memiliki mikro B USB yang memudahkan pembuatan musik dan bisa dihubungkan dengan gadget.

Harga Rp. 1.690.000-1.799.999

Keyboard Casio WK-6600

Sedang mencari keyboard yang memiliki berbagai genre musik irama prasetel? Keyboard Casio WK-6600 bisa dijadikan pilihan. Produk ini menggunakan sumber suara AHL yang memberikan 670 suara berbeda dan 210 suara prasetel yang cocok untuk aneka genre, baik pop, rock, jazz, maupun genre lainnya.

Keyboard Casio WK-6600 memiliki layar yang menampilkan informasi kala dimainkan, termasuk nada dan irama yang dipilih. Dirancang untuk memberikan pengalaman bermain piano, respons sentuh keyboard ini memberikan suara yang berbeda sesuai tekanan pada tuts layaknya grand piano. Keyboard ini juga dilengkapi dengan tombol operasi yang besar untuk sequencing dan mixing musik.

Harga Rp. 4.850.000-5.626.000

Portable Keyboard Casio CTK-6200

Portable Keyboard Casio CTK-6200 menjadi keyboard keluaran Casio berikutnya yang direkomendasikan. Produk ini hadir dengan sensitivitas respons sentuh layaknya piano. Tak hanya itu, produk ini memiliki 700 suara bawaan dan 10 nada pengguna termasuk suara piano stereo.

Menggunakan baterai tunggal, keyboard ini mengonsumsi daya 19 Watt. Selain saluran output, portable Keyboard Casio CTK-6200 juga dilengkapi dengan jack stereo, slot kartu memori SD, dan USB. Keyboard ini juga dibekali dengan speaker reflesk bass dua arah dan layar LCD untuk menampilkan nada dan irama.

Harga Rp. 3.195.000-5.200.000

Keyboard Casio Privia PX360

Sensasi layaknya bermain grand piano adalah salah satu hal yang banyak dicari dalam memilih keyboard. Memiliki aneka pilihan keyboard dengan keunggulan tersebut, salah satu keyboard Casio yang patut dilirik adalah Keyboard Casio Privia PX360. Keyboard ini memiliki sentuhan dan respons seperti grand piano dengan tuts yang berat di bawah dan ringan di atas.

Keyboard Casio Privia PX360 dibekali dengan 550 nada yang mencakup aneka alat musik, seperti bass, gitar, drum, dan masih bayak lagi. Dilengkapi dengan port USB membuatnya lebih mudah dihubungkan dengan gadget tanpa perlu memasang driver. Tak hanya itu, color touch interface yang dimiliki membuat proses perekaman semakin lancar dan sederhana.

Harga Rp. 9.700.000-12.992.000

Keyboard Casio CTX 5000

Tertarik dalam dunia komposisi musik? Kamu bisa mulai memproduksi lagu dengan Keyboard Casio CTX 5000. Keyboard yang cocok untuk komposer dan musisi ini menghadirkan output tinggi dengan speaker refleks bass.

Hadir dengan sumber suara AiX membuat keyboard ini mampu memproduksi beragam suara dengan jangkauan yang luas dan jernih. Perubahan suaranya yang dinamis juga memberikan ekspresi suara elektronik yang baik. Dilengkapi dengan tombol frase untuk merekam dan memutar ulang membuat keyboard ini mudah digunakan dalam membuat trek.

Harga Rp. 6.282.800-8.191.000

Keyboard Casio MZ-X500

Keyboard Casio MZ-X500 adalah pilihan keyboard yang cocok untuk para profesional. Keyboard ini dibekali dengan lebih dari 1.100 suara bawaan yang berkualitas. Cocok digunakan untuk memainkan hampir semua aliran musik, keyboard ini mampu mendukung penampilan kelas profesional.

Produk dengan 61 keys ini memiliki panel LCD berwarna layar sentuh yang semakin memudahkan pemakaiannya. Dapat digunakan untuk melakukan kompilasi suara, produk ini juga memiliki fungsi edit suara untuk memproduksi musik dengan pengoperasian yang sederhana. Keyboard Casio MZ-X500 hadir dengan dilengkapi fitur DSP, audio recorder, speaker, slot USB, metronome, transpose, pitch bend, dan modulation.

Harga Rp. 8.700.000-11.665.000

Keyboard Mini Casio SA-78

Tak hanya untuk orang dewasa, Casio juga memiliki pilihan keyboard untuk anak-anak. Salah satunya adalah Keyboard Mini Casio SA-78. Keyboard mini ini memiliki 44 keys dengan tuts mini yang cocok untuk anak-anak.

Tampilannya yang menarik dengan suara yang lembut membuat produk ini menjadi salah satu keyboard keluaran Casio yang laris di pasaran. Keyboard ini hadir dengan 100 nada, 50 irama, dan 10 lagu yang bervariasi. Keyboard ini hadir dengan beraneka macam warna yang banyak disukai, seperti pink, abu-abu, dan oranye.

Harga Rp. 800.000-875.000

Keyboard Tuts Menyala Casio LK-265

Rekomendasi keyboard berikutnya yang cocok digunakan untuk memproduksi musik adalah Keyboard Tuts Menyala Casio LK-265. Keyboard ini hadir dengan 61 keys sensitif layaknya piano. Dilengkapi dengan efek digital, keyboard ini memiliki 400 nada dan 150 irama bawaan yang menarik.

Keyboard Tuts Menyala Casio LK-265 dilengkapi dengan dance music mode yang cocok digunakan untuk kamu pencinta musik dansa. Produk ini telah terintegrasi dengan aplikasi Chordata Play yang mempermudah pengoperasiannya. Keyboard yang cocok untuk pemula ini juga dibekali dengan fitur belajar dan tuts menyala yang memudahkan pemainnya.

Harga Rp. 2.599.000-3.638.600

Keyboard Casio XW-G1

Keyboard Casio XW-G1 adalah keyboard yang cocok bagi kamu yang tertarik menjadi DJ. Produk ini juga memiliki 6 synth tunggal monofonik yang diproses dengan teknologi Sumber Suara Pemrosesan Hibrid eksklusif.

Synthesizer profesional ini dibekali dengan opsi integrasi iPad yang memudahkan pengoperasiannya. Dengan menggunakan keyboard ini, kamu bisa menemukan 300 suara yang menakjubkan, termasuk suara berbagai alat musik. Salah satu keistimewaan keyboard ini adalah mampu menghasilkan 4 suara secara bersamaan yang memudahkan DJ.

Harga Rp. 8.195.000-8.250.000

Keyboard Casio Privia PX5S

Rekomendasi keyboard Casio yang terakhir adalah Keyboard Casio Privia PX5S. Keyboard ini memiliki 88 keys dengan tiga sensor terstimulasi. Memberikan kesan layaknya memainkan grand piano, produk portabel ini bisa digunakan untuk keperluan panggung, pembuatan musik, hingga MIDI controller.

Keyboard Casio Privia PX5S hadir dengan suara dan fitur menarik yang cocok untuk pemula maupun profesional. Untuk sumber dayanya, produk ini menggunakan baterai alkaline AA yang tahan hingga 3 jam pemakaian. Keyboard ini dilengkapi dengan audio in, phone, line out, line in, port USB, MIDI, dan dua pedal yang dapat dialihkan.

Harga Rp. 8.550.000-15.000.000
From our editorial team

Lindungi Keyboard Casio Kesayanganmu dengan Soft atau Hard Case

Dari rekomendasi di atas, kira-kira keyboard Casio manakah favoritmu? Tak hanya sekadar memakai, bagi kamu yang tertarik membeli juga perlu merawat keyboard dengan baik agar bisa digunakan dalam waktu lama. Pastikan untuk menyimpan keyboard pada soft atau hard case bawaannya agar tak tergores atau bahkan rusak ketika tidak digunakan. Begitu pula kala hendak membawanya bepergian untuk manggung atau kegiatan lain. Pastikan untuk melindungi keyboard dengan tas atau case bawaannya agar selalu aman dari benturan.