Dana Mepet tapi Butuh Keyboard? Cek 10 Rekomendasi Keyboard Musik Terjangkau Berikut Ini (2020)

Dana Mepet tapi Butuh Keyboard? Cek 10 Rekomendasi Keyboard Musik Terjangkau Berikut Ini (2020)

Keyboard menjadi alat musik yang seru untuk dimainkan. Kamu bisa memainkannya sendiri atau dalam format band. Produk yang satu ini banyak diminati untuk dimiliki. Kamu yang ingin keyboard harga terjangkau, bisa cek rekomendasi kami berikut ini, ya!

Mengenal Sejarah Keyboard Musik

Keyboard merupakan salah satu alat musik yang banyak digemari masyarakat. Alat musik yang mirip piano ini memiliki fitur unik yakni bisa digunakan untuk menghasilkan aneka macam suara sehingga cocok digunakan untuk memainkan organ tunggal. Keyboard membuat kita bisa memainkan musik layaknya sebuah band. Selain itu, keyboard juga praktis dibawa kemana saja karena bobotnya ringan.

Keyboard merupakan sebuah alat musik yang sudah dikenal sejak zaman dulu. Alat musik ini memiliki nada penuh dan nada semi tone yang dibedakan dari warna tutsnya ada yang terang dan gelap. Susunan deret kunci yang kromatik yang mencakup 12 nada muncul di Eropa pada abad ke 14.

Kala itu ukuran tuts masih cukup lebar. Hal ini membuat nada harmoni yang dihasilkan tidak banyak. Namun pada abad ke 16 baru muncul pembakuan tuts. Dengan begini, nada diatonik dapat dicakup dalam lebar satu tangan dan kita bisa memproduksi musik harmonik.

Di abad ke 20 barulah muncul keyboard elektronik. Keyboard ini dipasarkan oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat. Sejak saat itu keyboard mulai banyak diminati untuk dimiliki dan dimainkan. Tahun 1980an Yamaha mengeluarkan keyboard Yamaha DX-7. Ini adalah keyboard yang bisa menghasilkan variasi timbre dengan cara mengubah frekuensi suatu gelombang dengan amplitudo gelombang lain. Keyboard ini memiliki 5 oktaf.

Produk dari Yamaha ini kemudian disusul dengan produk dari Casio yakni CZ-101. Keyboard dari Casio memakai baterai untuk dayanya. Produk ini juga hadir dengan empat suara dan mengikuti kemampuan synthesizer analog. Uniknya produk ini juga bisa merekam suara dengan jelas.

Di tahun 1983, perkembangan keyboard kembali terjadi. Beberapa manufaktur instrumen musik bersepakat untuk menggabungkan berbagai peralatan musik agar bisa bekerja dalam suatu perangkat komputer. Berkat hal ini, kini kita mengenal yang namanya Musical Instrument Digital Interface atau MIDI dalam keyboard.

Tips Membeli Keyboard agar Tidak Kecewa

Beli Baru atau Second?

Sebelum membeli keyboard, pertimbangkan dulu membeli yang bekas atau membeli yang baru. Jika membeli yang baru, pastikan mengecek garansi dan juga kelengkapan produknya. Teliti juga service centernya apakah dekat dengan kota tempat tinggalmu. Dengan begini, jika terjadi kerusakan, kamu tidak akan bingung dan kerepotan membawanya.

Untuk kamu yang ingin membeli barang second, wajib teliti membelinya. Usahakan mengajak mereka yang sudah pengalaman dalam hal keyboard agar bisa mengecek dan meneliti adanya risiko bermasalah pada keyboard tersebut. Cek tampilan produk dan pastikan tulisan diatas tombol panel masih terlihat jelas.

Periksa juga adaptornya apakah masih original atau sudah diganti dengan lainnya. Jangan lupa mengecek baut di bagian belakang keyboard untuk memastikan keyboard belum pernah dibongkar. Yang paling penting, cek bagian tutsnya apakah bisa berbunyi semua atau ada yang mati.

Pilih Ukuran Keyboard

Pilih ukuran keyboard yang kamu inginkan. Ukurna keyboard biasanya tergantung dari banyaknya tuts yang ada. Kamu bisa memilih keyboard dengan 61 tuts atau 88 tuts. Ukuran standar 88 tuts cocok untuk kamu yang sudah mahir. Sementara untuk para pemula sebaiknya memilih keyboard 61 tuts.

Keyboard dengan 61 tuts memang tidak bisa menghasilkan suara yang kaya namun cukup untuk pembelajaran. Kamu bisa juga melirik keyboard dengan 76 tuts. Pilihan suaranya lebih kaya dan pastinya masih cocok untuk pemula.

Cek Media Penyimpanannya

Hal selanjutnya sebelum membeli keyboard adalah mengecek media penyimpanannya. Setiap keyboard dibekali dengan media penyimpanan yang berbeda. Ada yang dibekali disket, flashdisk, hingga memory card.

Kamu bisa pilih besaran penyimpanannya untuk disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Untuk yang butuh penyimpanan kecil saja maka bisa memakai disket. Sementara yang butuh penyimpanan besar dan luas bisa memakai flash disk dan juga memory card dengan beragam pilihan kapasitas.

Cari Referensi

Jangan lupa mencari referensi sebelum membeli keyboard. Ini supaya kamu tidak menyesal membeli keyboard tersebut. Pastikan banyak membaca referensi dari majalah atau internet. Belilah yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Kamu bisa juga membandignkan keyboard satu dengan lainnya untuk menentukan mana yang sekiranya bisa memenuhi keinginan kamu. Jangan malu juga untuk mengecek brand keyboard yang mungkin tidak terlalu terkenal juga. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan fitur yang kamu inginkan dari keyboard tersebut.

Sesuaikan dengan Bujet

Kamu juga perlu menyesuaikan keyboard yang kamu beli dengan bujet yang kamu miliki. Membeli keyboard adalah investasi jangka panjang, jadi pikirkan untuk membeli yang benar-benar berkualitas.

Jika bujet masih mepet, sebaiknya kamu menabung dahulu sampai cukup untuk membeli keyboard impian. Tak masalah sedikit mahal dan harus menabung dulu asalkan keyboardnya memang memiliki kualitas bagus dan bisa tahan lama digunakan.

Namun jika sudah kepepet tapi dana tidak mencukupi, maka sebaiknya membeli keyboard yang sesuai bujet saja dulu. Nanti jika kamu memiliki dana lebih, kamu bisa menggantinya dengan keyboard yang labih bagus.

Ini Loh Pilihan Keyboard Musik Termurah 2020

Electronic Keyboard MQ-6106

Electronic Keyboard MQ-6106 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini bisa melatih kemampuan motorik dan kemampuan konsentrasi kamu.

Keyboard musik ini hadir dengan 61 tuts yang bisa menghasilkan nada sama dengan piano akustik. Keyboard ini juga memiliki mic sehingga kamu bisa bernyanyi dan merekam suara dengan mudah. Keyboard ini hadir dalam ukuran 53 x 17 x 5 cm.

Harga Rp. 125.000-172.000

Casio Arranger CTK-1500

Casio Arranger CTK-1500 tidak boleh kamu lewatkan. Keyboard musik ini sangat berkualitas. Kamu akan bisa belajar keyboard dengan cepat memakai produk yang satu ini.

Dengan range nada yang pas, produk ini dijamin bisa memuaskan kamu saat bermain musik. Produk ini memiliki 61 tuts dan 32 suara polifonik. Ada juga 120 nada, 50 preset songs, 70 rhytm, dan deretan fitur menarik lainnya.

Kamu juga bisa memakai fungsi belajar untuk tangan kiri dan tangan kanan. Ada juga fungsi belajar dua tangan sekaligus. Keyboard ukuran 946 x 307 x 92 mm memiliki berat 3,3 kg.

Harga Rp. 1.600.000-2.001.000

Techno T-5000

Techno T-5000 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan 49 tuts sehingga cocok untuk yang baru saja belajar keyboard. Alat musik yang satu ini memiliki LED display sehingga terkesan mahal.

Produk juga memiliki fitur mic, record, replay, vibrato, sustain dan lain sebagainya. Alat yang satu ini juga menghadirkan aneka demonstrasi lagu juga drum full set sound. Ukuran keyboard ini adalah 68 cm x 23 cm. Keyboard yang satu ini memiliki 10 tone, 10 rhytm dan 8 demo song.

Harga Rp. 360.000-750.000

Keyboard Techno T8300i

Keyboard Techno T8300i juga menjadi rekomendasi kami untuk keyboard musik murah. Keyboard yang satu ini hadir dengan kunci chord single maupun fingered.

Ada juga fitur berbagai lagu demo, 127 tone dan rhytm, dan lain sebagainya. Produk yang satu ini juga dilengkapi dengan mic kecil, sandaran buku musik, dan buku panduan sehingga kamu bisa lebih mudah belajar memainkan musik ini.

Harga Rp. 680.000-1.105.000

Samson Carbon 49

Samson Carbon 49 menjadi rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan tombol Octave dan Transpose. Alat ini juga membuat kamu bisa mengontrol music software tanpa ribet karena sudah ada fitur assignable data encoder dan volume slider.

Keyboard dengan USB slot ini mudah dihubungkan ke gadget lainnya. Keyboard midi controller ini bisa bikin performa bermusik kamu lebih maksimal. Fitur yang tersedia memudahkan kita membuat musik yang kita inginkan.

Harga Rp. 1.000.000-1.400.000

Yamaha Portable PSR F51

Yamaha Portable PSR F51 tentu tidak bisa kamu lewatkan begitu saja. Produk keyboard yang satu ini bisa digunakan oleh para pemula. Fitur yang dimiliki tidak banyak namun justru memudahkannya untuk dimainkan. Alat musik yang satu ini hadir dengan panel intuitif.

Keyboard musik murah ini bisa menghadirkan kualitas suara yang bagus. Keyboard ini bisa juga digunakan oleh para profesional. Produk yang satu ini hadir dengan 61 tuts dan LED display. Produk ini juga dilengkapi speaker 8 cm sejumlah 2 buah. Ukuran produk keseluruhan adalah 940 x 109 x 306 mm.

Harga Rp. 1.350.000-1.860.000

Konix Silicone Flexible Roll Up Piano

Konix Silicone Flexible Roll Up Piano adalah rekomendasi kami yang sayang untuk kamu lewatkan. Produk yang satu ini terbuat dari silikon sehingga kamu bisa melipatnya dan tidak banyak makan tempat saat tidak digunakan.

Keyboard musik ini juga mudah dibawa ke mana saja karena bobotnya ringan. Alat musik yang satu ini hadir dengan 8 jenis tone juga 6 demonstrasi lagu. Keyboard digital ini hadir dengan fitur power saving mode sehingga bisa lebih hemat listrik karena akan mati sendiri jika dalam waktu 3 menit tidak dimainkan.

Ada 45 lagu demo dan 128 rhythm yang bisa kamu coba. Produk ini sudah mendukung USB dan midi. Ada LED display yang membuatnya terlihat mewah. Produk juga sudah mendukung USB charging.

Harga Rp. 1.482.000-1.971.000

Techno T-9880SD

Techno T-9880SD merupakan produk selanjutnya yang bisa diandalkan. Keyboard dengan 61 tuts ini hadir denagn 16 channel. Ada fitur USB, Midi dan SD card yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kamu lebih mudah bermusik dan mengoneksikan dengan gadget lainnya.

Keyboard ini memiliki 128 Suara, 128 irama Indonesia yang lengkap dan juga ada irama mancanegara. Kamu jgua akan mendapatkan 22 demo song baik barat maupun Indonesia. Output suaranya tidak mengecewakan. Keyboard yang satu ini memiliki ukuran 103 x 22 x 44 cm.

Harga Rp. 1.638.000-2.156.000

Casio Arranger CTK 2400

Kamu bisa melirik Casio Arranger CTK 2400. Produk yang satu ini desainnya keren dan mewah. Keyboard musik murah ini hadir dengan 40 suara polifoni. Ini akan membantu memperkecil kemungkinan not yang tidak berbunyi.

Produk ini juga dilengkapi sampling suara yang lengkap. Dalam pembelian kamu akan mendapatkan stand keyboard dan juga cover penutup agar keyboard tidak mudah kotor. Produk dengan 61 tuts ini memiliki 400 tones dan 150 rhytms.

Harga Rp. 1.512.000-2.468.000

Joy JK 60

Joy JK 60 adalah rekomendasi terakhir dari kami. Keyboard musik murah ini cocok untuk anak yang baru belajar keyboard. Produk ini memiliki 61 tuts dan hadir dengan LED display sehingga membuatnya terkesan menarik dan mewah.

Keyboard musik ini memiliki 128 timber, 128 rhytm, dan 12 lagu contoh. Ada juga tempo control dan master volume untuk mengontrol suara agar lebih imbang. Produk ini juga memiliki fungsi audio input function, sustain, dan vibrato yang bisa membuat bermain musik jadi makin asik.

Harga Rp. 630.000-982.000
From our editorial team

Perhatikan Kualitas Keyboard yang Dibeli dengan Harga Murah

Jika hendak membeli keyboard dengan harga murah, pastikan kamu melirik kualitasnya dulu. Cek juga spesifikasinya agar kamu tidak merasa tertipu dengan kualitas yang dihadirkan. Tidak semua keyboard murah itu jelek. Ada juga yang meski murah namun sudah bisa memenuhi standar kualitas yang diinginkan. Maka dari itu, cek dulu secara keseluruhan apa saja yang ditawarkan oleh keyboard harga murah tersebut. Jangan terlalu terburu-buru membeli hanya karena terlihat harganya terlalu miring supaya kamu tidak kecewa dan merasa sia-sia membeli produk tersebut.

Tag