Nikmati Musik dengan Nyaman dan Aman dengan 10 Rekomendasi Earbuds Berikut (2020)

Nikmati Musik dengan Nyaman dan Aman dengan 10 Rekomendasi Earbuds Berikut (2020)

Mendengarkan musik dengan earbuds memang mengasyikkan. Namun waspada dengan bahayanya. Pastikan kamu tetap memakai earbuds sesuai aturan. Dengan tetap melindungi pendengaran saat mendengarkan musik, maka dapat memperoleh dua manfaat sekaligus, yaitu meningkatkan rasa bahagia dalam jiwa kita sekaligus menjauhkan diri dari risiko gangguan pendengaran. Nah, cek rekomendasi earbuds terbaik dari kami, yuk!

Musik Sudah Jadi Teman Keseharian Kita

Musik bukanlah hal yang asing bagi kita. Mendengarkan musik merupakan rutinitas yang sayang untuk dilewatkan. Kita bisa mendengarkan musik untuk menghilangkan kebosanan, menemani kala beraktivitas, dan lain sebagainya.

Tahukah kamu bahwa musik yang jadi teman keseharian kita bisa memberikan efek yang positif pada tubuh secara fisik maupun secara mental? Sebuah penelitian di University of Gothenburg menyatakan bahwa mendengarkan musik yang disukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres dan membuat mood jadi lebih baik.

Musik juga bisa jadi perantara untuk menyehatkan jantung. Mungkin memang terlihat seperti tidak ada kaitannya. Namun, penelitian dari University Maryland Medical Center menemukan bahwa jantung yang sehat juga terkait dengan kebiasaan mendengarkan musik. Mereka yang gemar mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26 persen. Kendati demikian, saat mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga enam persen.

Musik juga akan menurunkan rasa sakit dan nyeri. Dengan mendengarkan musik maka rasa sakit baik fisik maupun batin bisa sedikit terlupakan.

Musik juga bisa menguatkan daya ingat anak-anak. Mereka yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan dengan mereka yang tidak atau kurang mendengarkan musik. Dengan mendengarkan musik maka otak juga bisa jadi lebih tajam dan lebih awet muda. Ini berdasarkan dari penelitian di University of Kansas Medical Center.

Mendengarkan Musik Lebih Mantap dengan Earbuds

Saat mendengarkan musik, banyak dari kita yang lebih memilih untuk mendengarkan dengan memakai aksesori tambahan. Baik musik dari smartphone, komputer, laptop, dan lainnya, biasa didengarkan dengan bantuan headset, headphone, earphone, dan sebagainya. Salah satu yang paling populer belakangan ini adalah earbuds.

Umumnya earbouds paling cocok untuk pemutar musik portabel kecil atau smartphone. Modelnya yang kecil tinggal dipasang dan diselipkan di rongga telinga. Earbuds tidak akan menutupi dau telinga, hanya akan menutupi lubang telinga saja.

Earbuds memiliki desain yang tidak mudah lepas dari telinga. Ini akan menguntungkan jika kamu memakainya untuk kegiatan yang butuh banyak gerakan seperti olahraga.

Belakangan ini earbuds dikembangkan lebih canggih lagi dan akhirnya hadir tanpa kabel, meski yang model dengan kabel juga masih diproduksi. Model wireless earbuds lebih banyak diminati karena praktis digunakan. Kamu tidak perlu lagi memegang smartphone untuk mengangkat panggilan,dan lain sebagainya. Selain itu, bentuknya yang tanpa kabel membuatnya tampak ringkas. Kita juga tidak perlu lagi ribet meluruskan kabel yang kadang terlipat dan terbelit tidak karuan.

Ikuti Aturan Mendengarkan Musik dengan Earbuds yang Baik

Mendengarkan musik memakai earbuds memang nyaman. Kita bisa merasa lebih dekat dengan musik dan bisa meredam kebisingan di sekitar kita. Kendati demikian, mendengarkan musik dengan earbuds yang terlalu lama tidak disarankan sama sekali. Ini karena jika kita memakai earbuds dan alat bantu mendengarkan audio lainnya bisa membuat seseorang terkena gangguan pendengaran akibat bising. Jika parah bisa menyebabkan penurunan pendengaran dan gangguan saraf. Kamu tentu tidak ingin hal ini terjadi padamu, bukan?

Maka dari itu, ingatlah untuk memakai aturan 60:60 saat mendengarkan musik dengan earbuds atau alat bantu dengar lainnya. Ini artinya kamu bisa mendegarkan musik tidak lebih dari 60 menit setiap hari memakai earbuds. Selain itu, pastikan volume suara tidak melebihi 60% dari volume maksimal. Hindari mendengarkan musik dengan volume yang terlalu tinggi. Ini hanya akan bikin kepala pusing dan gendang telinga jadi sakit.

Tips Memilih Earbuds

Pilih Model dan Bahannya

Saat memilih earbuds, hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah memilih model yang dilengkapi kabel atau yang wireless. Earbuds dengan kabel biasanya bisa menghasilkan suara yang terbaik. Namun jika ingin yang nyaman dan praktis, tentu saja wireless jadi pilihan yang terbaik. Ini tergantung pada preferensi kamu.

Kamu juga bisa cek dari bahannya. Ada yang berbahan silikon dan ada juga yang berbahan foam. Earbuds dengan bahan foam bisa meredam suara lebih baik ketimbang silikon. Selain itu, earbuds bahan foam juga akan beradaptasi dengan bentuk lubang telinga, jadi kita makin nyaman memakainya.

Pilih yang Memiliki Fitur Noise Cancelling

Pastikan untuk memilih earbuds yang sudah dilengkapi fitur noise cancelling. Fitur yang satu ini akan membantu memblokir suara di sekitar kita. Dengan begini, kita bisa mendengarkan musik tanpa terganggu. Fitur noice cancelling juga membuat kita tidak perlu membesarkan volume hingga terlalu kencang. Kesehatan telinga juga jadi lebih terjaga karena kita bisa mendengarkan musik dengan nyaman meski volumenya kecil.

Cek Respons Frekuensinya

Pastikan untuk mengecek respons frekuensinya juga ya, saat membeli earbuds. Cek pada kemasan atau tanyakan kepada penjualnya langsung. Respons frekuensi adalah kemampuan driver untuk menghasilkan frekuensi di rentang tertentu. Untuk manusia, rentang frekuensi suaranya adalah 20 Hz hingga 20.000 kHz. Maka pilih rentang suara tersebut untuk tahu volume yang pas agar lebih enak didengarkan.

Cek Kompatibilitasnya

Terakhir, kamu juga wajib mengecek kompatibilitasnya. Pada earbuds terdapat codec tersendiri. Codec adalah perangkat untuk melakukan proses encoding dan decoding sebuah signal digital. Misalnya saja, iOS memiliki jenis codec bernama Advance Audio Coding. Sementara itu, Android memiliki codec bernama apt-X.

Kualitas suara keduanya tidak perlu diragukan lagi. Kamu hanya perlu memilih earbuds dengan codecyang sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. Bisa saja berbeda antara smartphone dan codec-nya. Namun jika ingin kualitas suara yang maksimal, kamu perlu menyesuaikannya.

Ini Dia Rekomendasi Earbuds untuk Kamu

Samsung Galaxy Buds Live

Samsung Galaxy Buds Live ini bisa jadi rekomendasi pertama. Produk yang satu ini bentuknya menggemaskan karena mirip dengan kacang.

Produk ini juga dibekali sejumlah fitur yang menarik. Salah satu fiturnya adalah Active Noise Cancellation sehingga bisa meredam suara sekitar dan membuat suara musik lebih jelas terdengar. Ada juga fitur Voice Pickup Unit untuk voice call berkualitas. Uniknya lagi baterainya bisa tahan 29 jam lamanya.

Desain earbuds ini membuatnya nyaman diselipkan ke dalam telinga. Bagian casing-nya juga begitu keren. Pilihan warnanya juga oke sehingga kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan kesukaanmu. Produk ini juga dilengkapi Bixby sehingga tidak perlu menekan ketika hendak membuka aplikasi pada smartphone. Kamu bisa mengatur volume suara hingga memeriksa cuaca saat bepergian dengan bertanya pada fitur Bixby ini.

Harga Rp. 2.050.000-2.599.000

Sony WF-1000XM3

Selanjutnya, ada Sony WF-1000XM3 untuk jadi pilihan. Produk yang satu ini nyaman kamu gunakan saat beraktivitas keras seperti olahraga. Fitur noise cancelling akan membuat suara musik bisa lebih jelas terdengar. Earphone ini juga hadir dengan bahan silikon sehingga nyaman digunakan.

Audio-nya beresolusi tinggi sehingga kita bisa lebih puas baik saat bermain game atau saat mendengarkan musik. Koneksi bluetooth-nya juga sangat stabil sehingga kita bisa lebih mudah menggunakannya. Desainnya elegan dengan warna hitam yang mendominasi.

Harga Rp. 2.600.000-4.800.000

Xiaomi Mi True Wireless Earphones 2

Jangan lewatkan juga untuk memiliki Xiaomi Mi True Wireless Earphones 2. Produk yang satu ini harganya sangat terjangkau. Kendati demikian, kualitasnya patut diacungi jempol. Suara yang dihasilkan sangat jernih dengan dentuman bass yang mengesankan.

Fitur yang dihadirkan adalah noice cancellation sehingga kamu bisa menerima telepon, main game, dan mendengarkan musik dengan lebih baik. Daya tahan baterainya juga hingga 13 jam. Uniknya lagi baterainya memakai sistem fast charging sehingga bisa lebih cepat dipakai kembali.

Koneksi produk ini cukup stabil bahkan meski jaraknya 10 meter. Earbuds ini mudah untuk dipasangkan dengan gadget apa saja.

Harga Rp. 484.000-1.468.000

JBL T120 TWS

JBL T120 TWS menjadi rekomendasi selanjutnya. Produk yang satu ini keren dari segi desain dan warna. Desainnya elegan dan mewah dengan 5 pilihan warna yang mengesankan. Earbuds ini memiliki suara bertenaga dari driver 5,8 mm yang bisa menghasilkan suara pure bass. Hanya butuh 15 menit saja untuk mengisi daya produk ini dan bisa digunakan selama 1 jam.

Harga Rp. 1.838.000-2.859.000

Jabra Elite Active 75t

Jabra Elite Active 75t tidak bisa ketinggalan jadi pilihan. Produk ini bersifat waterproof, sweatproof, dan workout proof. Ini tentu cocok untuk kamu yang aktif berolahraga. Earbuds canggih ini diberi garansi 2 tahun lamanya sehingga kamu bisa nyaman memakainya.

Baterainya bisa tahan 28 jam. Kamu bisa mengatur suara volume dengan fitur HearThrough. Ada juga fitur Voice Assistant serta teknologi MySound. Ini akan membantu mengkalibrasi setiap lagu agar bisa dinikmati secara maksimal.

Bentuk produk ini nyaman di telinga dan bisa digunakan dalam wakru lama. Sensitivitas mic-nya juga sangat bagus. Codec-nya bisa diatur untuk disesuaikan dengan keperluanmu.

Harga Rp. 1.790.000-2.690.000

Apple AirPods Pro

Apple AirPods Pro tentu sayang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini hadir dengan equalizer adaptif serta kualitas suara yang sangat memuaskan. Dengan ftur peredam kebisingan, musik yang kamu dengarkan bisa lebih jelas terdengar.

Baterainya tahan lebih dari 24 jam. Ada juga sensor tekanan untuk mengontrol musik dan panggilan dengan mudah. Desainnya ringkas dan nyaman dibawa ke mana saja. earbuds yang satu ini kompatibel dengan perangkat terbaru Apple, mulai dari iPhone, iPad, sampai macbook.

Harga Rp. 490.000-399.900

Mi True Wireless Earbuds Basic S

Mi True Wireless Earbuds Basic S jelas bisa jadi pilihan keren lainnya. Produk ini ringan dibawa dan nyaman digunakan di telinga. Koneksinya sangat stabil dan bikin kita betah memakainya.

Suara yang dihasilkan maksimal dan memanjakan telinga. Produk ini juga bisa digunakan dalam mode gaming untuk mengencangkan suara dari dalam permainan. Untuk daya tahan baterainya, earbuds ini bisa tahan 12 jam nonstop.

Harga Rp. 269.000-460.000

Sabbat E12 Ultra TWS

Sabbat E12 Ultra TWS tentu sayang untuk dilewatkan. Earbuds yang satu ini desainnya keren dengan bentuk unik. Kamu bisa menggunakannya untuk mendengarkan musik, main game, atau melakukan panggilan telepon.

Kapasitas baterai-nya 60 mAh dengan daya tahan hingga 6 jam nonstop. Produk yang satu ini juga hadir dengan teknologi Bluetooth 5.0 sehingga bisa memberi jangkauan yang lebih jauh hingga 10 meter.

Harga Rp. 700.000-927.000

Eggel Liberty buds 2 AptX

Jangan lewatkan juga untuk memiliki Eggel Liberty buds 2 AptX. Earbuds yang satu ini bentuknya unik dan nyaman digunakan di telinga. Adanya fitur AptX membuat suara yang dihasilkan begitu kencang.

Earbuds keren ini dilengkapi dengan chip qualcomm yang dipasang untuk menjaga stabilitas koneksi. Kamu bisa memakainya hingga jarak 10 meter. Baterainya juga tahan lama digunakan sehingga kamu bisa mendengarkan musik favoritmu lebih lama.

Harga Rp. 437.000-631.000

Realme Buds Air Neo

Kamu juga bisa lirik Realme Buds Air Neo sebagai pilihan. Keunikannya adalah baterainya bisa tahan hingga 17 jam. Suara yang dikeluarkan juga sangat jernih dan kencang. Ada juga fitur kontrol sentuhan praktis dan sensitif sehingga kamu lebih mudah memakainya.

Bobotnya ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Dengan memakai bluetooth versi terbaru, maka kamu bisa mendengarkan musik dengan lebih stabil dan dalam jarak yang jauh juga.

Harga Rp. 135.000-659.000
From our editorial team

Hindari Mendengarkan Musik dengan Earbuds Sampai Tertidur

Mendengarkan musik bisa jadi kegiatan menyenangkan kapan saja dan dimana saja. Ada juga yang memilih musik sebagai peneman tidur. Namun, saat ingin mendengarkan musik dengan tidur, hindari memakai earbuds, headphone, atau alat dengar lainnya. Ini akan sangat berbahaya untuk kesehatan. Ada baiknya kamu memakai fitur timer untuk mematikan lagu setelah durasi tertentu. Dengan begini, kamu bisa tidur lelap dan kesehatan telinga tetap terjaga.