Nikmati Hawa Sejuk Kaliurang Sekaligus Bersantai di 10 Penginapan dengan Harga Terjangkau Ini! (2018)

Nikmati Hawa Sejuk Kaliurang Sekaligus Bersantai di 10 Penginapan dengan Harga Terjangkau Ini! (2018)

Yogyakarta juga punya daerah wisata berhawa sejuk yaitu Kaliurang. Selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Rasa penat setelah beraktivitas seharian di Kaliurang bisa dihilangkan dengan beristirahat di sejumlah penginapan yang ada di sini. Rata-rata penginapannya nyaman dan harganya juga terjangkau.

Destinasi Wisata Kaliurang Akan Membawa Anda Menikmati Keindahan Alam yang Memukau

Jalan-jalan ke Yogyakarta tentunya jangan sampai lupa untuk mampir ke Kaliurang. Destinasi wisata yang satu ini berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di di Desa Hargobinagun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Hanya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Yogyakarta yang bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 15 menit saja.

Karena berada di kaki Gunung Merapi, suhu di Kaliurang berada di kisaran 20 sampai 25 derajat Celsius. Hawa yang sejuk dan segar akan menemani Anda menikmati pemandangan gunung dengan tanaman hijau di kiri dan kanan jalan saat berada di sana. Sebuah panorama yang indah yang tentu akan menyejukkan mata.

Tempat Wisata di Kaliurang yang Oke untuk Dinikmati Saat Berlibur

Tlogo Putri

Sumber gambar eksotisjogja.com

Yogyakarta juga dikenal sebagai kota seni dan budaya. Tidak heran kalau banyak seniman-seniman besar lahir di sana. Bila Anda termasuk pencinta seni, maka tempat yang pas untuk Anda salah satunya adalah Tlogo Putri. Di lokasi ini sering diadakan pementasan seni seperti jathilan, campur sari, atau topeng ireng. Lebih asyiknya lagi, pertunjukan seni tersebut bisa dinikmati secara cuma-cuma. Selain pertunjukan seni, tentunya wisata alam dan air menjadi salah satu andalan tempat ini. Tlogo Putri merupakan bendungan besar di mana Anda bisa menyewa perahu atau becak air untuk menyusuri bendungan ini. Bisa juga hanya sekadar berfoto-foto di tempat ini.

Dari Yogyakarta, Anda hanya perlu naik kendaraan umum dengan jurusan Kaliurang-Yogyakarta sekitar 1 jam perjalanan. Anda akan sampai di Tlogo Putri yang juga merupakan Terminal Kaliurang.

Gardu Pandang

Sumber gambar jogja.tribunnews.com

Gardu Pandang Turgo sebenarnya memang dibuat sebagai gardu pandang, hanya saja dilengkapi dengan sebuah taman bermain. Namun, sekarang tempat itu sudah berinovasi dan menjadi taman lampu. Anda bisa menyaksikan air mancur menari yang berpadu dengan sinar laser dan musik. Atraksi ini sangat indah disaksikan pada malam hari.

Untuk menuju lokasi ini juga tidak begitu jauh, Anda bisa menuju Kaliurang melalui kompleks UGM, Yogyakarta. Lalu, menempuh perjalanan sekitar 20 km mencapai puncak Kaliurang. Anda bisa menemukan lokasi tersebut tidak jauh dari sebelah barat Goa Jepang.

Museum Vulkanik Merapi

Sumber gambar www.wisatamu.com

Ingin berwisata sambil belajar tentang Gunung Merapi? Kunjungi Museum Gunung Merapi yang terletak di Kaliurang. Bangunan museum dibuat di atas lahan 3,5 hektar, juga dilengkapi dengan taman, tempat parkir yang sangat luas, dan plaza. Saat berkunjung ke museum ini, pengunjung akan mendapatkan informasi tentang gunung api dan bencana geologi.

Museum ini dibuka pada hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.30-15.30 WIB. Harga tiket masuknya juga sangat murah loh, hanya Rp 3000 per orang. Ingin menonton film di museum ini? Anda hanya perlu membayar Rp 5000 saja per orang.

Goa Jepang

Sumber gambar www.inovasee.com

Tadi BP-Guide sempat menyinggung nama Goa Jepang. Nah, Goa Jepang adalah salah satu situs sejarah yang terletak di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang, di lereng Gunung Merapi. Kenapa dinamakan Goa Jepang? Karena dulunya gua ini difungsikan sebagai tempat berlindung tentara Jepang dari tentara sekutu.

Jumlah gua di tempat ini diperkirakan ada 12 buah. Mulut gua berdiameter sekitar 2 meter dan sangat gelap. Lokasinya cukup menantang, Anda perlu mendaki jalan yang terjal dan berliku menuju lereng Merapi untuk sampai ke Goa Jepang.

Penginapan di Kaliurang dengan Harga Terjangkau yang Bisa Dijadikan Pilihan

Disaster Oasis Training Center

Sumber gambar www.agoda.com

Penginapan pertama yang direkomendasikan oleh BP-Guide adalah Disaster Oasis Training Centre yang selain menyediakan penginapan juga ditujukan untuk penanganan bencana, terutama gempa bumi. Penginapan ini dilengkapi dengan akses WiFi, dapur kecil, perpustakaan, restoran dan lain-lain. Di setiap kamar dilengkapi dengan shower dan bathtub.

Lebih menariknya lagi, lokasinya sangat dekat dengan banyak destinasi wisata favorit di Yogyakarta. Dari penginapan ini hanya perlu menempuh perjalanan 1 jam menuju Candi Prambanan, 1,5 jam menuju Pantai Parangtritis, dan 45 menit menuju Jalan Malioboro. Tarif kamar di hotel yang berada di Jalan Kaliurang Km 21,5, Pakem, Sleman, Kaliurang ini mulai dari Rp 536.170 per malam.

Penginapan Bayu Murti

Sumber gambar www.traveloka.com

Selanjutnya, Anda bisa mempertimbangkan guest house Bayu Murti 1 yang berada di Jalan Astomulyo Kaliurang, Pakem, yang jaraknya dekat dengan Museum Ulen Sentalu, Museum Merapi, dan patung udang Kaliurang.

Guest house yang satu ini menyediakan kamar yang dilengkapi dengan TV dan kamar mandi. Saat datang, Anda akan diberi layanan minuman selamat datang. Kamar yang tersedia hanya kamar standar. Pemesanan kamar bisa melalui situs web Traveloka dengan harga yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 140.250 per malam.

Penginapan Gaviota

Sumber gambar ngetripyuk.id

Hanya 300 meter dari pintu masuk menuju Kaliurang, Anda akan menemukan sebuah penginapan bernama Gaviota. Penginapan ini dikenal juga sebagai penginapan yang harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp 100.000-an saja per malam. Anda sudah mendapatkan layanan minuman pembuka, TV, akses WiFi, makanan kecil, dan kamar mandi di dalam kamar.

Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan Anda. Ingin menginap di sini, langsung kunjungi saja penginapan Gaviota di Jalan Kaliurang KM.24, Hargobinangun, Pakem atau hubungi nomor HP 9805-4364-4446 untuk pemesanan kamar.

Penginapan Larasati

Sumber gambar ngetripyuk.id

Penginapan selanjutnya adalah penginapan Larasati. Harga kamarnya terjangkau dan lokasinya strategis sehingga layak untuk menjadi pilihan Anda. Anda bisa menemukan penginapan ini di Jalan Astomulyo, Kaliurang. Tetapi, hanya ada 10 kamar yang tersedia, jadi pesan lebih cepat agar bisa mendapatkan kamar, ya. Fasilitas yang disiapkan antara lain adalah kamar mandi dan televisi. Harga sewa per kamarnya mulai dari Rp 90.000. Untuk pemesanan, Anda tinggal telepon ke nomor (0274) 897-968 atau (0274) 562-318.

Penginapan Mentorogo

Sumber gambar www.infokost.id

Bila Anda membawa anak-anak saat ke Kaliurang, maka penginapan yang tepat adalah penginapan yang jaraknya dekat dengan taman bermain anak-anak. Nah, di dekat taman bermain anak-anak Kaliurang, terdapat sebuah penginapan terjangkau dengan fasilitas memadai yang bisa Anda kunjungi, yaitu penginapan Mentorego, yang terletak di KM 248, Jalan Kaliurang, Sleman.

Setiap kamar dilengkapi dengan TV. Harga sewa kamar juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 200.000. Hubungi nomor (0274) 898117 untuk informasi lebih lanjut termasuk reservasi.

Penginapan Yunika

Sumber gambar ngetripyuk.id

Penginapan yang satu ini dikenal dengan nama Penginapan Yunika. Anda bisa mencapai lokasi penginapan di Jalan Pelajar, Kaliurang. Hotel dengan kelas melati ini menyediakan kamar dengan fasilitas ranjang, kipas angin, hingga kamar mandi dalam. Tarif kamar per malam mulai dari Rp 80.000. Untuk memesan kamar di hotel ini, silakan menghubungi nomor (0274) 895317.

Wijaya Hotel

Sumber gambar www.yogyakartahotels.net

Hotel yang satu ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan penginapan dengan suasana yang nyaman. Letaknya di Jalan Giri Kondang, Kaliurang. Setiap kamar memiliki teras atau balkon, televisi, dan kamar mandi dengan shower.

Tersedia pula tempat parkir mobil, fasilitas rapat, restoran, dan ruang merokok. Harga kamar hotel cukup terjangkau, mulai dari Rp 314.786. Ingin memesan kamar di sini? Silakan hubungi situs web tipswisatamurah.com untuk pemesanan.

Twin House

Sumber gambar www.agoda.com

Twin House merupakan salah satu penginapan yang populer bagi wisatawan. Ada banyak sebab penginapan yang satu ini menjadi primadona. Pertama, jaraknya yang dekat dengan pusat kota yaitu di Griya Perwita Wisata Blok CS /10, Kaliurang KM 13 dan hanya perlu 20 menit ditempuh dari bandara.

Fasilitasnya juga cukup lengkap di setiap kamar seperti TV LCD, kamar bebas rokok, AC, dan teras. Hotel ini juga menawarkan fasilitas rekreasi, tempat parkir mobil,dan persewaan sepeda. Harga yang ditawarkan untuk satu rumah dengan tiga kamar tidur hanya Rp 909.091, pas untuk satu keluarga. Anda bisa memesan kamar di sini melalui situs Agoda.

Hotel Lido

Sumber gambar www.hotellido.co.id

Hotel selanjutnya yang letaknya sangat dekat dengan kawasan utama wisata Kaliurang adalah Hotel Lido. Hotel ini menyediakan kamar tipe cottage AC, tipe utama AC, tipe utama, serta kamar menengah. Nikmati fasilitas seperti tempat parkir mobil, restoran, akses Wifi, ruang keluarga, taman, dan klub anak. Harga sewa kamar mulai dari Rp 100.000-an dan bisa langsung Anda pesan di situs web hotellido.co.id.

Penginapan Arimbi

Sumber gambar ngetripyuk.id

Di Jalan Kesehatan, Kaliurang, Anda akan menemukan salah satu penginapan yang mumpuni dan harganya sangat terjangkau yaitu hotel Arimbil. Harga kamar di sini dimulai dari Rp 50.000-an per malam yang dilengkapi dengan TV.. Penginapannya bersih dan pelayanan memuaskan. Hubungi nomor 085725869477 untuk pemesanan kamar dan informasi lebih lanjut.

From our editorial team

Keamanan di Tempat Penginapan Tetap Harus Diperhatikan Saat Berllibur

Agar bisa menginap dengan nyaman, keamanan tempat penginapan harus menjadi pertimbangan Anda. Cari penginapan yang berlokasi di tempat yang aman dan cukup dekat dengan permukiman penduduk. Pastikan juga penginapan tersebut memiliki sistem pengamanan yang baik. Dengan begitu kegiatan liburan Anda bisa berjalan lancar dan aman.

Tag