10 Rekomendasi Pembersih Komedo Untuk Kulit Mulus dan Bersih (2022)

10 Rekomendasi Pembersih Komedo Untuk Kulit Mulus dan Bersih (2022)

Komedo bisa mengganggu penampilan kulit cantik sehat Anda. Tapi tenang saja, komedo bisa dihilangkan kok! Yuk, simak rekomendasi produk pembersih komedo dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Komedo Adalah Masalah Kulit yang Mengganggu

Komedo terjadi karena tersumbatnya pori-pori oleh sebum atau sel-sel kulit mati. Bentuknya seperti benjolan kecil berwarna hitam (blackhead) atau putih (whitehead). Komedo ini biasanya muncul pada area wajah, namun terkadang juga di bagian tubuh lainnya seperti bahu, dada, punggung, dan lengan. Keberadaannya begitu mengganggu penampilan.

Untuk menghilangkan komedo, Anda dapat menggunakan masker khusus penghilang komedo. Namun, sebagai pribadi yang cerdas, Anda tentu tidak mau asal pilih.

Jenis-Jenis Komedo di Wajah

Blackhead

Blackhead terjadi karena penyumbatan pori-pori. Pada bagian bukaan pori yang mengalami penyumbatan itu terbuka dan dapat terlihat seperti memiliki bintik kehitaman. Bagian berwarna hitam ini berisi tumpukan sel-sel kulit mati, bakteri dan minyak yang teroksidasi karena terlalu lama terpapar polusi dan udara sehingga menjadi menghitam.

Whitehead

Sama dengan blackhead, whitehead juga terjadi karena penyumbatan pori-pori. Bedanya, pada whitehead, bagian bukaan pori itu tertutup, sehingga disebut juga sebagai "komedo tertutup". Whitehead terjadi saat sel-sel kulit mati dan kotoran menyumbat, dan menutupi bagian bukaan pori, sehingga terbentuklah benjolan kecil berwarna putih.

Microcomedones

Sesuai namanya, microcomedones merupakan komedo yang kecil, dan bisa dibilang yang terkecil dari semua komedo. Saking kecilnya, komedo ini tidak terlihat oleh mata telanjang. Komedo atau jerawat yang meradang, pada mulanya akan dimulai sebagai microcomedo.

Macrocomedones

Berbanding terbalik dengan microcomedones, macrocomedones adalah komedo yang berukuran besar. Komedo ini biasanya berkisar dari 1 milimeter (0,04 inci) hingga 3 millimeter (0,12 inci). Komedo ini lebih umum dalam bentuk komedo terbuka (blackhead), atau pada komedo tertutup (whitehead), ukurannya lebih besar dari rata-rata.

Komedo Surya

Dinamakan sebagai komedo surya karena komedo ini disebabkan oleh paparan surya atau sinar matahari yang berlebihan dari waktu ke waktu. Komedo surya bisa kecil atau besar, terbuka atau tertutup. Komedo jenis ini juga biasanya terjadi pada orang dewasa lanjut usia mulai dari 40-an tahun, dengan paparan sinar matahari yang ekstrem.

Tips Mencegah dan Menghilangkan Komedo

Bersihkan Wajah Secara Maksimal

Komedo sering muncul akibat residu atau sisa makeup maupun skincare yang menumpuk di kulit, dan menyumbat pori-pori. Jadi pastikan wajah Anda benar-benar bersih setelah mencuci muka.

Salah satu metode yang bisa membersihkan wajah secara total adalah menggunakan metode double cleansing, yang dengan menggunakan milk cleanser atau micellar water yang kemudian dilanjutkan dengan mencuci wajah.

Pakai Exfoliating Toner Secara Rutin

Exfoliation atau tahap pengangkatan sel-sel kulit mati merupakan salah satu kunci untuk membersihkan kulit, sekaligus mencegah terbentuknya komedo akibat tersumbatnya pori-pori oleh sel-sel kulit mati.

Anda bisa menggunakan exfoliating toner pada rangkaian perawatan kulit Anda. Anda bisa memakai toner ini di malam hari sebelum memakai pelembab. Pada dasarnya, toner juga memiliki fungsi untuk menetralkan pH kulit.

Bersihkan Komedo Secara Rutin

Untuk membantu mengangkat komedo di area hidung, Anda bisa menggunakan pore pack. Selain pore pack, Anda juga dapat menggunakan menggunakan masker wajah secara rutin setidaknya seminggu sekali.

Selain itu, perhatikan juga makanan dan minuman yang Anda konsumsi, juga perhatikan makeup atau skincare yang Anda gunakan. Sebaiknya hindari yang bersifat non-comedogenic agar wajah tidak mudah menimbulkan komedo.

Rekomendasi Pembersih Komedo Untuk Semua Jenis Kulit

The Body Shop Tea Tree 3 In 1 Wash Scrub Mask

Seperti produk lainnya dari The Body Shop, produk yang satu ini sudah pasti bebas animal cruelty, 100% vegan, dan organik. Produk dari seri Tea Tree keluaran The Body Shop ini menggunakan bahan utama tea tree oil dari perkebunan di gunung Kenya.

Produk ini dapat membersihkan komedo sekaligus merawat dan menetralkan kulit berminyak dan berjerawat, berkat kandungan antibakteri pada tea tree oil dan salicylic acid yang ada di dalamnya. Selain itu, ada pula kandungan vitamin E (tocopherol) yang berfungsi untuk menutrisi kulit.

Anda bisa menggunakan produk ini sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati sekaligus membuka pori untuk memudahkan mengangkat komedo. Anda juga bisa mendiamkan produk ini di wajah, dan menjadikannya sebagai masker deep cleansing untuk memberantas komedo.

Harga Rp. 200.000-300.000

COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid

Sesuai dengan namanya, COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid ini diformulasikan untuk mengatasi komedo jenis whitehead alias komedo putih yang berada di dalam pori-pori yang tertutup.

AHA 7 White Power Liquid ini sebenarnya merupakan chemical exfoliator alias bahan untuk eksfoliasi menggunakan kombinasi bahan dari Alpha Hydroxy Acid (AHA). Anda cukup menggunakan exfoliator ini 1x seminggu.

Bahan utama yang terkandung di dalamnya adalah sari apel yang kaya akan kandungan AHA alami bernama glycolic acid. Bahan ini sangat terkenal untuk merangsang regenerasi kulit sekaligus mengangkat lapisan kotor di permukaan kulit dengan lembut.

Selain itu, produk ini juga dapat menghidrasi kulit karena adanya kandungan butylene glycol, panthenol, dan sodium hyaluronate.

Harga Rp. 75.000-150.000

LUSH Mask of Magnaminty

LUSH Mask of Magnaminty merupakan masker yang diklaim mampu mengusir komedo secara total, mengurangi pori-pori besar, serta melawan outbreak dan jerawat. Masker ini memiliki aroma mint yang memberikan sensasi sejuk saat dipakai.

Produk masker ini bertekstur krim, padat, kering, dan flaky dengan butiran ground aduki beans. Produk ini pun dikemas di dalam pot plastik berwarna hitam dan putih dengan detail produk yang mudah dipahami.

Harga Rp. 350.000-600.000

Elona Poppy Comedo Suction

Produk keluaran Elona World ini merupakan seri comedo suction yang diberi nama “Poppy”. Produk ini merupakan alat penyedot komedo dengan warna putih, dilengkapi tampilan LCD, dan menggunakan baterai yang bisa di-charge.

Tampilan LCD-nya memudahkan Anda untuk melihat level baterai yang tersisa dan level kekuatan hisapnya. Meski berkekuatan besar hingga 40 KPA, mesin ini sangat hening, lho. Produk ini juga dilengkapi 4 varian suction head yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Harga Rp. 750.000-1.000.000

Biore Pore Pack Cherry Blossom

Kalau Anda tidak begitu suka dengan metode pengangkatan komedo yang terlalu strong, strip untuk mengangkat komedo keluaran Biore ini bisa jadi pilihan yang sangat praktis dan murah. Seri pore pack keluaran Biore ini tersedia dalam tiga varian, yaitu original, bamboo charcoal, dan cherry blossom. Dalam satu kemasan, ada 4 strip pore pack.

Pore pack ini mengandung glycerin dan witch hazel extract yang sangat ramah untuk kulit kering dan sensitif. Kedua kandungan ini akan menenangkan sekaligus melembabkan kulit setelah Anda mengangkat stripnya dari hidung.

Cara menggunakannya pun cukup praktis, yaitu cukup Anda letakkan pada hidung yang sudah dibasahi dan tunggu sampai 15 menit. Kemudian tinggal dikelupas dan komedo serta minyak berlebih pada hidung pun terangkat.

Harga Rp. 10.000-20.000

Breylee Blackhead Remove Nose Mask

Breylee Blackhead Remove Nose Mask ini mengandung minyak esensial tea tree, dan dapat membersihkan wajah secara mendalam, serta mampu mengangkat komedo dengan mudah, hanya dengan sekali cabut.

Produk ini diperkaya dengan aloe, royal jelly, dan tumbuhan alami lainnya yang memberi kebaikan untuk kulit. Masker ini juga tidak menimbulkan bau. Wajah Anda akan terasa lebih bersih, halus, dan pastinya terbebas dari komedo.

Harga Rp. 30.000-45.000

Azarine Black Head Remover Mask

Azarine Blackhead Remover Mask ini dapat menghilangkan komedo secara instan tanpa rasa sakit. Meski namanya “Blackhead remover”, produk ini juga dapat mengangkat whitehead. Masker ini juga dapat pori tersumbat dan mengecilkan pori.

Dengan formulasi kandungan bahan aktif herbal alami, masker ini juga diklaim mampu mencegah timbulnya jerawat atau komedo baru, serta membuat kulit menjadi lebih halus. Produk ini bebas alkohol dan pewangi, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

Harga Rp. 35.000-50.000

Jacquelle Facial Cleansing Brush Clean Carbon

Ada satu lagi alat pembersih komedo yang bisa digunakan oleh pria maupun wanita secara mudah. Bentuknya seperti hair dryer bulat. Sesuai dengan namanya, “Cleansing Brush”, produk ini digunakan serupa seperti brush yang hanya mengandalkan usapan tangan kita sendiri.

Jacquelle Facial Cleansing Brush ini hadir dalam 3 varian produk, dan varian “Clean Carbon” ini merupakan produk yang ditargetkan untuk deep cleansing di kulit berminyak. Produk ini memiliki 2 sisi cleanser atau brush.

Sisi berwarna hitam merupakan daily cleanser yang memiliki kumpulan bulu brush yang lebih halus. Sementara sisi berwarna biru muda merupakan weekly cleanser karena tekstur bulu brush-nya yang lebih kasar.

Harga Rp. 75.000-150.000

Innisfree Jeju Volcanic Blackhead 3 Step Program

Terlalu sering menggunakan pore pack bisa membuat pori-pori kulit jadi makin terbuka. Tapi, dengan Innisfree 3-Step Program ini, pori-pori akan dirawat dan ternutrisi sehingga tidak membesar. Produk ini merupakan set pore strip dalam 3 tahap untuk angkat komedo dan menutup kembali pori-pori.

Tahap pertama merupakan kapas basah yang berfungsi untuk membuka pori, dan Anda bisa menggunakannya selama 5 menit. Setelah itu, lanjut pada tahap kedua, yaitu pore strip berwarna hitam yang akan mengeras setelah menempel beberapa menit di kulit. Pore strip ini mengandung volcanic ash dari Pulau Jeju yang efektif mengangkat komedo dan sebum di area hidung.

Selanjutnya, masuk ke tahap terakhir, yaitu menggunakan strip ketiga untuk menutup kembali pori-pori hidung. Bentuk strip ini seperti gel empuk dengan warna putih yang dilengkapi serum untuk menghidrasi dan merawat kulit Anda,

Harga Rp. 30.000-50.000

Xiaomi InFace Blackhead Remover MS7000

Selanjutnya, ada Xiaomi InFace Blackhead Remover MS7000 yang berfungsi sebagai penyedot komedo. Produk ini terbilang aman digunakan bagi Anda yang memiliki wajah yang tipis dan sensitif.

Spesifikasi daya sedotnya tersedia dalam 3 pilihan. Sebagai sumber dayanya, produk ini menggunakan baterai, sehingga praktis untuk dibawa. Ukurannya juga hanya 183 x 35 mm. Keunggulan lainnya dari produk ini adalah 30° suction nozzle, antibacterial plating body, material ramah lingkungan.

Harga Rp. 300.000-500.000
From our editorial team

Kuncinya Harus Rajin Merawat Kulit

Untuk mendapatkan kulit mulus bebas komedo, Anda harus rajin dan rutin dalam merawat kulit. Mulai dari membersihkan kulit selesai aktivitas hingga eksfoliasi seminggu sekali. Pilih produknya ada di rekomendasi BP-Guide di atas ya!