10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik untuk Menyimpan Dokumen Kantor (2021)

10 Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik untuk Menyimpan Dokumen Kantor (2021)

Lemari arsip adalah salah satu furnitur yang dibutuhkan dalam kantor. Lemari ini digunakan untuk menyimpan dokumen agar lebih tertata dan mudah ditemukan kala dibutuhkan. Bagi Anda yang tengah mencari lemari arsip terbaik untuk penyimpanan di kantor, berikut adalah daftar rekomendasi produknya yang bisa pertimbangkan.

Lemari Arsip Dipakai untuk Menyimpan Dokumen agar Terlihat Rapi

Saat bekerja, ruangan yang rapi sangat berpengaruh pada produktivitas Anda. Sayangnya, tak sedikit orang yang kurang memperhatikan kerapian kantornya. Bahkan, ada pula yang membiarkan dokumen atau berkas-berkas lain menumpuk hingga berserakan di sudut ruangan.

Agar ruangan lebih rapi, Anda bisa merapikan berkas dan dokumen-dokumen yang masih dibutuhkan menggunakan lemari arsip. Lemari arsip akan membuat berkas penting Anda lebih rapi, sehingga lebih mudah pula untuk mencarinya saat dibutuhkan. Hal ini juga mencegah kerusakan pada berkas.

Kenali Jenis-jenis Lemari Arsip untuk Menyimpan Dokumen

Lemari Arsip Besi

Sumber gambar https://www.indosan.com

Ada berbagai jenis lemari arsip yang bisa digunakan untuk menyimpan dokumen. Pertama adalah lemari arsip berbahan besi yang biasa digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen berharga hingga yang bersifat rahasia. Lemari arsip besi terbuat dari bahan logam yang tebal dan kokoh, sehingga dapat melindungi berkas dengan baik.

Lemari arsip ini juga cocok digunakan untuk area kantor yang padat dan penuh yang memiliki risiko tinggi untuk terjadinya kebakaran. Dengan menggunakan lemari arsip besi, maka kerusakan dokumen bisa dicegah. Selain itu, lemari arsip dengan bahan besi umumnya memiliki faktor pengaman yang tinggi dengan kunci atau fitur pengaman lainnya.

Lemari Arsip Kayu

Kayu adalah material yang umum digunakan pada pembuatan furnitur, termasuk lemari. Anda juga bisa menemukan lemari arsip yang terbuat dari bahan kayu. Lemari ini bisa dipilih bagi Anda yang menginginkan lemari arsip dengan bobot yang lebih ringan, namun memiliki kekuatan yang tinggi.

Secara estetik, lemari arsip berbahan kayu lebih elegan dan berseni sebab bisa dihadirkan dengan warna dan ukuran tertentu. Harganya lebih murah daripada lemari besi, kemudian pengerjaannya juga terbilang lebih cepat. Meski demikian, pertimbangkan pula bahwa lemari kayu dapat terbakar dan juga lapuk dimakan rayap.

Lemari Arsip Mobile File

Jenis lemari arsip berikutnya adalah mobile file. Lemari ini berfungsi untuk menyimpan dokumen atau berkas berukuran besar dan dapat digerakkan dengan penggerak manual maupun mekanik. Mobile file dirancang dengan lebih banyak ruang, sehingga memiliki kapasitas yang lebih besar.

Lemari dengan sistem pengoperasian mekanik dirancang untuk menahan beban yang lebih berat, dengan kapasitas ruangan yang lebih besar pula. Sementara, mobile file manual memiliki dua komponen, yaitu base bottom dan base frame yang dirancang dengan rel baja. Setiap mobile file juga dilengkapi dengan penguncian sentral yang menjamin kerahasiaan arsip.

Lemari Arsip Filling Cabinet

Filling cabinet adalah jenis lemari arsip berikutnya yang bisa Anda pilih. Lemari ini memiliki desain dan ukuran yang beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meski demikian, Anda perlu selektif dalam memilih filling cabinet agar dapat menunjang penyimpanan dokumen dan berkas dalam waktu yang lama.

Pilih filling cabinet yang stabil, sebab jika lemari tidak stabil dengan beban yang berat, maka lemari ini bisa jatuh dan menimpa Anda. Kemudian, pastikan untuk memilih filling cabinet dengan mekanisme penguncian yang aman. Secara keseluruhan filling cabinet memiliki ketahanan yang cukup baik dan mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

Tips Memilih Lemari Arsip Terbaik agar Tak Salah Beli!

Periksa Bahan Lemari Arsip

Agar tak salah beli, Anda perlu lebih selektif dalam memilih lemari arsip. Ada beberapa tips yang bisa diikuti dalam memilih lemari arsip. Pertama, periksa terlebih dahulu bahan lemari arsip. Pahami bahwa Anda mungkin membutuhkan lemari arsip dengan karakter tertentu untuk menyimpan berkas-berkas penting di kantor.

Sesuaikan bahan dengan kebutuhan Anda, misalnya saja bahan besi untuk dokumen dengan tingkat kerahasiaan tinggi, lemari berbahan kayu untuk dokumen umum, dan lain sebagainya. Anda juga perlu untuk mengenali kelebihan dan kelemahan setiap bahan lemari, sehingga memiliki pertimbangan yang lebih kuat dalam memilih lemari.

Sesuaikan Ukuran Lemari dengan Ruangan

Tips berikutnya dalam memilih lemari adalah menyesuaikan ukurannya dengan ruangan. Tidak hanya melihat banyaknya dokumen yang akan disimpan, ukuran lemari juga bisa disesuaikan dengan kondisi ruang kantor Anda.

Rencanakan dulu lokasi peletakan lemari, kemudian perkirakan ukuran yang sesuai dengan lokasi peletakan tersebut. Setelah itu, Anda baru bisa membeli lemari yang diinginkan dengan ukuran yang sesuai. Jangan sampai lemari baru Anda justru mengganggu aktivitas kantor karena ukurannya yang kurang sesuai.

Pilihlah Sesuai Tipe Lemari

Ada beragam tipe lemari yang bisa Anda gunakan sebagai lemari arsip di kantor. Misalnya saja lemari arsip tipe vertikal yang tidak menghabiskan banyak tempat, lemari tipe portabel yang mudah dipindahkan, lemari tipe gantung yang minimalis dan mampu menghemat tempat, serta lemari tipe horizontal yang cocok untuk ruangan luas.

Masing-masing tipe lemari tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa menyesuaikannya dengan kapasitas yang Anda butuhkan, ketersediaan tempat, serta desain yang sesuai dengan konsep kantor Anda. Periksa pula ketersediaan kompartemen pada masing-masing tipe lemari yang Anda inginkan, sehingga dapat lebih mudah menentukan pilihan.

Pastikan Sistem Keamanan Lemari

Apakah Anda memerlukan lemari arsip yang dapat menyimpan dokumen rahasia? Bagi Anda yang membutuhkannya, pastikan bahwa lemari yang hendak dibeli telah dilengkapi dengan sistem keamanan. Hal ini dapat mencegah akses dokumen oleh orang asing atau bahkan pencuri.

Ada beberapa jenis lemari arsip yang umumnya dilengkapi dengan sistem keamanan terbaik. Sebut saja cash safes yang merupakan lemari besi dengan sistem pengamanan ganda, berupa kunci kombinasi dan kunci manual. Kemudian, ada deposit safes yang kerap dipakai oleh bank dan memiliki dua kunci, yaitu untuk nasabah dan pihak bank. Jenis lemari lain yang juga dilengkapi dengan sistem keamanan mumpuni, antara lain home safes, digital media safes, dan luxury safes.

Rekomendasi Lemari Arsip Terbaik untuk Menyimpan Dokumen

Lemari Arsip Slidding Glass Door

Rekomendasi lemari arsip yang pertama adalah Lemari Arsip Slidding Glass Door. Seperti namanya, lemari ini hadir dengan sistem pintu geser yang membuatnya cocok digunakan pada ruangan yang terbatas. Pintunya terbuat dari kaca, sehingga Anda bisa melihat keberadaan arsip dalam kondisi pintu tertutup.

Ukurannya terbilang ideal, dengan dimensi 90 x 40 x 185 cm. Sementara itu, lemari ini hadir dengan 4 buah ambalan atau 5 kompartemen yang mampu menyimpan lebih banyak dokumen. Lemari geser ini tahan terhadap karat karena dicat dengan sistem powder coating.

Harga Rp. 1.838.000-2.926.000

Lemari Arsip Lion

Lemari arsip berikutnya yang cocok dipilih untuk menyimpan dokumen-dokumen kantor adalah Lemari Arsip Lion. Produk dari merek Lion ini hadir dengan ukuran 91,6 x 45,7 x 183 cm yang tidak menghabiskan banyak ruang. Tersedia 3 ambalan dengan 4 kompartemen yang mampu menampung banyak berkas. Ambalannya juga memiliki ketinggian yang dapat diatur.

Lemari arsip ini memiliki 2 pintu yang dapat dibuka dan membuat Anda lebih leluasa dalam mencari dokumen tertentu. Terbuat dari bahan plat besi setebal 0,7 mm membuat lemari ini kokoh dan tahan lama. Apalagi, lemari ini dilapisi dengan cat powder coating yang memastikannya tahan terhadap karat.

Harga Rp. 2.290.000-3.481.000

Lemari Arsip Uno

Ingin lemari arsip yang ringan dan mudah dipindahkan? Anda bisa melirik Lemari Arsip Uno untuk dijadikan pilihan. Lemari arsip ini memiliki dimensi 80 x 40 x 80 cm yang praktis dan cocok untuk ruang minimalis. Desainnya terbilang klasik, sehingga mampu menambah estetika ruangan.

Lemari arsip ini terbuat dari bahan particle board yang ringan, namun kuat. Hadir dengan 2 ruang saja, Anda bisa menjadikannya lemari arsip khusus berkas-berkas yang kerap dibutuhkan. Tersedia dalam beragam warna yang menarik, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera atau konsep ruangan.

Harga Rp. 617.000-936.000

Lemari Arsip Lunar

Lemari Arsip Lunar adalah pilihan lemari yang cocok bagi Anda pemilik ruangan terbatas. Produk ini didesain minimalis dengan ukuran 81 x 40 x 80 cm. Terbuat dari bahan particle board, membuat lemari arsip ini ringan dan praktis dipindahkan sesuai kenyamanan dan konsep ruangan.

Produk ini dilengkapi 3 laci dengan 2 pintu yang memudahkan Anda dalam menyimpan dan memilah berkas. Desainnya yang minimalis membuat lemari ini memberikan kesan rapi pada ruangan. Lemari Arsip Lunar tersedia dalam beberapa warna yang menarik dan dapat Anda sesuaikan dengan interior ruangan.

Harga Rp. 431.400-1.296.000

Lemari Arsip Besi Pintu Swing TOP

Rekomendasi lemari arsip berikutnya adalah Lemari Arsip Besi Pintu Swing TOP. Produk ini cocok dipilih bagi Anda yang menginginkan lemari arsip khusus untuk menyimpan dokumen penting. Sebab, lemari arsip ini dibekali dengan kunci yang memastikan keamanan dokumen.

Lemari Arsip Besi Pintu Swing TOP hadir dengan dimensi 90 x 40 x 185 cm. Tersedia 4 ambalan dengan 5 ruang yang dapat diatur. Lemari ini menggunakan plat besi setebal 0,6 mm dengan dilapisi powder coating yang tahan karat. Produk yang mampu menampung banyak dokumen ini dilengkapi dengan pintu tarik atau swing.

Harga Rp. 1.630.000-2.961.000

Lemari Arsip LRT-203

Lemari Arsip LRT-203 adalah rekomendasi berikutnya bagi Anda yang tengah mecari lemari arsip. Produk ini berukuran 80 x 40 x 200 cm yang dapat menampung banyak berkas. Terbuat dari bahan particle board membuat lemari arsip ini mudah dipindahkan untuk menyesuaikan estetika ruangan.

Produk ini merupakan lemari dengan siste knockdown yang mudah dirakit. Didesain minimalis, produk ini juga memiliki kesan sederhana dan kokoh. Setiap pembelian Lemari Arsip LRT-203, akan dibekali dengan manual book perakitan dan kunci untuk keamanan penyimpanan dokumen.

Harga Rp. 1.333.000-1.890.000

Lemari Arsip Besi Direction

Anda yang bekerja di kantor dengan lokasi padat perlu selektif dalam memilih lemari arsip. Lemari arsip berbahan besi adalah pilihan yang paling cocok karena kekuatan dan ketahanannya terhadap api. Salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah Lemari Arsip Besi Direction.

Lemari arsip ini terbuat dari bahan besi yang kokoh menahan beban banyak dokumen. Produk ini hadir dengan ukuran 103,5 x 90 x 62 cm yang terbilang ideal untuk penyimpanan banyak berkas. Lemari Arsip Besi Direction memiliki 3 laci dan cocok dipilih bagi Anda yang menginginkan lemari berkesan modern.

Harga Rp. 1.978.000-2.228.000

Lemari Arsip Kantor GSR 1080

Rekomendasi lemari arsip berikutnya adalah Lemari Arsip Kantor GSR 1080. Produk ini tersedia dalam ukuran 77,5 x 40 x 181 cm. Meski ringan dan praktis, lemari arsip ini mampu menampung banyak berkas. Lemari Arsip Kantor GSR 1080 dilaminasi dengan paper, sehingga memberikan tampilan yang lebih menarik. Produk ini juga tersedia dalam warna mahoni yang mampu menambah estetika ruangan.

Harga Rp. 1.638.000-2.071.000

Lemari Arsip Modera Walnut Classic

Dalam memilih lemari arsip, Anda tentu perlu menyesuaikannya dengan konsep dan ukuran ruangan. Bagi Anda yang menginginkan lemari dengan desain modern dan minimalis, Lemari Arsip Modera Walnut Classic adalah pilihan yang tepat. Produk ini hadir dengan dimensi 80 x 41 x 200 cm yang terbilang cukup tinggi.

Lemari ini memiliki 3 ambalan dengan 4 ruang yang luas dan mampu menyimpan banyak berkas. Produk ini terbuat dari bahan particle board yang kuat dan mudah dipindahkan mengikuti konsep ruangan. Tersedia dalam warna wallnut classic membuat lemari ini mampu menyatu dengan baik pada ruangan.

Harga Rp. 2.210.000-2.363.000

Lemari Arsip Pintu Ayun Kaca

Rekomendasi lemari arsip yang terakhir adalah Lemari Arsip Pintu Ayun Kaca. Produk ini tersedia dalam ukuran 90 x 40 x 185 cm. Sesuai dengan namanya, lemari ini memiliki pintu ayun kaca yang hadir dalam kombinasi warna abu-abu kebiruan.

Bagian list pintunya berwarna abu muda dengan detail motif kulit jeruk. Kaca pintunya memiliki ketebalan 3 mm yang dilengkapi dengan 4 buah ambalan. Lemari arsip ini juga menggunakan plat besi dengan ketebalan 0,7 mm yang dilapisi dengan cat tahan karat.

Harga Rp. 1.858.000-3.303.700
From our editorial team

Sesuaikan Lemari Arsip dengan Konsep Ruangan

Kenyamanan dalam kantor tak hanya tercipta dari kerapian, namun juga penataan ruangan yang tepat. Dalam memilih barang-barang untuk mengisi ruangan pun perlu disesuaikan dengan konsep yang dipakai. Begitu juga dalam memilih lemari arsip yang cukup memakan tempat. Selain menyesuaikan ukuran, Anda juga perlu menyesuaikannya dengan konsep ruangan. Pilih lemari arsip dengan bahan, desain, dan warna yang dinamis dengan konsep ruangan kerja Anda agar mampu menunjang estetika ruangan.