3 Rekomendasi Proyektor HP Terbaik untuk Kebutuhan Kantor dan Pribadi (2020)

3 Rekomendasi Proyektor HP Terbaik untuk Kebutuhan Kantor dan Pribadi (2020)

Proyektor adalah alat yang memudahkan kita saat presentasi di kantor, sekolah, atau kampus. Selain untuk kebutuhan formal, proyektor juga bisa digunakan untuk kebutuhan hiburan seperti menonton film. Melalui artikel ini, BP-Guide akan memberikan rekomendasi proyektor dari Hewlett Packard atau HP terbaik hanya untuk Anda.

Proyektor Sangat Berguna untuk Aktivitas Kerja dan Belajar

Berkat kecanggihan teknologi saat ini, kita semakin mudah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak terkecuali dalam urusan pekerjaan. Salah satu alat yang menjadi kebutuhan kantor adalah proyektor.

Proyektor menjadi benda yang tidak asing kita jumpai. Selain di kantor, proyektor juga banyak digunakan di sekolah dan universitas untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara kerja proyektor?

Proyektor merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk memproyeksikan, gambar, video, dan teks ke layar atau dinding agar terlihat lebih besar. Penggunaan proyektor tidak selalu membutuhkan layar khusus, Jika tidak ada layar, dinding pun jadi.

Alat ini bekerja menggunakan prinsip pembiasan cahaya yang diperoleh dari LCD (Liquid Crystal Display). Cahaya tersebut kemudian dipadukan dalam sebuah prisma dan melewati lensa hingga dipancarkan pada media pantul lainnya.

Fungsi Proyektor yang Perlu Diketahui

Sarana Presentasi

Inilah fungsi utama proyektor. Presentasi yang dilakukan di lembaga pendidikan dan perkantoran menjadi semakin nyaman dan menyenangkan karena besarnya tampilan gambar atau data melalui alat ini. Para audiens pun menjadi lebih mudah untuk memahami apa yang disampaikan oleh sang pembawa presentasi.

Itulah mengapa proyektor banyak digunakan saat rapat, seminar, atau kuliah di mana banyak orang terlibat di dalamnya. Hasil pantulan yang besar membuat jangkauan menjadi semakin luas.

Hiburan

Selain untuk kepentingan yang sifatnya formal, proyektor juga bisa digunakan untuk keperluan hiburan. Misalnya sekadar menonton film bersama teman atau keluarga. Dengan menggunakan proyektor dan didukung sound system yang mumpuni, maka menonton di rumah serasa seperti menonton di bioskop.

Cukup dengan memutar fiilm pada laptop berukuran kecil, proyektor akan memantulkannya menjadi lebih besar sehingga dapat dinikmati oleh lebih banyak orang.

Media Informasi

Proyektor juga dapat digunakan di tempat-tempat umum sebagai sarana media informasi. Misalnya seperti di tempat hiburan, proyektor bisa digunakan untuk menyampaikan gambar, video, atau teks yang bisa dibaca oleh khalayak umum. Apalagi jika grafik yang ditampilkan menarik, maka informasi yang disampaikan dengan bantuan proyektor dapat dengan mudah menyita perhatian banyak orang.

Jenis-jenis Proyektor yang Tersedia di Pasaran

Proyektor LCD

Proyektor jenis LCD atau Liquid Crystal Display adalah pengembangan dari proyektor generasi sebelumnya yang menggunakan teknologi OHP (Overhead Projector). Namun proyektor LCD jauh lebih canggih karena tidak hanya menampilan tulisan melalui kertas bening saja. Proyektor LCD dapat menampilkan gambar, video, dan teks yang sama persis dengan aslinya dan terdiri dari beragam warna.

Proyektor CRT

Sumber gambar ebay.com

CRT adalah singkatan dari Catoda Ray Tube. Proyektor jenis ini memanfaatkan teknologi kuno berupa tabung gambar yang digunakan pada TV konvensional. Dilengkapi juga dengan lensa pembesar yang digunakan untuk mengirimkan gambar ke layar. Sementara CRT berfungsi memproyeksikan warna utama yaitu merah, biru, dan hijau.

Di dalam alat ini terdapat 3 buah tabung dengan warna berbeda sehingga membuat proyektor terasa lebih berat dan berukuran lebih besar dibanding proyektor yang lainnya.

Proyektor LCOS

Sumber gambar www.projectorreviews.com

Proyektor LCOS menggabungkan keunggulan dari 2 jenis proyektor lainnya yaitu DLP dan LCD. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh proyektor jenis ini adalah bobotnya yang relatif lebih ringan dibandingkan proyektor LCD. Selain itu, resolusi gambar yang dihasilkan juga lebih baik, sehingga hasil akhir yang terlihat di layar lebih mulus dan flawless. Resolusi gambar yang bisa ditampilkan proyektor ini adalah 2048x1536 pixel.

Proyektor Digital

Sumber gambar blibli.com

Proyektor digital bekerja dengan mengkonversi data berbentuk gambar yang bersumber dari komputer atau laptop ke layar dengan sistem lensa. Bisa dikatakan proyektor ini merupakan dasar pembentukan home theater yang banyak digunakan di rumah-rumah modern. Proyektor digital menggunakan 3 jenis teknologi sekaligus dalam satu alat yaitu LCD berintensitas tinggi, proyektor LCD dengan gerbang cahaya, dan CRT.

Proyektor DLP (Digital Light Processing)

Sumber gambar bukalapak.com

Terakhir ada proyektor DLP atau Digital Light Processing. Alat ini mampu menciptakan gambar melalui kaca kecil mikroskopis yang disusun dalam sebuah matrix di atas chip semikonduktor yang disebut dengan DMD atau Digital Micromirror Device.

Proyektor ini memberikan pilihan resolusi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna antara lain 800x600, 1024x768, 1280x720, dan masih banyak lagi. Dari segi bentuk dan desain, proyektor ini lebih ringkas dan lebih modern dibandingkan proyektor jenis yang lainnya.

Rekomendasi Proyektor Merek Hewlett Packard Terbaik untuk Anda

HP MP100 Mobile Projector

Rekomendasi produk proyektor pertama dari merek Hewlett Packard adalah HP MP 100 Mobile Projector. Proyektor yang ultra ringan ini memiliki mobilitas tinggi alias mudah dibawa kemana saja. Bentuknya yang ringkas dilengkapi dengan konetivitas yang nyaman, sempurna untuk segala kebutuhan.

Baik itu digunakan untuk presentasi bisnis yang mengesankan atau hanya sekadar menonton film favorit bersama dengan orang tercinta. Produk dengan 100 lumens kecerahan ini dapat menciptakan gambar hingga 100" pada kondisi minim cahaya. Selain itu, dynamic contrast ratio 1200:1 membantu meningkatkan area-area yang gelap dari gambar yang ditampilkan.

Sumber cahaya LED pada proyektor ini memiliki masa hidup hingga 20 ribu jam, sementara baterai rechargeable-nya dapat bertahan hingga 80 menit pemakaian dalam kondisi penuh. Fitur konektivitas yang ditawarkan antara lain adalah port HDMI dan built-in WiFi yang bisa dihubungkan secara nirkabel langsung dari perangkat Anda.

Pembelian produk ini dilengkapi dengan case penyimpanan, tripod, dan kabel HDMI untuk penggunaan langsung.

Harga Rp. 1.400.000-4.500.000

HP MP120 Mobile Projector

HP MP120 Mobile Projector adalah proyektor dari Hewlett Packard jenis DLP. Proyektor dengan 120 lumens kecerahan ini dapat memproduksi gambar hingga 120" dalam kondisi minim cahaya. Dynamic contrast ratio 1500:1 membantu mencerahkan area gelap pada gambar yang ditampilkan.

Sumber cahaya LED pada proyektor memiliki masa hidup hingga 20 ribu jam, sementara baterai rechargeable pada produk ini dapat bertahan hingga 100 menit dalam kondisi penuh. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah 1W built-in speaker sehingga tidak perlu lagi menggunakan speaker eksternal tambahan.

Proyektor ini sangat mudah dibawa kemana saja dan setup-nya juga tidak memerlukan waktu yang lama. Dari segi konektivitas, proyektor sudah dilengkapi dengan input HDMI dan WiFi untuk streaming dengan perangkat yang kompatibel. Screem mirroring dapat dilakukan dengan smartphone yang memiliki sistem operasi minimal iOS 8 dan Android 4.4.

Harga Rp. 6.000.000

HP IP400 Intelligent Projector

HP IP400 Intelligent Projector dikembangkan dengan teknologi baru yang paling mutakhir. Proyektor pintar ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan kustomisasi dan konfigurasi perangkat agar sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda yang unik.

Setiap modul dapat dibongkar pasang dengan mudah, digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri, sehingga Anda tinggal membawa apa yang Anda butuhkan saja. Kapabilitas penuh terhadap Windows menjadikan proyektor ini senjata yang ampuh dalam bekerja maupun hiburan.

Hadir dengan desain intuitif yang memungkinkan perakitan cepat hanya dengan membongkar pasang komponen dengan koneksi magnetic pogo pin. Nikmati pengalaman DIY yang sebenarnya dengan menggunakan alat canggih ini.

Harga Rp. 16.500.000

Sejarah dan Fakta Hewlett Packard, Salah Satu Merek Peralatan Elektronik Terbesar Dunia

Namanya Diambil Dari Dua Nama Pendirinya

Sumber gambar www.yourtechstory.com

HP adalah singkatan dari Hewlett-Packard. Nama ini diambil dari dua orang pendirinya yaitu William "Bill" Hewlett dan David "Dave" Packard. Keduanya merupakan lulusan jurusan Teknik Elektro Stanford University tahun 1935.

Empat tahun setelahnya, atau tepatnya pada 1 Januari 1939, Bill dan Dave memutuskan untuk mendirikan perusahaan mereka sendiri. Perusahaan ini berdiri berkat dukungan dari profesor mereka semasa kuliah, Frederick Terman.

Berdirinya HP merupakan salah satu sejarah awal dari Silicon Valley. Meskipun berdiri di Palo Alto lebih dari 80 tahun lalu, HP dimulai dari sebuah garasi mobil tua di mana kedua pendirinya mulai merakit komponen elektronik sendiri pada tahun 1938. Walt Disney menjadi konsumen pertama perusahaan ini ketika ia membeli 8 buah audio oscillator untuk membuat film animasi berjudul Fantasia.

Selama masa Perang Dunia II, HP mampu mengembangkan produk terapan militer yang sangat penting hingga membuat pemerintah menangguhkan wajib militer bagi Dave Packard. Sementara itu, Bill Hewlett tetap menjalani tugas militer pada divisi Army Signal Corp.

Urutan Nama Ditentukan dengan Lemparan Koin

Sumber gambar 1000logos.net

Pernahkah Anda berpikir mengapa nama perusahaan ini adalah Hewlett-Packard dan bukan sebaliknya? Ternyata penentuan urutan nama ini dilakukan dengan cara yang unik oleh kedua pendiri perusahaan besar tersebut. Untuk memutuskan nama siapa yang berada di depan, Bill Hewlett dan Dave Packard setuju untuk melempar koin.

Dave Packard menjadi pelempar koin penentu tersebut. Sebenarnya, hasil dari lempar koin tersebut menunjukkan bahwa nama Packard-lah yang seharunya berada di depan. Namun entah kenapa pada akhirnya justru nama Hewlett diletakkan di depan dan menjadi nama perusahaan Hewlett-Packard seperti yang kita kenal saat ini.

Pernah Menolak Gagasan Pendiri Apple

Sumber gambar www.celebfamily.org

Hewlett Packard segera saja menjadi perusahaan yang berkembang pesat dalam bidang penjualan barang-barang elektronik, terutama komputer. Produk pertama komputer mereka adalah minicomputer HP 300 yang diluncurkan tahun 1972.

Pada tahun 1976, seorang karyawan magang di perusahaan ini yang bernama Stephen G. Wozniak membuat sebuah prototipe untuk personal computer pertama di dunia. Penemuan tersebut kemudian ia tawarkan pada perusahaan. Sayangnya Hewlett Packard menolak ide brilian ini dan memberikan semua hak penuh atas komputer ciptaannya pada Wozniak.

Wozniak kemudian mengundurkan diri dari perusahaan dan bergabung dengan Steven Jobs untuk mendirikan perusahaan baru, Apple Computer, Inc. atau yang sekarang bernama Apple Inc. saja.

Kantor Pertamanya Jadi Situs Bersejarah

Sumber gambar slate.com

Seperti yang sudah dituliskan di atas, HP didirikan di sebuah garasi yang terletak di kawasan Palo Alto, California. Kini kawasan tersebut telah berkembang menjadi kompleks teknologi terbesar di dunia.

Garasi mobil tempat berdirinya HP yang disebut dengan HP Garage kini telah diubah menjadi sebuah museum. Lokasi persis garasi tersebut ada di 367 Addison Avenue yang saat ini dijadikan sebagai salah satu situs bersejarah di California. Bahkan di depan museum tersebut diberi plakat yang bertuliskan "Birthplace of Silicon Valley".

Terbagi Menjadi Dua Perusahaan pada Tahun 2015

Sumber gambar seekingalpha.com

Sejak tahun 2015 lalu, Hewlett Packard terpisah menjadi dua perusahaan berbeda, yaitu HP Inc. dan Hewlett Packard Enterprise. Pemisahan menjadi dua perusahaan ini sekaligus menandakan berakhirnya Hewlett Packard sebagai satu entitas selama lebih dari 70 tahun.

HP Inc. akan fokus pada penjualan produk-produk PC dan printer, sementara HP Enterprise lebih fokus pada solusi infrastruktur. Key product dari HPE sendiri antara lain adalah server, storage dengan kelas Cloud, enterprise, dan masih banyak lagi.

From our editorial team

Yuk, Nikmati Pengalaman Baru dengan Kecanggihan Proyektor

Bagaimana dengan rekomendasi proyektor HP dari BP-Guide di atas? Sangat canggih dan praktis bukan? Proyektor hadir dengan harga yang beragam dan spesifikasi berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum membeli proyektor, pastikan Anda tahu seperti apa yang Anda butuhkan. Tidak perlu proyektor mahal, yang sederhana saja sudah cukup asalkan sesuai dengan kebutuhan.