Nikmati Gambar yang Lebih Jernih dan Detail dengan Bantuan 10 Rekomendasi Proyektor Terbaik Ini (2020)

Nikmati Gambar yang Lebih Jernih dan Detail dengan Bantuan 10 Rekomendasi Proyektor Terbaik Ini (2020)

Proyektor bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Karena itu, pilihlah proyektor terbaik dengan fitur yang lengkap untuk menunjang berbagai aktivitas Anda. Berikut ini, BP-Guide akan memberikan tips dan rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

Proyektor Adalah Perangkat untuk Memproyeksikan Gambar atau Video pada Layar

Penggunaan proyektor semakin meningkat dalam beberapa dekade ini. Hal ini tentunya karena proyektor dapat mendukung banyak hal di era modern ini, seperti mendukung aktivitas presentasi atau proses belajar dan mengajar.

Bahkan, proyektor sekarang sudah digunakan untuk kebutuhan hiburan, seperti bermain game atau menonton film. Proyektor dapat menampilkan teks, gambar, atau video dari PC atau laptop ke layar atau dinding dengan ukuran yang lebih besar. Maka, tanpa PC atau laptop, proyektor tetap saja tidak bisa digunakan.

Tiga Hal yang Bisa Kita Lakukan dengan Proyektor Saat Ini

Menjadi Media Presentasi

Berkat adanya proyektor, presentasi dapat dilakukan dengan mudah dan lebih jelas. Sebelumnya, presentasi hanya mengandalkan suara presenter, sehingga terkadang materi yang disampaikan kurang tersampaikan dengan baik. Terlebih jika para pengamat presentasi tidak mencatat materinya, maka mereka juga akan susah untuk menanyakannya.

Setelah ada proyektor sebagai media presentasi, materi yang terlewat bisa dilihat lagi oleh pengamat. Selain itu, apa yang dijelaskan oleh presenter juga ditampilkan di layar proyektor. Hal ini memudahkan pengamat untuk mengerti dengan jelas materi dari presenter.

Sebagai Sarana untuk Hiburan

Awalnya proyektor dirancang untuk mendukung proses kerja atau belajar mengajar. Tetapi saat ini penggunaan proyektor telah berkembang dengan pesat. Proyektor telah dimanfaatkan sebagai sarana hiburan. Proyektor yang menawarkan layar yang lebih besar dibandingkan layar PC atau laptop dimanfaatkan banyak orang untuk menonton film atau bermain game.

Untuk bermain game, proyektor dapat memberikan sensasi bermain dengan layar yang super besar. Gamer dapat melihat dengan jelas dunia virtual yang sedang dimainkan. Sedangkan untuk menonton film, penonton akan mendapatkan sensasi menonton di bioskop.

Membantu Acara-acara Tertentu

Pemanfaatan proyektor semakin berkembang saja di era modern ini di mana proyektor digunakan melebihi fungsi awalnya. Berbagai acara seperti seminar, pelatihan, rapat, bahkan pernikahan telah menggunakan proyektor.

Sebagai contohnya, pemanfaatan proyektor pada acara pernikahan adalah untuk menampilkan foto-foto prewedding kepada tamu undangan. Selain itu, proyektor juga dimanfaatkan sebagai media promosi, karena dapat menampilkan produk-produk yang dijual kepada pelanggan.

Fitur Utama yang Harus Kita Perhatikan jika Ingin Memiliki Proyektor

Lumens

Lumens dalam proyektor adalah ukuran kecerahan yang proyektor. Semakin tinggi lumens, maka semakin cerah dan terang pula citra yang direfleksikan, begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan lumens sebelum membeli proyektor. Namun, ukuran lumens pada proyektor juga harus disesuaikan dengan penggunaannya. Singkatnya, pilihlah ukuran lumens sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda menggunakan proyektor untuk home theatre, maka lumens yang dibutuhkan adalah 1000 sampai 1200 lumens. Jika proyektor digunakan di ruang kantor yang memiliki cahaya sedikit, maka minimal menggunakan proyektor dengan 1500 sampai 2000 lumens. Namun, jika ruangan yang Anda gunakan penuh dengan cahaya, maka diperlukan proyektor yang menggunakan 2000 sampai 3000 lumens.

Fungsi Koreksi Keystone

Agar Anda dapat memaksimalkan kualitas dan posisi gambar proyektor, maka Anda harus memilih proyektor yang dilengkapi dengan fitur koreksi keystone. Fitur koreksi keystone adalah fungsi pengganti lensa. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menggeser gambar ke arah yang Anda inginkan.

Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat mengoreksi tampilan yang rumit, seperti melengkung, tidak simetris, miring, dan masalah lainnya. Fitur ini sangat berguna saat posisi proyektor Anda tidak datar, tetapi Anda tetap menginginkan hasil yang datar.

Resolusi

Kualitas gambar ditentukan oleh tingkat resolusinya. Ukuran dari resolusi sangat menentukan dari kepadatan gambar yang dihasilkan oleh proyektor. Biasanya proyektor dilengkapi dengan dua resolusi, yaitu resolusi alami dan resolusi maksimum.

Resolusi alami adalah kemampuan proyektor menampilkan gambar tanpa diatur sebelumnya. Sedangkan resolusi maksimum adalah batas akhir kemampuan proyektor menampilkan gambar, biasanya telah diatur sebelumnya. Beberapa variasi resolusi yang biasanya digunakan oleh proyektor mulai dari 800 x 600 hingga 1920 x 1080.

Jarak Lempar

Fitur jarak lempar adalah salah satu fitur terpenting dari proyektor. Jarak lempar adalah fitur yang mengatur jarak yang mampu ditempuh citra yang dihasilkan proyektor. Semakin jauh jarak lemparnya, maka akan semakin besar pula gambar yang dihasilkan. Namun, semakin besar gambar yang dihasilkan terkadang memiliki kualitas gambar yang semakin menurun.

Fitur jarak lempar dari proyektor perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menggunakan proyektor di ruangan yang kecil, Anda tidak perlu membutuhkan jarak lempar yang jauh. Namun jika Anda ingin menggunakan proyektor di ruangan yang luas, maka pilihlah proyektor yang memiliki fitur jarak lempar yang besar.

Rasio Aspek

Rasio aspek adalah fitur yang menentukan lebar dan tinggi gambar yang dihasilkan. Biasanya rasio aspek menggunakan 2 tipe rasio gambar, yaitu standart video format dan widescreen format. Standart video format memiliki rasio 4:3 artinya 4 panjang dan 3 lebar. Sedangkan tipe kedua adalah widescreen format yang memiliki rasio 16:9 artinya 16 panjang dan 9 lebar.

Anda perlu memilih rasio aspek sesuai kebutuhan. Jika proyektor yang Anda gunakan hanya untuk presentasi, rasio aspek 4:3 sudah ideal. Namun jika Anda ingin menggunakan proyektor untuk menonton film, maka gunakanlah rasio 16:9. Karena rasio aspek 16:9 mengadopsi format dan ukuran TV, sehingga Anda lebih nyaman saat menonton film.

Rekomendasi Proyektor Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan Sesuai dengan Kebutuhan

InFocus IN 128 HDX Proyektor

InFocus IN 128 HDX Proyektor adalah proyektor yang memiliki resolusi full HD 1920 x 1080, sehingga gambar yang dihasilkan jelas dan detail. Kecerahan dari proyektor InFocus ini sangat luar biasa, karena memiliki 4000 lumens dan rasio kontras 15.000:1. Selain menghasilkan gambar yang berkualitas, proyektor ini memiliki daya tahan yang tangguh, karena mampu bertahan selama lebih dari 5000 jam. Selain itu, dilengkapi pula dengan garansi resmi yang membuat Anda semakin yakin dengan ketahanannya. Untuk konektivitasnya menggunakan HDMI dan USB, sehingga Anda mudah untuk menghubungkan dengan laptop ataupun PC.

Harga Rp. 14.600.000-15.590.000

Acer BS-020 Projector [3800 lumens/ SVGA/ DLP]

Acer BS-020 Projector 3800 lumens/ SVGA/ DLP adalah proyektor yang mampu menghasilkan gambar yang berkualitas dan memiliki performa yang tinggi. Dibekali dengan resolusi native SVGA 800x600 yang dapat ditingkatkan hingga 1920x1200, sehingga gambar yang dihasilkan sangat detail dan jelas. Ditambahkan dengan kecerahan hingga 3.800 lumens dan rasio kontras dynamic black pada 20.000:1, yang menjamin gambarnya tetap cerah meskipun di dalam ruangan yang terang. Untuk konektivitasnya menggunakan HDMI, D-Sub dan Video-in.

Harga Rp. 4.200.000-4.499.000

Epson EB-1795F Proyektor

Epson EB-1795F Proyektor adalah proyektor yang dibekali dengan resolusi WXGA yang memiliki gambar dengan kualitas yang superior. Proyektor yang memiliki berat 1,83 kg dan ketebalan 44mm ini memiliki output cahaya putih dan cahaya warna pada 3.200 lumens, sehingga gambar yang dihasilkan sangat cerah dan jelas. Proyektor dari Epson yang memenangkan penghargaan Red Dot Design Award 2018 ini dibekali dengan berbagai fitur menarik, seperti real-time out, keystone correction, proyeksi layar terpisah, dan tampilan 2-in-1 USB. Untuk konektivitasnya, proyektor ini didukung dengan teknologi nirkabel, sehingga dapat dihubungkan melalui Wi-Fi, Miracast, aplikasi iProjection, atau teknologi NFS. EB-1795F.

Harga Rp. 16.300.000-18.304.600

Maxell Projector MC-EX303E

Maxell Projector MC-EX303E adalah proyektor yang dirancang untuk ruangan yang luas, seperti aula, auditorium, atau ruang konferensi. Proyektor Maxell yang dibekali dengan tingkat kecerahan 3300 Ansi lumens dengan resolusi XGA 1024x768 ini mampu menghasilkan gambar yang berkualitas meskipun dalam ruangan yang besar dan luas. Dibekali pula dengan panel 3LCD 16mm ini memiliki kontras rasio 20.000:1. Proyektor ini memiliki lensa built-in. Jarak lemparannya juga sangat jauh, yaitu 0,8 sampai 9,0 m untuk wide dan 1,0 sampai 10,8 m untuk tele. Untuk konektivitasnya menggunakan HDMI dan RCA jack.

Harga Rp. 5.499.000-5.600.000

Sony VPL-DW240 Projector

Sony VPL-DW240 Projector adalah proyektor yang menawarkan kualitas gambar yang cerah dan detail. Didesain dalam bentuk yang ringkas dan ringan, sehingga lebih efisien dan mudah diatur atau dipindahkan. Proyektor yang dibekali dengan 3000 lumens pixels dan resolusi 1280 x 800 ini menawarkan gambar yang superior. Rasio kontrasnya pada 4000:1, sehingga tetap cerah meskipun dalam ruangan yang penuh cahaya. Proyektor yang hemat energi ini juga sangat tahan lama, karena lampunya mampu bekerja hingga 10.000 jam.

Harga Rp. 9.000.000-12.523.000

Projector Hitachi MC-EX353

Projector Hitachi MC-EX353 adalah proyektor yang didesain ringkas dan elegan dengan dimensi 349x88x264 mm dan berat 3,4 kg. Proyektor yang dilengkapi dengan panel TFT LCD berukuran 3x0,63 p ini memiliki resolusi hingga XGA 1024x768. Untuk kecerahannya, proyektor dari Hitachi ini memiliki kecerahan hingga 3700 ansi lumens dan kecerahan warna hingga 3300 lumens. Sedangkan untuk rasio kontrasnya adalah 20.000:1, sehingga tetap mampu menghasilkan gambar yang jelas walaupun dihidupkan dalam tempat yang penuh cahaya. Untuk konektivitasnya, proyektor ini menggunaan HDMI dan mini jack, sehingga mudah dihubungkan dengan berbagai perangkat.

Harga Rp. 6.450.000-6.599.000

Cheerlux CL760 Ultimate 3600 Lumens TV Tuner

Cheerlux CL760 Ultimate 3600 Lumens TV Tuner adalah proyektor yang memiliki resolusi full HD 720P yang bisa ditingkatkan hingga resolusi 1080p dengan resolusi natifnya hingga 1920x1080. Proyektor yang dibekali dengan LCD panel dan LED lamp ini memiliki rasio kontras hingga 2000:1 dengan jarak lemparan 1.4:1, sehingga menghasilkan gambar yang cerah berkualitas. TV tuner-nya menawarkan tontonan siaran televisi dengan gambar yang detail dan jelas. Untuk konektivitasnya menggunakan 3.5mm audio, AV, HDMI, USB dan VGA. Proyektor dari Cheerlux ini memiliki jarak proyeksi hingga 1 sampai 10 m dengan ukuran gambar 30 sampai 260 inci.

Harga Rp. 1.865.000-2.500.000

Viewsonic PJD5154 3500 ANSI SVGA DLP

Viewsonic PJD5154 3500 ANSI SVGA DLP adalah proyektor yang memiliki resolusi SVGA 800H x 600V, sehingga gambar yang dihasilkan sangat detail. Didukung dengan tingkat kecerahan hingga 3500 ansi lumens dengan kontras pada 22.000:1, sehingga mampu menghasilkan gambar yang cerah meskipun di dalam ruangan yang terang. Proyektor ini memiliki jarak lempar 1,96 sampai 2,15 meter.

Harga Rp. 4.171.500-6.500.000

BenQ Proyektor 4K TK800M UHD HDR 3000 Lumens DLP Home Cinema Theater

BenQ Proyektor 4K TK800M UHD HDR 3000 Lumens DLP Home Cinema Theater adalah proyektor yang hadir dengan resolusi 4K dan mendukung HDR konten, sehingga cocok untuk dijadikan sarana pendukung kerja, belajar mengajar, hingga sarana hiburan. Dibekali dengan teknologi XPR technology menawarkan gambar yang berkualitas. Tampilannya yang telah didukung dengan teknologi jyper-realistic Video Quality memiliki kontras 3000 lumens yang dapat memberikan gambar yang tetap jelas di tempat yang terang.

Harga Rp. 25.400.000-28.500.000

LG PW1500 Minibeam Proyektor

LG PW1500 Minibeam Proyektor adalah proyektor yang memiliki resolusi WXGA 1280 x 800 dengan rasio 16:9. Proyektor yang dibekali dengan display DLP ini memiliki kecerahan yang dapat ditingkatkan hingga 1500 lumens dengan kontras rasio 100.000:1, sehingga gambar tetap jelas meskipun di tempat yang terang. Dilengkapi pula dengan fitur 3D optimizer dan auto keystone. Untuk lampunya, proyektor ini menggunakan lampu LED RGB yang dapat bertahan hingga lebih dari 30.000 jam.

Harga Rp. 12.050.000-24.969.000
From our editorial team

Ikuti Petunjuk Penggunaan

Tips ini tentu harus diterapkan saat baru memiliki produk elektronik apa pun. Selain itu, setiap produk memiliki fitur-fitur yang unik dan pengaturan tersendiri sehingga kita harus bisa mengenalinya dengan baik. Memahami petunjuk penggunaan akan membuat Anda tahu cara terbaik untuk menggunakan proyektor.