10 Rekomendasi Elektronik Dapur Canggih Agar Waktu Memasak Kamu Lebih Menyenangkan

10 Rekomendasi Elektronik Dapur Canggih Agar Waktu Memasak Kamu Lebih Menyenangkan

Memasak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun akan lebih mudah lagi kalau kamu punya peralatan yang lengkap. Yuk, simak rekomendasi alat elektronik dapur dari BP-Guide untuk membuat kegiatan memasakmu lebih asyik.

Menciptakan Dapur yang Cantik Akan Membuat Sesi Memasak Menjadi Lebih Menyenangkan

Sumber gambar www.oldhouseonline.com

Siapa sih yang tidak suka dan nyaman melihat dapur yang tertata rapi dan indah? Kini banyak orang yang membagikan desain dapur cantik mereka agar kegiatan memasak menjadi lebih menyenangkan. Ini merupakan sebuah perkembangan yang positif, karena dulu dapur menjadi bagian rumah yang sering diabaikan, terutama dalam segi penataan.

Namun, kini fungsi dapur bukan lagi sekadar tempat untuk memasak. Tetapi sekaligus menjadi ruang makan, tempat berkumpul bersama keluarga, hingga menjamu teman yang datang berkunjung. Kalau kamu punya dapur yang cantik, kamu akan lebih bersemangat dalam memasak. Bahkan jika kamu belum terlalu ahli memasak, pasti akan senang sekali belajar memasak di tengah dapur yang nyaman.

Ingat ya, dapur adalah bagian yang sangat penting dari sebuah rumah. Dari sanalah santapan lezat untuk seluruh keluarga dibuat dengan cinta dan kasih sayang.

Yuk, Buat Dapur Kamu Jadi Lebih Cantik dan Keren

Hias Dapur dengan Dekorasi Menarik

Sumber gambar pinterest.com

Sudah tidak zamannya lagi memiliki dapur yang seadanya, hanya berisikan kompor dan perkakas masak. Dapur harus dihias dan didesain seestetik mungkin agar sedap dipandang juga. Tren yang sedang digandrungi saat ini adalah minimalis, yang tidak hanya cantik tetapi juga efisien.

Berbagai hiasan yang dipajang di dapur tentu harus berhubungan dengan kegiatan masak memasak. Misalnya kutipan yang dibingkai dalam pigura atau ukiran kayu yang ditempelkan di dinding dapur. Kamu juga bisa menggunakan barang-barang bertema vintage untuk menjadi dekorasi dapur. Peralatan makan seperti mangkuk yang berbentuk cantik juga bisa menjadi dekorasi sehingga dapur tampak lebih lebih menarik.

Gunakan Warna Cerah

Pemilihan warna cerah sangat penting untuk memberikan kesan dapur yang lebih luas. Tetapi tidak semua orang suka dengan warna-warna dasar seperti putih dan abu-abu. Malah tidak sedikit yang menganggap warna tersebut kelihatan monoton dan membosankan.

Tenang saja, kamu masih tetap bisa menggunakan warna lain yang kamu sukai, kok. Misalnya memadukan keramik dapur warna putih dengan lemari dapur berwarna kuning. Asalkan tidak berlebihan, dapurmu akan kelihatan sangat lucu dengan perpaduan warna ini.

Ada juga pilihan warna merah terang yang dipadukan dengan aksen hitam atau warna ungu muda yang berpadu dengan warna putih. Buat kamu yang feminin, warna pink bisa kamu masukan ke dalam dapurmu agar terlihat lebih feminin.

Cukup Cahaya dan Sirkulasi Udara yang Baik

Sumber gambar www.simonton.com

Kamu pasti tidak ingin dapurmu terlihat berantakan dan penuh sesak dengan barang-barang, bukan? Oleh karena itu, diperlukan penataan yang baik agar dapur terlihat lebih luas dan lega. Pastikan juga dapur mendapat pencahayaan yang bagus, baik itu pencahayaan dari lampu atau pencahayaan secara natural.

Berikan jendela besar di dapur agar akses udara dan cahaya lebih mudah masuk ke dalam ruangan. Kalau bisa, buatlah jendela di sisi timur ruangan agar cahaya pagi masuk ke dalam rumah. Namun jika sudah terlanjur menghadap barat, tetap bisa diakali dengan membuat kisi-kisi di sisi barat.

Jika kamu tidak bisa membuat jendela di dapurmu, maka kamu bisa membuat lubang cahaya dari atap agar sinar matahari dapat masuk ke dalam. Model dapur seperti ini juga hemat energi, sehingga kamu tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Pilih Peralatan Elektronik Dapur yang Sesuai

Sumber gambar hgtv.com

Setelah bermain dengan desain, kini saatnya kamu mulai memikirkan isi dapurmu. Ini jauh lebih penting karena peralatan dapur yang lengkap dan modern akan memudahkan kegiatan memasak. Pemanfaatan barang-barang elektronik di dapur sangat disukai ibu-ibu karena proses memasak menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

Nah, barang elektronik apa saja ya yang wajib kamu miliki di dapur?

10 Peralatan Elektronik untuk Dapur yang Lebih Efisien dan Fungsional

Philips Digital Rice Cooker Magic Com 1.8L

Sumber gambar shopee.co.id

Agar memasak nasi semakin praktis dan tidak mudah basi, rice cooker jelas harus ada di dapurmu. Selain untuk nasi, rice cooker juga punya banyak fungsi tambahan lain seperti membuat bubur, menghangatkan sayur, dan lain sebagainya.

Philips Digital Rice Cooker Magic Com 1.8L adalah rice cooker dengan bahan bodi yang anti karat sehingga awet saat digunakan. Dapat dipakai untuk memasak 6 jenis makanan berbeda serta mampu menjaga nasi tetap segar selama 48 jam.

Kelebihan lain adalah fitur pemanas ulang yang membuat nasi menjadi hangat seketika. Selain itu kontrol Fuzzy Logic pada rice cooker membuat makanan tetap segar dan kaya akan gizi. Produk ini bisa dibeli di Shopee seharga Rp 1.259.000 atau di Tokopedia seharga Rp 1.350.000.

Alat Panggang Listrik - Panggangan Elektrik - Electric Barbeque Grill

Sumber gambar www.tokopedia.com

Buat kamu yang suka mengundang teman dan keluarga untuk makan di rumah, wajib punya alat pemanggang sendiri. Aneka makanan yang dipanggang dengan bumbu khusus akan menghasilkan hidangan lezat yang menggugah selera.

Alat Panggang Listrik - Panggangan Elektrik - Electric Barbeque Grill adalah pemanggang serbaguna yang bisa digunakan untuk semua masakan. Terdiri dari kombinasi grill & broiler untuk memanggang sate, roti, sosis, ikan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga bisa memanggang sayuran dan keju dengan alat ini. Agar rasanya semakin gurih, tambahkan mentega saat proses pembakaran. Mesinnya terbuat dari bahan stainless steel yang awet dan tahan lama. Kamu bisa membeli produk ini di Tokopedia seharga Rp 231.000 atau di Shopee seharga Rp 297.000.

Maspion Multi Cooker MEC-2750 Panci Elektrik 2in1

Sumber gambar www.blibli.com

Seperti namanya, multi cooker bisa digunakan untuk memasak berbagai macam makanan favorit keluarga. Mulai dari memasak bubur bayi, nasi kebuli, cap cay, sup iga, hingga bolu kukus.

Maspion Multi Cooker MEC-2750 Panci Elektrik 2in1 adalah alat yang bisa digunakan untuk memasak sekaligus mengukus. Dilengkapi lapisan anti gores sehingga aman dibawa saat traveling. Daya alat ini sebesar 400 watt dengan kapasitas 0,75 liter.

Kamu bisa merebus, mengukus, menumis, hingga menggoreng dengan alat ini. Dapatkan hanya di Blibli seharga Rp 156.000 atau di Tokopedia seharga Rp 165.123.

Neohaus Stylies Air Fryer

Sumber gambar www.bukalapak.com

Meski fungsinya hampir sama dengan penggorengan lainnya, digital fryer menggunakan tenaga listrik dan dilengkapi timer. Waktu yang dibutuhkan untuk mematangkan masakan juga lebih singkat dengan hasil yang lebih cantik. Panasnya merata sehingga masakan dapat matang dengan sempurna.

Neohaus Styles Air Fryer adalah peralatan masak yang menggunakan metode uap panas. Tanpa perlu minyak, sehingga makanan yang dihasilkan lebih sehat dan matang secara merata. Kapasitas alat ini sebesar 2 liter sehingga dapat digunakan untuk memasak dalam porsi yang cukup besar.

Dilengkapi dengan LED touch screen untuk pengoperasian yang lebih mudah. Menggoreng pun lebih cepat dan hemat energi. Alat ini dapat dibeli di Blibli dan Bukalapak seharga Rp 998.000.

Oxone OX-841 Mini Crepe Maker

Sumber gambar shopee.co.id

Crepes adalah makanan kekinian yang digemari semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bahan dasarnya sederhana saja yaitu gandum, telur, tepung terigu, garam, susu, dan mentega untuk dijadikan adonan. Crepes berasal dari Perancis dan kini telah mendunia karena rasa manisnya yang lezat.

Namun tidak lengkap menyajikan crepes tanpa aneka ragam topping seperti cokelat, keju, selai stroberi, atau buah pisang. Kamu juga bisa membuat crepes sendiri di rumah dengan Oxone OX-841 Mini Crepe Maker.

Mesin pembuat crepes ini dapat menghasilkan crepes yang lebih renyah dan cepat matang. Dilengkapi dengan indikator LED, spatula, dan tombol on-off. Alat anti lengket ini juga bisa digunakan untuk membuat kulit risol. Kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 285.000 atau di Shopee seharga Rp 295.000.

Cosmos CTL-211 Ketel Elektrik [0.8 L]

Sumber gambar www.tokopedia.com

Apa sih kelebihan teko listrik dibanding teko biasa? Teko listrik memberikan kemudahan buatmu sehingga kamu tidak perlu memasak air di atas kompor lagi. Tinggal colokan ke stop kontak, lalu tunggu sampai airnya mendidih.

Cosmos CTL-211 Ketel Elektrik 0.8 L adalah teko listrik yang bisa digunakan untuk memanaskan air secara praktis. Cukup untuk menyeduh 2 buah cangkir kopi atau teh di pagi hari. Terbuat dari bahan food grade stainless steel anti karat sehingga menjamin keamanan alat selama pemakaian.

Daya 600 watt dengan kabel 1 meter semakin memudahkan kamu saat memanaskan air. Kamu bisa memiliki produk ini dengan membelinya di Tokopedia seharga Rp 215.000 atau di Blibli seharga Rp 265.224.

Mito CH200 Food Processor 2 Liter

Sumber gambar shopee.co.id

Food processor memiliki fungsi yang berbeda dengan blender. Jika blender digunakan untuk menghaluskan bahan yang lunak dan mengandung banyak air, maka food processor bisa menjalankan lebih banyak fungsi seperti mencincang daging, menghancurkan bumbu yang kasar, hingga mencincang sayuran. Kamu juga bisa menggiling daging dengan food processor.

MITO CH200 Food Chopper - Food Processor - 2 L - Stainless Steel -Kuat misalnya. Disertai dengan 2 buah kontainer berkapasitas masing-masing 2 liter dan 700 ml yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Menggunakan pisau stainless steel 3 susun yang sangat kuat dengan 2 speed dan pulse.

Fungsinya adalah menggiling bumbu, daging, mengocok putih telur, membuat jus atau bakso, hingga menghaluskan es batu. Produk ini tersedia di Shopee seharga Rp 519.000 atau di Tokopedia seharga Rp 546.000.

Yonanas Yogurt Maker Blender Buah Frozen Ice Cream Dessert Fruit

Sumber gambar www.tokopedia.com

Es krim adalah hidangan penutup yang pas dinikmati saat berkumpul bersama keluarga besar. Daripada harus beli, mending bikin sendiri es krim yang lebih sehat dan lezat pastinya. Kamu cuma butuh ice cream maker saja, kok.

Gunakan saja Yonanas Yogurt Maker Blender Buah Frozen Ice Cream Dessert Fruit. Alat ini bisa mengubah buah segar menjadi bubur atau krim beku yang sangat mirip dengan es krim. Rasanya tidak berubah dan teksturnya sangat lembut.

Es krim ini jelas lebih sehat dan aman dikonsumsi anak-anak dibandingkan dengan es krim yang dibeli di pasaran. Kamu bisa memiliki produk ini di Tokopedia seharga Rp 359.000 atau di Shopee seharga Rp 525.000.

Idealife IL 215 S Set Hand Blender

Sumber gambar www.blibli.com

Berbeda dengan blender biasa, hand blender lebih ringkas dan praktis. Alat ini juga lebih mudah digunakan. Hand blender memiliki wadah gelas besar, sementara bentuk mesinnya sendiri mirip dengan pencacah makanan.

Idealife IL 215 S Set Hand Blender memiliki 2 tingkat kecepatan dengan banyak fungsi. Alat ini bisa digunakan untuk mencacah, mengocok, dan mengukur bahan makanan. Kamu juga bisa menghaluskan buah, bumbu dapur, telur, dan daging dengan alat ini. Memasak pun menjadi semakin mudah. Produk ini dijual di Blibli seharga Rp 295.900 atau di Shopee seharga Rp 305.000.

Samsung MS23K3515AS/SE Microwave [23 L]

Sumber gambar www.tokopedia.com

Microwave adalah alat dapur yang benar-benar serbaguna. Fungsinya antara lain adalah mengembangkan adonan, membuat pop corn, hingga mematangkan keripik. Kamu juga bisa memanaskan makanan beku dalam waktu singkat menggunakan microwave.

Samsung MS23K3515AS/SE Microwave 23 L memiliki kapasitas besar yaitu 23 liter dengan daya 800-1150 watt. Dengan menggunakan alat ini, mengolah makanan akan lebih cepat dan praktis. Kamu juga bisa memasak 3 macam menu sehat dalam waktu singkat saja. Microwave canggih ini tersedia di Tokopedia seharga Rp 1.100.000 atau di Shopee seharga Rp 1.200.000.

From our editorial team

Sesuaikan Peralatan Elektronik Sesuai dengan Budget dan Kebutuhan

Boleh-boleh saja ingin melengkapi dapur dengan berbagai alat elektronik yang canggih. Tapi kamu juga harus menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhanmu ya. Tidak perlu membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan, apalagi yang harganya terlalu mahal. Setelah membaca artikel di atas, yuk segera beli peralatan elektronik rekomendasi BP-Guide tadi!