Menanak Nasi Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik 2020!

Menanak Nasi Lebih Mudah dengan 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik 2020!

Rice cooker memang menjadi kebutuhan utama di rumah untuk menanak nasi dengan mudah tanpa repot. Di pasaran ada banyak sekali pilihan rice cooker dari berbagai merek dengan beragam keunggulannya. Daripada bingung memilih rice cooker mana yang bagus, simak dulu yuk, rekomendasi penanak nasi terbaik pilihan BP-Guide!

Rice Cooker Mempermudah Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Menanak nasi dengan cara tradisional memang terasa sangat merepotkan. Terlebih bagi ibu-ibu milenial yang kini juga turut bekerja sehingga terkadang tidak ada waktu untuk memasak nasi dengan panci.

Dengan adanya penanak nasi yang lebih praktis dan modern, pekerjaan ibu di rumah jauh lebih ringan dan sangat terbantu. Bagaimana tidak, cukup dengan memasukkan beras dan air dengan takaran yang pas, selanjutnya kita hanya perlu menunggu nasi matang.

Tak hanya itu saja, penanak nasi atau rice cooker juga sekaligus menjaga nasi tetap hangat. Bahkan untuk rice cooker yang lebih canggih juga telah ditambahkan fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mengukus dan memasak makanan. Jadi nggak heran, ya, kenapa rice cooker kini menjadi alat kebutuhan utama di dapur.

Tips Memilih Rice Cooker

Bahan Baku Panci

Karena rice cooker digunakan setiap hari, tentunya membuat alat penanak nasi ini terkadang cepat rusak sehingga perlu diganti. Agar pemakaian penanak nasi yang dibeli bisa bertahan lama, ada baiknya memperhatikan kualitasnya.

Saat ini ada banyak pilihan menggiurkan untuk rice cooker, hanya saja terkadang tidak memenuhi standar SNI sehingga bisa membahayakan keluarga baik dari sisi kesehatan hingga keselamatan. Saat membeli rice cooker, perhatikan juga bahan baku panci penanak nasi.

Panci rice cooker berbahan stainless steel bersifat nonreaktif sehingga lebih dapat mempertahankan nilai gizi dan aroma makanan.

Fitur Rice Cooker

Kini banyak sekali rice cooker dengan ragam fitur yang menggiurkan untuk dibeli, namun harganya tentu juga jadi lebih mahal. Tidak hanya fitur cook and warm, tapi juga ditambahkan fitur slow cook, quick cook, delay timer logic smart, dan lain sebagainya.

Perlu diperhatikan lagi sebelum membeli, apakah fitur-fitur canggih tersebut memang dibutuhkan atau malah sama sekali tidak terpakai nantinya. Karena itu bijaklah dalam membeli rice cooker yang paling sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Konsumsi Listrik

Rice cooker tentunya membutuhkan energi listrik untuk bisa memasak nasi. Namun tidak semua rice cooker memiliki watt yang sama. Ada yang mengonsumsi daya listrik tinggi dan ada pula yang rendah.

Dalam hal ini kita juga harus cermat karena rice cooker berdaya listrik besar tentunya juga akan membuat tagihan listrik jadi lebih besar.

Agar tidak boros listrik, pilihlah rice cooker berdaya watt rendah sehingga kita bisa lebih menghemat pengeluaran.

Ukuran yang Sesuai Kebutuhan

Sumber gambar prokitchenappliances.com

Kapasitas rice cooker juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kita hanya seorang diri atau berdua dengan pasangan, rice cooker ukuran kecil hingga sedang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Sementara jika kita menanak nasi untuk satu keluarga, tentu harus memilih rice cooker yang ukurannya lebih besar agar kita tidak perlu menanak nasi berulang kali dalam sehari. Sementara untuk kebutuhan bisnis makanan, pilihlah yang berukuran jumbo.

Merek yang Terjamin

Tak bisa dipungkiri bahwa barang-barang dari merk terkenal biasanya memiliki kualitas yang baik dan terjamin. Dalam memilih penanak nasi berkualitas juga demikian, kita bisa mempercayakan kualitas rice cooker pada merek-merek terkenal. Seperti Sharp yang sudah dikenal memproduksi berbagai barang elektronik dan rumah tangga.

Atau Hitachi yang juga merilis rice cooker yang lebih modern dengan LCD display dan beragam fitur tambahan lainnya. Tentunya masih banyak lagi merk rice cooker terbaik yang kualitasnya bagus dan bisa dijadikan pilihan, seperti Kirin, Yong Ma, Philips, Miyako, Sanken, Panasonic, dan yang lainnya.

10 Rekomendasi Merek Penanak Nasi Terbaik 2020

Yong Ma Digital Rice Cooker Series

Yong Ma Digital Rice Cooker memiliki berbagai fungsi yang dapat mempermudah Anda untuk memasak. Ada 4 tipe Digital Rice Cooker Yong Ma, yaitu SMC8027, SMC7047, SMC8017 dan SMC2117.

Keempat tipe tersebut dilengkapi kapasitas memasak nasi sebanyak 2 liter, lalu fungsi one touch yang memudahkan Anda memasak dan juga fungsi preset, untuk mengatur waktu saat memasak. Sistem pemanasan yang sudah 3D Heating sehingga membuat nasi lebih awet dan tidak mudah basi.

Masing-masing tipe digital rice cooker dilengkapi juga dengan inner pot yang sudah berbahan eco ceramic. Inner pot yang anti lengket dan menghasilkan nasi yang sehat dan matang sempurna.

Selain itu, Anda bisa memasak nasi goreng dengan mudah menggunakan Yong Ma Digital Rice Cooker. Dilengkapi dengan menu nasi goreng, sehingga tidak perlu repot jika ingin menyiapkan sarapan bagi keluarga.

Yong Ma Digital Rice Cooker Series ini juga memiliki desain elegan dan menawan yang akan memperindah dapur Anda. Digital rice cooker dari Yong Ma memiliki harga yang sangat terjangkau. Harga Digital Rice Cooker Yong Ma sama dengan harga series manual.

Harga Rp. 549.900-609.000

Bolde Super Cook Maestro Series 1.8 Liter Rice Cooker

Bingung memilih merk rice cooker yang bagus dan berkualitas? Rekomendasi pertama untuk penanak nasi yang bisa dipiliih untuk pemakaian rumah tangga dengan anggota keluarga yang terdiri dari 4 orang atau lebih adalah Bolde Super Cook Maestro Series 1.8 Liter Rice Cooker.

Penanak nasi ini tidak akan membuat nasi jadi basi, keras, atau lembab karena telah difungsikan otomatis untuk langsung menghangatkan nasi setelah matang. Rice cooker ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukus dan merebus makanan.

Rice cooker ini juga hemat listrik karena hanya membutuhkan daya listrik sebesar 350 watt untuk menanak nasi. Penanak nasi terbaik dengan Germany Eco Green 3D Heating System.

Harga Rp. 320.000-399.000

Mito Digital Rice Cooker 8 in 1 - R1

Butuh penanak nasi terbaik dengan kapasitas lebih kecil? Yang bisa dijadikan pilihan adalah Mito Digital Rice Cooker 8 in 1 - R1. Rice cooker ini berkapasitas 1 liter yang cukup untuk kebutuhan 2 orang. Rice cooker ini dirancang dengan pemanas 3D sehingga proses memasak nasi lebih merata.

Wajannya terbuat dari teflon 5 lapis yang berkualitas, tahan gores, dan antilengket. Penanak nasi ini juga memiliki 8 fungsi yang bisa digunakan untuk memasak nasi, kue, bubur, beras merah, sup, merebus, mengukus, dan menggoreng makanan. Desainnya simpel dengan tutup transparan.

Harga Rp. 280.000-465.000

Penanak Nasi Oxone 0,3 Liter - Cute Rice Cooker Ox 182

Jika kebutuhan menanak nasi untuk 1 orang saja, Penanak Nasi Oxone 0,3 Liter - Cute Rice Cooker Ox 182 ini bisa jadi pilihan. Meski kapasitasnya kecil, namun rice cooker ini juga dilengkapi dengan baki pengukus. Ukurannya yang kecil membuat rice cooker ini mudah untuk dibawa-bawa.

Oxone merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai alat kebutuhan rumah tangga berkualitas yang berdiri pada tahun 2001. Eco ceramic pada lapisan dalam rice cooker tidak akan merusak kandungan nutrisi yang ada pada nasi sehingga nasi jadi lebih sehat untuk dikonsumsi.

Bodi luarnya berbahan plastik BPA free sehingga aman untuk kesehatan. Pengatur uap air yang disematkan menjaga kelembapan nasi sehingga tidak cepat basi.

Harga Rp. 326.000-579.200

Philips HD3132/32 Premium Plus Rice Cooker

Philips HD3132/32 Premium Plus Rice Cooker berkapasitas 2 liter ini dilengkapi dengan beberapa fitur dan teknologi unggulan. Sistem pemanas nasi 3D ini membuat nasi matang merata dan tetap hangat hingga 48 jam.

Pada panci penanak dilengkapi dengan pegangan yang tetap dingin sehingga mudah dilepas atau diangkat saat masih panas.

Pancinya juga lebih tahan lama karena didesain dengan 5 lapisan antigores. Bagian bodi terbuat dari stainless steel antilengket sehingga mudah untuk dibersihkan. Rice cooker ini memiliki daya 400 watt.

Harga Rp. 578.340-616.000

Miyako Magic Com 1.8 Liter 3 in 1

Penanak nasi terbaik untuk keluarga dengan harga terjangkau adalah Miyako Magic Com 1.8 liter 3in1. Rice cooker ini juga hemat listrik karena hanya membutuhkan daya sebesar 300 watt untuk menanak nasi dan 73 watt untuk menghangatkan.

Innerpot-nya terbuat dari bahan non-stick dan food grade sehingga aman untuk kesehatan. Bagian bodi luar berbahan plastik dengan desain yang cantik.

Harga Rp. 216.000-220.000

Magic Com Denpoo DMJ-811 Body Stainless

Penanak nasi terbaik yang juga cocok untuk pemakaian rumah tangga adalah Magic Com Denpoo DMJ-811 Body Stainless. Penanak nasi otomatis yang sekaligus menghangatkan ini berkapasitas 1.8 liter.

Panci penanaknya terbuat dari 1.20 mm teflon antilengket non stick yang ekstra tebal. Majic com ini juga dilengkapi dengan pengontrol uap untuk menjaga konsumsi beras. Pemakaian listriknya juga cukup hemat karena hanya membutuhkan daya 380 watt.

Harga Rp. 450.000-536.248

Xiaomi Smart Mi Rice Cooker Original

Xiaomi tidak hanya meluncurkan gadget yang saat ini tengah diminati, namun juga menghadirkan Xiaomi Smart Mi Rice Cooker Original.

Smart Mi Rice Cooker ini merupakan bagian dari Smart Home-nya Xioami yang bisa terhubung dengan aplikasi Mi pada gadget. Dengan rice cooker ini, kita bisa mengatur tingkat kematangan dan tekstur nasi yang diinginkan.

Rice cooker ini juga akan menghasilkan nasi yang sempurna karena dimasak dengan tekanan 1.2Aatm pada suhu 105 derajat Celcius. Panci penanaknya terbuat dari grey cast iron dengan lapisan non-stick food grade.

Harga Rp. 999.000-1.743.000

Kris Rice Cooker 1.8 Ltr

Pilihan untuk penanak nasi terbaik yang tak kalah bagus dan berkualitas adalah Kris Rice Cooker 1.8 Ltr. Rice cooker ini selain untuk menanak nasi juga bisa digunakan untuk merebus sayuran dan berbagai makanan lainnya.

Rice cooker ini juga aman digunakan karena dilengkapi dengan perlindungan suhu tinggi. Setelah nasi matang, rice cooker akan otomatis masuk dalam mode menghangatkan.

Harga Rp. 344.500-598.900

Black+Decker Rice Cooker 1L 400W Pemasak Penanak Nasi (RC1050-B1)

Black+Decker Rice Cooker 1L 400W Pemasak Penanak Nasi (RC1050-B1) memiliki ganggang antipanas yang memudahkan kita untuk memindahkan panci setelah matang.

Mangkuk penanak didesain antilengket dengan tekstur wadah yang bagus. Rice cooker ini dilengkapi juga dengan slot untuk mengukus yang terbuat dari alumunium.

Tutupnya terbuat dari kaca dan desainnya pun dibuat classic dari material antikarat sehingga produk ini awet lebih lama. Pada rice cooker ini juga terdapat indikator level air dan tombol sekali sentuh untuk memasak.

Harga Rp. 339.000-498.000
From our editorial team

Sudah Dapatkan Pilihan untuk Rice Cooker Terbaiknya?

Rice cooker kini juga termasuk sebagai kebutuhan utama untuk rumah tangga karena fungsinya yang sangat membantu dan meringankan kita untuk memasak nasi. Dari beberapa rekomendasi rice cooker terbaik tahun ini, sudahkah tentukan pilihan mana yang paling sesuai untuk kebutuhan di rumah? Yuk, segera miliki!