10 Rekomendasi Alat Pel Canggih agar Aktivitas Mengepel Makin Mudah (2020)

10 Rekomendasi Alat Pel Canggih agar Aktivitas Mengepel Makin Mudah (2020)

Perkembangan teknologi saat ini juga menyasar pada alat rumah tangga, termasuk alat pel lantai. Ada berbagai jenis alat pel lantai yang canggih yang bisa kamu gunakan di rumah. Dengan alat ini, kamu bisa membersihkan rumah dengan lebih efektif dan efisien.

Mengepel Rumah Penting untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Sumber gambar Shutterstock

Kadangkala, mengepel kurang menjadi perhatian penting bagi anggota rumah. Apalagi bagi mereka yang lebih suka menggunakan sandal rumah, sehingga tidak terlalu merasakan dampak lantai yang kotor. Padahal, memastikan lantai rumah tetap bersih adalah salah satu faktor utama dalam menjaga kesehatan anggota rumah.

Selain itu, lantai adalah salah satu bagian rumah yang rentan terpapar oleh virus dan bakteri. Pada waktu virus Corona mewabah seperti ini, mengepel jadi jauh lebih krusial. Pasalnya, sabun pel itu akan mengikat virus sehingga hal ini membantu pencegahan infeksi virus.

Bagi kamu pencinta kesehatan, aktivitas mengepel ini bahkan bisa membakar kalori di tubuh kamu. Menyapu lantai kira-kira akan mengurangi kadar kalori hingga 136 kalori pada waktu 30 menit. Sedangkan, mengepel lantai selama 60 menit bisa membakar hingga 400 kalori.

Walaupun rutinitas membersihkan lantai tidak sama dengan olahraga pada umumnya, angka ini cukup membantu diet kamu. Apalagi, kalau ditambah dengan seluruh pekerjaan rumah tangga yang cukup banyak.

Tak Lagi Berat dengan Alat Pel Canggih yang Praktis

Sumber gambar Shutterstock

Bisa dibilang aktivitas mengepel mencakup beberapa proses yang kurang menyenangkan. Buat kamu yang mudah jijik, berkali-kali membilas kain pel yang kotor akibat debu-debu di lantai atau kotoran lainnya mungkin akan terasa berat. Belum lagi, ini bisa merusak kulit tangan kamu karena kontak dengan bahan-bahan kimia.

Ditambah pula, ada bagian-bagian rumah yang sempit dan tidak terjangkau oleh alat pel yang biasanya mempunyai kepala yang agar besar. Untuk mengatasinya, kadang kamu bahkan harus membersihkan bagian-bagian tersebut dengan kain pel dengan tangan.

Namun, sekarang ini, kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut. Peralatan-peralatan rumah tangga juga semakin canggih, termasuk alat pel. Berikut ini adalah jenis-jenis alat pel yang bisa kamu gunakan di rumah.

Circle Head

Sesuai dengan namanya, kepala pel circle head ini dapat berputar tanpa menghabiskan tenaga karena telah dilengkapi mekanisme yang canggih. Alat pel model ini sudah cukup sering dipakai di rumah-rumah.

Penggunaannya cukup mudah karena alat ini dapat membilas kain tanpa harus diperas dengan sistem knock and down. Kamu cukup menekan gagang pel yang kemudian akan berputar secara otomatis dan menguras sisa kelebihan air di kain pel.

Flat Head

Alat pel yang satu ini juga sudah mulai populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, bentuknya yang ramping dilengkapi dengan kepala yang pipih, alat pel ini bisa membersihkan ruang-ruang sempit dan tempat-tempat yang tidak terjangkau di sudut rumah.

Bahkan, karena desain kepala yang datar, kamu bisa memanfaatkan alat ini untuk membersihkan kaca dan jendela. Sekarang ini ada pula flat head mop yang dilengkapi slide knob yang bisa digunakan untuk memeras kain tanpa harus memegangnya.

Spray Mop

Spray mop ini sangat berguna buat kamu yang suka jijik memegang kain pel yang basah dan sudah terkena noda lantai. Alih-alih menggunakan air untuk membilas kain, spray mop mempunyai tabung yang bisa diisi cairan pembersih dan bisa disemprotkan lewat tuas yang ada di gagang alat pel.

Jadi, kamu tidak perlu membilas, karena setiap kali mengepel, kamu selalu menggunakan air yang bersih. Model kepalanya pun menggunakan flat head yang mudah menjangkau sudut-sudut sempit.

Dengan banyaknya pilihan, kamu tinggal menetapkan pilihan yang paling cocok denganmu dan model rumahmu.

Keunggulan Alat Pel Canggih Masa Kini

Menghemat Waktu

Sumber gambar Shutterstock

Alat pel dengan teknologi terbaru ini sangat berguna bagi kaum milenial yang butuh banyak waktu untuk mengerjakan aktivitas lain. Karena model pel yang ergonomis dan menyesuaikan dengan desain rumah, kamu akan mudah menjangkau seluruh sudut rumah. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencari alat lain yang bisa membersihkan sudut-sudut sulit.

Model-model alat pel yang baru juga biasanya memiliki mekanisme untuk memeras kelebihan air pada kain secara lebih mudah, artinya kamu bisa melakukannya dengan lebih cepat. Apalagi kalau menggunakan spray mop yang menyediakan cairan yang selalu bersih, maka tidak perlu sering-sering membilas kain.

Lebih Steril

Sumber gambar Shutterstock

Dengan kekhawatiran akan kontak terhadap virus Corona yang tengah mewabah sekarang ini, kain pel yang tidak memerlukan kontak tangan akan memberikan rasa aman. Jadi, kamu tidak perlu menyentuh air pel yang kotor atau kain pel yang ternoda dengan berbagai kotoran di lantai.

Tidak hanya itu, kontak air kotor yang telah tercampur dengan bahan kimia dari sabun pel bisa merusak kulit tangan. Membuat kulit tangan jadi kasar dan bisa menyebabkan kulit bersisik.

Terhindar dari Alergi Cairan Kimia

Sumber gambar Shutterstock

Ada bahan-bahan kimia yang bersifat keras, sehingga dapat berpengaruh buruk pada tipe-tipe kulit yang sensitif. Jangankan bahan-bahan pembersih yang bersifat keras, bahkan sabun cuci tangan yang mengandung bahan kimia yang lembut saja bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit tangan.

Padahal, sabun cuci pel mengandung karbol atau disinfektan yang cukup keras dan berpengaruh buruk bagi kehalusan dan kelembutan kulit. Akan lebih baik kalau kamu menghindari kontak dengan sabun pel ini.

Alat pel canggih membantu kamu untuk menghindari kontak dengan sabun pel. Terlebih lagi, kamu tidak perlu menyentuh air kotor dan noda-noda dari lantai yang mungkin saja makin memperburuk kesehatan kulitmu. Hal ini juga bisa mengurangi iritasi pada kulit.

Tidak hanya itu, alat pel canggih ini didesain dengan memperhatikan kebutuhan penggunanya. Gagang yang terbuat dari stainless steel yang antikarat akan membuat gagang pel tetap nyaman dipegang. Desain yang ergonomis akan mengurangi gesekan yang tidak perlu.

Dapat Langsung Digunakan lagi

Sumber gambar Shutterstock

Alat pel canggih didesain dengan bahan-bahan yang berkualitas dan awet, seperti gagang dari stainless steel yang antikarat. Kain pelnya terbuat dari serat microfiber yang juga bisa digunakan berulang kali. Namun, faktor utama yang mempengaruhi keawetan suatu peralatan adalah perawatannya.

Cara merawat kain pel agar tidak mudah rusak adalah dengan memastikan penyimpanan yang benar. Setelah mengepel lantai, pastikan alat pel dibersihkan dengan baik. Akan lebih baik untuk kemudian menyimpan alat pel kamu di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Kalau kamu ingin menyimpannya di ruang khusus, pastikan alat pel sudah kering sebelum dimasukkan di ruang tersebut.

Untuk kain pelnya sendiri, sebaiknya kamu mencuci kain dengan detergen agar kain jauh lebih bersih. Selain itu, kamu perlu mengganti kain pel setelah pemakaian selama 2 atau 3 hingga bulan untuk menjaga higienitas alat pel.

10 Rekomendasi Alat Pel Canggih untuk Rumah yang Senantiasa Bersih

Double Sided Lazy Mop / Alat Pel Canggih

Double Sided Lazy Mop / Alat Pel Canggih ini cocok untuk kamu yang ingin mengepel rumah tanpa membuang-buang tenaga. Mempunyai dua sisi kain yang bisa mengelap lantai, kamu bisa membaliknya hanya dengan menggerakkan gagangnya. Desainnya juga memungkinkan kamu untuk memutar tangkainya hingga 360 derajat. Jadi, tangan kamu tidak perlu bermanuver terlalu banyak hanya untuk membersihkan lantai rumah.

Model kepala pel yang pipih juga membuat kamu mudah membersihkan tempat-tempat yang sulit terjangkau, seperti bagian belakang kulkas atau bagian-bagian sempit lainnya. Dengan kain yang terbuat dari serat ultra halus yang telah diproses dengan teknologi tinggi, serat-serat pada kain tidak akan mudah rontok.

Teknologi lain dari double sided lazy mop ini adalah kemampuannya untuk memeras kain pel secara otomatis. Kamu tidak perlu lagi membungkuk-bungkuk untuk meremas kain dan tidak perlu merusak kulit tangan karena kontak dengan sabun pel. Kamu bisa menggunakannya untuk membersihkan lantai kayu, keramik atau marmer.

Spray Mop Alat Pel Lantai Semprot Hemat Praktis Hemat Air

Teknologi rumah tangga sekarang ini sudah memberikan segala kemudahan. Seperti spray mop yang sudah dilengkapi tabung penyemprot air.

Dengan posisi lubang air yang mengarah ke lantai, spray mop ini akan menyemprotkan air ke area lantai di depannya, sehingga kamu tinggal mengepelnya. Walaupun tabung berada di bawah, kamu juga tidak perlu membungkuk untuk menyemprot air, karena tuas penyemprot air ada di bagian pegangan kain pel.

Gagang spray mop ini berbahan alumunium yang sifatnya ringan, jadi mudah sekali untuk dipakai. Selain itu, bagian sendi tongkat bisa diputar 360 derajat, sehingga memudahkan gerak bagian plat pel. Plat pel yang pipih bisa menjangkau tempat-tempat yang sempit.

Harga Rp. 89.000-275.000

Neohaus Dont Touch MOP

Neohaus Don't Touch Mop adalah salah satu alat yang memastikan tangan kamu tidak rusak dalam upaya membersihkan rumah. Bagian kain pel tidak perlu lagi diperas dengan tangan, karena telah ada slide knob yang menguras sisa-sisa air berlebih di kain. Kamu cukup menggerakkan slide knob ini.

Selain itu, desain pelat yang pipih memungkinkan kepala pel untuk membersihkan tempat-tempat yang sempit dan sudut-sudut yang sulit dijangkau. Pelat pada alat pel ini dilengkapi dengan kain microfiber yang berdaya serap sangat tinggi sehingga bisa menyerap apa saja dari cairan hingga debu-debu yang menempel.

Pel dari Neohaus ini bahkan dilengkapi dengan tempat untuk menegakkan gagang, sehingga mudah ditaruh di mana saja. Kamu bahkan bisa menyelipkannya di samping lemari dapur, misalnya.

Harga Rp. 229.000-495.000

ZHO06 Alat Pel Canggih MAGIC MOP

Sekarang ini, proses mengepel tidak lagi menguras tenaga. Tanpa menguras kain atau menggunakan cara manual untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit, alat pel sekarang ini jauh lebih praktis. Seperti halnya produk ini yang menggunakan kain pel seperti biasa, tetapi bisa menguras sendiri.

Cara alat ini menguras adalah dengan memanfaatkan energi kinetik pada wadah kain pel. Saat wadah berputar cepat, kain pun memercikkan air-air yang ada di dalamnya. Untuk memutarnya, kamu juga cukup memasukkan lubang di tongkat pel ke bagian tengah wadah untuk mengunci alat pel, lalu kamu tinggal menekannya hingga sisa air berlebih habis.

Pada gagangnya terdapat lock system. Gagang ini yang bisa membantu kamu waktu memeras kain pel, tapi gagang yang bisa bergerak ini juga bisa dikunci sehingga kamu tidak terganggu ketika mengepel.

Bagian kepala pel juga cukup pipih, sehingga bisa menjangkau tempat-tempat sempit. Ditambah dengan sendi gagang yang bisa bergerak bebas, kamu tinggal menyesuaikan posisinya dan membiarkan kain pel membersihkan tempat-tempat yang sulit terjangkau itu.

Harga Rp. 170.100-568.000

ALAT PEL LANTAI CANGGIH GM BEAR SPRAY MOP

Alat ini mempunyai bagian kepala yang cocok untuk membersihkan sudut-sudut rumah kamu. Dengan kemampuan berputar 360 derajat dan bentuk kepala yang pipih, alat pel ini akan memastikan rumah kamu sebersih-bersihnya. Pada masa wabah ini, tentunya kamu ingin mensterilkan setiap bagian rumah kamu.

Kainnya terbuat dari fiber yang menyerap kotoran, baik cairan atau debu, dengan mudah. Selain itu, kain pel yang lembut memastikan permukaan lantai tetap mulus dan tidak tergores-gores.

Kelebihan alat ini adalah kamu tidak perlu memeras kainnya lagi. Cukup pasangkan gagang pel dengan kenop di bagian wadah pemeras. Setelah kamu buka sistem pengunci pada gagangnya, lalu tinggal tekan alat pel hingga wadah pemerasnya berputar untuk menguras kelebihan air di kain.

Harga Rp. 171.400-704.000

Super Mop Ultima Bolde Original Pel Canggih

Super Mop Ultima dari Bolde ini bisa memudahkanmu dalam membersihkan lantai rumah. Dengan tabung penyemprot air di bagian bawah gagang, kamu tidak perlu bolak-balik untuk membilas atau membasahi kain pel yang mulai mengering. Tabung tersebut akan mengerjakannya untukmu.

Cara menggunakannya juga sangat praktis. Tinggal menekan tuas yang ada di pegangan gagang pel, tabung akan segera menyemprotkan air di area yang tengah kamu bersihkan. Selanjutnya, kamu cukup mengepel bagian yang terkena semprotan air.

Untuk menggunakan cairan pembersih yang telah tercampur air, pastikan kamu menggoyangkan tabung perlahan ke kanan dan ke kiri agar tercampur rata. Bagian gagangnya bisa digerakkan secara fleksibel dan kepala pelnya berbentuk pipih, sehingga mudah untuk mengaplikasikannya.

Harga Rp. 165.000-573.000

Catalina Magic Pva Mop

Walaupun sponge mop bukan pilihan populer di Indonesia, spons sebenarnya mempunyai daya serap yang sangat baik. Selain itu, tekstur permukaannya lebih mudah membuat kotoran serta rambut yang sulit dibersihkan dari lantai menempel pada sponsnya. Namun, tentu saja spons ini lebih sulit untuk dibilas dan diperas.

Catalina Magic PVA Mop ini memberikan solusi yang sangat praktis. Alat pel ini mempunyai kepala pel yang fleksibel dan dapat terlipat. Dengan mekanisme tekan di dalam ember, spons pel dengan mudah dibilas, lalu dilipat hingga spons teremas secara otomatis, tanpa kamu perlu meremasnya dengan tangan.

Bahan sponsnya terbuat dari PVA Sponge yang antijamur, sehingga lebih aman untuk digunakan berulang kali. Selain fungsi yang praktis, alat pel dari Catalina ini mempunyai desain futuristik yang tampak sangat modern. Embernya pun bermodel ramping, sehingga tidak memakan banyak ruang. Bisa membuat kamu bersemangat untuk mengepel, lho!

Harga Rp. 216.000-316.800

Pel Canggih BOLDE Super Mop X Maxima

Air bekas mengepel biasanya terlihat sangat keruh dan kotor akibat debu-debu yang larut di dalamnya. Tampilannya cukup membuat jijik, sehingga rasanya enggan untuk menyentuhnya. Super Mop X Maxima dari Bolde memastikan kamu tidak perlu sedikit pun melakukan kontak dengan air kotor tersebut.

Dengan dua sisi ember, air pel yang kotor tidak akan tercampur dengan sisi lain ember. Di bagian atas ember juga terdapat lubang seukuran kepala pel yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan sekaligus mengeringkan kain pel. Ember ini juga dilengkapi dengan lubang drainase, sehingga air bekas pel bisa langsung terbuang.

Kain untuk mengepel terbuat dari bahan mikrofiber yang sudah terkenal dapat menyerap kotoran, debu, atau cairan dengan cepat. Kamu akan mendapatkan hasil yang lebih bersih dengan alat pel ini. Apalagi dengan model flat head yang bisa menjangkau sudut-sudut yang sempit dan sulit dijangkau.

Harga Rp. 139.900-266.000

Alat Sapu Pel Canggih Magic Fiber

Kamu tentu pernah berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan, seperti mal, bukan? Kalau kamu memerhatikan, biasanya petugas kebersihan di mal-mal menggunakan kain pel dengan ujung-ujung kain pendek dan berbaris-baris, seperti sapu. Kadang-kadang, petugas kebersihan mal juga menggunakannya sebagai sapu.

Dengan kain-kain yang terbuat dari fiber, alat ini jadi lebih mudah membersihkan debu-debu halus, bahkan rambut-rambut yang biasanya sulit untuk dibersihkan. Tentu saja, tanpa menempel dan menggerombol di ujung sapu, sebagaimana halnya sapu biasa.

Alat pel satu ini memiliki gagang stainless steel yang antikarat, jadi lebih tahan lama. Gagang ini bisa kamu atur ukurannya sesuai kebutuhan. Untuk memasang atau melepaskan kain pel yang ada di kepala alat pel ini cukup mudah. Dengan menekan salah satu tombol di kepala pel hingga bagian tengah kepala terlepas, lalu kamu tinggal menarik kedua ujung pengait yang ada di kain.

Harga Rp. 55.000-145.000

CAS.E-531 1 set MOP ALAT PEL OTOMATIS PERAS TORBELLINO FREGAR 360 DERAJAT

Alat pel Torbellino Fregar ini mempunyai kelebihan pada gagangnya. Gagangnya bisa diputar hingga 360 derajat, sehingga ketika mengepel, pel ini akan lebih baik dalam membersihkan debu-debu di lantai.

Selain itu, alat pel ini mempunyai mekanisme pemeras air otomatis. Bagian tengah kepala pel terdapat lubang yang bisa dipasangkan dengan kenop di wadah pemeras. Begitu kamu menekan gagang alat pel, wadah ini akan terputar dengan kencang hingga menguras sisa air yang berlebih di kain pel.

Gagang pel Turbellino Fregar ini terbuat dari stainless steel yang antikarat. Karat biasanya membuat besi keropos sehingga gagang cepat patah. Dengan gagang stainless steel, alat pel ini tentu tidak mudah rusak.

Harga Rp. 143.000-500.000
From our editorial team

Alat Pel Canggih

Dari rekomendasi di atas, kamu bisa memilih alat pel mana yang akan kamu gunakan di rumah. Jangan lupa untuk membersihkan kain pelnya agar rumahmu bersih maksimal.

Tag