10 Rekomendasi Koyo Terbaik yang Cepat Redakan Nyeri Otot (2021)

10 Rekomendasi Koyo Terbaik yang Cepat Redakan Nyeri Otot (2021)

Koyo adalah produk yang umum kita gunakan saat kita mengalami nyeri otot atau nyeri sendi. Untuk memakai koyo juga mudah, tinggal tempel saja. Namun, ada beberapa hal yang wajib kamu tahu mengenai koyo. Simak informasi seputar koyo dari kami di bawah! Cek juga rekomendasi koyo terbaik yang bisa kamu gunakan.

Nyeri Otot Bisa Terjadi pada Siapa Saja

Nyeri otot merupakan kondisi yang wajar dialami siapa saja. Gejala ini biasanya dialami karena ada cidera otot, penggunaan otot secara berlebihan, hingga karena otot tegang di beberapa bagian tubuh yang disebabkan oleh beberapa hal. Contoh hal yang kerap menimbulkan nyeri otot adalah terjatuh, terbentur, tidak pemanasan sebelum olahraga, postur tubuh yang salah saat mengangkat beban, hingga karena melakukan teknik olahraga yang salah.

Nyeri otot bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya nyeri otot. Beberapa caranya adalah minum banyak air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, melakukan peregangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik yang berat, serta melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolahraga.

Nyeri otot umumnya tidak akan membutuhkan penanganan medis yang serius. Yang harus dilakukan hanya menerapkan beberapa langkah sederhana. Contohnya adalah mengistirahatkan tubuh yang nyeri, memijat bagian tubuh yang nyeri, mengompres otot yang kaku, tidak mengangkat beban berat dengan bagian tubuh yang nyeri selama beberapa waktu, dan lain sebagainya.

Mengenal Koyo dan Jenisnya

Koyo tentu bukan benda asing bagi kita. Koyo memiliki nama lain yakni transdermal patch. Sebagai obat luar, fungsi koyo adalah untuk mengobati masalah medis tertentu. Berbentuk lembaran, koyo biasanya mengandung aneka bahan obat yang bisa meresap melalui lapisan luar kulit. Obat pada koyo selanjutnya akan meresap ke lapisan kulit yang lebih dalam. Obat akan masuk ke dalam aliran darah dan selanjutnya diedarkan ke tubuh yang nyeri.

Koyo banyak jadi andalan untuk menghilangkan kondisi pegal-pegal, nyeri otot, hingga nyeri pada persendian tubuh. Tidak banyak yang tahu bahwa koyo hadir dalam berbagai jenis dengan kegunaan yang beragam juga.

Ada koyo analgetik topikal yang merupakan koyo untuk menghilangkan rasa sakit pada beberapa kondisi. Koyo ini umum untuk mengatasi cidera otot dan tulang serta pegal-pegal. Koyo akan menyalurkan obat langsung ke area sakit tanpa memengaruhi organ tubuh lainnya.

Selanjutnya, ada koyo nitrogliserin. Jenis ini cocok digunakan bagi mereka yang mengalami nyeri dada karena ada penyempitan pembuluh darah pada bagian jatung. Koyo ini akan melemaskan pembuluh darah dan membuat jantung mendapat lebih banyak darah dan oksigen. Koyo nitrogliserin bisa digunakan 12 jam hingga 14 jam.

Berikutnya ada lidocaine patch. Koyo yang satu ini merupakan koyo anestesi lokal. Dokter biasanya memakai koyo ini untuk mengobati kesemutan dan rasa sakit yang menyengat. Koyo ini digunakan pada area yang meradang atau tampak ruam.

Nicotine patch adalah jenis koyo lainnya yang wajib kamu tahu. Koyo yang satu ini hadir dengan kandungan bahan kimia yang bisa membantu orang untuk berhenti merokok. Pengobatan dengan koyo ini berfungsi agar orang bisa berhenti menggunakan nikotin sama sekali.

Fentanyl patch merupakan jenis koyo terakhir yang wajib kamu kenali. Koyo ini memiliki kandungan narkotika yang kuat dan bisa mengobati rasa sakit kronis. Koyo akan bekerja melalui sistem saraf pusat dan bisa menghilangkan rasa sakit dalam jangka waktu panjang.

Kenali Fakta Seputar Koyo Analgetik Topikal/ Koyo Penghilang Pegal dan Nyeri

Kandungan Koyo

Koyo analgetik biasanya hadir dengan kandungan yang unik. Di dalamnya terdapat komposisi seperti menthol, camphor, hingga nonivamid. Kandungan tersebut membuat kita merasakan ada sensasi sejuk atau sedikit terbakar saat ditempeli koyo. Ada juga bahan seperti biofreeze dan icy hot yang bisa memberi sifat panas atau dingin. Selain itu, dalam koyo penghilang pegal dan nyeri umumnya terkandung salisilat yang bisa mengurangi peradangan sendi.

Kombinasi aneka bahan tersebut akan terserap ke dalam tubuh. Selanjutnya, obat tersebut akan mengirim sinyal ke tubuh untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal pada tubuh.

Cocok untuk yang Memiliki Riwayat Penyakit

Koyo bisa jadi pilihan utama untuk kita yang ingin mendapatkan terapi nyeri otot ringan. Pemakaian koyo bisa jadi andalan bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes mellitus, hipertensi kronis, atau alergi obat-obatan. Ini karena dalam prosesnya, koyo hanya akan melalui kontak kulit sehingga tidak akan melalui ginjal dan hati seperti obat-obatan yang diminum pada umumnya.

Sumber Panas Koyo Tak Hanya untuk Nyeri

Koyo bisa memberi rasa panas dan hangat kala ditempelkan pada kulit. Rasa panas berasal dari zat capsaicin. Zat ini umum ditemui pada cabai yang biasa memberikan rasa pedas di mulut. Capcaisin tidak hanya bisa memberi rasa pedas namun juga bisa memberikan rasa panas jika terkena kulit.

Rasa panas saat memakai koyo terjadi karena interaksi antara senyawa kimia capsaicin dengan sensor neuron. Rasa panas tersebut bisa membantu untuk meringankan rasa ngilu dan nyeri yang terjadi pada tubuh.

Panas pada koyo tidak hanya bisa menghilangkan nyeri namun juga bisa meredakan sakit lain. Contohnya meredakan sakit kepala, sakit gigi, hingga memar. Panasnya koyo juga bisa mengobati mual, terkilir, hingga pegal.

Gunakan Koyo dengan Benar

Untuk memakai koyo, kamu perlu cara yang benar agar bisa berfungsi dengan maksimal. Sebelum menempelkan koyo, kamu harus memastikan kulitmu bersih dan kering. Jangan menempelkan koyo pada are akulit tubuh yang iritasi atau sedang luka.

Koyo tidak akan langsung menempel sempurna. Butuh waktu 20 sampai 30 detik agar koyo bisa menempel kuat pada area yang diinginkan.

Cucilah tangan usai menempelkan koyo. Ingatlah bahwa koyo hanya bisa sekali pakai. Jika kamu mengalami iritasi kulit dari perekat, maka usahakan menempel koyo selanjutnya di area lain sampai area yang iritasi sembuh.

Ini Dia Deretan Koyo Terbaik untuk Kamu

Tiger Balm Plaster

Tiger Balm Plaster merupakan salah satu koyo terbaik yang bisa kamu andalkan. Produk ini unik karena merupakan koyo herbal. Khasiatnya adalah untuk meredakan nyeri otot. Tempelkan saja pada area yang sakit untuk segera bisa memberikan kenyamanan maksimal. Koyo akan segera merelaksasikan otot yang kaku baik karena memar, kelelahan otot, kaku, hingga karena keseleo.

Dalam satu kemasan berisi 2 lembar plester koyo. Ukutannya adalah 7 x 10 cm. Produk sudah BPOM sehingga aman digunakan. Koyo ini efekif untuk digunakan pada leher hingga pundak. Cocok juga digunakan pada punggung. Komposisi di dalamnya terdiri dari camphor, minyak mint, eukaliptus, mentol, dan sari paprika.

Harga Rp. 14.000-20.000

Salonpas Gel-Patch

Salonpas Gel-Patch wajib kamu andalkan untuk kondisi nyeri otot. Produk ini bisa mengatasi cidera dan otot tegang karena pekerjaan fisik yang berat atau karena kelelahan setelah olahraga yang ekstrim. Nyeri otot yang terjadi pada tendon, jaringan lunak, hingga ligamen bisa menjalar ke seluruh bagian tubuh. Kamu bisa dengan mudah mengatasinya agar tidak menyebar dengan memakai produk yang satu ini.

Panasnya pas di kulit dan tidak berlebihan. Kamu akan merasa seolah sedang dipijat dengan nyaman. Perekatnya merekat kuat dan tidak mudah terlepas. Kamu juga bisa langsung aktif bergerak dan beraktivitas dengan aktif usai ditempeli plester.

Ada sensasi dingin di awal pemakaian. Selanjutnya, ada rasa hangat dan panas secara perlahan yang bisa meredakan nyeri dan pegal. Rasa panas yang ada bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Otot pun lebih lega dan lebih tenang.

Koyo ini lembut dan elastis sehingga mudah ditempelkan di bagian tubuh lipatan atau area sudut tubh lainnya. Saat koyo ditekuk-tekuk pun koyo tidak akan mudah lepas. Ini jelas membuat aktivitas berjalan lancar tanpa takut koyo mudah lepas.

Harga Rp. 15.000-22.300

Lion Kyusoku Jikan Cooling Gel Pad

Lion Kyusoku Jikan Cooling Gel Pad juga bisa jadi andalan. Produk yang satu ini hadir dengan bahan-bahan alami. Komposisinya adalah lemon, lavender, orange, sage, dan rosemary. Koyo ini ampuh untuk menghilangkan rasa lelah pada kaki seperti betis dan telapak kaki. Kamu wajib membawanya saat perjalanan jauh atau traveling. Koyo ini juga bisa digunakan oleh para olahragawan dan juga oleh mereka yang memakai sepatu hak tinggi.

Kamu bisa memakai koyo ini setelah mandi. Diamkan sampai keesokan harinya. Koyo ini cocok untuk kamu yang kurang suka dipijat di area kaki. Koyonya praktis digunakan dan pastinya bisa memberikan hasil maksimal. Ukuran koyo adalah 13 x 8,5 cm. Ada isian 6 lembar dan 18 lembar yang bisa dipilih.

Harga Rp. 198.000-215.000

HOT IN Koyo Aromatherapy

Kamu bisa juga memilih HOT IN Koyo Aromatherapy sebagai andalan. Koyo yang satu ini bisa menghadirkan rasa panas yang maksimal. Kamu yang gemar koyo rasa panas wajib coba yang satu ini. Koyo ini bisa meredakan nyeri otot, pegal-pegal, sakit gigi, dan sakit kepala.

Ada kandungan aromaterapi yang bisa menenangkan kamu. Produk juga bisa memberikan efek relaksasi yang bikin kita lupa akan rasa nyerinya. Komposisinya ada menthol dan minyak gandapura yang bisa mengurangi memar dan sakit otot. Aroma lembutnya berasal dari kombinasi pinus segar, sereh, dan eukaliptus. Koyo ini tidak meninggalkan rasa lengket saat dilepas.

Harga Rp. 6.000-9.500

Koyo Salonpas Hot Merah

Koyo Salonpas Hot Merah bikin kamu lebih cepat sembuh dari rasa nyeri yang tidak nyaman pada tubuh. Ketika beraktivitas, ada kalanya kita merasa lelah, pegal, dan nyeri otot. Jika sudah begini, kita jadi kurang efektif pada pekerjaan yang kita lakukan. Produk yang satu ini akan segera meredakan nyeri sendi, nyeri otot, punggung pegal, dan lainnya. Koyo ini bisa memberikan rasa sensasi hangat menjurus ke panas. Kamu bisa menempelnya di berbagai area tubuh yang sedang kesakitan.

Harga Rp. 6.000-8.000

Hansaplast Koyo Hangat

Hansaplast Koyo Hangat cocok juga jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini bisa digunakan saat beraktivitas dalam keseharian. Koyo ini tidak akan menghambat aktivitas kamu. Justru, kamu akan terbantu karena nyeri tubuh dan otot pegal bisa diatasi dengan produk yang satu ini.

Koyo hangat ini bisa meredakan terkilir, keseleo, nyeri sendi, nyeri otot, hingga punggung dan pinggang yang nyeri. Koyo mampu memberikan rasa hangat pada titik-titik nyeri. Ini akan menenangkan dan merangsang sirkulasi darah. Kemasan koyo hadir dengan heat lock sehingga bisa menjaga kualitas koyo agar tetap hangat dan panas saat diaplikasikan. Dalam satu kemasan berisi 10 lembar.

Harga Rp. 5.000-7.000

Koyo Cabe

Koyo Cabe adalah produk legendaris yang begitu terkenal sejak dulu. Khasiatnya bagus dan tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa memakainya untuk meredakan encok, nyeri otot, hingga pegal linu. Ukurannya adalah 55 x 45 cm. Produk ini cukup ditempel pada area yang sakit. Biarkan plester koyo ini selama 2 atau 3 hari sampai rasa sakit mereda. Bekas plester pada tubuh bisa dihilangkan dengan alkohol atau spiritus.

Harga Rp. 9.000-10.000

Salonpas Pain Relief Patch

Salonpas Pain Relief Patch adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini hadir dengan desain yang lebih tipis. Koyo ini juga begitu elastis dan nyaman digunakan di berbagai bagian tubuh. Ada aroma mint yang menyegarkan dan menenangkan tubuh. Produk ini bisa memberikan rasa hangat dan bisa tahan selama 8 jam lamanya.

Harga Rp. 16.000-30.000

Acustop Cataplasma Plaster

Acustop Cataplasma Plaster hadir dalam 6 lembar dalam satu kemasan. Produk ini bisa menghilangkan rasa sakit yang kuat. Koyo ini sangat efektif karena bisa menuju rasa sakitnya secara langsung. Cukup tempelkan 1 lembar ke area yang terkena sakit. Dalam sehari, kamu bisa menempelkan dua kali. Koyo ini bisa mengatasi sakit bahu, sakit pinggang, nyeri sendi, sakit leher, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 69.000-272.000

Counterpain Patch

Counterpain Patch adalah produk rekomendasi terakhir kami. Koyo ini bisa lebih merekat dan tidak mudah lepas. Produk ini bisa mengatasi pegal linu, nyeri otot, dan nyeri sendi. Tempel saja pada area yang sakit dan rasakan hangatnya produk ini meresap ke dalam kulit. Dalam satu kemasan isi 4 lembar. Ukuran per lembarnya adalah 10 x 7 cm. Ada kandungan mentol, glycol salycylate, camphor, dan vitamin E.

Harga Rp. 65.000-120.000
From our editorial team

Efek Samping Koyo

Sama seperti obat pada umumnya, koyo juga bisa memberikan efek samping. Salah satu efek sampingnya adalah munculnya iritasi pada kulit. Kamu mungkin mengalami kulit gatal, kemerahan, panas hingga adanya rasa terbakar dan melepuh. Jika kamu mengalami alergi parah, hendaknya hentikan pemakaian produk. Perhatikan instruksi yang ada di kemasan sebelum memasang koyo agar tidak iritasi. Atau lebih amannya, kamu bisa konsultasi pada dokter dalam pemilihan koyo agar tidak iritasi.

Tag