10 Rekomendasi Frozen Food Seafood Terfavorit untuk Stok Lauk di Rumah (2021)

10 Rekomendasi Frozen Food Seafood Terfavorit untuk Stok Lauk di Rumah (2021)

Frozen food adalah makanan praktis yang menjadi favorit banyak keluarga. Bagi yang menyukai aneka olahan laut, frozen food seafood tentu menjadi hidangan menarik untuk lauk atau ngemil. Bingung memilih frozen food seafood terfavorit untuk stok di rumah? Yuk, simak daftar rekomendasinya berikut ini!

Frozen Food Adalah Makanan Praktis yang Mudah Dimasak

Memiliki aktivitas yang padat membuat banyak orang tua kerap tak sempat menyajikan lauk di rumah. Padahal lauk dibutuhkan sebagai pelengkap makanan sekaligus penggugah selera, terutama bagi anak-anak yang cenderung pilih-pilih makanan. Kini Anda tak perlu khawatir mengenai lauk, karena sudah banyak lauk pauk maupun camilan beku atau frozen food.

Frozen food adalah makanan olahan yang praktis dimasak dan juga sehat. Cukup dengan digoreng, dikukus, atau dibakar, frozen food telah menjadi olahan makanan yang nikmat. Produk ini cocok dipilih bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk memasak ataupun berbelanja, karena bisa disimpan di freezer hingga berbulan-bulan.

Anak-Anak Sangat Menyukai Frozen Food

Bukan hanya praktis dalam pengolahannya, keunggulan dari frozen food juga terletak pada cita rasanya yang nikmat. Tak heran jika frozen food sangat disukai anak-anak. Umumnya frozen food juga dibuat dengan bentuk yang menarik, sehingga membuat si kecil lebih bersemangat dalam menyantap makanannya.

Frozen food bisa menjadi solusi bagi para ibu yang bingung memilih lauk sehat untuk anak yang pilih-pilih makanan. Ada beragam varian produk yang bisa disesuaikan dengan selera si kecil dan mudah diolah menjadi camilan hingga campuran masakan. Produk ini juga bisa menjadi solusi camilan serta bekal untuk dibawa ke sekolah.

Jenis Frozen Food yang Patut Jadi Stok di Rumah

Sosis

Berbicara mengenai frozen food, ada berbagai macam produk yang bisa dipilih dan dijadikan stok di rumah. Salah satu jenis frozen food yang paling dikenal masyarakat adalah sosis. Sosis adalah olahan daging yang telah dicampur dengan bumbu. Olahan daging ini kemudian dibungkus dan dibentuk bulat memanjang.

Kini ada berbagai macam varian sosis yang beredar di pasaran, mulai dari sosis ayam, sapi, hingga kambing. Pengolahannya pun juga mudah, cukup digoreng, dibakar, atau dicampur dengan masakan lainnya sebagai pelengkap. Menariknya, kini juga tersedia sosis siap santap yang bisa menjadi pengganjal perut di kala lapar.

Nugget

Selain sosis, nugget juga menjadi primadona di antara frozen food lainnya. Produk ini terbuat dari olahan daging, ayam, maupun ikan dengan disertai bumbu. Berbeda dengan sosis yang memiliki bentuk bulat memanjang, ciri khas nugget terletak pada kulit luarnya yang dibalut tepung panir atau tepung roti.

Nugget umumnya diolah dengan cara digoreng dan disantap bersama dengan saus. Tekstur luarnya yang renyah dengan bagian dalam yang lembut membuat nugget banyak disukai anak-anak. Selain bisa disantap dengan nasi, nugget biasanya juga dijadikan camilan sehat untuk keluarga.

Bakso

Siapa yang tak kenal dengan bakso? Olahan daging dengan bentuk bulat ini adalah salah satu makanan yang menjadi favorit masyarakat di Indonesia. Meski banyak dijual dengan keadaan segar, kini bakso juga tersedia dalam kondisi beku sebagai frozen food.

Meski hadir dalam kondisi beku, bakso beku tetap memiliki cita rasa yang nikmat ketika diolah. Bakso ini mudah diolah layaknya frozen food lain, yaitu cukup digoreng, dikukus, direbus, atau dibakar. Produk ini juga sempurna dijadikan pendamping mie rebus atau dimasak bersama hidangan lain.

Seafood

Seafood rupanya juga masuk ke dalam daftar frozen food yang tersedia di pasaran. Tersedia berbagai jenis frozen food seafood yang banyak ditawarkan, mulai dari ikan, udang, gurita, cumi-cumi, hingga kerang. Tersedia pula berbagai olahan seafood yang hadir dalam kondisi beku, sehingga lebih praktis dimasak.

Bukan rahasia lagi bahwa selain dijual dalam kondisi utuh, seafood juga hadir sebagai olahan panganan baru. Misalnya saja bakso, pangsit, tempura, atau dumpling. Ada pula seafood beku yang hadir berupa potongan, misalnya saja ikan fillet yang lebih mudah dan praktis diolah.

Rekomendasi Frozen Food Seafood Terfavorit

Minaku Bola Lobster 500gr

Frozen food seafood pertama yang direkomendasikan adalah Minaku Bola Lobster 500gr. Produk keluaran Minaku ini terbuat dari bahan pilihan yang berkualitas. Pengemasannya pun dilakukan secara higienis, sehingga aman dikonsumsi.

Produk berkemasan 500 gram ini biasanya berisi 20 buah bola lobster yang nikmat. Cara penyajiannya pun praktis, cukup dibakar, digoreng, atau dicampurkan ke dalam sup. Minaku Bola Lobster 500gr telah mengantongi sertifikat halal dari MUI, sehingga aman dikonsumsi.

Harga Rp. 25.000-31.500

Cedea Salmon Ball 500gr

Bagi yang suka mengonsumsi salmon, Cedea Salmon Ball 500gr dapat menjadi pilihan praktis lauk makan. Bakso salmon ini adalah makanan instan yang terbuat dari ikan olahan pilihan. Prosesnya pun dilakukan secara higienis, sehingga menghasilkan produk yang berkualitas.

Cedea Salmon Ball 500gr diproduksi berdasarkan standar BPOM RI dan telah bersertifikasi halal dari MUI. Dengan demikian frozen food ini tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Produk olahan ikan ini dapat disajikan dengan berbagai cara, baik digoreng, dipanggang, atau direbus dengan air mendidih.

Harga Rp. 25.800-33.000

Teman Laut Baso Ikan 500gr

Bakso adalah salah satu makanan yang menjadi favorit semua kalangan. Kini membuat bakso menjadi lebih praktis dengan kehadiran bakso instan. Salah satu produk bakso instan yang bisa menjadi pilihan adalah Teman Laut Baso Ikan 500gr.

Teman Laut Baso Ikan 500gr adalah olahan ikan yang dikombinasikan dengan berbagai bahan pilihan, termasuk tepung tapioka dan minyak nabati. Produk ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang bosan dengan bakso ayam atau sapi. Selain dapat disantap dengan kuah yang segar, olahan ikan ini dapat dihidangkan sebagai pelengkap hidangan lain.

Harga Rp. 17.500-18.500

Ebi Furai Liam Seafood 250gr

Para pencinta hidangan Jepang pasti sudah tidak asing dengan ebi furai. Hidangan udang goreng dari kawasan Nagoya tersebut memang menjadi favorit karena rasanya yang nikmat dan teksturnya yang renyah di luar namun lembut di dalam. Tak perlu pergi ke restoran Jepang, dengan Ebi Furai Liam Seafood 250gr Anda bisa menyantap ebi furai dengan praktis dan mudah di rumah.

Ebi Furai Liam Seafood 250gr adalah frozen food yang terbuat dari udang segar dan pilihan. Produk dari Liam Frozen Foods ini aman dikonsumsi karena halal, tanpa pengawet maupun MSG. Tersedia tiga macam varian ukuran yang bisa dipilih, yaitu sedang, besar, dan jumbo.

Harga Rp. 46.000-50.000

Minaku Crab Stick 500gr

Crab stick adalah salah satu frozen food yang menjadi favorit semua kalangan. Meski dinamai crab stick, makanan ini adalah olahan surimi yang diwarnai menyerupai daging kepiting. Terbuat dari ikan yang dilumatkan, tak heran jika rasanya lebih mirip bakso atau sosis dengan cita rasa gurih dan manis.

Bagi yang tertarik menyantap crab stick, Minaku Crab Stick 500gr bisa menjadi pilihan. Frozen food dari Minaku ini terbuat dari bahan pilihan dan diolah secara higienis. Produk ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan, misalnya saja ditumis.

Harga Rp. 23.000-28.900

Giziplus Salmon Fish Ball 500gr

Giziplus Salmon Fish Ball 500gr adalah produk frozen food seafood terbaik berikutnya yang masuk dalam daftar rekomendasi. Dibuat dari olahan ikan laut yang segar membuatnya lebih kaya gizi. Produk dengan kemasan 500 gram ini cocok dijadikan stok lauk praktis di rumah.

Bakso ikan rasa salmon ini memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih yang banyak disukai anak-anak. Pengolahannya pun juga mudah dan praktis, cukup digoreng, dibakar, dikukus, atau ditumis untuk campuran masakan lainnya. Frozen food ini bisa bertahan hingga satu tahun bila disimpan dalam suhu -18 derajat Celcius.

Harga Rp. 28.600-31.700

Pina Pangsit Seafood Udang 250gr

Produk berikutnya yang masuk dalam daftar adalah Pina Pangsit Seafood Udang 250gr. Pangsit seafood ini dikenal dengan nama "moneybag" karena bentuknya yang mirip dengan kantung uang. Produk dari Pina ini merupakan salah satufrozen food terlaris karena rasanya yang nikmat dan komposisinya yang berkualitas.

Pina Pangsit Seafood Udang 250gr terbuat dari udang, ikan, sayuran, serta bahan lain yang bermutu dan menunjang nutrisinya. Cita rasanya yang kaya membuat pangsit ini disukai oleh anak-anak hingga dewasa. Produk ini juga aman dikonsumsi karena telah terdaftar di BPOM RI.

Harga Rp. 17.000-18.500

Cedea Fish Dumpling Cheese 200gr

Pernahkah Anda terpikirkan bagaimana rasanya perpaduan ikan dan keju? Bagi yang penasaran, Anda bisa mencoba produk Cedea Fish Dumpling Cheese 200gr. Fish dumpling ini terbuat dari ikan olahan pilihan yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Diproses secara higienis, frozen food ini juga diproduksi berdasarkan standar BPOM RI. Produk ini telah bersertifikasi halal, sehingga aman dikonsumsi. Cedea Fish Dumpling Cheese 200gr cocok disajikan dengan berbagai menu makanan lainnya atau dijadikan camilan saat berkumpul bersama keluarga.

Harga Rp. 11.000-12.900

Teman Laut Scallop 500gr

Bagi yang bingung mencari produk camilan seafood, Teman Laut Scallop 500gr mungkin bisa menjadi pilihan.

Teman Laut Scallop 500gr terbuat dari ikan segar dan juga sayuran yang berkualitas. Produk ini bisa disajikan dengan cara digoreng, dibakar, dikukus, atau direbus bersama dengan kuah kaldu. Selain untuk camilan, scallop juga bisa dijadikan lauk makan untuk anak-anak maupun dewasa.

Harga Rp. 18.500-25.000

Minaku Fish Tofu 500gr

Frozen food seafood berikutnya yang patut dicoba adalah Minaku Fish Tofu 500gr. Produk keluaran Minaku ini memadukan cita rasa tahu dan ikan yang lezat. Fish tofu alias tahu ikan ini diolah dari bahan baku pilihan dengan disertai bumbu dan rempah terbaik.

Memiliki rasa yang lezat, tahu ikan ini cocok dijadikan lauk bergizi bagi keluarga. Minaku Fish Tofu 500gr juga bisa diolah sebagai camilan praktis dengan digoreng, dibakar, atau dikukus. Diolah secara higienis, produk ini aman dan sehat dikonsumsi.

Harga Rp. 24.000-26.500

Tips Menyimpan Frozen Food dengan Baik dan Benar

Pastikan Disimpan Dalam Freezer

Meski dapat disimpan dalam waktu lama, ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar frozen food dapat tetap layak dimakan dalam waktu lama. Salah satu tips yang paling utama adalah menyimpannya di dalam freezer. Hingga saat ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan dengan menyimpan frozen food di kulkas saja, tanpa meletakkannya di freezer.

Perlu diketahui bahwa suhu kulkas bagian bawah jauh lebih hangat dari pada freezer yang telah mencapai titik beku. Frozen food yang disimpan di kulkas umumnya hanya bisa bertahan selama seminggu saja. Sementara produk yang disimpan di freezer bisa bertahan hingga berbulan-bulan.

Pastikan Disimpan Dalam Sebuah Wadah yang Tertutup

Tak sekadar masuk ke dalam freezer, pastikan pula bahwa frozen food telah disimpan ke dalam sebuah wadah yang tertutup rapat. Anda bisa menggunakan plastik khusus untuk freezer atau wadah yang kedap udara. Perlu diketahui bahwa udara hampa akan mempercepat penurunan kondisi makanan.

Menyimpan makanan di dalam wadah tertutup berguna untuk menjaga rasa, tekstur, dan juga warna makanan. Cara ini juga mencegah frozen food terkontaminasi dari bakteri maupun bau makanan lainnya. Dengan demikian produk beku tersebut dapat terjaga kualitasnya.

Dikemas Terpisah untuk Beberapa Kali Pemakaian

Alih-alih menyimpannya dalam satu wadah berukuran besar, frozen food sebaiknya disimpan secara terpisah dalam beberapa wadah. Kemas kembali frozen food sesampainya di rumah menggunakan kontainer atau plastik khusus dalam ukuran yang kecil-kecil. Anda bisa menyesuaikannya dengan seberapa banyak produk yang biasa diolah dalam sekali pengolahan.

Memisahkan frozen food dalam beberapa wadah membuat Anda tak perlu mengeluarkan keseluruhan produk saat akan mengolahnya. Dengan demikian produk dalam wadah lain tidak perlu dibuka dan tidak akan terkontaminasi. Hal ini membuat frozen food dapat mempertahankan kualitasnya lebih lama.

Beri Label Tanggal Masuk

Tips penting yang kerap dilupakan oleh para penikmat frozen food adalah mengecek tanggal kedaluwarsa. Meski dapat disimpan dalam waktu lama, bukan berarti Anda dapat mengabaikan tanggal kedaluwarsa produk. Pahami bahwa frozen food yang telah dibuka hanya dapat disimpan selama beberapa bulan dalam kondisi penyimpanan yang baik.

Meski Anda bisa menghabiskan frozen food dalam hitungan minggu, sebaiknya beri label tanggal masuk untuk memantau kapan produk sudah tidak layak dikonsumsi. Pemberian label juga membuat Anda tahu makanan mana yang sebaiknya diolah terlebih dahulu. Dengan demikian tak akan ada frozen food yang terbuang atau terlalu lama disimpan.

Pastikan Freezer Tetap Dingin dengan Stabil

Suhu freezer memegang peranan penting dalam mempertahankan kualitas frozen food. Dengan demikian, pastikan suhu freezer tetap stabil. Frozen food serta bahan makanan lain dapat bertahan selama 8-12 bulan apabila disimpan dalam freezer bersuhu -17 derajat Celcius.

Ketika listrik padam, usahakan untuk menutup pintu lemari es secara rapat agar bagian dalamnya tetap dingin. Usahakan juga untuk tidak membuka pintu freezer untuk mencegah kenaikan suhu hingga listrik kembali menyala.

From our editorial team

Jangan Hanya Frozen Food, Tetap Lengkapi Asupan Nutrisi Harian dengan Sayur

Cita rasa frozen food yang nikmat membuat makanan ini kerap dijadikan pilihan lauk untuk si kecil yang pilih-pilih makanan. Meski demikian, pastikan untuk tetap melengkapi asupan nutrisi anak dengan aneka makanan lain, seperti sayur, buah, dan susu. Anda juga bisa mengakali hidangan dengan cara memasak frozen food bersama sayur untuk memberikan cita rasa yang lebih menarik dan disukai anak-anak.