Cobain 10 Rekomendasi Bakso Udang yang Enak Berikut, Yuk! (2020)

Cobain 10 Rekomendasi Bakso Udang yang Enak Berikut, Yuk! (2020)

Bakso adalah makanan favorit banyak orang. Varian bakso ada beragam jika dilihat dari bahan daging pembuatannya. Salah satu bakso yang jadi favorit adalah bakso udang. Bakso yang satu ini tidak kalah enak dari bakso sapi. Yuk, cek rekomendasi bakso udang dari kami!

Udang, Salah Satu Seafood Favorit Kaya Manfaat

Jika bicara soal lauk di Indonesia, salah satu yang paling banyak peminatnya adalah seafood. Tidak heran ya, karena sebagian besar wilayah Indonesia memang terdiri dari lautan. Hasil laut yang melimpah membuat kita jadi lebih mudah mendapatkan aneka macam seafood yang lezat dan bergizi tinggi.

Diantara sekian banyak jenis seafood di Indonesia, udang menjadi salah satu yang paling difavoritkan. Hasil laut yang satu ini rendah kalori dan rendah lemak jenuh sehingga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Meski kandungan kolesterolnya cukup tinggi, namun asalkan kita tidak mengonsumsinya berlebihan maka akan aman saja.

Udang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti misalnya, bisa mencegah kanker. 85 gram udang kukus sudah bisa mencukupi 48 persen dari jumlah selenium harian tubuh. Selenium bisa meningkatkan kekebalan tubuh akan kanker sebanyak 13 kali lipat. Selenium juga bisa mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Udang juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut, kuku, dan kulit. Udang kaya protein yang dibutuhkan jaringan sel dalam tubuh kita. Dalam udang juga mengandung 21 persen vitamin B12 yang bisa mencegah anemia. Udang juga kaya zat besi untuk pembentukan energi. Dengan mengonsumsi udang maka kita juga bisa menguatkan tulang karena di dalam udang ada kandungan kalsium dan fosfor.

Udang kaya akan omega 3 yang bisa memberikan perlindungan kuat terhadap depresi. Dalam udang juga terkandung vitamin B3 yang bisa memproses lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi. Udang juga akan memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh.

Karena begitu banyak manfaat udang, maka tidak heran jika masyarakat mencoba mengolahnya menjadi beragam makanan. Aneka olahan udang sangat disukai, mulai dari ebi furai, tempura, nugget, bahkan bakso.

Bakso Udang Jadi Pilihan untuk yang Bosan Bakso Sapi

Beberapa dari ktia tentu kadang bosan menyantap bakso berbahan daging sapi. Kita tentu ingin rasa baru yang bikin kita jadi ketagihan agar tidak melulu makan bakso sapi. Nah, kamu yang menyukai bakso wajib coba bakso udang.

Olahan bakso udang sebenarnya sudah sejak lama ada. Ini adalah olahan bakso yang dibuat dengan bahan baku utama daging udang. Jenis bakso yang satu ini paling pas untuk para pecinta seafood. Rasa udangnya nendang dan pastinya bikin kamu lebih suka bakso udang ketimbang bakso lainnya.

Sayangnya, bakso udang jarang dijual di kaki lima. Biasanya bakso udang dijual dalam kemasan frozen sehingga untuk mendapatkannya kita harus beli ke supermarket dulu. Bakso udang frozen mudah diolah, bisa dipanaskan saja dengan cara direbus. Bisa juga diolah jadi tambahan masakan pada sop, tumisan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Bakso Udang

Bakso udang memang enak dinikmati kapan saja. kamu bisa menjadikannya camilan sehat di rumah. Selain itu, enak juga lho kalau mau membawa bakso udang untuk bepergian sebagai teman ngemil di jalan. Nah, selain beli dalam kemasan frozen, kamu juga bisa kok membuat bakso udang sendiri. Caranya mudah dan kamu tinggal ikuti resep berikut ini:

    Bahan:

  • 150 gram udang kupas yang sudah digiling halus
  • 4 sendok makan tepung sagu/tapioka
  • 4 siung bawang bawang putih, haluskan
  • 1 putih telur ayam
  • garam secukupnya

    Cara Membuat:

  • Awali dengan mencampur udang, bawang putih, dan garam di dalam wadah.
  • masukkan sagu dan putih telur lalu adoni sampai adonannya kalis.
  • Diamkan dalam lemari es selama 30 menit agar adonan tidak lembek.
  • Panaskan air di panci hingga mendidih
  • Ambil adonan bakso, bulatkan lalu masukkan ke dalam air dan masak sampai mengapung.
  • Rebus 10 menit lalu tiriskan dan siap disajikan.

Tips Memilih Bakso yang Aman Dikonsumsi

Cek Warna dan Tingkat Kekenyalan

Ketika memilih bakso udang, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah warna baksonya. Umumnya bakso yang memakai bahan segar tentu warnanya lebih gelap. Jika warna bakso terlalu cerah, biasanya bakso sudah dicampur dengan pengawet.

Hati-hati juga dengan bakso yang warnanya cenderung kekuningan mirip karet. Ini karena kemungkinan bakso tersebut sudah tercampur dengan boraks. Selain dari segi warna, kamu juga perlu memperhatikan segi kekenyalan bakso.

Jika membeli secara langsung ke supermarket, cek kekenyalannya. Jika bakso teksturnya kenyal dan garing, maka bisa diperkirakan baksonya enak dan berkualitas. Namun jika baksonya terlalu kenyal dan keras maka bisa jadi terlalu banyak campuran tepungnya.

Lihat Kemasannya

Kamu juga bisa mengecek kemasan bakso udang frozen yang akan kamu beli. Pastikan kemasannya frozennya tertutup dengan baik. Jangan terima kemasan yang rusak karena bisa jadi cepat basi. Kamu juga bisa memilih kemasan bakso udang yang sesuai dengan kebutuhan.

Ada kemasan ukuran 200 gram dan ada juga kemasan 500 gram. Jika kamu masih belum pernah mencoba baksonya, ada baiknya kamu membeli bakso kemasan kecil dulu untuk mencicipi rasanya. Jika sudh tahu rasanya enak, maka kamu bisa membeli yang kemasan besar lain kali agar bisa lebih puas menikmatinya.

Cek Tanggal Kedaluwarsanya

Hal paling penting berikutnya saat memilih bakso udang kemasan adalah mengecek tanggal kedaluwarsanya. Bakso udang frozen memang dilengkapi bahan pengawet. Namun bukan berarti baksonya bisa tahan lama meski disimpan di dalam freezer.

Usahakan membeli yang kedaluwarsanya masih lama. Pilih yang kedaluwarsanya 1 hingga 2 tahun sejak tanggal pembelian. Ini supaya kamu bisa menyimpannya dalam waktu yang lama di dalam freezer.

Jika kamu memesan bakso udang secara online, pastikan baksonya bisa tahan beberapa hari di udara luar. Saat bakso datang, sebaiknya langsung dimasukkan ke dalam freezer agar kesegarannya terjaga.

Ini Dia Rekomendasi Bakso Udang Enak untuk Keluarga

Vegood Bakso Udang Nabati

Vegood Bakso Udang Nabati ini bisa jadi rekomendasi pertama untuk kamu. Bakso ini rasanya enak dan pastinya cocok untuk santapan seluruh keluarga.

Bakso yang satu ini terbuat dari protein kedelai dan bebas produk hewani. Bakso rasa udang ini bebas pengawet dan aman dikonsumsi. Bakso ini dikemas dalam ukruan berat bersih 450 gram. Produk ini bisa tahan dua hari di luar freezer.

Harga Rp. 36.000-42.000

Tian En Xiang Shrimp Small

Rekomendasi selanjutnya adalah Tian En Xiang Shrimp Small. Terbuat dari udang kecil, produk yang satu ini dibuat tanpa pengawet. Bakso udang kecil vegetarian ini rasanya enak dan pastinya cocok dijadikan aneka hidangan.

Bakso ini bisa ditumis, dibuat asam pedas manis, sop, capcay, dan lain sebagainya. Ini merupakan makanan beku jadi hanya bisa tahan 2 x 24 jam di luar ruangan. Ketika bakso datang sebaiknya segera dimasukkan ke dalam freezer.

Harga Rp. 38.000-64.000

Tian En Xiang Baso Udang Vegetarian

Tian En Xiang Baso Udang juga patut untuk jadi pilihan. Bakso udang yang satu ini cocok untuk menambah rasa berbagai masakan vegetarian. Makanan beku ini bisa jadi bahan tumisan ataupun gorengan. Bakso ini bisa disajikan utuh bulat-bulat dan bisa juga diiris-iris dulu.

Produk ini memiliki tampilan menarik dengan sedikit warna orange mengingatkan kita pada warna udang yang sudah direbus. Bakso udang ini dikemas dalam ukruan 450 gram. Produk ini aman dikonsumsi kamu yang vegetarian.

Harga Rp. 24.000-42.000

Good Eats Prawn Ball

Good Eats Prawn Ball ini juga bisa jadi pilihan kamu. Produk yang satu ini dikemas dalam berbagai kemasan mulai dari kemasan 250 gram isi 12 butir bakso, kemasan 500 gram ini isi 25 butir bakso, dan kemasan 1 kg isi 50 butir bakso. Kamu bisa pilih kemasan yang dibutuhkan dan sesuai dengan keluarga.

Produk ini terbuat dari daging udang cincang asli. Bakso udang ini memiliki aroma gurih dan manis yang khas dengan rasa udang asli. Bakso ini bisa digoreng, disop, ditumis, dan lain sebagainya. Produk ini bebas pengawet, bebas pewarna, dan sudah terdaftar di BPOM. Bakso ini harus disimpan di dalam freezer denga suhu -18C.

Harga Rp. 25.000-44.000

Shifudo Bakso Udang

Shifudo Bakso Udang ini juga bisa jadi pilihan. Produk bakso udang ini bisa jadi pengganti bakso sapi. Tekstur bakso ini lembut dan kenyalnya pas.

Bakso ini cukup direbus beberapa saat sebelum disajikan. Bisa juga digoreng, dan diolah menjadi aneka makanan lainnya. Bakso ini rasanya enak dan tentu saja cocok disajikan pada keluarga.

Harga Rp. 11.500-15.000

Mantul Bakso Ikan/Bakso Udang

Mantul Bakso Ikan/Bakso Udang 500 gram Frozenfood ini tentu bisa jadi pilihan selanjutnya. Bakso udang ini rasanya asli udang. Dibuat dengan daging cincang udang asli, produk ini rasanya enak dan teksturnya kenyal alami.

Kamu bisa mengolahnya menjadi aneka makanan yang enak. Kamu boleh menggorengnya, menumisnya, merebusnya, dan lain sebagainya. Produk dikemas dalam ukuran 500 gram.

Harga Rp. 20.000

Shrimp Ball Seafoodking

Shrimp Ball Seafoodking ini juga cocok jadi pilihan. Produk yang satu ini dibuat dari bahan premium sehingga kualitasnya tidak perlu dipertanyakan.

Bakso udang ini cocok untuk kamu yang gemar makan seafood. Makanan beku ini sudah siap santap dan hanya perlu dipanaskan.

Dikemas dalam ukuran 500 gram, kamu perlu menyimpannya dalam keadaan beku suhu -18°C. Teksturnya kenyal dan tidak amis membuat seluruh keluarga pasti menyukainya.

Harga Rp. 41.000-45.000

Mitraku Bakso Udang

Selanjutnya ada Mitraku Bakso Udang 500 gram. Produk bakso kemasan frozen ini terbuat dari daging udang asli.

Dikemas dalam ukuran 500 gram, bakso ini cocok dikonsumsi bersama seluruh keluarga. Makanan yang satu ini bisa bebas diolah menjadi aneka masakan lezat. Cukup dipanaskan saja dan siap diolah.

Harga Rp. 31.185-37.000

Minaku Bola Udang Bakso

Minaku Bola Udang Bakso adalah rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Produk yang satu ini dibuat dari perpaduan putih telur plus udang potong yang segar.

Rasa baksonya kenyal dan tasty sehingga bikin siapa saja menyukainya. Produk ini bisa digoreng hingga dikukus. Dikemas dalam ukuran 500 gram, isinya 35 butir bakso.

Harga Rp. 11.000-32.000

Cedea Baso Ikan dan Udang

Cedea Baso Ikan dan Udang ini juga bisa jadi pilihan tepat. Makanan beku yang satu ini bisa jadi pilihan santapan yang mewah dan lezat.

Teksturnya kenyal dan rasanya gurih sehingga pasti bikin nagih. Cukup direbus dan siap disajikan. Kamu juga bisa mencampurnya dengan bahan makanan lainnya.

Harga Rp. 24.000-30.000
From our editorial team

Pilih Bakso Udang dari Aromanya

Jika membeli bakso udang secara langsung, kamu wajib mengecek beberapa hal. Mulai dari warna dan teksturnya untuk memastikan keamanan dan keaslian bahannya. Hal lain yang wajib kamu cek dari bakso udang saat membelinya adalah aromanya. Bakso udang yang enak dan nikmat tidak memiliki aroma layaknya bahan kimia melainkan aroma udang segar. Jadi pastikan mengecek aroma untuk keamanannya, ya.