Ayo, ke Palembang! Nikmati Pengalaman Berwisata yang Seru dan Menginap di 10 Hotel Ternama Ini! (2018)

Ayo, ke Palembang! Nikmati Pengalaman Berwisata yang Seru dan Menginap di 10 Hotel Ternama Ini! (2018)

Sungai Musi, Jembatan Ampera, dan pempek adalah beberapa hal yang selalu diingat orang dari Palembang. Selain ketiga hal tersebut, banyak hal yang bisa digali dari kota ini. Anda dapat mengetahuinya saat berwisata ke Palembang. Jangan lupa untuk menginap di 10 hotel pilihan di Palembang agar pengalaman Anda selama di sana bertambah menyenangkan.

Palembang, Salah Satu Kota di Sumatera yang Memiliki Riwayat Sejarah Besar

Palembang akan selalu dicatat dalam sejarah sebagai wilayah yang merupakan pusat kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini merupakan kerajaan besar Budha yang berkuasa di wilayah nusantara hampir tiga abad lamanya. Jejak-jejak kerajaan Sriwijaya bisa dilihat di museum-museum yang ada di kota terbesar kedua di Sumatera ini.

Palembang juga pernah mendapat julukan Venesia di Timur dari Pemerintah Hindia Belanda. Sebutan ini diberikan karena pada zaman dahulu terdapat banyak kanal yang melintas di kota ini. Namun sejak abad ke-19, kanal-kanal tersebut sudah banyak berganti menjadi jalan raya.

Rekomendasi Wisata Keren di Palembang yang Bisa Dijadikan Pilihan

Jembatan Ampera

Ikon paling terkenal dari Kota Palembang tentunya adalah Jembatan Ampera yang dibangun di atas Sungai Musi. Perlu waktu tiga tahun yaitu dari tahun 1962 sampai 1965 untuk menyelesaikan pembangunan jembatan ini. Jembatan ini dibangun untuk memudahkan urusan transportasi warga.

Awalnya, jembatan ini akan diberi nama Jembatan Bung Karno, sebagai penghargaan terhadap Presiden Soekarno yang berjasa dalam pendirian jembatan tersebut. Kemudian, dipilih nama Ampera yang merupakan akronim dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan Ampera dihiasi lampu hias sehingga terlihat indah di malam hari. Dari jembatan ini pula kita bisa melihat megahnya Benteng Kuto Besak yang juga merupakan bangunan bersejarah di Palembang.

Sungai Musi

Sungai Musi merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Sumatera yaitu mencapai 750 kilometer. Begitu panjangnya, sampai ada empat provinsi di Indonesia yang dilintasi sungai ini, mulai dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi, sampai Lampung.

Sungai ini sudah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Palembang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Hingga saat ini pun masih banyak penduduk yang tinggal di sekitar Sungai Musi. Jika Anda ingin mengetahui kehidupan di Sungai Musi, Anda bisa menyusuri sungai ini dengan menyewa perahu motor yang biayanya berkisar dari Rp 50.000 - Rp 100.000. Anda pun bisa sekalian berwisata kuliner karena banyak rumah makan di pinggir Sungai Musi atau rumah terapung yang menyajikan hidangan khas Palembang.

Pulau Kemaro

Tahukah Anda, ada sebuah pulau di tengah perairan Sungai Musi? Namanya adalah Pulau Kemaro, yang memiliki luas 30 hektar dan hanya dihuni oleh ratusan orang saja. Anda bisa mengunjungi beberapa situs di pulau ini, seperti Pagoda 9 Lantai, makam penunggu pulau, tempat pembakaran uang kertas, dan pohon cinta.

Di sini terdapat pula kelenteng bernama Hok Tjing Rio. Pulau Kemaro menjadi pusat kegiatan Cap Go Meh setiap tahun baru Imlek. Pulau Kemaro juga lekat dengan kisah cinta legendaris Tan Bun An, seorang pangeran dari negeri China dengan seorang putri dari kerajaan Palembang yaitu Siti Fatimah.

Anda bisa mengunjungi pulau ini dengan mudah, karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat kota. Perjalanan ke pulau ini memakan waktu 30 menit dengan perahu. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp 50 ribu - Rp 70 ribu saja.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Sumber gambar www.pergiberwisata.com

Sekitar 7 Km dari pusat Kota Palembang tepatnya di Jalan Kol. H. Burlian, Sukarami, Anda akan menemukan hutan rekreasi bernama Taman Wisata Alam Punti Kayu. Karena berada di tengah kota, Anda bisa mencapainya hanya sekitar 30 menit dari tengah kota atau sekitar 10 menit dari bandara. Hutan ini dibangun sebagai hutan lindung yang ditetapkan pada tahun 1938. Namun sejak tahun 1986 hutan ini dibuka sebagai hutan rekreasi untuk umum.

Taman wisata seluas 50 hektar ini memiliki hutan pinus dan kebun binatang mini. Anda bisa menikmati aktivitas outbound, taman air, menunggang kuda, dan berbagai kegiatan mengasyikkan lainnya. Hutan ini dibuka untuk umum pada hari Senin-Jumat (9.00-16.00) dan Sabtu-Minggu (9.00-17.00). Tiket masuknya Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak.


Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak awalnya didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I yang memerintah pada tahun 1724-1758. Dibutuhkan waktu 17 tahun untuk menyelesaikan pembangunan benteng ini. Bangunan yang luasnya kurang lebih 288 meter x 183 meter ini berada di depan sungai Musi dengan desain bergaya Perancis. Materialnya menggunakan bahan batu kapur dari Ogan Komering Ilir.

Benteng Kuto Besak juga merupakan salah satu kebanggaan warga Palembang. Saat ini bangunan tersebut menjadi kantor Kodam II Sriwijaya. Namun Anda juga bisa melihat-lihat benteng ini dan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu per orang.

Rekomendasi Hotel di Palembang yang Bisa Dijadikan Pilihan Menginap

Aston Palembang Hotel & Conference Centre

Sumber gambar www.pegipegi.com

Hotel mewah bintang 4 yang satu ini berdiri di jantung kota Palembang. Jaraknya dekat dengan Palembang Square, bandara, juga pusat bisnis dan ekonomi Palembang. Dengan menginap di hotel ini, Anda memiliki kemudahan untuk mencapai beberapa tempat terbaik di Palembang.

Tidak hanya itu, fasilitas dan desain hotel ini juga begitu mewah. Anda bisa menyewa kamar yang dilengkapi dengan TV satelit, brankas, mini bar, dan shower. Anda juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti olahraga di gym, pijat SPA, serta hidangan menu barat dan lokal yang lezat di lidah.

Jenis kamar yang dimiliki oleh hotel ini antara lain deluxe, junior suite, dan executive suite. Anda bisa memesan kamar di hotel ini melalui situs web seperti Pegipegi, Traveloka, dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp 1 juta 500 ribuan per malam. Atau, kunjungi saja langsung hotel ini di Jalan Jendral Basuki Rahmat No.189, Talangaman, Kemuning, Palembang.

Favehotel Palembang

Sumber gambar docs.google.com

Hotel yang satu ini juga terletak di Jalan Basuki Rahmat, tepatnya di Jalan Basuki Rahmat no. 1681. Berdiri di tengah kota menjadikan hotel ini dekat ke berbagai destinasi wisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Palembang Trade Centre, dan Taman Wisata Punti Kayu. Cukup ditempuh degan waktu tidak sampai 30 menit.

Ukuran kamarnya luas, yaitu 28 meter persegi, juga dilengkapi dengan fasilitas yang mewah seperti meja kerja, AC, TV satelit, kamar mandi, dan lain sebagainya. Nikmati juga fasilitas lain seperti kolam renang, restoran, ruangan non-smoking, sarapan di restoran hotel, juga layanan kamar yang siap dan cepat.

Hotel dengan fasilitas bintang 3 ini bisa Anda pesan di situs webs Pegipegi, Traveloka dan lain-lain dengan harga mulai dari Rp 400 ribuan.

Novotel Palembang Hotel & Residence

Sumber gambar www.agoda.com

Hotel yang satu ini didesain kreatif dan keren dengan arsitektur yang menawan berbentuk benteng. Berdiri di sudut kota Palembang, tepatnya di Jalan R. Sukamto no. 8A, Palembang. Meskipun berada di pinggiran kota, namun lokasinya sangat dekat dengan Palembang Trade Centre juga beberapa lokasi wisata di Palembang lainnya.

Hotel ini memiliki 194 kamar dengan fasilitas yang lengkap dan modern. Setiap kamar dilengkapi dengan kamar mandi besar, TV satelit, wifi, minibar dan lain-lain. Fasilitas umum di luar kamar seperti gym, lapangan tenis, kolam renang dan lain-lain bisa juga Anda nikmati. Makanan bisa dicicipi di dua restoran yang berada di dalam hotel, dengan rasa yang nikmat dan menu ala barat juga lokal.

Pemesanan kamar hotel ini bisa dilakukan melalui situs agoda.com, traveloka.com atau pegipegi.com. Tarif kamar mulai dari Rp 977 ribuan per malam dan Anda sudah bisa menikmati fasilitas terbaik dari hotel bintang 4 ini.

Red Planet Palembang

Sumber gambar www.klikhotel.com

Letak hotel yang satu ini sangat strategis yaitu berada dekat bandara, Jembatan Ampera, dan Benteng Kuto Besak. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk ongkos berjalan-jalan ke Palembang. Setiap kamarnya dilengkapi dengan akses WiFi gratis, shower, tempat tidur berkualitas tinggi, AC, brankas, pengering rambut, dan TV LCD ukuran besar.

Di luar kamar, Anda bisa mencoba jasa pijat dan spa. Anda bisa memesan kamar di hotel ini lewat situs Agoda, Traveloka, Pegipegi, dan berbagai situs penyedia jasa sewa hotel lainnya. Harga sewa kamar mulai dari Rp 306 ribuan.

The Arista Hotel Palembang

Sumber gambar www.pegipegi.com

Hotel bintang 5 yang terletak tepat di jantung kota Palembang ini adalah salah satu hotel yang ternama di wilayah Sumatera Selatan. Letaknya di Jalan Kapten A. Rivai, Palembang. Jaraknya dekat dengan bandara dan berbagai destinasi wisata menarik di Palembang.

Apalagi sebagai hotel dengan status bintang 5, ada banyak fasilitas mewah yang bisa Anda nikmati di hotel ini. Setiap kamar dilengkapi dengan TV kabel dengan layar HD sebesar 32 inci, bar mini, telepon, alat pembuat teh dan kopi, air mineral, brankas, setrika, dan tempat tidur berkualitas tinggi. Juga ada jaringan Wifi yang bisa Anda nikmati gratis. Anda bisa memesan kamar di hotel ini lewat situs Agoda, Pegipegi, Booking, dan Traveloka dengan harga mulai dari Rp 975 ribuan.


BATIQA Hotel Palembang

Sumber gambar www.hotelscombined.com

Hotel yang terletak di Jalan Kapten A Rivai no. 219, Palembang ini memiliki nuansa batik dalam dalam desain interior ruangannya. Karena itu, nuansa khas Indonesia begitu kental terasa ketika masuk ke hotel ini. Fasilitas hotelnya juga mumpuni, lo. Anda bisa menikmati koneksi WiFi yang kencang dan gratis di setiap kamar, juga berbagai fasilitas lain seperti spa, lounge, meeting room, private dining room, business center service, layanan kamar 24 jam, dan lain-lain.

Kelebihan lainnya adalah hotel ini memiliki jarak yang dekat dengan sejumlah destinasi wisata, pusat kuliner dan belanja di Palembang, dan bandara. Pesanlah kamar di hotel ini melalui berbagai situs seperti Trivago, Traveloka, Pegipegi, dan Booking dengan harga mulai dari Rp 387 ribuan per malam.

Grand Zuri Palembang

Sumber gambar www.booking.com

Ada satu hotel lagi yang letaknya hanya beberapa langkah saja dari Stadion Sultan Agung, Stadion Gelora Sriwijaya, dan Pusat Kota Palembang Complex. Hotel tersebut adalah Hotel Grand Zuri Palembang yang terletak di Jalan Rajawali no.8, Palembang. Lebih kerennya, hotel ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan bisa memanjakan Anda. Di hotel bintang 3 ini tersedia kolam renang, wifi gratis, sauna, pusat kecantikan dan spa, staff yang siap melayani 24 jam, coffee shop, dan hiburan musik. Anda bisa memesan kamar di hotel ini melalui Traveloka, Pegipegi, dan Agoda, serta situs serupa lainnya. Harga sewa kamarnya mulai dari Rp 1 juta 400 ribuan per malam.

Hotel Aryaduta Palembang

Sumber gambar www.wego.co.id

Ini adalah salah satu hotel paling ternama di Palembang yang merupakan hotel bintang lima yang dilengkapi dengan fasilitas kelas dunia. Setiap kamar dilengkapi dengan TV, DVD player, pembuat kopi dan teh, mantel hujan, akses eksklusif ke the executive lounge, dan lain-lain. Tersedia pula kolam renang, pijat dan spa, gym, serta lapangan golf. Layanan kamar selama 24 jam menjadikan Anda akan lebih nyaman ketika menginap di hotel ini.

Hotel Aryaduta Palembang terletak di Jalan POM IX Palembang Square. Jaraknya juga dekat dengan bandara serta Jembatan Ampera. Anda bisa memesan kamar hotel melalui berbagai situs online seperti Traveloka, Pegipegi, Agoda dan Booking. Tarif kamar per malam mulai dari Rp 900 ribuan.

THE 1O1 Palembang Rajawali

Sumber gambar www.traveloka.com

Hotel yang satu ini terletak di Jalan Rajawali nomor 18, Ilir Timur II Palembang yang dekat dengan Masjid Agung Palembang dan warung pempek terkenal yaitu Pempek Beringin dan Pempek Vico. Fasilitas kamar yang tersedia adalah akses WiFi, TV kabel, sofa dan sebagainya. Nikmati pula layanan kamar 24 jam, kolam renang, gym, dan spa. Anda bisa memesan hotel ini dari beberapa situs seperti Agoda, Traveloka, Pegipegi, dan Booking. Harga sewa kamar per malam mulai dari Rp 600 ribuan.

Hotel Santika Radial Palembang

Sumber gambar www.agoda.com

Hotel Santika Radial adalah hotel berbintang yang bisa Anda jadikan pilihan ketika berkunjung ke Palembang. Fasilitas kamarnya modern, lengkap, serta nyaman. Anda juga akan mendapatkan sarapan gratis, akses WiFi gratis, dan hiburan dari TV layar datar ukuran besar. Restoran di dalam hotel ini menyediakan berbagai menu dari dalam dan luar negeri.

Setiap kamar dilengkapi dengan AC, TV layar datar, dan kamar mandi pribadi. Hotel ini terletak di Jalan Brigjen HM Dhani Effendi no. 1688 yang dekat dengan bandara dan Jembatan Ampera. Pesan kamar ini di berbagai situs penyedia jasa sewa hotel online seperti Agoda, Trivago, Traveloka, Pegipegi, dan berbagai situs lainnya. Tarif sewa kamar per malam mulai dari Rp 500 ribuan.

From our editorial team

Memilih Hotel yang Dekat dengan Tempat Wisata

Jika memang tujuan Anda ke Palembang adalah untuk berwisata, hotel-hotel yang direkomendasikan dalam artikel ini sudah sangat pas, karena dekat dengan sejumlah destinasi wisata menarik. Jika hotelnya jauh dari lokasi wisata, Anda harus mengeluarkan dana tambahan untuk biaya transportasi. Hal ini tentu tidak efektif, bukan?

Tag