Tips Makeup Awet Muda dan 10 Rekomendasi Kosmetik untuk Usia 30 Tahun ke Atas (2021)

Tips Makeup Awet Muda dan 10 Rekomendasi Kosmetik untuk Usia 30 Tahun ke Atas (2021)

Wanita tidak bisa dijauhkan dari kosmetik. Namun seringkali kita was-was dengan kosmetik yang kita gunakan. Kita pun seringkali khawatir makeup wajah akan membuat usia tampak lebih tua dari semestinya. Intip dulu tips makeup untuk usia 30 tahun ke atas agar tampak awet muda. Cek juga rekomendasi kosmetik yang cocok untuk usia 30 tahun ke atas, ya!

Kamu Bisa Tetap Cantik di Usia 30 Tahun ke Atas

Usia 30 tahun ke atas kadang menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang, utamanya bagi para wanita. Ini karena sudah mulai muncul tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Memasuki usia 30 tahun ke atas, pastinya sudah ada banyak usaha yang dilakukan agar wajah awet muda dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar terlihat awet muda. Salah satunya adalah dengan menjaga asupan makan. Ingatlah pepatah "we are what we eat". Apa yang kita makan akan bisa terlihat dari kesehatan dan kondisi kulit kita. Hindarilah konsumsi makanan cepat saji, junk food, dan aneka minuman bersoda. Perbanyaklah konsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi seperti sayuran dan buah segar yang menutrisi kulit dengan lebih baik.

Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan mineral tubuh dalam sehari. Pastikan kamu mengonsumsi 2 liter air putih dalam sehari. Air putih bisa membantu membuang racun berbahaya dalam tubuh.

Bersihkan juga wajahmu dengan rutin usai keluar rumah. Jangan biarkan makeup menempel lama pada wajah tanpa dibersihkan. Bersihkan juga wajah setiap bangun tidur dan ketika akan tidur. Dengan begini, kesehatan kulit wajah akan lebih terjaga.

Hindarkan diri dari stres berlebihan. Stres berlebihan bisa bikin kamu jadi lebih cepat keriput dan memunculkan garis halus. Saat stres melanda, segera hibur diri dengan melakukan hobi dan lain sebagainya yang bisa menyenangkan suasana hati.

Cukupi kebutuhan istirahat agar kondisi kulit terjaga. Tidurlah yang cukup agar kulit tetap pada kondisi prima. Cukup istirahat akan bikin sel kulit mati lebih mudah terangkat dan membuat kulit lebih bersih, cerah, dan lembap alami.

Berbagai kebiasaan baik di atas jika rutin dilakukan maka akan memberi manfaat baik pada kulitmu. Kamu bisa tetap tampil cantik secara alami dengan cara ini. Kamu juga bisa memakai makeup yang sesuai dengan usiamu. Nah, intip tipsnya agar makeup yang kamu kenakan tidak menunjukkan bahwa usia kamu 30 tahun ke atas.

Tips Makeup agar Tampak Awet Muda

Pastikan Kulit Sudah Benar-Benar Siap untuk Dirias

Pastikan wajah kamu siap untuk dirias sebelum mengaplikasikan makeup. Gunakan skincare yang sekiranya bisa mengondisikan kulit sebelum dirias. Kamu bisa gunakan toner, serum, essence, hingga moisturizer yang sesuai kondisi kulitmu. Jangan lupa memilih produk dengan kandungan antiaging agar bisa menghidrasi kulit dengan baik dan membuat tampilan kulit jadi lebih sempurna.

Jangan lupa juga memakai sunscreen. Ini tidak boleh ketinggalan. Kamu tentu tidak mau kulitmu makin kering dan makin muncul tanda-tanda penuaan di wajah akibat paparan sinar UV.

Selain itu, gunakan juga lip balm agar bibir lebih lembap sebelum diaplikasikan pewarna bibir. Kamu juga bisa mengaplikasikan eye cream untuk membuat tampilan mata bebas bengkak dan menyamarkan area gelap di bawah mata.

Perhatikan Makeup Mata

Untuk riasan mata, banyak yang harus diperhatikan. Kita mulai dari alis wajah. Bagi kamu yang berusia 30 tahun ke atas, wajib diketahui bahwa bertambahnya usia membuat alis makin tipis. Maka dari itu, ada baiknya kamu mengisi alismu. Hindari mengisinya terlalu tegas agar tidak terkesan norak. Kamu bisa memakai spoolie brush mascara untuk meratakan dan menghaluskan alis yang sudah digambar tipis-tipis.

Untuk eyeliner juga wajib kamu perhatikan. Pertegas garis mata memakai eyeliner warna cokelat. Ini supaya kesan hasilnya lebih lembut dan kalem. Hindari produk yang kontras dengan kulit seperti eyeliner hitam. Tampilan mata bisa menjadi terkesan lebih tua.

Kamu yang ingin memakai eyeshadow juga wajib ketahui tips pentingnya. Hindari memakai eyeshadow shimmer secara berlebihan karena bisa menonjolkan garis halus pada mata. Hindari juga penggunaan eyeshadow warna gelap jika tak ingin terlihat tua. Gunakan eyeshadow warna natural atau kalem agar kesannya lebih muda.

Jangan lupa memakai maskara. Dalam memilih maskara, kamu yang berusia 30 tahun ke atas sebaiknya memilih maskara yang dapat memberikan efek memanjangkan bulu mata agar kesannya lebih alami.

Pilih Foundation Ringan dan Gunakan Concealer

Dalam makeup, peran foundation dan concealer tentu sangat krusial. Keduanya bisa menyamarkan kekurangan pada wajah seperti flek hitam, warna kulit tidak merata, dan bekas jerawat. Maka dari itu, pemilihan keduanya harus tepat.

Kamu bisa pilih foundation, BB cushion, dan produk serupa yang bisa digunakan sebagai makeup base. Pilih yang formulanya ringan sehingga makeup tidak terkesan dempul dan terlalu tebal. Foundation yang ringan di wajah tidak akan terasa berat di wajah dan tidak akan memperjelas tekstur kulit kita. Ratakan produk foundation dengan beauty sponge agar lebih halus dan natural kesannya. Untuk warnanya, kamu bisa pilih tone yang kekuningan atau warm tone.

Produk concealer-nya juga wajib dipilih secara teliti. Pastikan kamu memilih concealer sesuai kebutuhan kulitmu. Semisal, kulit kamu berjerawat, maka pilih concealer yang bisa menutupi noda bekas jerawat. Agar concealer tidak terkesan retak atau pecah, kamu bisa memilih concealer yang dilengkapi dengan formula melembapkan.

Gunakan Lipstik yang Tepat

Makeup kita akan makin lengkap dengan lipstik. Maka dari itu, pilihlah lipstik yang pas untuk melengkapi riasan wajah. Kamu bisa memilih lipstik dengan hasil akhir berkilau. Ini akan memberi kesan bibir lebih lembap. Tambahkan juga lip liner agar bibir terkesan lebih penuh.

Untuk warna lipstiknya, kamu boleh memilih warna lipstik yang sesuai dengan skin tone. Ini supaya kesannya lebih fresh dan natural. Hindari memilih warna lipstik yang terlalu gelap karena bikin kesan wajah lebih tua.

Ini Loh, Deretan Kosmetik Wajah untuk Usia 30 Tahun ke Atas

Y.O.U The Simplicity Perfect Glow BB Cream

Y.O.U The Simplicity Perfect Glow BB Cream adalah produk pilihan pertama dari kami. Ini bisa jadi pengganti foundation kamu. Produk ini bisa meratakan warna kulit kamu sehingga makeup terkesan flawless. Hasil akhirnya begitu halus sehingga membuat wajah tampak segar.

BB cream ini ringan di wajah jadi riasan tidak mudah pecah. Ada teknologi skin tone perfector yang bisa membuat kulit tampak lebih sehat dan tanpa noda. Ada pelembap dan antioksidan juga sehingga kulit lebih terlindung dari radikal bebas. Kamu lebih aman beraktivitas di bawah terik matahari karena produk ini memiliki UV protection.

Produk ini cocok untuk semua jenis kulit. Ada varian Vanilla dan Honey yang bisa kamu pilih. Dikemas dalam tube ukuran 25 ml, produk ini mudah dibawa kemana saja.

Harga Rp. 38.000-55.000

Luxcrime Stay Last Setting Spray

Luxcrime Stay Last Setting Spray bisa kamu gunakan sebelum dan sesudah makeup. Setting spray ini akan membuat makeup lebih tahan lama dan sempurna di wajah. Ketahanannya hingga 12 jam. Wajah pun tampak menjadi segar.

Formula produknya ringan karena memakai micro partikel spray. Dengan shine control formula maka riasan tidak akan terkesan terlalu berminyak. Produk ini dibuat tanpa paraben dan alkohol sehingga lebih aman untuk kulit sensitif sekali pun.

Harga Rp. 61.700-215.000

Avoskin Advanced Action Eye Ampoule

Avoskin Advanced Action Eye Ampoule ini bisa mempersiapkan tampilan sekitar mata agar tampak lebih sehat dan segar. Gunakan sebelum kamu merias wajah agar mata terbebas dari kesan mata panda. Di dalamnya kaya akan peptide, niacinamide, dan kandungan ekstrak bahan alami. Bahan-bahannya membuat krim mata ini memberikan hasil luar biasa.

Produk ini akan merawat kulit di area mata. Kekencangan kulit area mata lebih terjaga dan bebas mata gelap. Krim mata ini bisa membantu produksi kolagen alami pada kulit sehingga menunda munculnya kerutan pada mata. Produk ini aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Harga Rp. 179.000-199.000

Wardah UV Shield Active Protection Serum

Wardah UV Shield Active Protection Serum wajib kamu gunakan setiap hari. Produk ini akan membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Praktis dan mudah digunakan, pastinya kamu mudah membawanya kemana saja. Cukup dioleskan saja pada bagian wajah dan tubuh yang diinginkan. Sunscreen ini hadir dengan SPF 50. Tidak luntur meskipun terkena air karena ada fitur Waterproof Active.

Harga Rp. 55.000-65.000

Safi Age Defy Day Emulsion SPF 25 PA++

Safi Age Defy Day Emulsion SPF 25 PA++ merupakan pelembap yang bisa kamu gunakan untuk berhias setiap hari. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan kulit sepanjang hari. Krim ini dilengkapi dengan light diffusing crystal dari gold extract dan silk protein. Kedua bahan tersebut bisa meratakan warna kulit dan menjaga kelembapannya.

Krim ini dilengkapi dengan SPF 25 yang bisa melindungi kulit dari UVA dan UVB. Dikemas dalam jar ukuran 20 gram, produk ini praktis dibawa kemana saja. Wajah jadi lebih kenyal, segar, dan lembap seharian.

Harga Rp. 59.000-118.000

Maybelline FitMe Concealer

Maybelline FitMe Concealer adalah pilihan tepat untuk menyamarkan kekurangan pada wajah. Concealer ini bikin wajah tampak segar meski kamu tidak memakai makeup tebal. Lingkaran gelap pada mata pun dapat tertutupi dengan baik. Concealer dari Maybelline ini akan bisa menyatu sempurna tanpa gumpalan dan tidak pecah juga.

Coverage concealer ini cukup tinggi. Hasilnya natural dan mengesankan. Formulanya ringan dan mudah diratakan pada wajah. Ada banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit.

Harga Rp. 71.000-94.000

Y.O.U Eyeshadow Palette Natural Perfect

Y.O.U Eyeshadow Palette Natural Perfect ini adalah produk yang mengagumkan. Eyeshadow pallette ini hadir dengan warna matte dan shimmer yang halus dan menakjubkan. Pigmentasinya tinggi sehingga tidak perlu terlalu banyak memakainya. Teksturnya creamy dan halus jadi lebih mudah dibaurkan.

Harga Rp. 58.000-67.000

Sulwhasoo Perfecting Cushion Intense SPF50+

Sulwhasoo Perfecting Cushion Intense SPF50+ ini cocok untuk kamu yang ogah ribet. Produk ini bisa menjadi makeup base yang sempurna. Terbuat dari bahan-bahan alami, cushion ini tak hanya menyempurnakan riasan namun juga bisa meremajakan kulit. Ada kandungan ekstrak pinus merah yang akan mengencangkan kulit sehingga tak ada lagi tanda-tanda penuaan dini. Ada juga kandungan ekstrak bunga plum dan radiance pearl power complex yang bikin wajah tampak awet muda.

Coverage produk ini medium dengan hasil akhir satin. Wajah terlihat lebih kenyal, lembap, dan sehat. Dengan SPF dan PA yang tinggi, cushion ini akan melindungi kulit dari sinar matahari. Ada banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan warna kulit.

Harga Rp. 340.000-805.000

Make Over Silky Smooth Translucent Powder

Make Over Silky Smooth Translucent Powder adalah pilihan kosmetik lain untuk kamu. Bedak yang satu ini hadir dengan moisturizer sehingga mampu melembapkan wajah dengan maksimal. Produk ini juga cocok untuk kulit kering. Tekstur bedaknya lembut dan ringan di wajah. Riasan jadi tampak lebih natural. Kamu bisa mengaplikasikan dengan spons atau kuas. Ada banyak pilihan warna yang tersedia. Hasil akhir bedak adalah matte.

Harga Rp. 85.000-123.000

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip

Make Over Hydrastay Smooth Lip Whip wajib untuk kamu gunakan. Produk ini bikin bibir lembap alami dan terlihat sehat. Ada kandungan pelembap seperti jojoba esters dan aneka minyak alami lainnya. Warnanya tahan lama dan pigmentasinya cukup tinggi. Teksturnya lembut dan bisa menutup garis bibir dengan sempurna. Ada 12 pilihan warna cantik yang bisa kamu pilih dari produk ini.

Harga Rp. 60.000-105.000
From our editorial team

Hindari Memakai Bedak Terlalu Tebal

Agar makeup kita makin sempurna, bedak wajib digunakan. Produk ini fungsinya adalah mengunci makeup agar lebih tahan lama dan membuat tampilan riasan lebih halus. Namun, meski fungsinya bagus untuk riasan, sebaiknya kamu tidak memakainya terlalu tebal di wajah. Bedak yang terlalu banyak menempel di wajah malah bisa membuat kulit lebih kering. Selain itu, pemakaian bedak yang terlalu tebal juga bisa bikin kulit lebih cepat menua.