20 Rekomendasi Destinasi Wisata Yogyakarta 2022 yang Wajib Dikunjungi

20 Rekomendasi Destinasi Wisata Yogyakarta 2022 yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ke Yogyakarta tidak pernah membosankan! Anda akan selalu menemukan tempat baru yang unik dengan pemandangan indah. Simak rekomenasi dest

Berwisata ke Yogyakarta Tidak Pernah Membosankan!

Tidak bisa dipungkiri, Yogyakarta masih menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Setiap tahun selalu saja ada tempat baru untuk dieksplorasi di provinsi yang terletak di Pantai Selatan Jawa ini. Mulai dari wisata alam hingga tempat-tempat bersejarah, semua bisa ditemukan di Yogyakarta!

Destinasi Wisata Yogyakarta Terbaru 2022 Buat Anda Kunjungi

Mahaloka Paradise

Sumber gambar www.wisatainfo.com

Mahaloka Paradise terletak di Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini buka setiap hari, dari pukul 7 pagi hingga pukul 7 malam. Harga masuknya Rp 20.000 per orang, dan ini sudah termasuk voucher makanan.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai menu makanan dan minuman yang bisa dinikmati sambil melihat-lihat pemandangan sawah yang asri. Cocok juga untuk dijadikan tempat nongkrong bersama keluarga maupun teman, sambil menyegarkan pikiran melihat alam hijau.

Museum Monumen Yogya Kembali

Yogyakarta terkenal dengan suasananya yang klasik, serasa masuk ke dalam mesin waktu saat berada di sana. Tidak heran, karena dalam sejarahnya, Yogyakarta memang banyak mengalami peristiwa penting di masa lampau.

Saat berwisata ke Jogja, singgahlah di Monumen Jogja Kembali atau yang dikenal dengan singkatannya, Monjali. Monjali dibangung untuk memperingati hari bersejarah saat Yogyakarta berhasil direbut kembali dari tangan Belanda.

Rumah Hantu Malioboro

Sumber gambar jogja.tribunnews.com

Bagi Anda pecinta rekreasi yang memicu adrenalin, datanglah ke Rumah Hantu Malioboro saat ke Jogja. Rumah hantu ini terletak di Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, buka setiap sore hingga malam.

Di dalam “rumah” ini, Anda akan dibikin merinding dengan suasana yang horor. Namun pengalaman berada di dalam “rumah hantu” ini akan menjadi hal yang berkesan untuk Anda. Ajaklah keluarga atau teman-teman untuk bersama-sama menikmati sensasinya supaya semakin seru!

Teras Kaca

Sumber gambar www.kompasiana.com

Ada lagi nih, tempat wisata di Jogja yang akan memicu adrenalin Anda. Namanya, Teras Kaca. Seperti namanya, tempat ini merupakan teras berlantai kaca, di mana Anda bisa melihat pemandangan laut biru nan cantik dari ketinggian.

Di Teras Jogja juga ada wahana ayunan ekstrem yang membuat Anda merasa seolah-olah melayang di atas laut. Ada juga spot foto unik seperti becak terbang, kursi putih raksasa, serta kapal yang terbuat dari kaca.

Air Terjun Kembang Soka

Sumber gambar travel.detik.com

Air terjun Kembang Soka ini terletak di lembah sungai Perbukitan Menoreh, di desa Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore dengan harga tiket masuk Rp 6.000 per orang.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah beserta suara gemericik air terjun. Airnya yang membiru sangat cantik dan menyegarkan mata. Anda bisa menikmati suasana alam yang asri sambil berenang untuk melepaskan stress dalam pikiran Anda.

HeHa Ocean View

Sumber gambar www.kabarposnews.co.id

Di HeHa Ocean View, Anda bisa menikmati pemandangan laut dari tebing pantai selatan. Untuk bisa masuk, Anda cukup membayar Rp 15.000-20.000 per orang. Tempat rekreasi ini terletak di Bolang, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan pada pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam.

Ada banyak spot menarik yang bisa Anda sambangi di HeHa Ocean View Jogja ini, seperti HeHa Airplane, Air Balloon, Terra Curve, Trinity Glass, Pink Horizon, serta ada banyak lagi spot lainnya. Tempat yang menarik untuk melihat laut sambil foto-foto unik dan cantik.

Obelix Hills

Sumber gambar travel.kompas.com

Ada lagi tempat untuk melihat panorama alam di Jogja, yaitu Obelix Hills. Di area The Plaza of Star, Anda bisa duduk santai di bean bag sambil menikmati sunset atau taburan bintang pada malam hari. Ada pula sekitar 30 spot foto di sini, seperti ayunan di pinggir tebing, lantai kaca Sky Walk, serta bangunan warna-warni seperti rumah-rumah di Meksiko.

Tempat wisata ini berlokasi di Klumprit, Blok I & 2, Wukirharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, buka pukul 10.00 s.d 21.00 (weekday) dan 07.00 s.d 21.00 (weekend). Harga tiket masuknya Rp 15.000-Rp 20.000 saja.

Pantai Watu Kodok

Sumber gambar www.alodiatour.com

Pantai indah berpasir putih ini berlokasi di Kelor Kidul, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Namanya Pantai Watu Kodok. Dinamakan Watu Kodok karena konon katanya ada 2 tebing besar mirip kodok yang terletak di bagian timur dan barat pantai. Wah, seperti apa sih batu kodok itu?

Bayar rasa penasaran Anda dengan mengunjungi pantai ini secara langsung! Tempat wisata ini juga sudah memiliki fasilitas seperti kamar mandi, mushola, restoran, tempat penginapan, camping ground, serta area parkir yang sangat luas untuk motor, mobil, hingga bus pariwisata.

Candhari Heaven

Sumber gambar travelingyuk.com

Katanya, di Chandari Heaven merupakan tempat di Jogja tapi rasa Bali. Candhari Heaven ini sebenarnya merupakan restoran sekaligus villa yang berlokasi di Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiket masuknya adalah Rp 100.000 (alias untuk harga minimal order).

Di sini, ada kolam renang yang menghadap langsung ke sebuah bangunan menyerupai candi, yang merupakan salah satu spot foto yang hits. Ditambah lagi, Anda bisa menyaksikan panorama Candi Prambanan dan latar Gunung Merapi yang menakjubkan dari sini. Tempat ini buka pada pukul 10.00 - 20.00 WIB.

Puncak Becici

Sumber gambar www.genjosholiday.com

Nuansa alam yang hijau nan menyegarkan mata juga dapat Anda nikmati di Puncak Becici, yang berada di Gunung Cilik RT 07/RW 02, Muntuk Dlingo, Bantul. Di sini terdapat hutan pinus yang memukau, asri, dan menyejukkan.

Puncak Becici juga tak kalah menakjubkan pada saat malam hari. Dari sini, Anda bisa menikmati lanskap kota Jogja yang penuh gemerlap lampu dari ketinggian. Hamparan kerlap kerlip lampu kota pada malam hari menjadi hiburan tersendiri.

Wisata Sejarah Kotagede

Kotagede merupakan wilayah di Jogja yang kaya akan sejarah. Anda dapat menelusuri sisa-sisa peradaban Kerajaan Mataram Islam di sini. Bahkan disana juga terdapat kompleks pemakaman pendiri kerajaan dengan nuansa sentuhan arsitektur bercorak Hindu.

Di wilayah ini juga terdapat Masjid Kotagede dan komplek cagar budaya rumah tradisional yang sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Yogyakarta, terutama bagi Anda yang menyukai wisata bertema sejarah dan budaya.

Sendang Sono

Sumber gambar artikel.rumah123.com

Sendang Sono merupakan tempat wisata bernuansa religius di Jogja, terutama bagi umat Kristiani. Tempat yang dibuka sejak sekitar tahun 1904 ini akan memberikan pengalaman religi yang unik. Terdapat relief sejarah Kristus, Bunda Maria dan 12 Rasul pertama Kristus di sini.

Tempat ini juga pernah menjadi salah satu tempat syuting film 3 Hari untuk Selamanya (2007), sebagai salah satu tempat yang mendadak dikunjungi oleh Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti dalam film itu.

Ramayana Ballet

Ramayana Ballet atau sekarang juga disebut sebagai Sendratari Ramayana Prambanan adalah salah satu spot wisata yang layak Anda kunjungi saat di Jogja. Di sini, Anda dapat menyaksikan pertunjukan sendratari (seni drama dan tari) sebagai pengalaman yang mengesankan saat berada di Yogyakarta.

Tempat ini merupakan panggung terbuka di Prambanan, dengan ukuran 14 m x 50 m yang dibagun sebagai bangunan yang menyatu dengan Candi Prambanan (Candi Siwa). Sambil menikmati tari, Anda juga sekalian menikmati latar candi yang menyatu dengan lingkungan alam seperti Gunung Merapi dan langit biru.

Alun Alun Kidul

Sumber gambar museumnusantara.com

Alun-Alun Kidul terletak di belakang bangunan Keraton Yogyakarta. Lokasinya juga dekat dengan Malioboro, dan biasanya cukup ramai pengunjung, apalagi pada malam hari. Ada banyak hiburan super murah yang bisa Anda nikmati di Alun-Alun Kidul ini.

Di sini juga terdapat dua batang beringin yang cukup terkenal. Anda juga bisa memainkan sebuah permainan yang tak kalah terkenal, yaitu masangin, singkatan dari masuk dua beringin. Aturan mainnya sangat sederhana, Anda hanya perlu menutup mata lalu berjalan lurus sekitar 20 meter dari depan Sasono Hinggil menuju tengah-tengah 2 beringin tersebut.

Hutan Pinus Mangunan

Sumber gambar pinterest.com

Ada lagi nih wisata hutan pinus di Jogja, yaitu Hutan Pinus Mangunan Dlingo, di Bantul. Anda tak perlu takut, karena hutan ini sudah dikelola dengan sangat baik sehingga Anda tak mudah kesasar karena arah menuju lokasi terlihat jelas. Tempat ini dibuka pada pukul 6 pagi hingga 6 sore, dengan harga tiketnya gratis.

Area di dalamnya sangat cantik untuk dijadikan sebagai latar foto yang instagramable. Selain sebagai tempat foto-foto, Anda juga bisa melakukan camping, outbond, atau sekadar bersantai menghirup udara bersih di sini.

Suwatu By Mil & Bay

Sumber gambar travel.kompas.com

Suwatu by Mil&Bay merupakan restoran yang menyajikan aneka kuliner lokal. Menariknya, 95% bahan-bahan baku restoran didapatkan langsung dari masyarakat setempat. Restoran ini juga memiliki desain yang mengusung konsep Bali lengkap dengan atribut dan pernak-pernik khas Pulau Dewata. Dari sini, Anda bisa menikmati pemandangan gunung, bukit, dan beberapa candi.

Selain restoran, Suwatu by Mil&Bay juga menyediakan fasilitas villa, dengan kolam renang, 3 kamar tidur dengan masing-masing kamar mandi, dapur, ruang makan, WiFi, AC, serta pemanas air, juga tentunya terdapat area parkir.

Pantai Wohkudu

Sumber gambar liburmulu.com

Tempat wisata bahari selanjutnya yang ada di Yogyakarta adalah Pantai Wohkudu, yang berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini merupakan area yang cocok untuk berkemah.

Biaya sewa tenda pun cukup murah, yaitu mulai Rp 20.000, dengan fasilitas MCK yang memadai. Di sini, Anda bisa menikmati pesona indahnya pemandangan tebing di sepanjang pantai. Juga ada banyak batu karang besar di sini.

Taman Sungai Mudal

Sumber gambar campatour.com

Di daerah Kulon Progo Jogja, ada Taman Sungai Mudal, tempat Anda bisa menikmati sensasi bermain air yang menyegarkan. Di Taman Sungai Mudal ini juga terdapat pepohonan yang tumbuh di sekitar aliran sungai.

Siapkan outfit yang sesuai untuk berenang di air yang membiru nan cantik ini. Jika Anda tak mau berenang dan hanya sekadar ingin berfoto cantik untuk mengupdate feed baru, juga bisa, karena tempat ini begitu instagramable.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Sumber gambar jogjakeren.com

Ingin menikmati suasana gurun di Indonesia? Ada Gumuk Pasir Parangkusumo di Jogja yang bisa Anda sambangi. Tempat wisata ini sangat unik, karena dipenuhi dengan hamparan pasir yang bergunduk-gunduk, mirip seperti bukit.

Di sini, Anda bisa sandboarding atau berselancar di atas pasir, berkeliling menaiki Jeep, dan tentunya berswafoto. Tempat ini berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dengan jam operasional pukul 7.00 - 18.00. Tiket masuknya gratis lho!

Menoreh Sky Bridge

Sumber gambar suwatu.com

Ingin menikmati pemandangan sawah di Jogja? Datanglah ke Menoreh Sky Bridge. Ada beragam spot instagramable ini sini, mulai dari jembatan bambu di tengah sawah, tempat duduk rotan yang aesthetic, sarang burung yang unik, sampai payung-payung putih yang cantik.

Menoreh Sky Bridge ini terletak di Kerikil, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat ini buka setiap pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. Untuk masuk, Anda cukup membayar Rp 15.000 (weekday) dan Rp 20.000 (weekend).

From our editorial team

Mau Liburan ke Yogyakarta? Bikin Rencana yang Matang Ya!

Banyaknya destinasi wisata Yogyakarta seperti rekomendasi BP-Guide di atas akan membuat Anda bingung memilih. Nah, buat Anda yang berencana liburan ke Yogyakarta, sebaiknya rencanakan dengan baik daftar destinasi yang akan dikunjungi. Pastikan waktu Anda cukup untuk eksplorasi ya!

Tag