Jangan Lupa Borong 9 Rekomendasi Snack Jogja Ini Sebagai Oleh-oleh saat Berkunjung ke Yogyakarta

Jangan Lupa Borong 9 Rekomendasi Snack Jogja Ini Sebagai Oleh-oleh saat Berkunjung ke Yogyakarta

Berkunjung ke Yogyakarta tentu tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khasnya dan juga membawa oleh-oleh. Ada banyak pilihan snack Jogja yang bisa jadi pilihan buah tangan lho! Mau tahu snack Jogja yang bisa kamu coba? Cek daftarnya berikut ini!

Snack Khas Jogja Sudah Dikenal di Seluruh Indonesia

Sumber gambar citraindonesia.com

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang sarat akan suasana damai dan budayanya. Kota pelajar ini banyak menarik wisatawan dalam dan luar negeri. Dari segi wisata, memang Yogya menghadirkan banyak tempat yang menarik dan sayang untuk dilewatkan kala liburan.

Kalau sedang liburan di Yogya, alangkah sayangnya jika kamu tidak mencicipi ragam kulinernya. Selain makanan berat seperti gudeg, tentu kamu wajib tahu aneka snack khasnya. Jajanan khas dari kota gudeg ini banyak dikenal hampir di seluruh Indonesia. BP-Guide akan mengenalkan kamu pada beberapa jajanan khas yang laris manis nih, simak terus ya.

Fakta Unik Snack Jogja yang Selalu Bikin Kangen

Harganya yang Murah Meriah

Sumber gambar inset.or.id

Yogya adalah salah satu destinasi wisata yang tak hanya sarat dengan tempat wisata alam namun juga tempat wisata kuliner. Jajanan kaki lima hingga jajanan toko bakery di sana sayang banget jika dilewatkan. Rasanya beragam dan pastinya bisa bikin kamu ketagihan. Hal yang paling menonjol adalah harganya yang murah meriah. Harga camilannya bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 5.000 saja.

Jajanan Pasarnya yang Terkenal

Sumber gambar blog.titipku.com

Biar tidak bingung mau ke mana untuk membeli semua jajanan khas Jogja, kamu bisa kunjungi tempat bernama pasar tradisional. Di pasar tersebut, pastinya dengan mudah kamu akan menemukan deretan jajan pasar yang nikmat dan unik yang terkenal dari zaman dulu hingga sekarang.

Tidak Lepas dari Budaya Masyarakatnya

Sumber gambar eatjogja.com

Jajanan dari Yogya memiliki ciri yang menonjol loh. Salah satunya adalah tidak lepas dari budaya masyarakatnya. Misalnya saja kala pernikahan, ada seserahan makanan bernama jadah manten. Jajanan tradisional ini dibuat memang untuk seserahan dengan tujuan supaya hubungan kedua mempelai makin erat.

Selain itu budaya masyarakatnya untuk berkumpul dan bercengkerama juga erat dengan jajanan tradisionalnya. Kala berkumpul, selain kopi, ada jajanan tradisional yang menemani seperti gethuk.

Berencana ke Yogya? Ini Tempat Terbaik untuk Berburu Snack

Mirota

Sumber gambar Source URL

Kalau berkunjung ke Yogya, pastikan sebelum pulang kamu mesti mampir ke Mirota Bakery. Toko kue ini lokasinya ada di kawasan Kotabaru. Sudah berdiri 13 tahun lamanya, toko ini menjual aneka kue lengkap dari yang tradisional hingga modern.

Kamu bisa menemukan gethuk, fruitcake, hingga cheesecake di sini loh. Rasa kuenya begitu enak dan semuanya masih segar. Harga kuenya juga beragam mulai dari Rp 5.000.

Pasar Beringharjo

Sumber gambar www.alvarotrans.com

Pasar tradisional wajib kamu kunjungi kalau sedang ke Yogya. Salah satunya Pasar Beringharjo ini. Sudah berdiri sejak 1758, pasar ini hingga kini masih menjadi salah satu pusat ekonomi di sana.

Kamu bisa menemukan banyak hal yang dijual di sini. Kamu bisa belanja batik, aneka jajanan tradisional, gadget, bahkan hingga aneka barang antik. Masing-masing memiliki lokasi tersendiri dan kamu bisa menawar harganya juga di tempat ini. Pasar ini buka dari mulai pukul 7 pagi.

Jalan Malioboro

Sumber gambar bonvoyagejogja.com

Malioboro adalah salah satu jalan paling hits di Yogya. Para wisatawan lokal maupun mancanegara pastinya tidak akan melewatkan tempat yang satu ini. Suasananya begitu khas, damai, dan santai sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Di Jalan Malioboro, kamu bisa nongkrong, ngopi, berbelanja batik, hingga membeli aneka snack. Ada banyak lapak kaki lima di sini yang menjajakan barang dagangannya. Jangan lupa menawar kala membeli di sini, ya.

Ini Dia daftar Snack Jogja yang Bisa Jadi Oleh-oleh

Bakpia

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kota Yogya paling khas dengan jajanan bernama bakpia. Satu yang paling dikenal adalah Bakpia Pathok 145. Ada aneka rasa yang ditawarkan dari rasa kacang hijau, keju, cokelat, hingga susu.

Dengan rasanya yang enak, ukuran bakpianya cukup besar. Kamu bisa membeli di jalan Kusumanegara No. 151, Yogyakarta. Tempat tersebut buka dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam.

Jika tidak berada di Yogya, kamu bisa membeli Bakpia Pathok 25 Jogja Rasa Kacang Hijau di Tokpedia. Dalam satu kemasan berisi 15 buah. Ada juga pilihan rasa lainnya yang bisa kamu coba. Dengan berat 525 gram, produk tanpa pengawet ini akan kedaluarsa dalam 6 hari. Dapatkan dengan harga Rp 34.000.

Cokelat Monggo

Sumber gambar katalogkuliner.com

Kalau ke Yogya jangan lupa mampir ke Monggo Shop yang ada di jalan Tirtodipuran, Mantrijeron. Tempat yang buka sejak pukul 8 pagi ini begitu nyaman untuk nongkrong. Di tempat ini kamu bisa mendapati lezatnya cokelat Monggo khas. Diramu dengan teliti, cokelatnya hadir dengan berbagai rasa.

Cokelat Monggo 100 gram Asli Jogja bisa dibeli secara online. Varian rasanya banyak, ada dark 58%, praline, chasew nut, hingga rasa jahe. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 52.900.

Yangko Pak Prapto

Sumber gambar www.bukalapak.com

Yang satu ini juga asli dari Jogja, namanya Yangko. Kue berbahan tepung ketan ini rasanya manis dan gurih. Salah satu yang populer adalah Yangko Pak Prapto yang sudah berdiri sejak tahun 1921. Ada berbagai varian rasa yang nikmat dikemas dalam kotak. Kamu bisa ke Jalan Pramuka No. 82, Yogyakarta untuk membelinya. Tempat ini buka mulai pukul 8 pagi, ya.

Kamu juga bisa membelinya secara online. Yangko Pak Prapto berisi 30 buah bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 28.000.

Geplak

Sumber gambar shopee.co.id

Kalau ke Yogya jangan lupa memborong kue geplak. Terbuat dari campuran gula dan kelapa, kue ini juga diberi aroma dan pewarna. Geplak bisa jadi buah tangan yang populer loh. Saat ini geplak sudah banyak dimodifikasi dengan pilihan rasa yang lebih beragam.

Geplak Bantul Asli Jogja ini bisa jadi pilihan kamu. Dikemas dalam ukuran 500 gram, produk ini nikmat dikonsumsi bersama keluarga. Kamu bisa membelinya di Shopee dengan harga Rp 30.000.

Lanting

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lanting merupakan snack khas dari Jogja. Berbahan singkong, camilan ini cocok untuk menjadi pengganti krupuk karena rasanya yang renyah serta gurih. Lanting Rasa Bawang Gurih ini hadir dalam kemasan 400 gram. Snack yang satu ini bisa dimakan sebagai camilan atau bisa juga dimakan bersama nasi. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 17.000.

Krasikan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jenang Krasikan juga menjadi salah satu buah tangan wajib bawa nih kalau kamu dari Yogya. Teksturnya kenyal dan sedikit kasar. Jenang ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan manisnya gula merah dengan sedikit garam sebagai bumbunya.

Jenang Krasikan Murah ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 10.000.

Gethuk

Sumber gambar www.tokopedia.com

Jajanan bernama gethuk juga wajib kamu cicipi kala menginjakkan kaki di Yogya. Camilan berbahan singkong ini hadir dalam berbagai warna. Kamu bisa ke Pasar Pundong untuk menemukan jajanan ini.

Getuk Gethuk Marem Khas Magelang Yogyakarta ini cocok untuk kamu nikmati selama perjalanan. Berbahan ketela yang sudah dihaluskan, jajanan ini dibuat tanpa pengawet. Teksturnya empuk layaknya permen karet dan rasanya manis yang pas. Dapatkan 1 dus berisi 16 biji di Tokopedia dengan harga Rp 34.000.

Jadah Manten

Sumber gambar www.pesansaja.com

Sesuai namanya, jajanan ini kerap kali ditemukan dalam acara resmi seperti pernikahan. Umumnya jajanan ini diisi dengan daging ayam atau sapi dan dimasak dengan dibakar atau dipanggang. Jajanan ini dapat mudah diperoleh di pasar Ramadan Kauman atau kampung Ramadan Jogokariyan.

Jadah Manten LARIZO bisa menjadi pilihan kamu. Jajanan pasar ini bisa dipesan 1 hari sebelumnya. Kamu bisa memesannya dengan harga Rp 3.400 di website Pesan Saja atau Gerai Bika Ambon LARIZO.

Wajik

Sumber gambar www.bukalapak.com

Wajik adalah makanan berbahan beras ketan yang dicampur dengan santan dan juga gula merah. Ciri khas rasanya adalah manis dan gurih. Teksturnya sedikit lengket terutama saat dipotong-potong. Biasanya jajanan ini bisa ditemukan di pasar tradisional.

Wajik Week Gula Jawa 850gram Tanpa Pengawet Magelang Punya bisa memuaskan rasa penasaran kamu akan jajanan ini. Dibuat dengan cara tradisional sehingga rasanya begitu nikmat. Dikemas plastik tersegel sehingga mutunya terjamin. Makanan ini tahan 3 hari usai diproduksi. Dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 55.000.

From our editorial team

Nikmatnya Snack Jogja

Yogya tidak hanya dikenal dengan kesederhanaannya dan juga budayanya saja. Di sini aneka makanan lezat dan otentik bisa kamu temukan. Ada rasa yang berbeda kala kamu menikmati kuliner khas di daerah asalnya. Nikmatnya bersantap akan makin terasa apalagi jika kamu makan bersama keluarga besar. Kalau kamu ngidam snack Jogja, kamu tak harus pergi ke sana karena snack tersebut bisa dibeli di toko online.