10 Rekomendasi Mainan Barbie untuk Kado Anak atau Keponakan Tercinta (2021)

10 Rekomendasi Mainan Barbie untuk Kado Anak atau Keponakan Tercinta (2021)

Rasanya tidak ada anak perempuan di dunia ini yang tidak menyukai boneka Barbie. Barbie bisa menjadi sarana mereka untuk belajar bermain peran layaknya orang dewasa. Melalui artikel berikut, BP-Guide akan memberikan rekomendasi mainan Barbie yang bisa dijadikan kado untuk anak perempuan atau keponakan tercinta.

Barbie Jadi Mainan Favorit Semua Anak Perempuan

Sumber gambar www.toysrus.ca

Siapa sih anak perempuan yang tidak kenal dan tidak suka dengan boneka Barbie? Barbie adalah boneka cantik dengan rambut panjang yang banyak diminati oleh anak-anak mulai dari usia 2 sampai 10 tahun. Tidak jarang, perempuan dewasa juga masih suka dengan boneka Barbie dan menjadikannya koleksi.

Seiring berjalannya waktu, boneka Barbie juga mengalami perubahan. Kini Barbie memiliki warna kulit dan gaya rambut yang beragam, hingga warna mata yang berbeda-beda lho. Siapa sangka juga kalau boneka Barbie ternyata sudah berusia lebih dari 70 tahun!

Fakta Unik Barbie yang Kamu Harus Tahu

Terinspirasi dari Anak Perempuan Pendirinya

Sumber gambar blogspot.com

Siapa sangka ternyata asal mula ditemukannya boneka Barbie sangat unik dan sederhana. Ruth Handler, penggagas boneka Barbie, suatu saat meilhat putrinya yang bernama Barbara bermain boneka dan mendandani boneka tersebut layaknya orang dewasa. Kala itu, belum ada mainan boneka yang bentuknya mirip dengan manusia.

Kebanyakan boneka yang dijual pada saat itu berbentu bayi. Melihat hal ini, Handler kemudian mencetuskan ide brilian untuk memproduksi sebuah boneka mainan anak-anak dengan bentuk wanita dewasa. Nama Barbie yang dipakai sampai saat ini adalah nama panggilan Barbara, putri Handler.

Awalnya Tidak Ada Perusahaan yang Mau Memproduksi Boneka Barbie

Meski kini menjadi salah satu mainan paling legendaris di dunia, produksi Barbie hingga diluncurkan secara resmi mengalami banyak hambatan karena tidak ada perusahaan yang mau merealisasikan ide Handler.

Ketika ia berkunjung ke Jerman, Handler berjalan-jalan bersama kedua anaknya. Saat itulah ia menemukan boneka berbentuk gadis remaja dengan rambut pirang ekor kuda, lengkap mengenakan sepatu plastik dan anting-anting Bild Lilli. Handler kemudian membawa boneka tersebut kembali ke Amerika untuk ditunjukkan kepada Mattel.

Barbie Lahir di New York, 9 Maret 1959

Sumber gambar pinterest.com

Upaya Handler untuk menjadikan Barbie sebagai mainan anak-anak akhirnya menemui titik terang saat ia mampu meyakinkan Mattel dengan menunjukkan boneka Bild Lili. Desain Barbie sendiri terinspirasi dari ide yang diberikan oleh Barbara, anak perempuan Handler.

Barbie secara resmi diluncurkan pada 9 Maret 1959 di American Toy Fair, New York City. Sampai saat ini tanggal tersebut menjadi tanggal kelahiran Barbie dan setiap tahun Mattel merayakannya sebagai hari ulang tahun Barbie.

, Barbie juga Punya Silsilah Sendiri

Sumber gambar youtube.com

Kalau kamu adalah pencinta Barbie, kamu pasti tidak hanya kenal dengan Ken, tetapi boneka-boneka yang lainnya juga. Seperti sebuah keluarga, mereka ternyata adalah saudara-saudara Barbie lho. Barbie punya lima orang adik bernama Stacie, Skipper, Kelly, serta si kembar Tutti dan Todd. Sahabat-sahabat Barbie yang tidak kalah cantik bernama Midge, Christie, dan Teresa.

Nama lengkap Barbie sendiri adalah Barbara Millicent Roberts, sementara ayahnya bernama George Roberts dan ibunya adalah Margareth Roberts.

Ada Penyakit Kejiwaan Bernama Barbie Syndrome

Sumber gambar dailymotion.com

Barbie seringkali dianggap sebagai sosok yang sempurna dan banyak wanita yang terobsesi ingin menjadi seperti Barbie. Ahli kejiwaan menyebut penyakit ini sebagai Barbie Syndrome.

Salah satu yang paling terkenal adalah model asal Ukraina bernama Valeria Lukyanova. Ia begitu ingin menjadi seperti Barbie hingga melakukan perubahan pada wajah dan tubuhnya secara ekstrem untuk menjadi seperti Barbie. Perubahan fisik yang sangat drastis membuatnya dijuluki sebagai Barbie hidup.

Cara Membedakan Boneka Barbie Asli dengan yang Palsu

Kualitas Barbie Palsu Sangat Buruk

Sumber gambar bringmethenews.com

Barang asli dan palsu dapat dibedakan dari sisi kualitasnya. Barbie palsu memiliki kualitas buruk yang bisa dilihat dari bentuknya. Misalnya fitur wajah yang terlihat aneh, gerinda sambungan plastik, hingga jahitan rambut dan kepala yang tidak rapi.

Rambut Barbie asli dijahit dengan teliti, sedangkan rambut Barbie palsu biasanya hanya dilem saja. Jika rambut Barbie asli terlihat sangat cantik dan terurai seperti rambut sungguhan, maka rambut pada Barbie palsu terlihat kusut dan tidak beraturan.

Barbie Asli Hanya Buatan Mattel

Sumber gambar wikipedia.org

Satu-satunya produsen resmi Barbie di seluruh dunia adalah Mattel. Jadi jika dalam kemasan atau boneka Barbie tidak ada tulisan "MATTEL", maka patut dicurgai bahwa boneka tersebut mungkin palsu. Di bagian pinggang biasanya terdapat cap MATTEL yang disertai dengan nama negara tempat boneka tersebut diproduksi seperti "MATTEL, INC. CHINA".

Barbie Palsu Berbau Menyengat

Sumber gambar pinterest.com

Barbie asli terbuat dari bahan-bahan berkualitas yang aman dimainkan oleh anak-anak. Namun Barbie yang palsu tidak terlalu mempedulikan hal ini. Terlihat dari baunya yang sangat menyengat, bahkan sebelum bungkusnya dibuka. Ini menandakan bahwa bahan yang digunakan untuk membuat Barbie palsu ini bukan bahan berkualitas yang bisa-bisa berbahaya untuk anak-anak.

Rekomendasi Boneka Barbie untuk Anak Perempuan

Barbie Doll and Pool Playset

Mainan lucu pertama yang direkomendasikan adalah Barbie Doll and Pool Playset. Boneka Barbie yang cantik ini siap menyambut musim panas dengan kolam renang yang sangat mudah untuk diisi dan dikosongkan kembali. Dilengkapi dengan tangga dan seluncuran yang bisa dinaiki oleh si Barbie sendiri lho.

Barbie cantik ini dirancang untuk anak usia 3 sampai 7 tahun. Perlengkapan aksesorinya dapat melatih daya imajinasi si kecil. Mereka pasti akan suka mendandani Barbie dengan berbagai pilihan pakaian renang dengan warna-warna cerah dan gambar bunga yang sangat menyenangkan!

Harga Rp. 250.000-500.000

Barbie Wellness Relaxation Brunette Doll

Barbie Wellness Relaxation Brunette Doll adalah mainan bertema perawatan diri yang pasti sangat menyenangkan untuk anak-anak. Satu set permainan terdiri dari Barbie, anak anjing, boneka, serta 8 aksesori dengan tema Wellness. Barbie bisa bersantai sebelum tidur dengan secangkir cokelat dan menulis jurnal.

Melalui mainan ini, si kecil bisa belajar bermain peran. Permainan menjadi semakin realistis dengan 11 sendi di bagian keher, bahu, siku, pinggul, lutut, dan pergelangan tangan. Produk asli dari Mattel ini cocok dimainkan oleh anak mulai usia 3 sampai 7 tahun.

Harga Rp. 270.000-500.000

Barbie Dreamtopia Dress Up Doll Gift Set Blonde 3 Fashions

Barbie Dreamtopia Dress Up Doll Gift Set Blonde 3 Fashions adalah bagian dari Barbie Fairytale Dress Up dengan 3 jenis pakaian fantasi yang berbeda. Ada duyung, putri, dan peri yang bisa dikenakan secara bergantian! Potongan-potongannya dapat dipadukan untuk menciptakan karakter dongeng yang diinginkan. Detailnya pun sangat unik dengan kupu-kupu dan batu permata yang cantik.

Di dalam satu set mainan ini sudah dilengkapi dengan tiara warna merah muda, sepatu merah muda, dan rok berkilauan dengan motif kupu-kupu. Mainan ini didesain untuk anak usia 3 sampai 7 tahun untuk melatih imajinasinya melalui berbagai macam permainan yang menarik.

Harga Rp. 200.000-450.000

Barbie Travel ​Chelsea Doll and Acessories

Bersiaplah untuk berpetualang dengan Barbie Travel ​Chelsea Doll and Acessories. Satu set mainan ini terdiri dari boneka Chelsea nan lucu dengan anak anjing kesayangannya yang siap untuk jalan-jalan. Dilengkapi dengan koper bepergian dan akeseori selama perjalanan seperti headphone dan handphone.

Chelsea tampil dengan rok merah muda gemerlap, lengkap dengan sepatu merah muda yang serasi serta kacamata hitam dengan bingkai merah muda. Tidak ketinggalan anak anjingnya yang terlihat begitu bersemangat untuk segera memulai petualangan.

Harga Rp. 150.000-400.000

Barbie Stroll n Play Pups Doll and Playset

Satu lagi nih set boneka Barbie dengan anak anjing super lucu. Kali ini dilengkapi dengan stroller khusus untuk mendorong mereka. Barbie Stroll n Play Pups Doll and Playset mengajak kamu untuk bepergian bersama Barbie dan dua anak anjing kesayangannya.

Kereta dorong yang unik ini bisa memuat dua anak anjing sekaligus. Kereta dorong dibuat dengan detail khusus, desainnya modern, penuh warna, dan sangat realistis. Rodanya bisa bergulir sungguhan serta dilengkapi dengan pengait untuk menaruh tas serta pegangan stroller agar bisa didorong oleh si Barbie. Mainan ini cocok dijadikan hadiah untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 250.000-370.000

Barbie Ken Career Wildlife Vet Playset with Doll

Barbie Ken Career Wildlife Vet Playset with Doll adalah mainan yang akan memberikan pengalaman roleplay sebagai dokter hewan. Disertai dengan berbagai perlengkapan untuk menunjang pekerjaan sebagai dokter hewan, juga suasana satwa liar yang membuat mainan ini jadi semakin menyenangkan. Ada bayi cheetah dan bayi monyet serta pusat perawatan satwa liar dimana mereka bisa menerima pengobatan.

Ken tampil sangat stylish dengan kaos berkerah warna hijau muda yang dipadukan celana warna khaki. Di lehernya menggantung stetoskop, mencerminkan pekerjaannya sebagai dokter hewan. Item lain yang termasuk ke dalam aksesori ini adalah ban gantung untuk berayun, tempat tidur gantung mini, area kandang, meja, botol, dan banyak aksesori lainnya.

Harga Rp. 320.000-450.000

Barbie Dreamtopia Mermaid Doll - Purple

Latih imajinasi anak dengan Barbie Dreamtopia Mermaid Doll - Purple yang datang dari negeri dongeng. Barbie cantik ini memiliki ekor gemerlap dengan detail yang fantastis. Mahkota di rambutnya yang panjang memberikan sentuhan akhir pada penampilannya yang sempurna. Ekor boneka ini bisa ditekuk, membiarkan anak-anak untuk bercerita sesuai dengan imajinasinya.

Harga Rp. 170.000-250.000

Barbie Signature 75th Anniversary Doll

Merayakan ulang tahunnya yang ke-75, Mattel sebagai produsen resmi Barbie meluncurkan edisi istimewa, Barbie Signature 75th Anniversary Doll. Barbie cantik ini hadir dalam tatanan rambut yang jadul dengan pakaian renang warna hitam putih yang klasik ala tahun 1959. Baju renang tanpa tali ini hadir dalam potongan vintage yang sangat fashionable.

Boneka ini pernah diproduksi pada 1959 dan kembali diproduksi untuk edisi spesial. Barbie Gold Label Collection ini menampilkan tubuh Silkstone untuk pertama kali. Cocok banget nih buat para penggemar Barbie yang ingin nostalgia dengan Barbie zaman dahulu.

Harga Rp. 700.000-1.200.000

Barbie Fashionistas 120 Doll Dream All Day

Bukan sembarang Barbie, Barbie Fashionistas 120 Doll Dream All Day ini juga sangat istimewa lho. Hadir dengan 6 tipe tubuh berbeda, 9 warna kulit, 6 warna mata, 11 warna rambut, 10 gaya rambut, dan banyak aksesori penunjang penampilannya. Salah satunya seperti Barbie dengan atasan putih tanpa lengan dan rok bergaris yang mengkilap.

Barbie muncul bak fashionista modern dengan waran rambut pirang platinum dan ombre biru yang sangat trendi. Rambut panjangnya juga sangat mudah untuk diatur kembali lho. Mainan ini diciptakan untuk anak usia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 160.000-280.000

Barbie Dreamhouse Adventure Stacie Doll

Terakhir ada Stacie Doll dari Barbie Dreamhouse Adventure. Boneka ini hadir dalam pakaian khas yang simpel namun tetap trendy. T-Shirt bergaris warna kuning dipadukan dengan jaket warna-warni serta celana pendek berbahan denim. Untuk memberikan sentuhan akhir, ia mengenakan sepatu putih kasual.

Anak-anak bebas berimajinasi dengan tampilan Stacie yang sangat kasual ini. Mainan ini dibuat untuk melatih kreativitas anak usia 3 sampai 7 tahun untuk menjelajahi semua cerita favorit dan mencoba petualangan baru.

Harga Rp. 130.000-200.000
From our editorial team

Simpan Boneka Barbie dengan Baik Agar Tidak Cepat Kotor

Setelah membaca rekomendasi dari BP-Guide di atas, kamu tidak perlu bingung lagi untuk memilih boneka Barbie yang asli. Namun yang harus kamu tahu, boneka Barbie juga perlu dirawat dengan baik agar tetap terlihat bersih. Jangan buru-buru membuang kemasannya ya. Taruh kembali boneka Barbie pada kotaknya agar tidak mudah ditempeli debu dan kotoran.