Tips Memberi Kado Mainan Boneka untuk Buah Hati Anda dan 11 Rekomendasi Mainan Boneka yang Lucu

Tips Memberi Kado Mainan Boneka untuk Buah Hati Anda dan 11 Rekomendasi Mainan Boneka yang Lucu

Buah hati Anda pastinya akan merasa gembira ketika momen seperti ulang tahun dihadiahi dengan mainan boneka. Terutama kepada anak perempuan Anda yang secara alamiah menyukai mainan boneka. Nah tips apa saja sih dalam memilih boneka, dan juga alternatif pilihan apa saja yang mungkin pas dengan buah hati Anda? Berikut BP-Guide akan memberi ulasan mengenai hadiah boneka untuk buah hati.

Boneka Sangat Identik dengan Anak Perempuan dengan Bentuk dan Ukuran yang Beragam

Memang selama ini tidak ada aturan yang mengatakan bahwa anak perempuan harus bermain boneka dan anak laki-laki bermain sepak bola. Namun, secara alamiah memang anak perempuan lebih tertarik dengan permainan sejenis boneka karena ada stereotype seperti itu.

Jenis boneka sendiri ada banyak sekali, mulai dari bentuk binatang, karakter film, bayi, dan juga Barbie. Saking banyaknya jenis boneka ini dan hampir semuanya lucu, tidak heran jika Anda justru kebingungan dan ingin membeli banyak jenis boneka.

Cara Tepat Memilih Boneka untuk Anak Perempuan

Terbuat dari Bahan yang Aman

Sumber gambar www.amazon.com

Untuk memilih mainan bagi anak perempuan, hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah bahan mainan tersebut. Pastikan bahan mainan aman bagi anak Anda, sesuai dengan usia dan kemampuannya dalam bermain. Apakah mainan tersebut terbuat dari katun, plastik, bebas bahan kimia berbahaya atau tidak. Dan pastikan apakah bagian-bagian boneka itu mudah dilepas atau tidak.

Keamanan bahan ini perlu diperhatikan karena anak-anak cenderung memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Jangan sampai bahan beracun yang ada di mainan tersebut berpindah ke tubuhnya.

Hindari mainan yang mengandung plastik PVC (polyvinyl chloride). Bahan PVC ini mengandung zat karsinogenik seperti vinyl chloride, dioksin dan phthalates.

Pilih Boneka yang Berukuran Sesuai Ukuran Tubuh Anak

Selain bahan, ukuran boneka juga patut dipertimbangkan oleh orang tua ketika hendak memberikan mainan kepada anaknya. Ukuran boneka yang terlalu besar akan membuat anak Anda kesulitan dalam memainkannya. Bahkan, bisa jadi anak Anda justru takut dengan boneka tersebut. Ukuran boneka yang tepat untuk anak Anda adalah maksimal tiga perempat dari ukuran si anak.

Namun, tidak disarankan juga untuk memilih mainan yang terlalu kecil karena bisa berbahaya bagi si anak itu sendiri. Hingga anak berusia kurang lebih tiga tahun, pilihlah mainan yang tidak lebih kecil daripada mulut anak.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan tersedak atau tertelan. Sebab, anak-anak di usia tersebut memiliki kebiasaan untuk memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya.

Sesuaikan dengan Umur

Tips kedua untuk memilih mainan yang tepat untuk anak Anda adalah sesuaikan dengan kategori usianya. Biasanya, pada label mainan sudah ada peringatan atau kategori usia berapa mainan itu bisa digunakan.

Kategori usia tersebut tentu saja hasil pertimbangan berbagai aspek, seperti tingkat kemampuan dan kedewasaan anak. Menggunakan mainan yang tidak tepat dengan kategori usia anak bisa jadi membahayakan anak tersebut.

Untuk usia tiga tahun, sebaiknya Anda pilih boneka bayi manusia atau boneka binatang dalam bentuk yang sesungguhnya. Selain bisa digunakan untuk bermain, boneka ini juga bisa membantu anak belajar untuk mengenal bentuk-bentuk yang sesungguhnya.

Sedangkan untuk anak perempuan usia empat tahun, boneka fesyen dan aksesori bisa Anda pilih untuk membantu perkembangan anak. Boneka ini juga bisa dijadikan sarana belajar, seperti mengajarkan anak bagaimana berpakaian dengan sopan dan menggambarkan usia ketika dewasa kelak.

Sesuaikan dengan Kepribadian Anak

Sumber gambar www.bestkiddy.com

Memilih boneka untuk anak juga bisa ditentukan lewat kepribadian dari anak itu sendiri. Anak yang cenderung memiliki kepribadian yang penyayang dan peduli dengan sekitar, boneka berbentuk bayi mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Namun jika anak lebih ingin teman bermain yang sebaya dengannya, boneka anak balita lebih tepat bagi anak Anda. Sedangkan untuk anak usia enam sampai tujuh tahun, lebih cocok bermain dengan boneka fashion dan bisa bermain bersama teman-teman atau saudara yang sebaya dengannya.

Selain kepribadian, jenis kelamin anak Anda juga menentukan mainan apa yang cocok untuknya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa boneka akan memberi dampak dan pengaruh psikologis bagi pembangunan karakter anak Anda, sebab interaksi anak Anda dan bonekanya akan merangsang rasa empati dan simpatinya.

Anak laki-laki cocok diberi boneka dengan bentuk tokoh kartun laki-laki atau binatang. Sedangkan anak perempuan lebih cocok diberikan boneka tokoh kartun perempuan dan hewan-hewan yang lucu.

11 Hadiah Mainan Boneka yang Bisa Diberikan untuk si Kecil

Istana Boneka Guling Couple Jumbo Elephant Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Istana Boneka (Isbon) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di industri mainan lunak dan mengalami perkembangan yang sangat cepat. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1999 ini menjadi terkenal karena proses perancangan desain dan pembuatan yang cepat serta berkualitas premium.

Hingga saat ini, Isbon telah memasok ke tidak kurang dari 40 toko mainan di seluruh negeri. Meskipun Isbon adalah merek lokal, produknya tetap tidak kalah saing dari segi kualitas, keunikan, maupun harga.

Salah satu produk dari Isbon yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Istana Boneka, Boneka Guling Couple Jumbo Elephant. Sesuai dengan namanya, mainan ini berupa boneka guling dengan karakter gajah yang berdesain fun dan playful. Dari segi bahan sendiri Anda tidak perlu khawatir karena dijamin terbuat dari bahan berkualitas tinggi.

Mainan ini cocok untuk melengkapi koleksi boneka Anda maupun Anda jadikan hadiah untuk orang spesial. Jika Anda tertarik, Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 299.000.

Disney Frozen Olaf Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Talking Olaf atau yang dikenal dengan Boneka Olaf, yaitu salah satu film Disney yang berjudul Frozen, adalah salah satu yang menjadi kesukaan anak-anak di masa sekarang. Olaf yang berbentuk manusia salju yang lucu ini telah dibuat mainan anak-anak.

Bahkan, Boneka Olaf sengaja dirancang untuk bisa mengikuti apa yang kita ucapkan. Keunggulan lain dari Boneka Olaf ini adalah bisa bergerak-gerak dengan gerakan yang lucu.

Boneka Disney Frozen Olaf memiliki desain yang playful dan dapat membantu kreativitas dan imajinasi anak Anda baik dalam bermain peran maupun ketika bercerita. Untuk kategori usia sendiri, Boneka Disney Frozen Olaf sendiri direkomendasikan untuk anak-anak usia tiga tahun ke atas. Dengan harga Rp 273.000 di Blibli, Anda sudah bisa mendapatkan boneka dengan bahan yang berkualitas ini.

Hugo Boneka Singer Baby Boneka Susan

Sumber gambar www.blibli.com

Hugo Boneka Singer Baby Susan merupakan jenis boneka Baby Singer, yaitu boneka yang bisa bernyanyi, berbicara dan menangis. Cocok untuk buah hati Anda yang berusia tiga tahun keatas dan dapat merangsang kreativitas anak-anak.

Boneka ini memiliki tinggi 38 cm dan menggunakan baterai AA 2 pcs, dan terdapat dua mode suara dari boneka Susan. Mode 1 yaitu dapat berbicara Mama bila ditekan tangan kanan, dapat berbicara Papa bila ditekan tangan kiri, dapat tertawa bila ditekan kaki kanan, dan dapat menangis jika ditekan kaki kiri. Jika Anda ingin menggantinya ke mode 2, cukup dengan menekan dadanya dan boneka ini akan berganti mode.

Jika ditekan tangan kanan, maka boneka ini bernyanyi dalam delapan lagu bahasa Inggris, dan untuk tangan kiri delapan lagu Bahasa Indonesia. Ada juga lagu pengantar tidur jika ditekan di kaki kanan.

Tak hanya itu, ada juga pengenalan huruf, angka, buah, benda, binatang dan profesi (dalam dua bahasa, Inggris dan Indonesia). Dilengkapi dengan botol susu lho dan akan mengeluarkan suara minum susu jika dimasukkan ke dalam mulutnya. Tertarik? Susan Baby Singer ini bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga Rp 180.000.

Mutz Classic Bear Boneka

Sumber gambar www.dinomarket.com

Boneka berbentuk binatang beruang adalah salah satu boneka yang paling banyak digemari oleh semua orang. Tak hanya anak-anak, orang dewasa pun seringkali masih menggemari jenis boneka yang satu ini.

Jika Anda menginginkan boneka beruang yang lucu dengan material berkualitas, Anda patut mencoba Mutz Classic Bear Boneka. Boneka ini memiliki desain cute dalam bentuk beruang di posisi duduk. Terbuat dari SDF Astra dengan harga Rp 78.000 di Blibli, boneka ini cocok dijadikan sebagai koleksi Anda di rumah.

Mutz Classic Bear Boneka juga tersedia dalam ukuran yang lebih besar yakni 30 cm. Berbeda dari boneka beruang sebelumnya, boneka yang satu ini memiliki bulu halus yang membuat kita semakin ingin memeluknya terus menerus.

Dibuat secara khusus dengan teliti, detail, dan rapi di setiap bagiannya, boneka beruang ini lucu sekaligus romantis sebagai hadiah untuk orang yang Anda sayangi. Cukup dengan Rp 108.000 di Dinomarket, Anda sudah bisa membawa pulang boneka ini.

Hasbro Boneka Star Wars Boneka Qui Gon Jinn

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hasbro adalah perusahaan mainan asal Amerika Serikat yang termasuk salah satu perusahaan mainan terbesar di dunia dan juga merupakan perusahaan mainan yang levelnya diatas Mattel, yang juga perusahaan mainan.

Berkantor pusat di Pawtucket, Rhode Island, Amerika Serikat, Hasbro juga merupakan perusahaan pembuat mainan papan terpopuler di dunia, yaitu Monopoly.

Salah satu produk Hasbro yang patut Anda coba adalah Boneka Star Wars, dengan karakter Qui Gon Jinn. Nyaman dipeluk sehingga dapat menemani anak Anda ketika bermain. Selain itu, mainan ini juga dapat meningkatkan daya imajinasi dan merangsang kreativitas anak.

Dengan Rp 170.000 di Blibli, Anda sudah bisa mendapatkan boneka yang terbuat dari polyester fibers ini. Boneka ini juga tersedia dalam bentuk berdiri setinggi 19 cm yang bisa Anda dapat di Tokopedia dengan harga Rp 150.000.

Puteraputeri Boneka Dolpin Jumbo

Sumber gambar www.tokopedia.com

Boneka yang mirip dengan ikan lumba-lumba ini dibuat dengan tampilan yang menarik sehingga sangat lucu dan lembut untuk dipeluk dan dijadikan teman bermain anak Anda. Dilengkapi moncong khas boneka lumba-lumba, boneka ini sangat ideal untuk menjadi hadiah atau media pembelajaran anak-anak.

Boneka Dolphin Jumbo merk Conservation Critters by Wildlife Artist memiliki panjang 55 cm, lebar 26 cm, dan tinggi 23 cm. Tersedia dalam dua warna, yaitu abu-abu dan putih. Dengan harga Rp 98.900, Anda sudah bisa mendapat boneka berkualitas ekspor ini di Tokopedia.

TOMINDO Wee Wee Doll Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Hampir mirip dengan boneka Susan, Tomindo Wee Wee Doll juga termasuk boneka yang ‘aktif’ sehingga bisa merangsang tumbuh kembang dan perhatian si anak. Boneka dengan desain yang fun dan playfull ini dilengkapi botol susu, pampers, juga pispot. Boneka yang bisa ngedot, menangis, dan buang air kecil ini juga terbuat dari bahan yang berkualitas dan berukuran kurang lebih 40 cm. Tomindo Wee Wee Doll bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 259.900 di Blibli.

Spicegift Sapi Couple Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Boneka sapi yang direkomendasikan untuk Anda adalah Boneka Spicegift Sapi Couple terbuat dari bahan rasfur yang lembut dan diisi dengan dacron. Boneka yang telah lulus SNI ini sudah pasti aman untuk diberikan pada anak-anak Anda. Cocok diberikan sebagai hadiah bagi keluarga, teman atau pun untuk koleksi pribadi Anda sendiri, karena boneka sapi digemari dari berbagai usia.

Boneka sapi ini memiliki panjang 19 cm, lebar 14 cm, dan tinggi 7 cm. Anda bisa mendapatkan boneka ini dengan harga Rp 25.000 di Tokopedia, Rp 28.800 di Matahari Mall, dan Rp 39.900 di Blibli.

KUKUK DOLL-COW Boneka Dekorasi

Sumber gambar www.blibli.com

Boneka berbentuk sapi lain yang direkomendasikan untuk Anda adalah Kukuk Doll Cow. Boneka dekorasi yang didesain fun dan playfull ini terbuat dari bahan berkualitas dengan tekstur halus. Berukuran panjang 25 cm dan lebar 25 cm, boneka ini cocok sebagai hadiah bagi orang tersayang. Dapatkan boneka ini di Blibli dengan harga Rp 185.000.

Max Pucca Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Pucca dan Garu adalah sepasang kekasih yang kisahnya sangat terkenal di Brazil dan Tiongkok. Tidak hanya oleh anak-anak, Pucca dan Garu juga memiliki penggemar dari kalangan remaja maupun perempuan dewasa.

Max Pucca Boneka adalah boneka yang memiliki desain cute dan bulu halus sehingga nyaman ketika dipeluk. Boneka yang telah lulus SNI ini sangat cocok untuk anak-anak usia lima hingga tujuh tahun. Terbuat dari EF Velboa, banyak orang yang menginginkan boneka ini menjadi salah satu koleksi mereka. Anda bisa mendapatkan Max Pucca Boneka dengan harga Rp120.000 di Blibli.

Disney Pixar Doll Joy Doll Inside Out Mainan Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Anda pasti sudah mengetahui film "Inside Out". Film keluaran Pixar ini bercerita tentang proses emosional di dalam kepala seorang anak gadis bernama Riley.

Tidak hanya proses emosional, namun juga mempertimbangkan segi kognitif anak tersebut. Sepanjang film, cerita berfokus pada dinamika personifikasi emosi di dalam kepala Riley yang sebenarnya ada pula di dalam setiap kepala manusia.

Dari lima karakter emosi yang ada di film Inside Out, Joy adalah salah satu karakter yang memiliki banyak penggemar. Joy sendiri menunjukkan rasa senang, gembira, bahagia, suka cita, dan berbagai emosi positif lainnya.

Pada umumnya, Joy banyak menunjukkan rasa menyenangkan seperti tertawa, tersenyum, optimisme, dan perasaan ringan lainnya. Ketika merasa senang, dunia bisa terasa lebih indah.

Disney Pixar Doll Joy Inside Out adalah sebuah boneka yang mengadaptasi salah satu karakter di film Inside Out, yaitu Joy. Dengan desainnya yang cute dan material dari bahan berkualitas tinggi, mainan ini sangat cocok untuk melengkapi koleksi mainan anak Anda. Dengan Rp 160.000 di Blibli, Anda sudah bisa mendapatkan boneka karakter yang satu ini.

From our editorial team

Bijaksana Memilih Mainan Boneka untuk Buah Hati Anda

Berbagai pilihan mainan boneka untuk buah hati Anda akan membuat Anda sedikit bingung mana yang tepat untuk putra-putri Anda. Kenali karakter dan kesukaan anak Anda, dan juga sesuaikan dengan usia anak-anak, karena mainan boneka bisa merangsang perkembangan anak mulai dari kognitif, sosial, dan kreativitas. Selanjutnya adalah tingkat keamanan, tidak mungkin kan kalau kita memberikan boneka dengan banyak aksesori untuk anak berusia kurang dari 3 tahun. Jadi, sebaiknya Anda sendiri yang lebih bijak dalam memilih mainan boneka untuk anak.

Tag