Intip 12+ Gaya Mode 80-an yang Bisa Bikin Kamu Eksis dan Tetap Keren di Tahun Ini!

Intip 12+ Gaya Mode 80-an yang Bisa Bikin Kamu Eksis dan Tetap Keren di Tahun Ini!

Gaya vintage memang selalu menarik untuk diaplikasikan kapan pun. Tak peduli sesuai atau tidak, gaya mode yang tak kenal musim justru membuat tampilan fesyen retro diminati karena memberi kesan unik dan segar. Seperti halnya gaya-gaya mode klasik, tren mode tahun 80-an pun bakal kembali diminati di tahun ini.

Fashion 80-an Mulai Diminati Anak-anak Muda Generasi Y dan Z

Sumber gambar thetrendspotter.net

Mode berpakaian tahun 1980-an kini kembali diminati oleh generasi muda. Namun, mode lama ini diberi sentuhan yang lebih fleksibel dengan warna yang tidak terlalu mencolok seperti biasanya. Untuk mempermanis penampilan, kamu bisa menggunakan rok mini yang girly dengan aksesori seperti anting besar berwarna-warni. Rok ini juga lebih ideal digunakan oleh kamu yang tidak terlalu tinggi.

Kenapa Fashion 80-an Ngetren Kembali di 2018?

Sumber gambar kcbi.org

Banyak gaya mode klasik di masa lampau yang kembali ke masa kini. Tentu saja, hal ini tidak terjadi serta merta. Ada beberapa hal yang jadi memengaruhi hype gaya 80-an kembali di tahun ini. Apa saja, ya?

Munculnya Fenomena Hipster

Sumber gambar huffingtonpost.com

Gaya hipster kembali banyak digunakan. Biasanya oleh anak-anak yang senang mendengarkan musik indie. Meski band-band indie ini tidak terlalu banyak memiliki penggemar, gaya hipster seperti berkumis, kemeja flanel, dan topi trucker kembali menjadi tren dan digemari. Gaya 80-an yang banyak digunakan ini biasanya untuk membuat penampilan lebih unik dan tampil beda.

Film dan Musik Kembali ke Era 80-an Sehingga Memicu Fashion Berputar Kembali

Sumber gambar memeaddicts.com

Bruno Mars adalah salah satu musisi yang sangat berhasil memopulerkan lagu-lagu 80-an di zaman sekarang. Dengan single yang hits berjudul “Uptown Funk”, ia berhasil mengekspos kultur 80-an yang sangat menyenangkan. Ini pun tidak sulit ia lakukan karena ia sendiri besar di tahun tersebut sehingga semua inspirasi yang ia dapatkan pastilah berasal dari banyak sumber.

Peran Media

Sumber gambar downloadblog.it

Menggunakan busana yang bergaya dan trendi sesuai zaman sudah menjadi kebutuhan masyarakat modern. Sedangkan tren fashion sekarang ini tidak melulu gaya atau model yang baru diproduksi, tapi juga banyak sekali model lama yang kembali diangkat oleh produsen. Komoditas ini tercipta karena adanya peran media yang memengaruhi masyarakat sebagai konsumen untuk mengikuti tren yang ada. Contoh gaya khas tahun 1980-an adalah celana cutbray dan gaya ala Michael Jackson.

11 Tren 80-an yang Bakal Eksis di Tahun 2018

Animal Prints

Sumber gambar zalora.co.id

Motif binatang kini kembali menjadi hits dan banyak digunakan oleh para penikmat fashion di zaman sekarang. Motif yang sangat identik dengan tahun 1980-an ini sangat cocok untuk berbagai acara, mulai dari tampilan kasual hingga ke tampilan formal.

Ada berbagai model atasan dengan animal print yang bisa kamu coba, seperti Beyounique Animal Print Crop Shirt yang bisa kamu padukan dengan blazer, rok pensil, atau celana panjang. Atasan ini terbuat dari bahan chiffon print dengan bukaan kancing depan yang bisa menjadi signature dari penampilan kamu di hari itu. Dapatkan atasan dengan animal print yang unik dan manis ini dengan harga Rp 159.900 saja di Zalora.

Atasan Berkerah Tinggi

Sumber gambar zalora.co.id

Model pakaian yang selanjutnya sangat tepat digunakan di musim penghujan, yaitu model pakaian turtle neck. Selain bisa mengingatkan kita dengan nuansa tahun 1980-an, turtle neck juga sangat bisa menghangatkan tubuh kita sehingga lebih terhindar dari cuaca yang tidak menentu. Atasan turtle neck yang trendi dan nyaman digunakan bisa kamu dapatkan dari Graphis, Long Sleeve Turtleneck dengan harga Rp 183.200 saja di Zalora.

Graphis Long Sleeve Turtleneck terbuat dari bahan katun kombinasi sehingga lebih nyaman dan hangat ketika digunakan. Tersedia dalam warna merah yang akan membuat penampilan kamu semakin menonjol dan menarik. Dengan atasan ini, kamu bisa datang ke acara formal ataupun non formal tinggal padu padankan dengan outfit lain yang tepat.

Stacked Earrings

Sumber gambar zalora.co.id

Stacked Earrings adalah salah satu fashion item yang sangat cocok untuk kamu yang percaya diri tampil dengan aksesori yang bervariasi. Jika mengenakan satu jenis anting masih membuatmu merasa kurang terlihat unik, mengapa tidak coba mengenakan lebih dari satu jenis anting sebagai statement penampilan kamu?

Jika kamu ingin mencoba stacked earrings yang unik ini, kamu bisa membeli anting merek Call It Spring dengan harga Rp 169.000 di Zalora. Anting yang sangat unik dan menarik ini sangat bisa membuat kamu lebih trendi meskipun bergaya 1980-an.

Backless Shoe

Sumber gambar 6pm.com

Untuk tampil lebih stylish, kamu bisa melakukannya dengan banyak hal mulai dari memilik pakaian yang tepat, memadukan warna-warna tertenu, dan melengkapi penampilan dengan aksesoris yang sesuai. Sangat beragamnya model fashion perempuan membuat kamu tentunya tidak perlu bingung lagi untuk menemukan gaya yang sesuai seleramu.

Gaya 1980-an pun bisa kamu tampilkan dari pilihan sepatu kamu yang unik dan menonjol. Salah satu brand fashion yang menyediakan backless shoe adalah Aldo Cauwiel Loafers. Kamu bisa mendapatkan sepatu ini dengan harga Rp 1.199.000 di Zalora dan tampil lebih menarik.

Mom Jeans

Sumber gambar zalora.com.my

Jika kamu ingin tampil bergaya tahun 1980-an, kamu bisa padukan light mom jeans dengan graphic tee dan sepatu boots. Tampilan ini akan membuat kamu terlihat lebih kece namun tetap nyaman digunakan untuk kegiatan kamu sehari-hari. Cobalah produk fashion ini dengan membeli Something Borrowed Embroidery Ripped Boyfriend Jeans seharga Rp 348.900 di Zalora.

Celana ini tersedia dalam warna biru, dilengkapi kancing dan resleting depan, serta kantong depan dan kantong belakang. Selain itu, celana ini juga terbuat dari material katun yang sangat nyaman untuk digunakan dalam waktu lama sekalipun.

Shoulder Pads

Sumber gambar tokopedia.com

Baju yang mempunyai aksen bantalan pada pundak ini bisa terlihat lebih modern dengan memilih paduan yang cocok, seperti blazer. Blazer Cotton Hemp Putih Polos Shoulder Pad Semi Formal Import GB0648 adalah salah satu produk fashion yang sangat bisa kamu coba. Setelan ini dapat membuat penampilan kamu terkesan lebih tegas, rapi, sekaligus berani. Cocok untuk kamu yang ingin tampil cantik namun tetap berwibawa. Dapatkan dengan harga Rp 380.000 saja di Tokopedia.

Oversized Denim Jacket

Sumber gambar zalora.co.id

Siapa yang tidak punya denim jacket? Jaket yang satu ini memang menjadi salah satu fashion item yang tidak lekang oleh zaman. Hampir setiap generasi memiliki inovasi tersendiri untuk menggunakan fashion item yang satu ini. Tidak hanya denim jacket dengan ukuran yang pas di badan, oversized denim jacket juga seringkali bisa menjadi pemanis penampilan kamu.

Cobalah oversized denim jacket dari brand Wrangler seharga Rp 479.920. Jaket denim kasual dengan detail black logo embroided tersedia dalam warna biru dengan sedikit detail kerah. Jaket ini dilengkapi dengan dua kantong depan dengan kancing dan terbuat dari material katun yang sangat nyaman digunakan. Kamu bisa membelinya secara online di Zalora.

Oversized Sweater Colorful

Sumber gambar bukalapak.com

Selain oversized denim jacket, kamu juga bisa menggunakan oversized sweater yang berwarna-warni. Warna-warna mencolok dari sweater ini sangat bisa membuat kamu jadi pusat perhatian saat mengenakannya. Cobalah beli Sweater Popcorn 3 Warna yang tersedia di Bukalapak. Sweater ini tersedia dalam ukuran all size dengan bahan rajut tebal. Sweater yang cantik dengan warna yang menarik ini dijual dengan harga RP 59.000 di Bukalapak dan bisa kamu gunakan di suasana apa pun!

Blazer

Sumber gambar zalora.com.my

Blazer juga menjadi salah satu fashion item yang hits di tahun 1980-an. Fashion item ini masih bisa digunakan sampai sekarang bersama celana jeans kesayangan kamu agar terlihat lebih modern dan kasual.

Jika kamu tertarik untuk mencoba, cobalah Long Blazer yang tersedia di Zalora. Blazer ini tersedia dalam warna hitam yang sangat cocok dipadukan dengan berbagai outfit dan semakin mendukung penampilan kamu. Materialnya terbuat dari poliester kombinasi sehingga tidak terlalu panas dan akan semakin cantik. Dapatkan produk ini seharga Rp 499.000.

Fanny Pack

Sumber gambar zalora.co.id

Fanny pack adalah tas pinggang sederhana dan klasik yang khusus dirancang untuk gaya hidup perkotaan. Tas yang satu ini cukup unik karena modelnya yang diikat kencang di pinggang atau perut. Beberapa rumah produksi ternama sudah merilis model tas yang satu ini dalam versi yang lebih modern.

Kamu bisa menggunakan fanny pack di pinggang dengan outfit warna senada dari baju sampai celana atau rok. Fanny pack ini juga sangat bisa dipadukan dengan setelan jas yang sedang populer di kalangan fashionista. Kamu bisa mendapatkan Eastpak Doggy Bag Tas Pinggang–Opgrade Novy dengan harga Rp 525.000 di Zalora.

Mantel Bulu

Sumber gambar lazada.co.id

Gaya yang identik dengan tahun 1980-an adalah mantel bulu dalam warna pastel atau hitam. Meski hits pada tahun 1980-an, mantel bulu tetap bisa membuat kamu tampil lebih kekinian. Fashion item ini sangat cocok untuk kamu gunakan di cuaca dingin. Dengan detail bulu yang halus dan lengan panjang yang membuatmu lebih hangat. Dapatkan mantel bulu Wanita Musim Dingin Fashion Faux Bulu Lengan Panjang Jaket Padat WarmCoat Pakaian Luar (Khaki) di Lazada dengan harga Rp 341.000 (setelah diskon 70%).

Ripped Jeans

Sumber gambar zalora.co.id

Ripped jeans adalah fashion item andalan yang sedang sangat populer belakangan ini. Dengan pilihan warna yang lebih terang, model high waist, dan longgar di kaki, rippen jeans sangat bisa membuat penampilan kamu cool dan keren.

Dapatkan ripped jeans di brand W Jeans Official Laurent Boyfriend Ripped Jeans dengan warna biru seharga Rp 385.000 di Zalora. Padukan ripped jeans dengan atasan cropped tee untuk tampilan yang lebih kasual dan berani.

From our editorial team

Mix and Match dengan Mode Terkini

Bagi kamu yang kurang percaya diri untuk tampil all-out dengan gaya retro, bisa memodifikasi penampilan dengan memadukan gaya lama dan gaya baru. Cobalah untuk mengenakan pakaian dengan tren terkini dan berikan sedikit sentuhan ala 80-an seperti memadukan bawahan berwarna pastel dengan kemeja flanel sebagai outerwear. Kamu juga bisa memadukan bawahan dengan turtleneck yang dikombinasikan bersama jaket denim atau jaket kulit.