6 Tur Karimunjawa Ini akan Bawa Kamu ke Tempat yang Wajib Dikunjungi!

6 Tur Karimunjawa Ini akan Bawa Kamu ke Tempat yang Wajib Dikunjungi!

Sumber gambar r.search.yahoo.com

Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan ketika Anda berwisata ke tempat ini seperti snorkeling, berenang, atau sekadar menikmati indahnya pantai sambil berjalan di atas pasir yang lembut dan mendengar debur ombak yang menenangkan. Udah cobain itu semua belum? Coba deh ikut tur berikut !

Tempat Wisata Saat Tour Karimunjawa

Sejak beberapa tahun ke belakang, Karimunjawa semakin dikenal sebagai tempat yang wajib dikunjungi penggemar wisata bahari. Kepulauan ini memiliki sekitar 240 jenis ikan dan 90 jenis terumbu karang laut yang memikat. Kita bisa menikmatinya dengan menyelam atau melihatnya dari kapal yang bagian bawahnya diberi kaca tembus pandang.

Sejatinya, Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 gugusan pulau, tetapi baru lima yang berpenghuni. Kita bisa berkemah di beberapa pulau tanpa penghuni itu. Saat akan liburan, salah satu yang penting, persiapan harus matang dan utamakan keselamatan. Jadi, tur Karimunjawa kita benar-benar menyenangkan.

Jelang akhir tahun, menjadi waktu yang pas untuk memberi diri Anda reward setelah setahun bekerja keras untuk mencapai target karir. Bila Anda ingin berlibur ke tempat yang seru sekaligus mendekatkan diri dengan alam, Karimunjawa adalah salah satu destinasi yang pas. Wisata di Karimunjawa sangat beragam mulai dari lokasi sampai berbagai macam kegiatan yang ditawarkan. Anda bisa menyelam dan langsung bertegur sapa dengan penghuni laut atau sekadar menikmati pemandangan dari dalam bagian bawah kapal yang diberi kaca tembus pandang. Asyik bukan? Jika Anda masih bingung, lokasi mana saja yang bisa dikunjungi, intip rekomendasi dari kami berikut ini.


Pantai Legon Lele

Sumber gambar r.search.yahoo.com

Pantai bernama unik ini bisa dicapai dengan motor dalam jarak tempuh kurang lebih sekitar 20 menit dari dermaga Karimunjawa. Terletak di bagian timur pulau dan bisa pula dicapai lewat jalur laut. Salah satu yang spesial dari Pantai Legon Lele adalah sejarahnya.

Menurut cerita rakyat yang beredar, Legon Lele ditemukan dan diberi nama oleh Sunan Nyamplungan atau dikenal juga dengan nama Syekh Amir Hasan. Pada saat itu, beliau berangkat dari Jepara dengan menggunakan rakit. Pantai itu merupakan tempat yang pertama disinggahi ketika beliau mendarat di Pulau Karimunjawa yang waktu itu belum bernama.

Pantai Legon Lele diapit oleh dua bukit hijau. Hutan bakau, pantai dan laut menjadi kombinasi memukau yang menyuguhkan pemandangan luar biasa bagi para wisatawan. Anda pun bisa bersantai bersama teman-teman sembari memancing atau menyaksikan matahari terbit nan romantis bersama pasangan Anda.

Pantai dan Bukit Annora

Sumber gambar www.google.co.id

Pantai ini mungkin memiliki hanya sedikit pasir bila dibandingkan dengan pantai lain di kawasan Karimunjawa tetapi pantai ini juga memiliki keunikan tersendiri. Pantai Annora terletak di bagian utara atau tepatnya di Dusun Cikmas.

Untuk bisa mengunjungi tempat ini, Anda dapat berkendara sekitar 20 menit dari Alun-alun Karimunjawa. Arahkan kendaraan Anda menuju Pulau Kemujan dan berhati-hatilah selama perjalanan sebab kondisi medan yang sedikit berbatu juga terjal. Perlu Anda tahu, jalan ke pantai ini searah dengan jalan menuju Pantai Yamin dan Kemloko.

Anda harus jeli dalam melihat penunjuk jalan yang ada di pertigaan di area persawahan Karimunjawa. Ikuti papan tanda menuju Pantai Annora sampai Anda menemukan gerbang unik yang terbuat dari benda-benda bekas. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- untuk parkir dan retribusi.

Setelah perjalanan yang cukup melelahkan, ada baiknya bila Anda relaksasi sejenak di gazebo yang berada di tengah pantai sambil menikmati pemandangan. Jangan lupa, naiklah ke bukit untuk menyaksikan laut lepas dari ketinggian. Pejamkan mata Anda, tarik napas dalam dan hembuskan perlahan sambil merentangkan kedua tangan. Hirup udara segar dan nikmati pemanjaan diri yang disuguhkan oleh alam.

Oh ya, apakah Anda tahu bila pantai ini juga dijuluki Pantai Ayunan? Sebutan ini bukan tanpa alasan karena di area pantai ini terdapat sekitar delapan ayunan yang terbuat dari ban bekas atau kayu. Anda bisa bersenang-senang mengayunkan badan sambil menikmati segara yang terbentang. Seru sekali ya?

Bukit Jowo Tuo

Sumber gambar www.google.co.id

Bukit ini merupakan salah satu destinasi tur yang menjadi kesukaan banyak pelancong. Bila Anda ingin merasakan sensasi petualangan, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki selama 20 menit dari Alun-alun Karimunjawa. Nikmati semilir angin dan sejuknya udara oleh pepohonan yang rindang dalam perjalanan Anda. Tak kalah asyik dari berkendara kok.

Bukit ini memiliki ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dan menghadap ke arah kota. Bila Anda berdiri di puncaknya, maka dapat terlihat Pulau Menjangan Besar dan Pulau Menjangan Kecil. Jika cuaca sedang cerah, Anda juga bisa menikmati pemandangan matahari yang berangkat tidur ke peraduan. Suasana romantis di tengah sunset ini layak dirasakan bersama pasangan bukan?

Menurut legenda yang ada, nama bukit ini berasal dari ikan Jowo Tuo yang berukuran raksasa, sejenis paus. Sebagian penduduk Karimunjawa meyakini, ikan seperti ini masih hidup di laut dalam sekitar Pulau Gundul. Kalau diperhatikan, memang benar pada bukit ini terdapat tulang ikan lengkap dari kepala sampai ekor yang tersusun rapi. Sekilas, kerangka ini nampak seperti batu kapur tua. Melihat betapa eloknya bukit ini juga bagaimana legenda dan benda bersejarah yang ada begitu cantik, tentunya kita berharap tidak ada tangan-tangan jahil yang merusaknya ya?

Makam Sunan Nyamplungan

Sumber gambar www.google.co.id

Nama ini merupakan sebutan bagi Amir Hasan yang diberikan oleh penduduk Karimunjawa karena di tempat Amir Hasan tersebut, tumbuh pohon nyamplungan. Sunan Nyamplungan adalah putra Sunan Muria, salah seorang yang juga dikenal dari Wali Song yang menempati Gunung Muria.

Menurut kisah rakyat, saat kecil Amir Hasan sedikit nakal karena terlalu dimanja oleh ibunya, Dewi Sujinah. Sunan Muria pun menitipkan anak itu untuk belajar di bawah bimbingan Sunan Kudus. Setelah menjadi santri bersama Sunan Kudus, Amir Hasan berubah menjadi pemuda saleh juga cerdas. Bahagia dengan perkembangan anaknya, Sunan Muria pun menguji pemuda tersebut. Beliau memerintahkan Amir Hasan pergi ke sebuah pulau yang terlihat samar-samar dari puncak Gunung Muria. Istilah “samar-samar” dalam bahasa Jawa ini dikenal dengan “kremen-kremen” dan konon, dari kata itulah Karimun berasal. Sunan Muria membekali Amir Hasan dua butir bibit pohon nyamplungan untuk ditanam di pulau itu. Sunan juga memberi amanat satu mustaka masjid dari tanah liat kepada anaknya tersebut.

Hingga saat ini, musataka itu masih dapat Anda lihat di kompleks pemakaman Sunan Nyamplungan yang berada di bagian utara Pulau Karimunjawa. Jaraknya sekitar tujuh kilometer dari Alun-alun Karimunjawa dan bila Anda ingin berkunjung, hampir bisa dipastikan tidak tersesat karena hanya ada satu jalan beraspal menuju lokasi ini. Anda juga bisa memilih berjalan kaki atau menumpang kendaraan untuk ke tempat parkir makam dan bila Anda memutuskan ini, bonus pemandangan hutan disertai udara sejuk bisa didapatkan.

Bila Anda memutuskan untuk mengemudikan kendaraan, perlu berhati-hati karena jalannya yang berkelok, menanjak juga bergelombang. Anda masih harus meneruskan perjalanan dengan berjalan untuk meniti tangga. Selain makam Sunan Nyamplungan yang paling besar, terdapat pula makam-makam lain di komplek pemakaman ini. Berkunjung ke Makam Sunan Nyamplungan bisa menjadi wisata bernilai sejarah sekaligus spiritual penuh makna.

Kampung Bugis Karimunjawa

Tidak diragukan lagi, sebagian besar orang yang melakukan tur Karimunjawa ingin menikmati keindahan pantai dan lautnya, namun Anda juga dapat memperkaya wawasan dengan berkunjung ke objek wisata budaya yang tak kalah menarik.

Selain Makam Sunan Nyamplungan, tidak lengkap bila Anda tidak berkunjung ke Kampung Bugis. Kampung yang berlokasi di Desa Telaga, Pulau Kemujan ini dapat disambangi dari Dermaga Karimunjawa dengan berkendara selama kurang lebih 45 menit lamanya. Perjalanan ini menyenangkan karena mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang elok melalui perbukitan. Suku Bugis dikenal sebagai masyarakat pengelana sejak dahulu kala. Berpetualang dengan kapal Pinisi, mereka mengarungi samudera luas tanpa gentar. Sebab masyarakatnya yang terpencar, perkampungan mereka dapat ditemukan di berbagai daerah terutama di kawasan pesisir, salah satunya di Pulau Karimunjawa ini.

Untuk melestarikan budaya, penduduk Kampung Bugis Karimunjawa mendirikan rumah tradisional khas Bugis. Rumah panggung itu disebut "Balla Lompoa" yang berarti rumah besar. Bangunan ini didirikan berbarengan dengan penobatan Sultan Muhammad Tahir Muhibuddin sebagai Raja Gowa Ke-15 sekitar tahun 1936, namun seiring perkembangan zaman, ada juga penduduk Kampung Bugis yang membangun rumah tembok.

Mereka juga memasang antena parabola sehingga dapat menonton siaran televisi. Bila sedang beruntung maka Anda bisa menemukan warga yang sedang mempersiapkan hajat pernikahan saat berkunjung. Anda bisa mengabadikan momen ini karena dalam perayaan tersebut, suasana adat sangat terasa. Bukan tidak mungkin bila Anda diajak bergabung dalam perhelatan bahkan diperlakukan layaknya keluarga sendiri. Pengalaman ini pasti menjadi wisata yang berkesan dalam tur Karimunjawa Anda.

Daftar 6 Tur untuk Kamu Coba di Karimunjawa

Sumber gambar r.search.yahoo.com

Mempersiapkan liburan di tengah tugas menumpuk juga tenggat waktu yang ketat memang tidak mudah. Alih-alih bisa siap, mungkin Anda malah jadi sakit kepala. Wah, tentunya Anda tidak mau persiapan liburan jadi berantakan bukan? Kalau tidak mau repot, saat ini sudah banyak agen perjalanan wisata yang siap membantu menyusun jadwal liburan menyenangkan bagi Anda.

Tentu saja, Anda disarankan untuk memilih agen wisata yang sudah terpercaya dan berpengalaman. Bila pada liburan ini Anda berminat untuk menghabiskan waktu luang di Karimunjawa, berikut agen wisata yang bisa dipertimbangkan.

Arjuna Karimunjawa

Sumber gambar arjunakarimunjawa.com

Agen ini dikelola sendiri oleh penduduk setempat yang tentunya sudah hapal dengan berbagai tempat menarik di Karimunjawa. Anda bisa memilih salah satu dari tiga paket yang ditawarkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga budget liburan. Agen ini beralamat di Homestay Mulya Indah, Jalan Pemuda RT 1/RW 2, Karimunjawa.

Bagi Anda yang sudah siap menghabiskan tiga malam di kawasan Pulau Karimunjawa, ada baiknya memesan Paket 4 hari 3 malam Karimunjawa dengan harga mulai dari Rp1.500.000,-. Selama empat hari tiga malam, Anda akan dipandu mengunjungi 12 lokasi wisata yang disesuaikan dengan kondisi cuaca dan kedatangan kapal.

Tempat yang akan Anda kunjungi antara lain Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pantai Ujung Gelam, Pulau Gosong Tubruk, Pulau Gleyang, Pulau Cemara Kecil, Pulau Cemara Besar, Pulau Kecil, Pulau Tengah, Bukit Love, Bukit Joko Tuwo, dan Karang Nemo. Cukup banyak tempat yang indah dan bisa membuat Anda melupakan stres yang menumpuk selama bekerja. Kalau Anda berlibur kurang dari empat hari, tidak masalah.

Agen ini juga menawarkan Paket 3 hari 2 malam Karimunjawa. Harga paket ini mulai dari kisaran Rp800.000,-. Anda dapat menyambangi 11 lokasi dan tentu saja dicocokkan dengan kondisi cuaca juga kedatangan kapal agar Anda bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Kalau Anda termasuk pelancong di akhir pekan yang melarikan diri sejenak dari kepenatan ibu kota, Anda juga bisa mencoba paket 2 hari 1 malam Karimunjawa dengan harga mulai dari Rp600.000,-. Destinasinya pun tidak kalah indah karena Anda bisa mengunjungi empat lokasi pilihan seperti Pulau Menjangan kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Gosong Tubruk, dan Pantai Ujung Gelam. Cukup untuk recharging bukan?

Kurnia Karimunjawa Tour and Travel

Sumber gambar www.horehore.xyz

Kita tahu kalau suasana hati juga bisa memengaruhi kinerja seseorang dan bila akhir-akhir ini Anda merasa sumpek juga cepat lelah dan marah, kemungkinan Anda sedang mengalami penurunan semangat. Ada baiknya, Anda mengajukan cuti beberapa hari atau sekadar mencoret kegiatan di kota dan lari sejenak ke Karimunjawa.

Bila Anda ingin melakukan perjalanan singkat dengan nominal terjangkau, cobalah Paket Wisata 2 Hari 1 Malam yang ditawarkan Kurnia Karimunjawa Tour and Travel. Harga paket ini cukup terjangkau, hanya Rp635.000,- untuk minimal dua orang. Anda bisa mengajak sahabat terdekat untuk bersama menikmati serangkaian kegiatan asyik seperti snorkeling, photo hunting, atau berjalan di pinggir pantai sambil menikmati indahnya matahari terbenam. Anda juga bisa loh mengejutkan pasangan Anda yang sedang badmood dalam bekerja dan membawanya rehat sejenak ke Karimunjawa.

Atau bisa juga pilih Paket Wisata 3 Hari 2 malam dengan harga Rp695.000,- dan habiskan waktu berkualitas bersama si dia di tempat wisata yang cantik ini. Untuk paket ini, Anda dan pasangan juga akan mendapat tiket kapal, minuman serta makanan ringan saat tiba di Karimunjawa, makan dengan cara prasmanan, transportasi (termasuk pemandu) untuk mengunjungi tempat-tempat wisata Karimunjawa, sewa kapal tour laut bersama rombongan atau pribadi, sewa perlengkapan snorkeling dan pelampung, dokumentasi bawah laut, peralatan P3K, dan asuransi selama berwisata di Karimunjawa. Anda berdua juga dapat menginap di homestay dengan fasilitas kipas angin atau air conditioning (AC), hotel berpendingin udara serta resort yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Kalau Anda berencana mengambil cuti dari kantor untuk berkumpul bersama keluarga, Paket 4 Hari 3 malam akan sangat pas bagi Anda sekeluarga yang ingin menghabiskan waktu bersama-sama. Paket seharga Rp830.000,- untuk minimal dua orang ini memungkinkan Anda lebih leluasa dalam melakukan tur Karimunjawa. Bagaimana? Anda jadi tidak sabar melakukan liburan kan?

Empat Enam Tour

Sumber gambar empatenam.com

Fenomena backpacker yang melakukan perjalanan dengan budget seminimal mungkin sudah menjadi tren tersendiri terlebih di kalangan anak muda yang suka bertualang. Sebutan ini sangat erat dengan liburan-liburan bersifat ekonomis namun tetap seru dan Empat Enam Tour bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berwisata dengan cara hemat.

Agen wisata yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman 45 Karimunjawa ini siap membantu Anda dengan paket-paket liburan bervariasi. Anda bisa memilih Paket Karimunjawa 3 Hari 2 Malam Feri Siginjai. Paket ini menggunakan kapal Feri Siginjai, menempuh perjalanan dari Dermaga Kartini Jepara ke Karimunjawa selama kurang lebih lima jam. Setelah tiba di Karimunjawa, Anda bisa memuaskan rasa lapar dengan menyantap ikan bakar di Pantai Tanjung Gelam atau Pantai Menjangan Resort. Bila sudah kenyang, Anda bisa mencoba sensasi menegangkan dengan berenang bersama hiu di penangkaran.

Kalau terlalu menakutkan, Anda juga bisa bersantai dengan menikmati pemandangan bawah laut yang indah di Nemo Snorkeling Spot, Menjangan Kecil Snorkeling Spot dan Secret Garden Snorkeling Spot. Cukup membayar Rp470.000,-, Anda memperoleh fasilitas tiket penyeberangan kelas ekonomi, antar-jemput dermaga, sewa perahu wisata berombongan, sewa alat snorkeling juga rompi keselamatan. Harga tersebut juga sudah termasuk tiket objek wisata, air mineral selama wisata, peralatan P3K, pemandu lokal dan dokumentasi.

Anda akan menginap dalam satu kamar untuk tiga orang yang dilengkapi ranjang, kipas angin dan kamar mandi luar. Salah satu cara seru untuk mendapatkan teman baru kan? Satu hal yang membahagiakan, uang yang Anda bayarkan untuk fasilitas dalam paket ini juga termasuk donasi bagi anak yatim. Selain menyenangkan, liburan Anda bisa terasa lebih bermakna.

Karimunjawa Kita Tour and Travel

Agen perjalanan wisata yang satu ini akan menjamin kenyamanan Anda selama tur Karimunjawa. Anda akan dimudahkan untuk mendapat bus atau mobil travel dari Semarang, tiket kapal cepat atau kapal feri ke Karimunjawa, penginapan bersih dan nyaman, perlengkapan P3K, tiket masuk lokasi wisata, pengadaan alat snorkeling, perahu wisata, makanan ringan dan air mineral saat tur laut, dokumentasi bawah laut, serta pemandu wisata andal dan berpengalaman.

Karimunjawa Kita Tour and Travel beralamat kantor di Jalan Kyai H. Wahid Hasyim RT 05/RW 02, Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Agen ini menawarkan beberapa paket wisata Karimunjawa. Anda bisa memilih di antara paket-paket yang ditawarkan. Mulai Paket Karimunjawa Backpacker berbiaya murah sampai Paket Honeymoon Karimunjawa untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu istimewa bersama pasangan tercinta. Jika hanya memiliki waktu pada hari Sabtu dan Minggu, Anda dapat memilih Paket Karimunjawa 2 Hari 1 Malam dengan harga mulai dari Rp950.000,- per orang.

Sementara itu, Paket Karimunjawa 3 Hari 2 Malam mulai dari hari Jumat sampai Minggu dapat Anda pilih dengan harga mulai dari Rp1.200.000,- per orang. Jika Anda memiliki waktu libur yang lebih panjang, missal dari hari Sabtu hingga Selasa, Anda bisa memilih Paket 4 Hari 2 Malam dengan harga mulai Rp1.500.000,- per orang. Nikmati liburan Anda secara maksimal dengan cara yang nyaman dan menyenangkan.

Aldi Karimunjawa Tour and Travel

Salah satu agen wisata yang menawarkan harga terjangkau adalah Aldi Karimunjawa Tour and Travel. Anda bisa menikmati serangkaian kegiatan yang sudah dirancang oleh biro wisata seperti melihat terumbu karang dan biota laut, berjemur, menjelajah pulau, dan bermain dengan ikan-ikan cantik. Bila terasa kurang, Anda juga bisa berenang dengan cara yang memacu adrenalin, berenang dengan hiu.

Anda dan teman-teman juga bisa menyantap ikan bakar yang lezat di pantai atau sekadar jalan-jalan sambil memandang matahari terbit atau terbenam yang indah bersama pasangan. Bahkan bila Anda mau, bisa juga menikmati keseruan berburu ikan dengan panah tradisional. Anda harus membawa alat pancing sendiri jika ingin memancing karena agen tidak menyediakan.

Ada dua paket yang ditawarkan Aldi Karimunjawa Tour and Travel yakni Paket Hotel Mangrove Inn dengan harga mulai Rp950.000,- per orang dan Paket Homestay Karimunjawa mulai dari Rp850.000,- per orang. Perbedaan dari kedua paket berbeda harga tersebut terletak pada tempat menginap saja jadi Anda bisa menyesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Paradiso Tour

Agen perjalanan wisata yang beralamat di Jalan Sinar Surya IV, Sinar Waluyo, Kedungmundu, Semarang ini berdiri sejak pertengahan tahun 2014 dan siap membantu mempersiapkan liburan Anda dari awal hingga selesai. Ada empat paket wisata Karimunjawa yang disediakan oleh biro perjalanan ini, yaitu Paket Wisata Kapal Pelni, Paket Semarang-Karimunjawa 3 Hari 2 Malam, Paket Jepara-Karimunjawa 2 hari 1 malam, dan Paket Jepara-Karimunjawa 3 hari 2 malam.

Anda disarankan untuk memilih Paket Wisata Jepara-Karimunjawa 3 hari 2 malam dengan harga mulai dari Rp800.000,-. Harga ini lebih murah daripada paket dengan durasi yang sama, tetapi berangkat dari Semarang seharga mulai dari Rp1.025.000,-. Jika memilih paket ini, Anda akan mendapat fasilitas berupa tiket pulang-pergi Kapal Cepat Bahari Express Jepara-Karimunjawa, dua kali antar-jemput di Karimunjawa, perahu wisata untuk keliling pulau yang digunakan secara rombongan, penginapan dua malam di Karimunjawa, makan dan minum, tiket masuk ke tempat-tempat wisata di Karimunjawa, alat snorkeling dan pelampung, pemandu lokal, dan dokumentasi bawah laut (Anda dianjurkan membawa flashdisk untuk menyimpan foto-foto).

Anda harus menanggung sendiri ongkos dari kota asal ke meeting point, tur di luar program yang disusun oleh Paradiso Tour, penambahan durasi liburan di Karimunjawa, laundry, berenang dengan hiu, dan permainan water sport.

Tips saat Anda Berkunjung ke Karimunjawa

Tidak terlepas kemungkinan, liburan Anda terasa kurang menyenangkan karena kurangnya persiapan hanya karena melewatkan rincian penting. Padahal, ada banyak yang harus diperhatikan ketika Anda merasa sudah bersiap untuk bersenang-senang loh.

Mengecek Cuaca Secara Rutin Lewat Aplikasi BMKG

Sumber gambar www.antaranews.com

Bila Anda berencana menikmati liburan menjelang atau di akhir tahun, sangat penting untuk mengetahui prakiraan cuaca karena pada bulan-bulan penutup ini, cuaca mudah sekali berubah. Anda bisa memasang aplikasi Info Cuaca dan Gempa dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada ponsel pintar dan mengecek informasi yang disajikan. Meski terlihat sepele tetapi dengan memantau cuaca di berbagai daerah dapat memungkinkan Anda mempersiapkan perlengkapan liburan secara lebih maksimal.

Selalu Sedia Tabir Surya

Pantai adalah salah satu destinasi wisata menyenangkan yang membuat orang bebas berlarian di tepi pantai, berenang atau sekadar berjemur sambil menikmati sinar matahari. Jangan lupa menyelipkan sebotol tabir surya dalam tas Anda untuk mencegah terjadinya sunburn pada kulit.

Anda bisa mencari tabir surya dengan SPF tinggi, seperti tabir surya SPF 15, SPF 30 atau SPF 50 (disarankan SPF tertinggi). Bila diperlukan, Anda juga boleh menambahkan topi untuk menahan panas terik yang menyengat. Jangan sepelekan cuaca garang di pantai karena salah-salah, tubuh Anda bisa kesakitan karena luka bakar dari sinar UV atau bahkan terkena heatstroke. Oleskan tabir surya pada tubuh sekitar 15-20 menit sebelum Anda menikmati kegiatan luar ruang.

Jangan Lepas Alas Kaki di Pantai

Sumber gambar www.ebay.com

Walau memanjakan kaki telanjang di pasir pantai yang lembut terdengar menggembirakan, sebaiknya Anda tetap memakai sandal yang melindungi telapak kaki terlebih saat Anda menjelajah karang-karang di pantai. Karang mengandung zat yang akan meninggalkan sejumlah kecil protein hewani dan bahan berkapur pada luka. Anda juga berisiko terluka karena tertusuk benda-benda tak terduga yang mungkin saja tersebar di sekitar pantai. Tidak mau kan menghabiskan waktu seharian di penginapan karena kaki Anda cidera?

From our editorial team

Wisata Seru di Karimunjawa

Liburan yang asyik dan seru akan lebih menyenangkan bila Anda melakukan persiapan matang. Tidak ada salahnya mengecek lokasi tujuan juga membuat daftar barang-barang yang wajib Anda bawa selama bersenang-senang. Selamat liburan!

Tag