Bikin Kucing Bahagia! Inilah 10 Rekomendasi Snack Kucing Berkualitas dan Jenis-jenis Snack yang Harus Diketahui Cat Lovers

Bikin Kucing Bahagia! Inilah 10 Rekomendasi Snack Kucing Berkualitas dan Jenis-jenis Snack yang Harus Diketahui Cat Lovers

Memiliki binatang peliharaan seperti kucing memang menggemaskan. Apalagi saat kucing tersebut tumbuh dengan aktif dan selalu sehat. Untuk membuat kucing tetap bahagia, cobalah sesekali memberinya snack atau camilan. Kira-kira rekomendasi snack yang berkualitas untuk kucing kesayangan apa, ya?

Seperti Kita, Kucing juga Senang jika Diberi Camilan Snack Kucing

Sumber gambar prettylittercats.com

Bukan hanya kita manusia yang perlu camilan. Kucing pun juga perlu ngemil. Alasannya sama seperti alasan kita mengudap snack, yaitu agar ada variasi dalam menu harian mereka dan kucing kesayangan tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Sehingga kucing tetap sehat dan menggemaskan. Ada banyak sekali merek snack untuk kucing. Tugas Anda adalah mencarikan snack yang paling cocok dan menyehatkan bagi si manis kesayangan.

Yuk, Kenali Macam-macam Jenis Snack Kucing

Snack Basah

Sumber gambar www.cuteness.com

Seperti namanya, snack basah memiliki kandungan air tinggi, dengan tekstur lembek. Snack kucing jenis ini ada yang berbentuk cair, ada pula yang berbentuk pouch. Yang berbentuk cair teksturnya mendekati tekstur sup dan gampang dijilati. Sementara untuk yang pouch masih lumayan agak padat. Jenis snack basah ini umumnya untuk kudapan kucing kecil (kitten) dan juga kucing berumur/tua. Umumnya snack basah memiliki rasa tuna.

Ada yang perlu diperhatikan terkait snack basah, yaitu bahwa Anda tidak disarankan memberikannya dalam jangka panjang. Lebih lagi, karena sifatnya lembek, snack ini bisa lengket di gigi kucing. Oleh karena itu, Anda harus rajin-rajin memperhatikan kondisi giginya.

Snack Kering

Sumber gambar www.cuteness.com

Snack yang hanya mengandung sedikit air dikenal sebagai snack kering dengan tekstur garing. Kalau snack basah bisa mengakibatkan karang gigi pada kucing, snack kering ada yang diramu secara khusus sekaligus sebagai pembersih gigi. Snack ini umumnya berbentuk karakter.

Anda bisa menggunakan snack ini sebagai makanan harian atau untuk menggemukkan kucing serta mengurangi risiko penyakit kulit dan bulu. Anda juga bisa menggunakannya sebagai reward saat melatih kucing.

Jerky

Sumber gambar youtube.com

Jerky atau dendeng adalah makanan olahan yang disukai oleh kucing. Bahannya dari daging yang diawetkan secara kering, sehingga tahan lama. Jerky bisa digunakan untuk melatih kekuatan gigi kucing.

Namun begitu, jangan berikan dendeng setiap hari. Salah satu bahan untuk membuat jerky adalah garam dalam intensitas tinggi. Kucing tidak cukup kuat menerima garam seperti manusia an cenderung mudah dehidrasi. Oleh karenanya, saat memberi kucing jerky, Anda juga perlu memberinya air minum yang cukup.

Satu lagi, jangan memberikan jerky atau dendeng yang beraroma. Sebagai jaga-jaga. Karena aroma bumbu bubuk bawang atau pedas bisa sangat buruk untuk kesehatannya.

Freeze-dried

Sumber gambar www.catster.com

Jika Anda ingin mencari makanan kucing yang awet dan tetap memiliki kandungan gizi seperti bahan segarnya, coba pilih snack jenis freeze-dried. Jenis makanan ini diolah dengan suhu sangat rendah. Jenisnya bisa apa saja dan kandungan gizi atau mineralnya tetap terjaga. Lebih menariknya lagi, makanan kucing jenis free-dried ini umumnya tidak mengandung perasa buatan.

Tips Memberi Snack untuk Kucing

Perhatikan Takarannya

Agar kucing tetap sehat, tidak kurus namun juga tidak kegemukan, Anda perlu memperhatikan takaran snack yang diberikan. Snack yang terlalu sedikit mungkin akan membuat kucing mengeong terus. Sementara pemberian snack yang terlalu banyak juga akan mubazir, karena tidak dimakan. Lebih bijak jika Anda membeli snack dalam kemasan sekali makan. Sehingga Anda bisa mengendalikan porsi makan si manis secara praktis.

Waspadai Komposisi Snack

Sumber gambar www.catster.com

Selain takaran, Anda juga perlu memperhatikan komposisi snack. Dari berbagai snack kucing yang ada di pasaran, masing-masing memiliki komposisi yang berbeda.

Pastikan kucing Anda mendapat komposisi snack yang menyehatkan. Setidaknya mengandung Vitamin A untuk kulit, mata, dan kekebalan tubuhnya serta vitamin E serta C untuk kesehatan gigi dan tulang. Selain itu juga mengandung Omega 3 & 6 untuk menyehatkan bulu dan menghindarkan bulu rontok dan kalsium untuk kesehatan gigi dan tulang.

Pertimbangkan Kandungan Kalori

Sumber gambar www.catster.com

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan kandungan kalori snack sebelum diberikan kepada kucing. Jangan sampai kalorinya berlebihan, sehingga si manis Anda menjadi terlalu chubby. Begitu pula, jangan terlalu sedikit sehingga dia menjadi kurus.

10 Rekomendasi Snack Kucing untuk Si Manis Kesayangan

Eureka Holistic Cat Snack

Sumber gambar blibli.com

Rekomendasi snack kucing kesayangan adalah Eureka Holistic Cat Snack. Snack ini dibungkus dalam kemasan 30gr. Bahannya alami, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kesehatan si manis setelah mengudapnya. Ada 3 varian rasa dalam satu kemasan, yaitu rasa tuna, seafood, dan salmon.

Kandungan vitamin dan mineralnya akan membuat kucing Anda selalu sehat. Pencernaannya juga lancar dengan kandungan probiotik di dalamnya. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 50.000 untuk 2 buah.

Vitakraft Liquid-Snack

Sumber gambar blibli.com

Untuk pilihan snack kucing basah, coba Vitakraft Liquid-Snack. Bentuknya gel, sehingga tidak berisiko bocor atau tumpah. Snack ini bisa Anda gunakan sebagai kudapan kucing atau bisa pula sebagai tambahan (topping) menu makanan utamanya.

Untuk meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuhnya, snack ini mengandung beta glucans. Anda juga tidak perlu khawatir kucing kegemukan dan tidak sehat, karena snack ini tidak mengandung pengawet dan gula. Snack yang cocok untuk kucing usia 3 bulan ke atas ini bisa Anda dapatkan di Blibli dengan harga Rp 51.300, untuk kemasan 90 gram.

JerHigh Jinny Snack

Sumber gambar tokopedia.com

Jika Anda sedang mencari jerky buat si manis, coba JerHigh Jinny Snack. Camilan kucing ini memiliki rasa alami dengan varian rasa seafood, tuna, dan ayam. Di dalamnya juga mengandung tourine dan inulin yang selalu menjaga pencernaan peliharaan kesayangan. Anda bisa mendapatkan produk jerky ini di Tokopedia dengan harga Rp. 13.500, untuk kemasan 35 gram.

Mi Miaw Chicken Jerky

Sumber gambar tokopedia.com

Pilihan camilan sehat selanjutnya untuk si manis adalah Mi miaw Chicken Jerky. Jerky ini pasti akan disukai oleh kucing kesayangan karena dibuat dari dada ayam asli. Bentuknya berupa irisan yang praktis. Proses pembuatannya tanpa garam, gula, atau perasa buatan yang akan membuat kucing Anda sakit. Jerky ini sangat bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan kucing dan juga melatih gigi-giginya. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 55.000 untuk kemasan 60 gram.

Friskies Party Mix

Sumber gambar blibli.com

Friskies tentu saja tidak ketinggalan untuk urusan snack kucing. Kucing Anda pasti akan suka mengudapnya. Bahannya alami, dengan rasa tuna, kepiting, dan udang. Anda bisa menggunakannya untuk makanan selingan atau bisa pula Anda gunakan sebagai reward saat melatih si manis kesayangan.

Friskies Party Mix diperuntukan sebagai snack, oleh karena itu tidak disarankan sebagai makanan sehari-hari. Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 17.000.

Bioline Catnip Biscuits

Sumber gambar tokopedia.com

Mencari snack biskuit untuk kesayangan? Coba Bioline Catnip Biscuits. Snack kucing ini dibuat dari bahan alami dengan rasa ikan cod. Bahannya mengandung catnip kaya serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan kucing. Kandungan proteinnya 10% lebih, cocok untuk menjaga kesehatan dan berat badan kucing. Snack ini sangat bagus untuk stimulan. Perhatikan aturan memakannya. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 32.500 untuk kemasan 80 gr.

Kit Cat KittyCrunch

Sumber gambar tokopedia.com

Kit Cat KittyCrunch menawarkan kudapan kucing yang bergizi sekaligus membuat giginya tetap kuat dan bersih. Snack kucing ini hadir dalam berbagai bentuk yang lucu, dibuat dari bahan-bahan yang telah disetujui oleh BRC (British Retail Consortium Standard Retailers).

Ada berbagai varian rasa yang tersedia, seperti salmon, seafood, tuna, ayam, daging sapi, dan sebagainya. Teksturnya renyah dan tidak lengket di gigi kucing. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 12.000 untuk kemasan 60 gram.

Dentalite Dental Stix

Sumber gambar amazon.com

Untuk kesehatan kucing dan giginya, Anda juga bisa memilih Purina Dentalife Dental Treats For Cats Tasty Chicken. Produk snack kucing ini memang dibuat khusus untuk kesehatan gigi kucing. Teksturnya yang berpori dan renyah telah teruji bisa mengurangi penumpukan tartar pada gigi kucing. Untuk kesehatan menyeluruh, snack ini juga mengandung taurin dan kalsium. Anda bisa mendapatkan produk snack kucing pilihan ini di Amazon dengan harga Rp 120.000.

Ciao Chu Ru Tuna (Maguro)

Sumber gambar tokopedia.com

Untuk si manis yang tidak suka snack kering, coba Ciao Chu Ru Tuna (Maguro). Snack kucing ini memiliki berbagai rasa, seperti ayam, daging sapi, tuna, hingga kerang. Produk asli Jepang ini juga mengandung ekstrak teh hijau untuk menambah kebugaran kucing Anda. Anda bisa memberikannya kepada kucing berbagai usia, dari kucing kecil hingga dewasa. Dapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 24.000, untuk kemasan 56 gram.

BokBok Pet Munchies For Cat

Sumber gambar tokopedia.com

Snack kucing pilihan terakhir dalam daftar ini adalah BokBok Pet Munchies For Cat. Produk asli Thailand ini dibuat dari daging ikan asli, memiliki 7 varian rasa, seperti ikan asin, extra catnip, hati, salmon, tuna, soft jerky, hingga rasa original. Produk ini juga rendah lemak dan telah diperkaya dengan omega 3 yang akan membuat bulunya selalu sehat berkilau. Anda bisa mendapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 25.000.

From our editorial team

Bahagiakan Kucing Kesayangan dengan Aneka Camilan

Camilan untuk kucing boleh diberikan dengan takaran tertentu, ya. Sebagai reward untuk kucing kesayangan, tentu sesekali memberikan camilan tidak masalah malahan akan membuat si manis semakin bahagia. Yuk, bikin kucing kesayangan Anda terbebas dari stres dengan berbagai aneka camilan enak bagi si kucing.

Tag