Suka dengan Mainan Jepang? 8 Rekomendasi Mainan Jepang Ini Cocok Jadi Koleksi Anda di Rumah

Suka dengan Mainan Jepang? 8 Rekomendasi Mainan Jepang Ini Cocok Jadi Koleksi Anda di Rumah

Jepang seperti tidak kehilangan inovasi dalam menciptakan mainan anak-anak. Berbagai macam jenis mainan buatan Jepang tersebar hampir di setiap negara. Tidak dipungkiri memang bahwa Jepang tidak semata-mata menciptakan mainan anak-anak tetapi juga memerhatikan manfaat edukasinya. Hal ini karena kecerdasan anak memang perlu dilatih sejak dini, contohnya melalui mainan.

Orang Jepang Seakan Tak Pernah Kehabisan Akal Membuat Produk-produk Inovatif, Menarik, dan Aneh

Sumber gambar medium.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa Jepang adalah salah satu negara paling maju di kawasan Asia. Negara ini selalu melakukan inovasi di berbagai sektor kehidupan. Tidak jarang produk buatan Jepang dianggap aneh dan tidak masuk akal. Contoh produk asal Jepang yang dianggap aneh adalah bantal yang bentuknya mirip pantat wanita hingga balon khusus untuk bermain smartphone saat mandi.

Perkembangan inovasi di Jepang juga merambah dunia mainan. Tidak jarang mainan anak asal Jepang bukannya lucu tetapi malah menyeramkan dan sering membuat mual saat dilihat, bahkan sering dianggap tidak ada gunanya. Namun justru karena inilah warga Jepang menjadi sangat kreatif dan inovatif.

Mainan-mainan Aneh yang Ada di Jepang

Shave The Baby Doll

Sumber gambar i.imgur.com

Mainan yang satu ini benar-benar unik. Jika dilihat sekilas, bentuknya sama seperti boneka pada umumnya. Tetapi ternyata boneka ini mempunyai rambut yang terus bisa tumbuh seperti rambut manusia. Itulah mengapa mainan ini dinamakan Shave the Baby Doll. Rambut boneka ini harus dipotong dari waktu ke waktu agar tidak panjang. Tidak hanya di kepala, rambut berwarna orange yang menyala juga tumbuh dari tangan, kaki, ketiak, bahkan kemaluannya!

Tuttuki Bako

Sumber gambar aws-dist.brta.in

Permainan ini mirip dengan poking box. Tampilan luarnya mirip seperti Tamagotchi. Di dalam mainan ini memiliki karakter tertentu yang bisa berinteraksi dengan Anda. Caranya dengan memasukkan jari Anda ke lubang yang ada di samping mainan. Anda bisa “menggoda” mainan ini dengan cara menjentikkan hidung, mencolek, dan banyak lagi. Tenang saja, mainan ini tidak menggigit kok.

Face Bank

Sumber gambar ru.rosegal.com

Sejak kecil, Anda pasti sudah mengajari anak untuk menabung dan berhemat. Tapi anak-anak biasanya sangat susah disuruh menabung. Salah satu cara agar anak bersemangat menabung adalah dengan celengan berbentuk lucu seperti yang ada di Jepang ini.

Face Bank adalah mainan berbentuk trapesium yang di bagian depannya terdapat gambar wajah simpanse. Sayangnya, wajah simpanse ini sama sekali tidak lucu. Mata boneka tampak seperti mata Annabelle yang menyeramkan. Koin atau uang yang akan ditabung dimasukkan melalui bibir boneka yang menyeramkan ini. Kalau Anda ingin membuka celengan, Anda harus memenggal kepalanya. Mainan ini dinilai kurang tepat untuk anak-anak.

Kappa Kick

Sumber gambar jhtc.co.id

Permainan Kappa Kick mirip dengan Russian Roulette. Hanya saja, Kappa Kick tidak menggunakan pistol dan peluru sungguhan. Pistol mainan akan mementalkan bagian ujung pistol secara acak sampai mengenai wajah. Meski hanya mainan, tapi sebaiknya tidak dimainkan oleh anak-anak. Apa yang dapat dilakukan oleh pistol ini sangat tidak terduga. Misalnya kalau Anda terus menerus menarik pelatuknya, bisa-bisa pistol justru akan menendang kepala Anda sendiri.

Jepang juga Punya Mainan Tradisional yang Unik dan Kreatif

Selain permainan modern, Jepang juga punya mainan tradisional yang asyik untuk dimainkan. Permainan yang kental akan unsur budaya Jepang ini bahkan masih populer di kalangan pemuda Jepang hingga saat ini. Mainan tradisional Jepang banyak dimainkan di perayaan tahun baru. Hal ini menunjukkan besarnya rasa cinta anak-anak dan pemuda Jepang akan budaya mereka sendiri.

Daruma Otoshi

Sumber gambar www.gulalives.co

Dalam permainan ini, ada boneka Daruma yang terdiri dari 5 bagian. Bagian-bagian ini memiliki warna masing-masing, biasanya mengambil warna pelangi yaitu biru, merah, kuning, dan hijau. Setiap bagian dipersenjatai dengan palu kecil untuk memukul setiap bagian dari atas ke bawah. Hanya bagian yang dipukul saja yang boleh jatuh.

Shogi

Shogi adalah catur tradisional Jepang dengan cara bermain yang unik. Tidak seperti catur pada umumnya, bidak lawan yang sudah ditangkap dapat dimainkan kembali. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang, menggunakan papan catur yang terdiri atas 9 lajur dan 9 baris. Bidak lawan yang sudah ditangkap bisa dimainkan kembali di atas papan untuk menambah jumlah pasukan. Sama seperti permainan catur, Shogi dimenangkan setelah raja lawan berhasil dimatikan atau skak mat. Dalam Shogi, skak mat disebut dengan tsumi.

Kendama

Sumber gambar alicdn.com

Mainan asal Jepang ini sangat unik. Kendama dimainkan dengan sebuah bola yang disebut dengan Dama/Tama. Bola ini dihubungkan dengan ken (semacam palu) dengan menggunakan tali. Diperkirakan ada lebih dari 1.000 macam teknik berbeda untuk memainkan permainan ini. Teknik yang paling dasar antara lain melempar bola ke atas lalu ditangkap dengan ken. Permainan ini sebenarnya cukup sulit. Itulah mengapa Kendama sering dilombakan di acara-acara festival atau perayaan.

Mainan Jepang untuk Koleksi di Rumah

Tidak hanya anak-anak saja yang butuh mainan. Bagi orang dewasa, mainan adalah sarana untuk melepaskan stres dan kepenatan dari pekerjaan. Kalau Anda termasuk orang yang gemar mengoleksi mainan, beberapa mainan unik dan aneh asal Jepang ini layak masuk koleksi Anda. Pastikan Anda membeli mainan ini saat ke Jepang nanti ya. Kalau tidak bisa beli langsung di Jepang, beberapa online shop juga menjual mainan ini kok.

Japanese Sushi Mainan Blok & Puzzle

Sumber gambar www.blibli.com

Salah satu fungsi mainan puzzle adalah meningkatkan konsentrasi dan mengasah kecerdasan. Inilah mengapa mainan puzzle banyak ditujukan untuk anak-anak. Japanese Sushi Mainan Blok & Puzzle dapat dimainkan anak mulai usia 6 tahun. Dengan desain yang fun dan bentuk yang lucu, anak-anak pasti senang membongkar pasang mainan ini. Dirancang dengan 520 pcs yang menjadi bentuk Japanese Sushi terlihat lucu. Terbuat dari bahan plastik ABS yang aman bagi anak. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 99.600 di Blibli atau di Matahari Mall dengan harga Rp 98.600.

Pajangan Geisha Kimono Jepang Unik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Ruangan rumah pasti akan terasa hampa jika tidak diberi hiasan. Anda pun akan lebih betah berlama-lama di rumah. Pajangan Geisha Kimono Jepang Unik ini bisa membuat tampilan dinding menjadi semakin manis. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 65.000 di Tokpedia.

Mochi Moni Moni Animal Squishy

Sumber gambar www.creamiicandy.com

Mainan dengan berbagai bentuk unik punya tekstur halus dan lembut seperti spons. Squishy dapat kembali ke bentuknya yang semula meski telah diremas. Mainan squishy banyak dipakai sebagai gantungan kunci, gantungan handphone, tempat pena, dan masih banyak lagi. Fungsi utama dari squishy adalah sebagai alat penghilang stres.

Mochi Moni Moni Animal Squishy Mainan Anak Jepang punya tekstur yang kenyal, sangat menggemaskan saat dimainkan. Mainan asal Jepang ini hadir dalam bentuk hewan-hewan lucu seperti babi, bebek, ayam, dan domba. Mainan ini dijual dengan harga Rp 25.000 di Tokopedia dan di Bukalapak dengan harga Rp 15.500.


Banpresto EXQ Asuna Blue Marine Action Figures

Sumber gambar www.static-src.com

Baik anak-anak maupun orang dewasa sangat suka mengoleksi action figure. Mainan ini umumnya berbahan plastik, hadir dalam karakter tertentu (biasanya superhero). Harganya tidak main-main, action figure yang langka bisa dihargai hingga jutaan rupiah lho.

Kalau Banpresto EXQ Asuna Blue Marine Action Figures bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 286.200 saja. Action figure yang terbuat dari bahan plastik ini dibuat dengan sangat detail, sesuai dengan pose karakter aslinya. Dengan dimensi produk 240 mm x 140 mm x 110 mm, action figure ini terasa sangat nyata.

Cubicfun Japan Osaka Castle 3D Puzzle

Sumber gambar alicdn.com

Puzzle adalah jenis mainan yang bisa dimainkan siapa saja di segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Mainan puzzle terbuat dari berbagai macam material seperti kayu atau karton.

Cubicfun Japan Osaka Castle 3D Puzzle adalah mainan dengan desain playful berbentuk Japan Osaka Castle yang disukai anak. Fungsi utama mainan ini adalah melatih kemampuan motorik anak dan meningkatkan ketelitian pada anak. Satu set mainan terdiri dari 33 pcs puzzle. Dapatkan mainan ini hanya di Tokopedia dan Blibli dengan harga Rp 79.000.

B-Daman CB-32 Round Tigare (KW) Mainan Kelereng Gundu

Banyak mainan yang diciptakan untuk anak guna melatih kreativitas mereka, salah satunya adalah mainan merakit robot. Robot B-Daman adalah mainan yang bisa menembakkan kelereng asal Jepang. Permainan kelereng akan lebih seru berkat bantuan dari B-Daman.

Robot dapat dirakit sendiri dan diubah sesuai kehendak atau imajinasi pemain. Permainan ini juga dilengkapi dengan berbagai macam alat seperti Sniper untuk menembakkan kelereng. B-Daman CB-32 Round Tigare (KW) bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Japan House Ryoma Echizen Prince Of Tennis Anime Original Japan Basketball Boneka

Sumber gambar www.blibli.com

Komik manga "Prince of Tennis, Ryoma Echizen" bercerita tentang Ryoma Echizen, anak seorang petenis terkenal asal Jepang. Dia berhasil masuk klub tennis terkenal Seigaku di umur 12 tahun hingga melaju ke tim reguler yang dikenal kuat.

Echizen bercita-cita untuk menyaingi kehebatan ayahnya. Sikapnya angkuh, sombong, dan tidak mudah mengalah. Setelah dikalahkan oleh Tezuka, Echizen harus mengubah targetnya.

Boneka Japan House Original Ryoma Echizen Prince Of Tennis terbuat dari bahan berkualitas dengan desain fun, sangat menyenangkan untuk dimainkan anak-anak. Tinggi boneka ini hanya 18 cm saja. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 175.000.

Bandai Meisho Manga Realization Samurai Spiderman Action Figures

Sumber gambar volusion.com

Tidak pernah terbayang bukan bagaimana jika Spiderman memegang samurai? Action figure yang langka ini dijual di Jepang. Dibuat dengan desain yang rapi dan detail sehingga sangat mirip dengan karakter aslinya. Cocok untuk Anda yang gemar mengoleksi Spiderman atau sebagai hadiah untuk teman Anda yang gemar mengoleksi action figure.

Bandai Meisho Manga Realization Samurai Spiderman Action Figures dijual dengan harga Rp 1.450.000 di Blibli dan di Dorksidetoys dengan harga Rp 1.425.000.

From our editorial team

Kreativitas Masyarakat Jepang Menjadi Salah Satu Alasan Jepang Menjadi Negara Maju

Kreativitas yang dimiliki orang-orang Jepang memang terbilang unik dan aneh, tetapi itulah yang membuat Jepang berkembang pesat dalam menguasai pasar dunia. Contoh sederhananya ialah mainan anak-anak yang saat ini hampir memenuhi pasar dunia. Selain mainan tersebut diproduksi untuk mengedukasi anak-anak, Jepang juga memproduksinya untuk hiasan yang bisa dijadikan koleksi orang dewasa. Inovasi yang terus dilakukan dapat menciptakan masyarakat Jepang yang cerdas.

Tag