Ini Dia 10+ Rekomendasi Game Seru Asal Jepang yang Bisa Dimainkan Lewat Smartphone Kamu (2018)

Ini Dia 10+ Rekomendasi Game Seru Asal Jepang yang Bisa Dimainkan Lewat Smartphone Kamu (2018)

Sumber gambar tokopedia.com

Saat tak ada yang dikerjakan di perjalanan atau harus antre di restoran, kadang bisa bikin kamu jenuh dan bosan. Untuk mengisi waktu, biasanya bermain game di gawai jadi pilihan. Terlebih, saat ini banyak game yang hadir di platform Android juga iOS sehingga memudahkan pengguna ponsel pintar untuk bermain di mana pun, kapan pun. Sekian banyak game seru yang hadir, berikut game-game asal Jepang yang asyik dimainkan di smartphone kamu.

Game Jepang Android Sudah Terkenal di Kalangan Gamers

Sumber gambar review.bukalapak.com

Game menjadi hiburan tersendiri bagi mereka yang jenuh akan aktivitas. Kala liburan tak memungkinkan untuk dilakukan di tengah aktivitas padat, main game bisa dilakukan sejenak di tengah kesibukan untuk kembali menyegarkan pikiran. Aneka game diciptakan dan membuat kita lebih leluasa memilih game yang kita suka dan sesuai dengan karakter kita.

Jepang menjadi salah satu negara yang banyak memproduksi game. Ada game PlayStation, PC sampai game Android juga. Khusus untuk game Jepang Android sudah banyak dikenal di kalangan gamer. Hal ini karena game-nya kebanyakan mengangkat artistik khas Anime. Tak heran jika kemudian Jepang dikenal sebagai pencipta game RPG terbaik.

Developer Game Terkenal Asal Jepang

Kairosoft

Sumber gambar peppafanon.wikia.com

Kamu pasti ingin kenal lebih jauh dong dengan para developer game terkenal dari Negeri Sakura. Kenalin nih, ada Kairosoft yang merupakan sebuah studio pengembang sekaligus penerbit game mobile. Berpusat di Tokyo, pengembang yang berdiri tahun 1996 ini banyak mengeluarkan game bergenre simulasi untuk jenis game mobile.

Memiliki 9 orang karyawan, developer ini mulai mengembangkan game simulasi untuk platform Windows sejak 1996. Lalu mereka mulai mengembangkan game simulasi mobile untuk telepon seluler Jepang. Mereka mulai merilis Game Dev Story untuk iOS dan Android pada tahun 2010 dan terus mengembangkan game menarik lainnya.

Kojima Production

Sumber gambar gameplaying.info

Berdiri tahun 2005, Kojima Production ini merupakan miliki Hideo Kojima yang merupakan seorang perancang video game. Studio pengembangan video game Jepang ini dulunya adalah anak perusahaan dari Konami.

Di tahun 2015 perusahaan pernah dibubarkan usai Kojima lepas dari Konami. Lalu di akhir 2015, Kojima mereformasi perusahaan untuk menjadi studio independen di Shinagawa. Mereka pun mengembangkan waralaba baru dan awalnya merilis game eksklusif untuk PS4.

Square Enix

Sumber gambar gametimers.it

Square Enix ini awalnya adalah perusahaan gabungan dari Square Co. Ltd dan Enix. Produsen permainan video dan manga Jepang ini berdiri tahun 2003. Perusahaan ini juga memiliki kendali bisnis di Community Network Software Engine of Beijing yang bertugas untuk fokus pada jaringan middleware khusus gaming.

Kantor Square Enix di[indahkan ke Yoyogi Shibuya. Di tahun 2004, perusahaan mampu menguatkan pasar nirkabelnya berkat UIEvolution, Inc. Lalu di tahun berikutnya, perusahaan mengambil alih Taito Corporation yang ahli dalam permainan arkade, Space Invaders dan seri Bubble Bobble.

Rekomendasi Game Jepang yang Seru Banget Dimainkan Kapan Saja

Zenonia 4

Sumber gambar id.techinasia.com

Zenonia 4 dengan judul Return of The Legend merupakan rekomendasi game Jepang yang bisa kamu mainkan dengan seru. Gamevil mengeluarkannya untuk iOS dan juga Android. Sebagai Zenonia 3, kami punya tips menarik untuk para pemain.

Sebaiknya menghindari Monster Boss kecuali kalau pemain memang sedang over levelling atau dengan memiliki equip dan status yang sangat tinggi. Monster Boss memiliki kekuatan yang dahsyat sehngga akan sedikit sulit ditaklukkan. Pemain bisa memakai equip set yang sesuai dengan levelnya. Kamu bisa melengkapi equip setmu dengan sheath stone penambah status.

Chaos Rings III

Sumber gambar toucharcade.com

Muncul tahun 2010 untuk seri iOS, Chaos Rings dikenal menjadi RPG dengan kualitas console pada platform mobile. Seri ketiga ini lebih spesial dengan adanya fitur dan gameplay yang belum pernah ada sebelumnya. Kalau sudah penasaran buruan saja kamu mainkan game dengan grafis yang menawan ini.

Media Vision selaku developer game yang satu ini mempersembahkan game yang masih mempertahankan berbagai elemen yang ada pada game orisinalnya. Misalnya saja seperti RPG dengan grafis 3D menawan, sistem pertarungan turn-based, dungeon untuk dijelajahi hingga pilihan karakter berjumlah banyak.

The Alchemist Code

Kamu yang gemar main game role playing bisa lirik game Jepang bernama The Alchemist Code, Game yang satu ini diterbitkan oleh gumi Inc. Dirilis untuk perangkat iOS dan Android, game ini memiliki nama lain For Whom the Alchemist Exists. Mulai hadir awal tahun 2016, game ini diluncurkan pada 14 November 2017 untuk versi global resminya.

Kamu bisa memanggil karakter dalam game dengan tampilan isometrik 3D yang keren ini. Hampir mirip dengan Saiyuki dan Final Fantasy Tactics, game ini memperbolehkan kamu menggerakkan beberapa tokoh dan mengatur posisi yang tepat untuk memenangkan misi. Uniknya, dalam game ini, tiap karakter memiliki paling tidak tiga job yang berbeda.

Final Fantasy Brave Exvius

Sumber gambar finalfantasyunion.com

Final Fantasy Brave Exvius tak boleh ketinggalan untuk kamu mainkan. Dalam game ini kamu bertugas menyusun dan mengendalikan sekelompok karakter demi menuntaskan beragam quest dan misi dalam game. Dengan skema free to play, maka kamu bisa memadukan karakter sesuka hati. Temukan aneka kombinasi serangan dan taktik yang hampir tidak terbatas dalam game yang super seru ini.

Developer-nya sudah memakai sistem grinding sekaligus menawarkan IAP. Supaya mudah grinding, kamu bisa mengeset jalannya pertarungan ke mode auto. Kamu bisa juga mengulangi kembali aksi yang telah dilakukan degan memakai mode repeat. Selain itu ada juga fitur summon dengan mekanisme gacha yang akan bikin game kamu jadi terasa lebih hebat.

RPG Record of Agarest War

Sumber gambar androidcommunity.com

Agarest yang mengusung tema Generations of War juga hadir sebagai game Jepang yang kami rekomendasikan. Game ini rilis di tahun 2014 sebagai game jenis RPG. Ghoslight sebagai pihak yang merilis game seru yang satu ini untuk Andorid dan perangkat lainnya.

Inti dari game ini adalah mengenai peperangan antara dua pasukan hebat. Setelah dimenangkan Pasukan Cahaya, ternyata Pasukan Kegelapan bangkit untuk kembali berulah. Pasukan Cahaya akan menuntun kamu untuk membantu mereka menjaga kedamaian di dunia baru. Kamu bisa juga bergabung dengan Pasukan Kegelapan untuk balas dendam atas kekalahan yang lalu.

Kairosoft Series

Sumber gambar kairopark.jp

Pengembang yang berpusat di Tokyo ini tak hentinya bikin game yang seru. Kairosoft kini menghadirkan game berunsur simulasi dan hadir dalam satu serian yang dinamakan Kairosoft Series.

Kamu bisa mencoba memainkan Dev Story yang bisa mengajak kalian untuk membangun sebuah perusahaan video game sendiri. Kamu bisa jajal juga Beastie Bay yang menuntun kamu untuk menangkap monster yang ada dan melatihnya untuk menjadi kuat. Atau cocok juga kalau kamu mencoba Pocket League Story 2 yang pas untuk kamu yang ingin punya tim sepak bola sendiri.

Metal Gear Solid Touch

Sumber gambar youtube.com

Metal Gear Solid Touch adalah game rekomendasi selanjutnya untuk kamu. Game ini bisa dimainkan lewat konsol seperti iPad. Seru untuk dimainkan karena game-nya merupakan game action.

Game Jepang ini mempersembahkan permainan di mana kamu bisa menembak sasaran berupa musuh tentara yang berada di balik pintu, di atas loteng, di samping mobil dan banyak tempat lainnya. Arahkan senapan pada mereka lalu tembakkan senjatamu. Waspadalah supaya tak menembak kawan kamu sendiri, ya.

Reel Fishing

Sumber gambar iosgamehd.blogspot.com

Seperti namanya, ini game yang berkisah tentang pemancingan. Kamu harus mengontrol seberapa cepat kamu menggulung pancingan. Hindari terlalu tegang jika tak ingin senarnya putus. Uniknya di level selanjutnya kamu bisa menemukan ikan yang harus dipancing dengan teknik tertentu.

Selesaikan misi yang diberikan supaya kamu bisa cepat memenangkan game ini. Hadir dengan kualitas grafis standar, game ini cukup nyaman dimainkan. Game ini sederhana dan bisa menghilangkan kejenuhan cukup dari gameplay dan musiknya.

Monster Hunter Dynamic Hunting

Sumber gambar gamezebo.com

Monster Hunter Dynamic Hunting juga tergolong game yang kamu bisa coba untuk mainkan loh. Sangat banyak diminati, game untuk PS2 ini kini sudah bisa dimainkan di handphone loh. Game Jepang ini mengajak kamu berpetualang mencari dan menangkap aneka monster.

Game figting ini hadir dari penerbit Capcom. Awal dirilisnya adalah Juni 2011 lalu. Sebagai spin off seri game Monster Hunter, dijamin kamu tak mau berhenti memainkan game seru yang satu ini.

Legends of Holy Archer

Sumber gambar youtube.com

Legends of Holy Archer jangan sampai kamu lewatkan, ya. Game dengan tema cukup aneh ini layak banget untuk dicoba. Kamu akan menjadi seorang pemanah yang akan membunuh monster besar.

Untuk memainkan game ini kamu perlu mengendalikan busur tersebut melewati banyak rintangan hingga akhirnya sampai pada monster yang dituju. Kamu bisa mengunduh game ini secara gratis. Mudah dikontrol dan dimainkan, jelasnya game ini tak akan bikin kamu mudah bosan, deh.

From our editorial team

Hati-hati Kecanduan, Sesuaikan dengan Rutinitas

Bermain game jadi kegiatan yang mengundang pro dan kontra di kalangan masyarakat. Hal ini bisa dimaklumi karena pada beberapa kasus, gamer bisa jadi kecanduan sehingga mengabaikan rutinitas hidupnya mulai dari membersihkan diri, lalai makan bahkan mengabaikan kesehatan. Pada kasus yang lain, ada juga gamer yang tidak bisa mengontrol diri sehingga terus menerus membeli item-item khusus yang dijual sampai menghabiskan uang. Ingat, game hanya untuk mengusir kebosanan terutama jika kamu bukan atlet e-sport. Batasi waktu bermain game dan gunakan sarana hiburan ini sebijak mungkin.