Penggemar Harvest Moon? Jangan Lewatkan 10+ Rekomendasi Game Harvest Moon yang Bisa Bikin Kamu Bernostalgia

Penggemar Harvest Moon? Jangan Lewatkan 10+ Rekomendasi Game Harvest Moon yang Bisa Bikin Kamu Bernostalgia

Sumber gambar comicbook.com

Game satu ini populer di masanya. Jadi salah satu permainan terlaris, game Harvest Moon hadir dalam beberapa seri yang masing-masing memiliki keseruan tersendiri. Game dengan genre role-playing game/life simulation game ini akan mengajak kamu berperan menjadi salah satu karakter dan menjalani kehidupan di lokasi pemetaan yang sudah tersedia. Game ini bisa kamu nikmati dalam berbagai platform yang bisa kamu intip dalam referensi berikut ini.

Game Harvest Moon Tidak Hanya Satu Lho, Ada Beberapa Seri yang Cukup Oke Kamu Mainkan

Sumber gambar superparent.com

Game simulasi memang banyak macamnya. Havest Moon adalah salah satu contohnya. Menceritakan mengenai kehidupan berkebun dan menjadi seorang petani, game ini juga memperbolehkan pemainnya untuk melakukan aktivitas seperti menambang, beternak bahkan menikah. Kamu sudah pernah mencoba memainkan game Harvest Moon belum?

Ada lebih dari satu seri loh game Harvest Moon ini. Misalnya saja seri Innocent Life, A Futuristic Harvest Moon. Berlatar zaman modern tahun 2022, pemain akan menjalankan karakter utama yakni robot android yang berwujud pria muda. Tugasnya adalah untuk menyelamatkan sebuah pulau bernama Heartflame.

Selain itu ada juga seri Magical Melody dari Harvest Moon. Game yang dirilis tahun 2005 ini mengharuskan pemain untuk mengumpulkan 100 notes musik ajaib. Nantinya notes akan dipakai untuk mengembalikan sang Dewi Harvest yang telah berubah menjadi batu.

Dari sekian banyak seri, yang paling dikenal adalah seri Back to Nature. Yuk, coba ingat kembali beberapa karakter Harvest Moon. Setelahnya intip deretan rekomendasi game Harvest Moon dari BP-Guide.

Masih Ingat dengan 5 Karakter di Game Harvest Moon: Back to Nature Ini?

Kai

Sumber gambar harvestmoon.wikia.com

Kai boleh jadi hanya muncul pada beberapa waktu tertentu. Namun karakter dengan ikat kepala warna ungu ini hanya muncul di musim panas. Ia akan mendirikan pondok kecil di dekat pantai.

Karakter ini unik karena bisa diajak berteman juga. Kamu bisa mengajaknya menonton kembang api di gunung Mother Hill. Meski begitu ia juga bisa menjadi rival dalam perebutan hati Popuri. Jika ia menikah dengan Popuri, maka ia akan tinggal di desa untuk selamanya.

Dewi Harvest

Sumber gambar harvestmoon.wikia.com

Dalam game Harvest Moon seri Back to Nature, kita akan berkenalan dengan Dewi Harvest. Ini merupakan karakter rahasia sehingga tak selamanya kamu bisa menemuinya. Bahkan meski Hari Festival, belum tentu karakter ini akan muncul.

Kalau ingin bertemu dengannya kamu harus melempar beberapa hasil panen ke air terjun yang berada di dekat pemandian air panas. Ia tak akan muncul sore hari usai pukul 6 petang dan pagi hari pukul 8. Ia juga tak akan muncul kala cuaca sedang buruk. Namun saat ia muncul, ia akan memberi imbalan berupa power berry kalau kamu melempar lima hasil panen ke air terjun.

Won

Karakter yang satu ini biasanya muncul di Inn. Namun, tak jarang juga ia bisa mengagetkan dan muncul di depan rumah. Kadang, karakter ini akan menodong supaya kamu membeli barang jualannya.

Kamu bisa membeli banyak barang yang tak bisa ditemukan di supermarket pada Won. Mirip pedagang asal Tiongkok, ia memiliki banyak barang unik. Waspadalah jangan sampai membeli barang yang kadang tak berguna ya.

Harris

Sumber gambar harvestmoon.wikia.com

Dalam game Harvest Moon memang banyak karakter yang unik. Misalnya saja Harris yang seorang polisi ini. Ia merupakan anak wali kota yang menjalankan tugas polisinya dengan benar. Ia berkeliling desa untuk berpatroli tiap harinya.

Jika ingin menemui karakter satu ini maka tugasmu adalah untuk menghafal jadwal Harris lewat. Umumnya ia akan muncul di romah Gotz, Yodel Ranch atau di Inn maupun di rumahnya sendiri.

Anjing Liar

Sumber gambar harvestmoon.wikia.com

Sama seperti kehidupan petani di dunia nyata, dalam game juga ada hewan pengganggu baik untuk tanaman maupun untuk ternak. Dalam Harvest Moon kamu akan menemukan anjing liar. Mungkin karakter ini sangat tidak disukai. Sebab, setiap muncul, ia akan mengganggu hewan ternak yang terlalu lama kamu tinggalkan di luar kandang.

10 Game Harvest Moon Terbaik Sepanjang Masa

Harvest Moon: Friends of Mineral Town (GBA)

Sumber gambar emuparadise.me

Friends of Mineral Town ini merupakan seri Harvest Moon yang pertama kami rekomendasikan. Awali permainan kamu dengan 5 alat yang tersedia untuk mendapatkan uang. Kamu bisa membersihkan ladang besar di pertanian selain juga bisa menanam tanaman dan menambang. Pendapatan kamu bisa digunakan untuk membeli barang, membeli hewan ternak hingga bisa dipakai untuk memperluas lahan.

Dalam game ini ada enam bujangan untuk bisa dinikahi. Kamu juga akan mendapat banyak teman berupa penduduk desa yang ramah. Kamu bisa belajar resep dan lainnya pada penduduk desa dalam game ini.

Harvest Moon: Magical Melody (Wii)

Sumber gambar youtube.com

Magical Melody merupakan seri dari Harvest Moon yang seru banget untuk kamu mainkan. Dengan dua tujuan yakni membangunkan Harvest Goddess dan menikahi salah satu penduduk kota, kamu pasti tak bosan memainkannya. Akibat warga kota yang cuek, maka Dewi Harvest berubah menjadi batu.

Tugas kamu adalah untuk mengumpulkan not musik dengan cara menyelesaikan aneka rintangan. Kamu harus mengumpulkan lebih dari 100 not musik supaya Dewi Harvest kembali seperti semula. Kamu bisa memilih menjadi karakter pria atau wanita di versi Game Cube.

Harvest Moon 64 (N64)

Sumber gambar nintendo.co.uk

Harvest Moon 64 jangan sampai dilewatkan untuk dimainkan ya. Untuk awalan kamu hanya akan dibekali fitur minimal yakni peternakan dengan kandang ayam kosong dan gudang. Kamu bisa membeli hewan ternak dan peralatan lainnya nantinya. Jelajahi daerah setempat untuk mengenal penduduk kota dan desa di berbagai tempat mulai dari perpustakaan hingga toko bunga.

Tugas kamu adalah untuk memulihkan dan memelihara peternakan. Dalam game ini kamu juga bisa berpartisipasi dalam berbagai festival kota serta melatih dan melakukan balap kuda. Serunya kamu juga bisa mengumpulkan foto dari berbagai pencapaian dan acara loh.

Harvest Moon: Animal Parade (Wii)

Sumber gambar harvestmoon.wikia.com

Animal Parade merupakan bagian dari seri Harvest Moon. Game simulasi yang dirilis Marvelous Entertainment ini khusus untuk konsol Nintendo Wii. Menjadi entri terakhir dalam seri yang akan diproduksi oleh pembuat seri lama, jangan sampai kamu melewatkan game yang satu ini untuk dimainkan ya.

Awal permainan akan membawa kamu ke Pulau Castanet. Di sana kamu akan menemukan pohon di tengah kolam Harvest Goddess telah mulai melemah. Tugas kamu untuk membunyikan lima lonceng dan membawa Harvest King kembali ke pulau. Selain itu kamu juga perlu menghidupkan kembali Pohon Dewi sekaligus menjalankan perkebunan besar.

Harvest Moon: Tree of Tranquility (Wii)

Sumber gambar harvestmoon.wikia.com

Tree of Tranquility juga merupakan seri dari Harvest Moon yang bisa dimainkan melalui konsol Nintendo Wii. Saat pohon suci mati, dewa pulau meninggalkan pulau yang dulunya mempesona. Penduduk pun banyak yang pergi meninggalkan pulau karena keadaan jadi suram.

Tugas kamu dalam permainan ini adalah menumbuhkan berbagai tanaman termasuk tanaman obat. Selain itu kamu juga bisa menjalin persahabatan hingga menikah. Kamu harus menyelamatkan pulau dengan cara membuat pohonnya hidup kembali.

Harvest Moon: A New Beginning (3DS)

Sumber gambar vooks.net

A New Beginning ini merupakan seri dari Harvest Moon. Hadir dengan karakteryang ekstensif, desain rumah, dan lainnya sangat menarik dalam game yang satu ini. Adalah sebuah desa bernama Echo yang banyak ditinggalkan penduduknya. Tugas kamu adalah untuk kembali menghidupkan daerah ini supaya kembali ramai.

Kamu di sini akan berperan sebagai anak yang mewarisi peternakan tua di Desa Echo dari oangtua. Selagi mengembangkan pertanian, kamu bisa merevitalisasi kota kecil tersebut. Hias kembali rumah untuk menarik penduduk desa kembali ke Echo Village.

Harvest Moon: Back to Nature (PS)

Sumber gambar id.techinasia.com

Seri PlayStation Harvest Moon Back to Nature pastinya sudah tak asing lagi. Kita memulai game yang satu ini dengan modal kecil dan juga sebuah pertanian yang sudah bobrok. Kamu harus membangun kembali pertanian hingga menjadi sukses dan berkembang dengan baik.

Dalam game ini bukan hanya fokus untuk membangun pertanian saja. Kamu juga wajib berinteraksi dengan karakter lainnya. Perhatikan faktor cuaca dalam permainan karena akan berpengaruh pada hasil pertanian kamu. Jangan lewatkan juga untuk berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan menarik dalam game ini.

Harvest Moon: DS Grand Bazaar (3DS)

Sumber gambar gamingbolt.com

Yuk coba mainkan DS Grand Bazaar yang merupakan game keren dari seri Harvest Moon. Seperti namanya, game ini mengenai penyelenggaraan bazar yang ramai. Menjadi yang termegah di dunia, bazar ini menghadirkan pelanggan dan penjaja dari keempat penjuru bumi.

Dalam game ini kamu bisa menanam aneka pohon dan tanaman supaya bisa dijual di bazar mingguan. Jangan lupa juga menjual hasil ternak kamu ya. Kamu bisa juga memperluas bazar supaya lebih besar supaya kota Zephyr semakin ramai.

Harvest Moon: A Wonderful Life (PS2)

Sumber gambar amazon.com

A Wonderful Life dari Harvest Moon adalah game yang bisa dimainkan pada konsol PS 2. Kamu akan mengawali permainan dengan memiliki seekor sapi lalu bisa memperbanyak koleksi ternak kamu. Kamu bisa memelihara ayam, domba dan kuda selain sapi.

Perhatikan apa saja yang dihasilkan ternak kamu. Dari telur hingga susu, kamu wajib perhatikan seberapa lama mereka bisa produktif menghasilkan susu atau telur dan lainnya.

Dalam game ini kamu akan mendapatkan peternakan dengan 3 bidang yang memiliki berbagai tingkat kesuburan. Kamu bisa menyiram tanaman lebih dari sekali sehari dan bisa juga memupuknya. Jika ingin benih yang berkualitas maka, penyiraman tanaman harus lebih diperhatikan.

Harvest Moon: Tales of the Two Town (NDS)

Sumber gambar nintendo.co.uk

Tales of the Two Town juga menjadi salah satu seri Harvest Moon yang ternama. Kamu harus memenangkan kompetisi memasak yang digelar selama 4 hari dalam tiap musimnya. Kamu akan bersaing dengan kota lainnya dalam kompetisi tersebut.

Dalam game ini Harvest Goddess memutuskan untuk membuka blokir terowongan yang memblokir dua kota. Dalam kesempatan ini, persahabatan dua walikota akan terjalin. Kamu bisa menjalankan salah satu karakter baik lelaki atau perempuan.

From our editorial team

Fun Fact Harvest Moon

Memperingati perayaan 20 tahun sejak pertama kali Harvest Moon rilis, ada beberapa game yang diluncurkan seperti Harvest Moon: A Wonderful Life Special Edition, Harvest Moon: Save the Homeland untuk PlayStation 4 serta Harvest Moon: 64 untuk Wii U. Permainan virtual Harvest Moon ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1996 dengan Tsuyoshi Tanaka sebagai komposer serta Setsuko Miyakoshi dan Ken Takahashi sebagai sutradara. Video game ini kemudian diluncurkan di Amerika Utara pada tahun 1997 serta di kawasan Eropa pada tahun 1998. Meski beberapa elemen disesuaikan dengan versi negara peluncuran, kultur budaya Jepang di beberapa bagian masih dipertahankan seperti sikap membungkuk untuk tanda hormat serta elemen-elemen keyakinan Shinto.