Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terfavorit (2020)

Dukung Tumbuh Kembang Anak dengan 10 Rekomendasi Mainan Edukasi Terfavorit (2020)

Bermain memang menjadi cara bagi anak-anak dalam menyalurkan energinya. Agar kegiatan bermain lebih bermanfaat, orang tua perlu selektif dalam memilih mainan. Mainan edukasi adalah jenis mainan yang direkomendasikan agar si kecil dapat bermain sambil belajar. Berikut adalah 10 rekomendasi mainan edukasi terfavorit dari BP-Guide untuk referensi Anda!

Orang Tua Punya Banyak Pilihan Permainan Edukasi yang Bisa Dimainkan Bersama Anak

Semakin berkembangnya teknologi, semakin bervariasi pula pilihan mainan edukasi yang bisa dimainkan oleh anak bersama dengan orang tua. Dengan demikian, akan semakin mudah bagi orang tua dalam mendampingi tumbuh kembang anak.

Mainan edukasi bisa menjadi sarana bermain sekaligus belajar yang menarik dan menyenangkan bagi si kecil. Dibandingkan mainan umum yang hanya menghadirkan ketertarikan sesaat pada anak, mainan edukasi yang menantang justru menjadi hal baru yang membuat anak semakin tertarik untuk bereksplorasi.

Manfaat Mainan untuk Anak

Melatih Kemampuan Motorik

Istilah mainan edukasi tentu sudah akrab di telinga orang tua. Sebutan ini mengisyaratkan manfaat mainan yang tidak hanya membuat anak menjadi terhibur, tetapi juga teredukasi melalui fitur yang dimiliki. Lantas, apa saja manfaat mainan bagi anak-anak?

Manfaat pertama yang umum ditemukan pada mainan edukasi adalah melatih kemampuan motorik. Rangsangan motorik kasar didapatkan ketika si kecil menggerakkan, melempar, atau mengangkat mainan. Upaya dalam meraba dan memegang mainan juga menjadi stimulasi motorik halus bagi anak.

Meningkatkan Kreativitas

Manfaat berikutnya adalah meningkatkan kreativitas si kecil. Bermain adalah sarana untuk menyalurkan energi pada anak. Sehingga, bermain bisa menjadi kesempatan untuk menimbulkan dorongan internal, sehingga anak tertarik untuk bermain dan mencoba berbagai permainan. Dengan demikian, keterampilan dan kreativitas si kecil akan semakin berkembang.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tahukah Anda, mainan edukasi juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Terutama saat anak sedang memainkan permainan dengan tingkat kesulitan tertentu. Alih-alih membantu, orang tua perlu memberikan waktu bagi si kecil untuk menyelesaikan permainannya sendiri. Dengan demikian, anak mampu melalui suatu proses dan menciptakan rasa puas yang berkembang menjadi rasa percaya diri.

Ajang Sosialisasi Anak

Mainan edukasi tidak harus dimainkan sendiri, loh! Kini banyak mainan edukasi yang bisa dimainkan beberapa anak sebagai ajang sosialisasi. Mendukung interaksi si kecil dengan teman sebayanya akan membantunya dalam mengenal kehidupan sosial.

Dengan demikian, anak mampu mengenal arti kerjasama, kompetisi, serta toleransi. Tentu ini menjadi kesempatan yang baik untuk mengembangkan kreatifias sekaligus empati pada pribadi si kecil.

Tips Memilih Mainan Edukasi

Cek Kualitas dan Testimoni

Tertarik membeli mainan edukasi untuk si kecil? Sebelum membelinya ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar mendapat produk terbaik. Tips yang pertama adalah lakukan pengecekan kualitas dan testimoni. Apalagi di era digital ini, membeli mainan bisa dilakukan secara online yang rentan dengan praktik penipuan.

Agar mendapatkan produk yang sesuai keinginan, pertama Anda harus membaca spesifikasi produk. Alih-alih tergiur pada gambar, membaca spesifikasi produk lebih membantu dalam mengenal kualitasnya. Kemudian, baca pula testimoni dan review dari pembeli terdahulu sebagai referensi. Toko serta produk yang baik biasanya akan mendapat testimoni dan review positif dari para pembelinya.

Sesuaikan dengan Tumbuh Kembang Anak

Sebelum membeli mainan, pastikan untuk menyesuaikan jenis mainan dengan fase tumbuh kembang anak. Tak perlu bingung dalam mengenal fase perkembangannya, pada produk mainan edukasi biasanya telah disertakan rentang usia yang direkomendasikan.

Rentang usia ini telah disesuaikan dengan rata-rata fase perkembangan anak, sehingga cocok untuk dimainkan. Penyesuaian ini juga membantu Anda dalam mempersempit pilihan mainan, sehingga lebih mudah dalam menemukan produk yang sesuai bagi si kecil.

Bahan Mainan Aman

Dalam memilih mainan bagi si kecil, keamanan adalah yang paling utama. Selain bentuknya yang aman digunakan, bahan mainan juga harus bebas bahan kimia. Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak suka memasukkan mainan ke dalam mulut. Sehingga, keamanan produk menjadi prioritas agar anak tidak terluka ataupun sakit akibat keracunan bahan kimia dari mainan.

Kesukaan Anak Saat Ini

Seperti barang-barang lainnya, mainan juga mengenal tren. Selain menyesuaikan mainan dengan usia, Anda juga bisa memilih mainan yang kini tengah disukai anak-anak. Dengan demikian, si kecil akan lebih mudah menerima mainan yang telah dibeli. Tren mainan tentu menjadi salah satu cara bagi orang tua dalam memilih mainan bagi anak.

Rekomendasi Mainan Edukasi Terfavorit

HelloKimi 105Pcs Mainan Edukasi

Bila berbicara tentang mainan edukasi, blok susun menjadi salah satu mainan yang kerap dipilih. Salah satu produk blok susun yang bisa dilirik adalah HelloKimi 105Pcs Mainan Edukasi. Menciptakan momen interaktif yang efektif antara anak dan orang tua, mainan ini juga mampu meningkatkan koordinasi tangan-mata serta mengembangkan kreativitas dan imajinasi si kecil.

Blok susun keluaran HelloKimi ini terbuat dari plastik ABS yang aman dan tidak mudah rusak. Dengan berat total 350 gram, mainan ini terdiri atas 105 pcs blok magnetik yang menarik bagi si kecil. Mainan membangun berbagai bentuk ini cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Harga Rp. 212.000-380.000

Mainan Edukasi Anak Magic Straw 100 Pipa

Mainan Edukasi Anak Magic Straw 100 Pipa adalah mainan edukasi berikutnya yang direkomendasikan bagi si kecil. Terbuat dari bahan plastik ABS, produk ini aman dimainkan oleh anak-anak. Terdiri atas 100 buah straw, setiap straw-nya memiliki panjang 20 cm dan diameter 0,5 cm.

Produk ini adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang hendak membelikan mainan untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas si kecil. Melalui mainan ini, anak juga mampu mengembangkan kemampuan praktis dan berpikir logis. Menjadi favorit anak-anak, mainan ini bisa menjadi hadiah terbaik bagi buah hati Anda.

Harga Rp. 41.000-48.000

Mainan Edukasi Anak Kayu - Balok Iqro

Selain plastik, mainan berbahan kayu juga banyak dipilih oleh orang tua. Mainan berbahan kayu lebih awet karena tidak mudah rapuh. Tertarik membelikan mainan edukasi berbahan kayu untuk si kecil? Mainan Edukasi Anak Kayu - Balok Iqro adalah salah satu produk yang direkomendasikan.

Kubus kayu ini berguna untuk mengenalkan si kecil dengan huruf hijaiyah beserta harokatnya. Dengan demikian, anak dapat belajar mengaji dengan lebih mudah dan menyenangkan. Mampu melatih konsentrasi dan fokus, produk ini juga melatih sinkron gerak tangan dan saraf otak.

Harga Rp. 60.000-85.000

Mainan Edukasi Anak Balita Bentuk Mini Bus

Bingung mencari mainan yang cocok untuk balita? Mainan edukasi anak balita bentuk mini bus sepertinya cocok untuk buah hati Anda. Aman dan ramah lingkungan, mainan ini terbuat dari plastik ABS yang juga dikenal tahan lama.

Produk ini menghadirkan 3 permainan sekaligus dalam 1 produk, antara lain mobil-mobilan, piano ketuk xylophone, dan puzzle. Mainan ini tentu menjadi produk yang menyenangkan dan tidak membuat bosan bagi anak-anak.

Tak hanya mampu mengembangkan kemampuan motorik si kecil, mainan ini juga merangsang minat dan kreativitas. Dilengkapi dengan warna tosca, merah, pink, dan hijau membuat produk ini semakin menarik untuk dimiliki.

Harga Rp. 83.000-85.000

Mainan Edukasi Anak Papan Belajar

Permainan papan magnet pasti sudah tidak asing bagi para orang tua. Mainan ini mudah ditemukan lantaran menjadi salah satu mainan yang difavoritkan anak-anak. Mainan Edukasi Anak Papan Belajar adalah salah satu contoh produknya yang bisa dipilih.

Mainan ini merupakan produk 2 in 1, karena si kecil dapat menempelkan huruf serta angka bermagnet dan dapat menggunakan papan untuk menulis atau menggambar. Produk ini terbuat dari bahan plastik dan papan magnet. Satu set mainan edukasi untuk mengenal huruf dan angka ini terdiri atas 26 huruf magnet, 10 angka magnet, 6 simbol magnet, 1 penghapus papan, dan 1 spidol.

Harga Rp. 75.000-165.000

Mainan Edukatif Little Helper Cleaning Car

Bukan rahasia lagi bahwa mayoritas mainan berfokus pada pengembangan motorik, imajinasi, dan kreativitas si kecil. Padahal, kepedulian juga menjadi aspek penting yang perlu dikenalkan sejak dini.

Salah satu mainan yang bisa dipilih untuk mengenalkan rasa peduli pada anak adalah Mainan Edukatif Little Helper Cleaning Car. Mainan ini membantu orang tua untuk mengenalkan rasa peduli atas kebersihan lingkungan pada anak.

Dalam satu cleaning set, terdiri atas sapu, kain pel, sabun, botol, dan perlengkapan kebersihan lain. Set mainan ini cocok dijadikan hadiah ulang tahun bagi buah hati Anda.

Harga Rp. 52.000-100.000

Mainan Edukasi Mozaik Paku Jamur

Puzzle ataupun mozaik adalah mainan yang sudah dikenal sejak lama. Meski demikian, mainan ini masih banyak dipilih lantaran menyenangkan untuk dimainkan. Bagi yang tertarik membeli untuk si kecil, Mainan Edukasi Mozaik Paku Jamur bisa menjadi pilihan.

Mainan edukasi ini memiliki dimensi 29 x 23,5 x 4,5 cm yang terdiri atas 296 pcs. Memberikan waktu yang menyenangkan bagi si kecil dalam menyusun mozaik, mainan ini juga berperan dalam melatih kreativitasnya. Produk ini aman bagi si kecil karena dibuat dari bahan yang tidak beracun.

Harga Rp. 24.000-65.000

Mainan Edukasi Muslim E-Book Tablet Play

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi insan yang religius. Tak perlu khawatir, kini banyak mainan edukasi yang membantu orang tua dalam mendampingi perkembangan spiritual si kecil.

Salah satunya adalah Mainan Edukasi Muslim E-Book Tablet Play. Produk ini berbentuk buku yang terbuat dari kertas glossy. Di bagian kanan produk ini disertai tombol yang mampu mengeluarkan bunyi, sehingga mendukung proses belajar anak secara audio dan visual.

Mainan ini memiliki berbagai fitur pembelajaran, yaitu mengenal huruf hijaiyah dan alfabet dengan disertai bacaan dalam bahasa Inggris dan Arab, nama kendaraan, nama buah dan sayur, nama hewan, angka, warna dan bentuk, nama benda dalam rumah, tata cara wudhu dan sholat, bacaan sholat, serta 16 doa sehari-hari disertai beberapa juz amma.

Harga Rp. 45.000-61.000

Mainan Edukasi Cube Math Puzzle

Rekomendasi mainan edukasi berikutnya adalah Mainan Edukasi Cube Math Puzzle. Mainan ini cocok bagi Anda yang ingin mengenalkan pelajaran matematika sederhana pada anak sejak dini.

Dengan mainan yang menyenangkan, maka akan lebih mudah bagi si kecil dalam menyerap pengetahuan matematika yang kerap dianggap sulit.

Mainan edukasi ini terbat dari bahan plastik yang aman dan tahan lama. Produk dengan ukuran 7 x 5,5 cm ini didesain menarik dengan kualitas tinggi. Terdiri atas berbagai warna membuat mainan ini semakin menarik dan disukai oleh anak-anak.

Harga Rp. 16.000-26.000

Robot Solar Kit 6 in 1 Mainan Edukasi

Para anak laki-laki pasti tak bisa menolak robot-robotan. Dengan memanfaatkan minatnya terhadap robot, Anda bisa membelikan mainan edukasi robot yang memungkinkan si kecil untuk merakit robot kesukaannya sendiri.

Salah satu produk yang bisa dipilih adalah Robot Solar Kit 6 in 1 Mainan Edukasi. Kit ini dapat dirakit menjadi berbagai karakter robot yang menarik. Didukung tenaga surya, membuat robot ini dapat dimainkan sesuka hati.

Dalam satu set produk ini, terdiri atas kit robot anjing, perahu, pesawat, mobil, kincir angin, dan desktop pesawat. Produk ini juga dibekali solar panel output dan motor untuk sumber tenaga.

Harga Rp. 55.000-59.000
From our editorial team

Sesuaikan Mainan Anak dengan Budget Anda

Menjadi orang tua kerap membuat banyak orang mau membelikan apa saja demi anak. Begitu pula ketika hendak membelikan mainan untuk si kecil. Banyak yang tidak memikirkan harga dan membeli apapun yang diminta. Sebenarnya, Anda perlu menyadari bahwa menyesuaikan budget kala membelikan mainan anak juga penting.

Kebutuhan mainan anak akan berkembang mengikuti pertambahan usianya. Dengan demikian, mainan tidak digunakan dalam jangka panjang. Sehingga, menghemat budget dengan membeli mainan seperlunya dan menabung kelebihan uang untuk biaya pendidikan anak justru lebih baik.

Tag