10 Rekomendasi Meses Lezat Untuk Kudapan Anda Sehari-hari (2022)

10 Rekomendasi Meses Lezat Untuk Kudapan Anda Sehari-hari (2022)

Meses memang bisa menambah kelezatan segala macam makanan, bahkan minuman. Meses apa yang jadi favorit Anda? Yuk, simak bersama rekomendasi meses terenak dalam artikel BP-Guide berikut ini!

Siapa yang Tidak Suka Meses?

Meses merupakan salah satu topping ataupun isian yang sangat populer di kalangan penggemar makanan manis. Meses biasanya dihidangkan bersama dengan roti tawar, donat, sebagai isian crepes dan martabak manis, bahkan juga es krim atau aneka minuman seperti float.

Varian meses yang tersedia di pasaran pun ada banyak ragamnya, mulai dari coklat hitam, coklat susu, mint, aneka rasa buah, hingga meses warna-warni. Berbagai rasa nan enak yang tersedia pun membuat meses menjadi produk makanan yang disukai oleh berbagai kalangan umur dari anak-anak hingga orang tua, di mana pun mereka berada.

Fakta Menarik Meses

Berasal dari Belanda

Tahukah Anda? Pada awalnya orang Belanda suka menaburkan taburan kecil mirip biji adas manis pada biskuit renyah. Kemudian, pada tahun 1919, sebuah perusahaan gula terkenal di Belanda bernama VENCO pun memproduksi taburan meses ini.

Saking senangnya orang Belanda dengan meses, menurut data dari I Am Expat, setidaknya ada sebanyak 14 ribu kilogram coklat meses dikonsumsi setiap tahunnya di Belanda. Tak hanya itu, sebanyak 750 ribu potong roti bertabur meses pun disajikan sebagai menu sarapan orang Belanda.

Awalnya Berwarna Putih

Jika Anda menyangka meses original itu merupakan varian yang memiliki warna dan rasa coklat, dugaan Anda kurang tepat, karena pada awalnya meses hadir dalam warna yang terang.

Pemilik VENCO menciptakan meses sebagai taburan sajian roti untuk dikonsumsi selama badai salju menerjang. Meses ini pun awalnya memiliki bentuk yang berwarna putih dan suara yang ketika ditumpahkan akan menyerupai hujan es.

Meses Coklat Bernama Hagelslag

Oleh karena bentuknya yang seperti hujan es itu, maka orang Belanda pun menyebut taburan pada roti atau meses itu sebagai hagelslag, yang berarti badai salju. Pada tahun 1928, perusahaan permen lain seperti De Ruijter pun membuat varian meses baru yang memiliki cita rasa buah-buahan seperti lemon, raspberry, dan jeruk.

Tahun 1936, Venz, sebuah perusahaan coklat dan makanan manis juga mencoba peruntungannya untuk memproduksi hagelslag rasa coklat yang diberi nama “chocoladehagel”, yang menjadi cikal bakal meses coklat.

Makan Roti Dengan Meses Adalah Fenomena yang Tidak Umum

Setelah meses ditemukan, memakan roti pakai meses pun kemudian menjadi cara makan ala orang Belanda. Bagi orang Belanda, meses atau hagelslag adalah ramuan atau bahan ajaib yang membuat roti tawar menjadi lebih enak. Di kemudian hari, kebiasaan makan roti dengan meses pun menyebar ke negara bekas jajahan Belanda, termasuk Indonesia.

Setiap Meses Punya Rasa Unik

Meses pada awalnya memiliki rasa seperti adas manis yang memberi rasa licorice, yaitu tanaman akar bercita rasa manis dan menenangkan. Sehingga, meses pun dapat menjadi comfort food bagi sebagian orang.

Pada perkembangannya, banyak perusahaan yang memproduksi beragam rasa meses, seperti rasa buah dan rasa coklat. Meses coklat pun memiliki beberapa varian seperti coklat hitam dan coklat susu. Meses Belanda memiliki rasa artifisial yang jauh lebih sedikit daripada coklat dan sprinkles, taburan berwarna ala Amerika.

Tips Membeli Meses Kesukaan Anda

Piilih Rasa yang Disukai

Meses tersedia dalam berbagai pilihan rasa, seperti coklat, aneka macam buah-buahan, kacang, keju, hingga red velvet. Agar dapat menambah kenikmatan Anda saat memakan roti atau jenis makanan dan minuman lainnya, Anda dapat menyesuaikan dan memilih rasa meses dengan selera rasa yang Anda atau keluarga Anda sukai.

Cek Dulu Komposisinya

Mengecek komposisi suatu produk merupakan hal sangat penting untuk dilakukan, termasuk produk meses. Apalagi jika Anda memiliki masalah kesehatan terhadap kadar gula. Kadar cocoa juga menentukan rasa dari meses itu sendiri. Selain itu, pilihlah meses yang dalam komposisinya tidak mengandung pewarna buatan, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Pastikan Tanggal Kadaluarsa Masih Lama

Seperti produk makanan pada umumnya, penting untuk mengecek tanggal kadaluarsa suatu produk demi menjaga kesehatan Anda. Jangan sampai niat hati ingin menikmati meses, malah mendapati diri mules atau keracunan. Perubahan tekstur dan warna pada meses juga merupakan tanda bahwa produk tersebut sudah kadaluarsa atau tak layak untuk dikonsumsi.

Rekomendasi Meses Untuk Topping Maupun Camilan

Gery Meiseis

Selain memproduksi aneka biskuit, Gery juga memproduksi meses dalam kemasan sachet. Setiap satu renteng berisi 10 sachet dengan berat 7,5 gram. Meses ini bisa dimakan langsung sebagai cemilan atau dijadikan sebagai topping makanan atau minuman. Ukurannya yang kecil menjadikan meses ini mudah dibawa ke mana-mana. Anda bisa menjadikannya bekal anak saat pergi sekolah atau les.

Harga Rp. 5.000-10.000

Tulip Chocolate Rice

Tulip Chocolate Rice memiliki rasa manis yang pas dan tidak bikin enek. Tidak terlalu manis menyerupai gula atau permen, sehingga terasa enak dimakan. Apalagi saat bertemu dengan roti tawar dan mentega, atau dijadikan teman makan berbagai roti dan kue maupun minuman. Rasanya pun seakan pecah di mulut. Meses ini pun tidak hanya diproduksi dalam varian rasa coklat. Varian mint-nya juga tak kalah nikmat.

Harga Rp. 10.000-35.000

Ritz Hagelslag

Meses dari Ritz Hagelslag ini dikemas dalam kemasan kaleng yang juga mudah dibawa saat bepergian karena tidak mudah tumpah. Anda dapat memakannya dengan roti tawar sebagai pengganjal perut yang pas saat lapar di perjalanan atau ketika sedang camping. Meses ini dibuat dari real cocoa butter, dengan rasa yang sangat lembut dan nikmat, serta diperkaya dengan vitamin A, D, dan E.

Harga Rp. 50.000-100.000

Holland Chocolate Sprinkles

Meses dari Holland Chocolate Sprinkles ini juga tersedia dalam kemasan kiloan untuk memenuhi kebutuhan meses Anda dalam jumlah yang banyak. Kemasan kiloan ini juga tentunya cocok untuk Anda yang ingin membuka bisnis kuliner seperti martabak manis, donat, kue cubit, kue bolu jadul, atau makanan lain yang menggunakan meses. Jika Anda ingin ukuran yang lebih kecil, tak perlu khawatir juga karena Holland Chocolate Sprinkles pun tersedia dalam kemasan kecil.

Harga Rp. 20.000-40.000

Lagie Safari Peanut Duo

Produk meses Safari dari L’AGIE ini juga termasuk salah satu merek meses yang direkomendasikan. Rasanya lumer di lidah dan tidak bikin lengket di langit-langit. Safari memproduksi berbagai varian rasa meses, dan salah satunya adalah rasa Peanut Duo yang merupakan kombinasi dari coklat dan kacang tanah.

Jadi, butiran meses ini pun merupakan campuran meses coklat yang berwarna coklat pekat, dan butiran meses kacang tanah yang berwarna coklat lebih muda. Perpaduan yang menarik, bukan?

Harga Rp. 5.000-10.000

Meses Ceres

Meses Ceres telah menjadi brand yang populer dan banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Rasa coklatnya yang enak terasa sangat pas dan lumer di lidah. Meses Ceres tersedia dalam berbagai varian rasa coklat, seperti coklat hitam (dark chocolate), klasik (classic) yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu rasa susu, coklat susu (milk), dan warna-warni (festive). Meses Ceres ukuran 500 gram pun tersedia dalam kemasan ziplock yang praktis untuk dibuka-tutup dalam penggunaan sehari-hari.

Harga Rp. 15.000-50.000

Blue Band Compound Butir

Terkenal sebagai produsen margarin, Blue Band ternyata juga memproduksi meses, lho! Jika Anda merupakan pelanggan setia Blue Band, Anda bisa mengkombinasikan roti tawar, margarin Blue Band, dan taburan meses Blue Band untuk santapan nikmat Anda sekeluarga.

Bukan hanya nikmat, meses ini juga diperkaya dengan vitamin A, D, dan E yang bermanfaat untuk memenuhi micronutrients Anda. Anda bisa menyediakan sarapan yang tak hanya nikmat, tetapi juga sehat.

Harga Rp. 5.000-10.000

Lagie Safari Mesis

Safari Meses dari L’AGIE memiliki rasa manis dan gurih yang cocok untuk Anda jadikan sebagai topping atau isian berbagai macam makanan maupun minuman. Dengan rasa yang sedikit gurih, meses ini juga sangat mudah meleleh saat melalui proses pemanggangan atau pemanasan, sehingga menghadirkan sensasi yang nikmat sebagai isian martabak manis, atau sebagai isian roti bakar.

Harga Rp. 5.000-10.000

Polococoa Meises

Safari Meses dari L’AGIE memiliki rasa manis dan gurih. Rasa coklatnya yang mans begitu cocok untuk Anda jadikan sebagai topping atau isian berbagai macam makanan maupun minuman. Dengan rasa yang sedikit gurih, meses ini juga sangat mudah meleleh saat melalui proses pemanggangan atau pemanasan. Sehingga menghadirkan sensasi yang nikmat sebagai isian martabak manis, atau sebagai isian roti bakar.

Harga Rp. 10.000-20.000

Milli Delli Cheese Meses

Milli Delli Cheese Meses ini hadir dengan rasa keju. Meses ini terbuat dari keju pilihan dari susu alami, dan tidak mengandung pemanis buatan. Tersedia dalam kemasan botol plastik berukuran 180 gram. Anda dapat menjadikannya sebagai topping atau isian makanan maupun minuman dengan rasa yang berbeda. Selain keju, mese Milli Delli juga tersedia dalam berbagai varian rasa unik lainnya seperti taro, teh hijau, pisang, red velvet, bubble gum, juga kopi.

Harga Rp. 15.000-50.000
From our editorial team

Batasi Konsumsi Meses, Jangan Sampai Berlebihan Ya!

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk mengkonsumsi meses. Meses adalah makanan dengan kandungan gula cukup tinggi, sehingga harus dibatasi porsi hariannya. Dengan rekomendasi meses BP-Guide di atas, Anda bisa membuat kreasi berbagai kudapan meses yang lezat!