Kalau Temanmu Penyuka Jepang, 9 Rekomendasi Kado Jepang Ini Pasti Cocok untuknya

Kalau Temanmu Penyuka Jepang, 9 Rekomendasi Kado Jepang Ini Pasti Cocok untuknya

Jepang tak hanya berhubungan dengan hal-hal berbau teknologi yang canggih. Ragam budaya dan keseniannya juga banyak disukai orang. Tak jarang juga sampai ada orang yang fanatik dengan hal-hal berbau Jepang. Nah, kalau kamu punya teman yang sedang berulang tahun dan sangat menyukai negara sakura ini, berbagai benda berbau Jepang bisa diberikan untuknya. Pasti ia akan senang dan terkesan.

Kesenian Jepang Diminati oleh Dunia

Jepang dan seni, dua hal ini tampaknya memang tak bisa dipisahkan. Negeri yang membentang dari selatan hingga ke utara ini sangat kaya akan keseniannya, mulai dari yang tradisional hingga modern. Keragaman budaya yang ada di Jepang lahir dari wilayah dan berbagai pengaruh yang ada di dalamnya.

Berikut ini merupakan kesenian khas Jepang yang mungkin tanpa disadari sering kamu lihat di televisi, etalase toko mainan, maupun buku-buku.

  • Kabuki
    Salah satu bentuk teater klasik yang sudah mengalami evolusi di abad ke-17, Kabuki, termasuk dalam kesenian tradisional khas Jepang. Seni teater klasik ini kebanyakan mengambil tema cerita berupa kehidupan di abad pertengahan atau zaman Edo. Menggunakan peralatan mekanis yang dapat menciptakan efek panggung yang sangat menarik, Kabuki juga punya kekhasan tersendiri berupa make up yang mencolok bernama Kumadori. Make up para pemain disesuaikan dengan sifat dan suasana hatinya. Selain itu kostum yang digunakan oleh para aktornya sangat mewah. Seni teater Kabuki mengutamakan irama kalimat yang diucapkan oleh para aktornya.

  • Noh
    Sama-sama masuk dalam seni teater tradisional dari Jepang, Noh dan Kabuki memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Noh merupakan teater musikal tertua dengan narasi dan dialog para aktor yang menggunakan kalimat biasa, Utai atau nyanyian, Hayashi atau iringan musik, serta tari-tarian. Kostum yang dikenakan oleh para pemainnya merupakan kostum berbahan sutera dengan sulaman warna-warni yang cantik. Tak hanya itu saja, para aktor juga memakai topeng kayu berlapis lacquer yang menggambarkan tokoh-tokoh yang sedang dimainkan oleh mereka.

  • Kyogen
    Teater klasik yang berisi lelucon, Kyogen, punya keunikan tersendiri. Digelar dengan aksi dan dialog yang penuh gaya, Kyogen biasanya ditampilkan di sela-sela pergelaran Noh. Seiring berjalannya waktu, Kyogen ditampilkan secara tunggal.

  • Bunraku
    Populer di abad ke-16, Bunraku merupakan seni teater boneka yang dimainkan bersama dengan nyanyian yang bercerita dan iringan alat musik petik berdawai tiga bernama Shamisen. Bunraku merupakan teater boneka yang paling halus di dunia.

Alasan Kenapa Budaya Jepang Begitu Diminati

Para peminat budaya dan kesenian Jepang seperti tak pernah habis. Berikut ini adalah alasan budaya Jepang terus saja dinikmati. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Globalisasi

Alasan yang pertama adalah globalisasi. Dengan adanya globalisasi membuat Jepang mudah memperkenalkan keragaman budaya dan keunikan yang mereka miliki. Jepang menggunakan industri hiburan hasil buatan mereka sendiri untuk memperkenalkan kebudayaan yang dimilikinya.

Sebut saja Anime, kartun khas Jepang yang secara tak langsung memperkenalkan keunikan negeri sakura ini tak hanya menyasar para penikmatnya secara visual saja. Para kreator juga membuat produk berupa mannequie mini dari tokoh-tokoh anime yang difavoritkan oleh banyak uang. Tentu saja pemasukannya tak sedikit dan sangat membantu sektor ekonomi Jepang.

Diplomasi budaya merupakan salah satu keseriusan Jepang dalam perubahan budaya yang dikukuhkan melalui bluebook. Globalisasi memang membuat kebudayaan dan keunikan Jepang mudah dieksplorasi oleh semua orang.

Negara Maju yang Masih Mempertahankan Budayanya

Dikenal sebagai negara maju di Asia, bukan berarti Jepang mulai meninggalkan kebudayaannya. Tak mudah terbawa oleh arus globalisasi dan modernitas membuat Jepang menjadi semakin kaya karena keunikannya yang tereksplorasi. Tak berhenti di situ saja, meskipun Jepang sudah maju, masyarakat yang di dalamnya tak berhenti hidup disiplin dan memiliki etos kerja yang tinggi.

Kebiasaan Orang Jepang yang Wajib Kamu Tiru

  • Sikap yang santun. Tercermin dari gerakan membungkuk ketika bertemu orang lain, tingkat sopan santun yang dimiliki oleh orang Jepang sebenarnya tak jauh dari Indonesia. Kebiasaan baik ini merupakan budaya yang sudah dilakukan secara turun temurun.
  • Mencintai kebudayaan negaranya sendiri. Hal ini dengan mudah bisa dilihat dari pakaian, rumah, bahkan bahasa asli yang digunakan oleh orang Jepang. Meskipun membuat sebagian masyarakatnya menjadi lemah dalam bahasa Inggris, hal ini tak terlalu menjadi masalah untuk menyebarkan keunikan budaya yang dimiliki oleh Jepang.
  • Pekerja keras. Sektor perekonomian tak akan bergerak jika masyarakatnya bermalas-malasan dan tak mau berusaha. Konon, para pekerja di Jepang memiliki rata-rata jam kerja hingga 2450 jam/tahun. Kedisiplinan dan semangat kerja yang dimiliki oleh masyarakatnya membuat Jepang menjadi negara yang maju.

Teknologi dalam Mengolah Seni dan Budaya yang Begitu Maju

Kemajuan teknologi yang pesat membuat Jepang punya nilai plus tersendiri. Jepang benar-benar mengetahui pengetahuan dasar dari teknologi dari para leluhurnya sehingga mereka bisa berkembang dan terus berinovasi melalui penerapan teknologi dasar serta melibatkan perusahaan kecil dan menengah sebagai pendukung.

Kemajuan teknologi tak bisa terjadi tanpa adanya pendidikan yang kuat. Hal ini bisa dilihat dengan adanya sekolah menengah kejuruan yang dimiliki Jepang bernama College of Technology atau Kouto Senmon Gakko yang disingkat Kosen yang dapat ditempuh selama 5 tahun.

Sistem pendidikan yang kuat membuat masyarakat Jepang menjadi sangat maju. Dibuktikan dengan hasil analisa Forbes yang menyatakan bahwa Jepang merupakan rumah dari 10% perusahaan yang punya inovasi tinggi di dunia.

Produk-produk Budaya Jepang yang Unik

Berbagai produk fisik hasil keberagaman budaya Jepang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat negara lain. Budaya pop culture diekspor secara besar-besaran sehingga mudah dinikmati dan disebarluaskan oleh para penikmatnya. Dimulai dari manga, musik, drama, fashion, permainan, hingga hal-hal kecil seperti mainan membuat produk asli Jepang mudah diterima oleh masyarakat internasional.

Tak hanya itu saja, Jepang membuat keunikan produk yang diciptakannya sendiri. Dengan label kata "kawaii" membuat unsur tiap produk yang dibuatnya menjadi terkesan manis, polos, orisinal, dan lembut.

Anime/Manga yang jadi Panutan Para Wibu

Nah, Jepang dan kesenian dua hal yang tak bisa dipisahkan, sama halnya dengan Jepang dan Manga atau Anime. Manga dan Anime adalah citra tersendiri dari negeri sakura. Dua hal tersebut sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya sehingga tak jarang jika kamu menemukan para pencinta anime dan manga yang membentuk komunitas.

Tak hanya di negara Jepang saja, demam manga dan anime sudah menyebar di hampir seluruh negara di dunia.

Berikut ini merupakan anime dan manga yang menjadi panutan para Wibu atau orang yang menyukai hal-hal berbau Jepang.

Gundam

Sumber gambar www.amazon.com

"Mobile Suit Gundam" atau "First Gundam" merupakan serial anime mecha yang diproduksi oleh Sunrise Inc. dan dirilis pada 7 April 1979 hingga 26 Januari 1980. Dibuat oleh Yoshiyuki Tomino dan Hajime Yatake sebanyak 42 episode. Selanjutnya serial ini disunting ulang menjadi tiga film dan ditayangkan di teater pada tahun 1981. Desainer karakter pada serial "Gundam" adalah Yoshikazu Yasuhiko dan mecha didesain oleh Kunio Okawara, termasuk RX-78-2 Gundam sebagai robot utamanya.

Dengan bertambahnya popularitas Gundam di industri hiburan maka muncul industri mainan Jepang, yaitu Gundam plastic model kit atau Gunpla. Produsen sekaligus pemilik Gunpla, Bkamui, menjual produk mainan ini di Jepang sejak tahun 1980.

Gunpla memiliki beberapa grup komponen yang berbeda. Runners Gunpla Kits merupakan komponen yang biasanya dapat dirangkai secara bersama secara snap fit (model akhir 1990). Illustrator robot mengerjakan boks pembungkusnya, biasanya mereka menggambar ilustrasi robot yang sedang beraksi.

Dalam satu paket Gunpla, biasanya disertai dengan beberapa komponen tambahan. Komponen-komponen ini bersifat pendukung, misalnya stiker dan decals yang sengaja diberikan untuk memberi penambahan warna sehingga Gunpla mirip dengan karakter robot asli pada fim, video, maupun komik. Gunpla kit sendiri terbagi menjadi beberapa skala. Skala terpopuler adalah 1:44 dengan detail ukuran tinggi 12 cm; 1:100 dengan detail ukuran 16-19 cm; dan 1:60 dengan detail ukuran tinggi 30 cm.

One Piece

Sumber gambar kotaku.com

Salah satu anime legendaris bertajuk "One Piece" awalnya merupakan komik yang mulai dirilis sejak tahun 1997. Diciptakan oleh Eiichiro Oda, komik "One Piece" yang menceritakan lika-liku kehidupan bajak laut dalam mencari harta karun, mulai diterbitkan oleh Shueisha di tahun pertama perilisannya.

Di Indonesia, komik "One Piece" diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang kini sudah mencapai jilid ke 60. Tak hanya disebarkan melalui media komik saja, "One Piece" menyapa para penggemarnya melalui serial kartun atau anime TV yang diproduksi oleh Toei dan ditayangkan pada tahun 1999. Selain serial kartun TV, "One Piece" juga sudah mengeluarkan sedikitnya 12 film dan film terakhirnya ditayangkan pada tanggal 15 Desember 2012.

Bagi para penggemar Luffy Si bajak laut, kamu tak perlu khawatir lagi. Oda, sang pembuat One Piece tak akan membunuh karakter Luffy pada cerita petualangannya. Meskipun berencana mengakhiri One Piece, setidaknya Oda harus merampungkan cerita sebanyak 35%. Sisa cerita tersebut bisa kamu nikmati sedikitnya sepuluh tahun lagi untuk membawanya ke garis finish cerita.

Final Fantasy

Sumber gambar www.zerochan.net

Tak hanya memanjakan penikmat industri hiburan melalui serial anime saja, Jepang juga menciptakan permainan RPG konsol dan komputer bernama Fainaru Fantajii atau lebih dikenal dengan "Final Fantasy". Diciptakan oleh Hironubu Sakaguchi dan diproduksi oleh Square Enix, "Final Fantasy" merupakan seri permainan yang menyandang predikat sebagai serial terbanyak yang didistribusikan.

"Final Fantasy" diproduksi ke dalam permainan RPG untuk konsol, portable, MMORPG, smartphone, film animasi, hingga film CGI yang berdurasi cukup panjang. Para penggemar "Final Fantasy" punya bagian atau seri tersendiri yang mereka sukai.

Setiap seri "Final Fantasy" memiliki cerita dan gambaran yang sangat berbeda, misalnya dalam Final Fantasy XI identik dengan nostalgia dan nilai artistik yang tinggi; Final Fantasy VII punya kisah sedih dari seorang Aerith; dan Final Fantasy VI yang punya tokoh penjahat gila yang berkesan. Adegan-adegan yang ada di "Final Fantasy" memiliki resolusi visual yang sangat memanjakan mata. Tak hanya resolusinya saja, sinematik yang sangat spektakuler membuat para pencintanya dibuat berdecak kagum.

Dirilis sejak tahun 1987, "Final Fantasy" yang berbasis game Japanese Role-playing Game (JRPG) ini sekarang sudah sampai di seri ke-15 dengan judul "Final Fantasy XV". Seri XV melalui tahap yang benar-benar panjang. Pengembangan selama 10 tahun membuat berbagai perubahan yang sangat signifikan, baik cerita, hingga mekanisme permainannya.

Tokyo Ghoul

Sumber gambar www.funimation.com

Dikarang oleh Sui Ishida, manga bertajuk "Tokyo Ghoul" pertama kali menjadi serial pada sebuah majalah Manga, Seinen Shueish Weekly Jump. Serial ini bertahan mulai dari bulan September 2011 hingga September 2014. Selama 3 tahun, serial manga ini sudah berhasil terbit sebanyak 14 volume.

Pada bulan Juli hingga September tahun 2014, "Tokyo Ghoul" mulai ditayangkan menjadi serial TV yang diadaptasi oleh studio Pierrot dan ditayangkan di Tokyo MX. Di musim kedua, "Tokyo Ghoul √A" memproduksi 12 episode lagi yang ditayangkan pada 8 Januari 2015.

Lisensi serial anime untuk distribusi streaming dan video rumah di Amerika Utara dimiliki oleh Funimation, sedangkan Madman Entertaiment sebagai pemilik resmi distribusi digital di Australia dan Selandia Baru. Sekarang ini "Tokyo Ghoul" sudah mendekati episode terakhir.

Bagaimanakah kelanjutan usaha Kaneki dan Organisasi Goat yang berniat menyatukan Ghoul dan manusia supaya hidup berdampingan? Ikuti saja ceritanya!

Attack On Titan

Sumber gambar store.steampowered.com

Sebutkan salah satu anime Jepang tayang tahun 2013 yang kamu ketahui! Jawabannya pasti "Attack on Titan". Lahir dari ide cerita kreatif milik Hajime Isayama, "Aot atau Shingeki no Kyojin" mulai terbit sebagai manga di tahun 2009. Sang kreator awalnya merupakan seorang operator malam warung internet di Tokyo, didukung dengan hobi menggambar, dan ide cerita tentang rasa takut yang pernah dialami, membuatnya terinspirasi.

Mendapatkan respons yang sangat positif dari pembacanya, tahun 2013, dibuatlah versi animenya. Cerita fantasi yang dibumbui dengan berbagai tragedi dan kejadian horror, membuatmu merasakan sensasi tersendiri ketika menontonnya.

Desain karakter para titan dalam Aot terinspirasi oleh tokoh-tokoh yang ada di dunia nyata. Titan hasil transformasi Eren Jeager merupakan perwujudan seorang tokoh bela diri bernama Yushin Okagami. Ide di dinding raksasa yang ada di dalamnya sebenarnya hasil inspirasi dari fenomena sebagian rakyat Jepang bernama Hikkikomori yang berarti "gemar mengasingkan diri".

Kuroko No Basuke

Sumber gambar www.tsunime.com

"Kuroko No Basuke", manga yang bercerita tentang liku-liku pemain basket sekolah mulai dirilis di tahun 2008. Setting cerita yang mengambil tempat sekolah yang memiliki pemain generasi keajaiban dan mimpi untuk bermain di tingkat nasional, membuat Kuroko No Basuke sangat nyaman diikuti alurnya. Dibuat oleh Tadatoshi Fujumaki, manga "Kuroko No Basuke" diproduksi menjadi anime oleh Production I.G pada April 2012.

Memiliki cerita yang menarik dan tokoh yang unpredictable, "Kuroko No Basuke" memang punya alur cerita yang menarik. Dimulai ketika Kuroko Tetsuya, sang karakter utama, yang mulai ikut permainan basket sekolahnya. Meskipun dia tak jago dalam bermain basket, Kuroko sangat pintar ketika melempar bola, hingga pada akhirnya dia meminta Aoime untuk melatih permainan basketnya. Cerita tersebut tentu saja masih berlanjut, kamu penasaran? Baca manga-nya atau tonton anime-nya, pasti seru!

9 Rekomendasi Kado Jepang Berdasarkan Anime/Manga yang Disukai oleh Teman/Pacar Kamu

Hendak memberikan hadiah untuk kerabat maupun orang spesial? Kamu bisa memilih rekomendasi kado-kado berbau manga dan anime Jepang, lho! Yuk, simak berbagai pilihannya, ya!

Action Figure

Sumber gambar www.amazon.com

Punya teman, orang dekat, atau keluarga yang hobi mampir dan melihat-lihat toko mainan? Coba saja belikan action figure untuk kado maupun hadiah di hari spesialnya.

Meskipun cenderung menjadi mainan anak lelaki yang maskulin, action figure sekarang ini menjadi hal yang bisa dikoleksi oleh setiap orang dewasa. Action figure lebih cocok untuk dikoleksi oleh para kolektor atau pencinta mainan khusus karakter atau tokoh-tokoh suatu film atau film animasi lainnya.

Action figurine One Piece dapat dijadikan alternatif pilihan untuk hadiah di hari spesialnya. Karakter Portgass D. Ace dan Monkey D. Luffy dalam bentuk action figure bisa kamu pesan secara online di aplikasi maupun website milik Shopee. Action figur ini berbahan PVC dengan tinggi 18 cm. Harganya antara Rp 90.000-Rp145.000/buah.

Nendoroid

Sumber gambar www.goodsmile.info

Kolektor dan pencinta mainan unik berbau Jepang biasanya tahu tentang Nendroid. Ini adalah mainan dengan bentuk karakter anime Jepang atau animasi lain dengan perwujudan tubuh kecil atau chibi dengan kepala yang besar hasil produksi perusahaan Good Smile Company.

Berbahan dasar ABS dan PVC, Nendroid biasanya hanya memiliki tinggi 10 cm. Dalam paket penjualannya, setiap karakter atau Nendroid disertai berbagai face plate atau muka lain yang bisa diganti, serta berbagai aksesori tambahan lainnya. Harga Nendroid biasanya cukup mahal, namun sangat layak untuk dimiliki.

Nendroid yang bisa dibeli adalah Vocaloid Nendroid Petite Hatsune Miku Renewal. Dalam satu boks berisi 8 karakter yanga dijual seharga Rp 816.000 di situs belanja online Shopee.

Dakimakura

Sumber gambar www.tokopedia.com

Dakimakura atau body pillow atau hug pillow, merupakan sarung bantal unik untuk para pencinta anime. Sarung bantal ini biasanya bergambar karakter wanita cantik (Bishoujo) atau pria tampan (Bishounen). Dakimakura biasanya dibuat dengan panjang 150 cm atau 160 cm, ukuran yang sangat ideal untuk dipeluk bukan?

Bagi para pencinta anime, mungkin mereka tak akan tega menodai bantal karakternya dengan membuatnya lusuh karena pelukan apalagi harga Dakimakura yang asli sangatlah mahal, apalagi ditambah ongkos kirimnya.

Tak perlu khawatir, kamu tetap bisa mendapatkan Dakimakura dengan desain kustom yang dijual di Tokopedia. Sarung bantal ini terbuat dari bahan axtatex/krovica premium dengan ukuran 150 x 150 cm. Terdapat print gambar pada kedua sisinya. Kamu bisa memesannya seharga Rp 185.000.

Kartu Vanguard/Yu-Gi-Oh

Sumber gambar www.blibli.com

Bagi kamu yang tahu cara memainkan kartu Yu Gi Oh, kamu pasti bisa memainkan kartu Vanguard. Tak berhubungan dengan judi, kartu Vanguard adalah permainan kartu yang bisa mengasah otak. Permainan kartu ini bisa melatih logika, bahasa inggris, bahkan filsafat. Kartu Vanguard punya level 0 hingga 3. Setiap pemain dapat meningkatkan grade dengan 'support card'.Terlihat sangat asyik, bukan?

Kartu Vanguard bisa dibeli secara online di situs web Blibli. Bushiroad VGE G-TD12 Cardfight Vanguard Trial Deck berbahasa Inggris dari Clan Neo Nectar yang mengadaptasi serial anime "Cardfight Vanguard" dijual dengan harga Rp 230.000. Kartu ini sangat ideal untuk pemula, lho!

CD/DVD Original

Sumber gambar www.amazon.com

Bagi para pencinta anime, memiliki CD/DVD Original dari anime yang mereka sukai merupakan kebanggaan yang luar biasa. DVD anime versi impor yang beredar di Indonesia biasanya didatangkan dari Hongkong yang ditandai dengan stiker hologram bertuliskan "DVD-9" di bagian cover-nya. Biasanya, DVD anime ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 25.000-Rp 35.000/buah.

Sedikit berbeda dengan DVD anime versi Hongkong, DVD dari negara barat seperti Amerika Serikat memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Bukan kualitas gambarnya, melainkan konten ekstra yang cukup berbeda. Biasanya dalam satu DVD kamu akan mendapatkan DVD anime dengan episode komplet atau yang dibagi menjadi dua bagian. Beberapa edisi terbatas kadang menambahkan konten ekstra yang tak ada di versi aslinya.

Tertarik dengan kelebihan DVD seperti itu? Tak usah khawatir, karena kamu dapat memesannya secara online. Melalui situs belanja maupun aplikasi milik Amazon, kamu bisa mendapatkan serial Naruto Uncut komplet hingga 4 season. Dalam paket pembeliannya kamu akan mendapatkan 8 boks yang berisi 48 cakram DVD yang memuat 220 episode. Kamu bisa membelinya dengan harga $199.99 atau sekitar Rp 2,7 jutaan.

Replika Shuriken dan Katana

Sumber gambar www.bukalapak.com

Bukan pencinta anime jika tak tahu Shuriken dan Katana. Senjata yang biasanya digunakan oleh para ninja untuk bertarung jarak jauh ini bentuknya sangat mirip seperti bintang. Shuriken memiliki jenis yang bermacam-macam, dari yang berbentuk seperti bintang tiga, empat, bahkan lima. Senjata ini sangat familiar bagi kamu yang suka menonton serial anime Naruto.

Sedikit berbeda dengan Shuriken, Katana digunakan untuk pertarungan jarak dekat. Katana merupakan pedang panjang Jepang. Katana merujuk pada pedang bermata satu yang melengkung dan digunakan secara khusus untuk tradisi samurai Jepang.

Berniat membelikan kado atau hadiah berupa replika senjata ala ninja? Pedang Samurai Replika Katana anime dijual seharga Rp 300.000 di website atau aplikasi Bukalapak. Pedang ini memiliki panjang satu meter, tebal 4 mm, dan lebar 3 cm. Dilengkapi pula dengan hamon dan bohi.



Wibu Cloth

Sumber gambar www.tokopedia.com

Wibu atau kerap kali disebut sebagai Wapanese yang artinya "Want to be Japanese" adalah sebutan bagi orang asing atau bukan orang Jepang yang merasa dirinya orang Jepang. Di Jepang, Wibu merupakan tipe Otaku namun dianggap paling menjijikkan dan aneh karena terlihat seperti 'orang Jepang jadi-jadian'.

Seorang Wibu sejati biasanya akan menyisipkan bahasa Jepang di tengah-tengah pembicaraannya yang menggunakan bahasa Indonesia. Tak hanya itu saja, para Wibu kerap kali berpenampilan ala-ala Jepang, akun medsosnya pun dipenuhi dengan hal-hal yang berbau Jepang.

Kamu bisa memberikan hadiah berupa kaos untuk temanmu. Kaos TYPO "Wibu Anyaran" Original Design dijual seharga Rp 120.000 di Tokopedia. Kaos berbahan cotton combed ini harus dipesan dan dikerjakan sekitar 1 minggu. Ukuran yang tersedia adalah S, M, dan L.

Boneka

Sumber gambar www.tokopedia.com

Temanmu suka hal-hal berbau tradisional dan unik? Boneka Geisha tampaknya cocok untuknya. Berbentuk seperti seorang perempuan yang sedang menari dengan menganakan kimono, boneka ini pasti terlihat sangat cantik ketika dipajang di meja kantor maupun lemari kaca rumah. Selain kesannya yang tradisional, boneka geisha terlihat sangat misterius.

Boneka Geisha ini bisa kamu pesan secara online di Tokopedia dengan harga Rp 245.000. Ukurannya adalah 12,5 cm x 12,5 cm x 31 cm.

DVD Game Jepang Favorit

Sumber gambar store.steampowered.com

Jepang memang tak hanya memiliki kesenian tradisional saja, mereka juga punya teknologi yang sangat maju di industri hiburannya. Negeri ini tak hanya memproduksi kartun animasi atau manga elektronik saja, mereka juga punya ratusan permainan atau game yang bisa menjadi sarana penghiburmu bersama temanmu saat bosan.

Game yang diproduksi oleh Jepang selalu sukses menyedot perhatian khalayak luas. Hal ini ditandai dengan banyaknya produser serta industri game digital. Mereka tak hanya menyasar para pengguna RPG, konsol, PS, PSP, atau game komputer saja. Mereka juga mulai mengembangkan permainan untuk smartphone.

Jika temanmu merupakan seorang penggemar RPG klasik, menyukai karakter dan gaya anime, serta menyukai alur cerita yang ringan, maka kamu bisa memberikan sebuah DVD game Jepang di hari spesialnya.

DVD permainan The Legend of Heroes Trails in The Sky The 3rd ini pasti sangat berarti untuknya. DVD permainan yang satu ini dijual seharga Rp 15.000/buah di Shopee. Sudah dilengkapi dengan Crack dan tutorial instalasi. Selain itu juga sudah diuji.

Usahakan Hadiah yang Kamu Berikan Sesuai dengan Tokoh Anime/Manga Favoritnya

Itu tadi merupakan daftar kado pilihan untuk temanmu yang suka dengan hal-hal yang berbau Jepang. Ketika memilih, kamu harus benar-benar mengetahui karakter atau hal-hal berbau Jepang yang disukai olehnya. Pemberian kado yang sesuai dengan kesukaannya pasti akan membuatnya berkesan.

From our editorial team

Jangan Lupakan Budaya Sendiri

Mempelajari budaya dan kesenian negara lain seperti Jepang memang menarik. Kita jadi bisa belajar mengenali hal-hal unik dari negara tersebut. Namun, jangan sampai melupakan budaya dan kesenian negeri sendiri, ya. Karena hal-hal yang ada di dalam negeri juga sama indah dan menariknya dengan negara lain.

Tag