Bosan dengan Kotak Kado yang Itu-itu Saja? Coba 10 Ide Membungkus Kado Rekomendasi Kami di 2018

Bosan dengan Kotak Kado yang Itu-itu Saja? Coba 10 Ide Membungkus Kado Rekomendasi Kami di 2018

Kado adalah benda yang menyimbolkan perhatian dan kasih sayang kita untuk orang-orang terdekat. Tak cuma isinya yang penting, terkadang kemasan atau kotak kadonya juga jadi perhatian yang bisa menimbulkan kesan mendalam. Tentunya hal ini membuatmu tak bisa asal dalam membungkus kado jika ingin si penerima sungguh-sungguh merasa senang.

Buat Kadomu Semenarik Mungkin dengan Kemasan yang Menawan

Sudah menjadi tradisi tak tertulis bahwa kita wajib memberi hadiah kepada teman, keluarga, atau pun orang tersayang yang tengah berulang tahun. Pemberian hadiah tak perlu menunggu hari ulang tahun saja. Ada banyak momen di mana kita bisa memberikan hadiah. Mulai dari promosi kenaikan jabatan, lulus kuliah, naik kelas, dan lain sebagainya.

Memberikan hadiah ditujukan supaya yang bersangkutan mengerti bahwa kita sangat memperhatikannya. Hadiah bertujuan sebagai bentuk kasih sayang dan perhatian kita kepada si penerima. Maka dari itu pemilihan hadiah hingga cara membungkusnya wajib dilakukan dengan benar supaya bisa memberi kesan mendalam pada si penerima.

Kotak kado yang dibungkus dengan kreativitas tinggi, pastinya akan menimbulkan rasa penasaran bagi yang menerima. Bungkus luar bisa menjadi cerminan level kesungguhan si pemberi kala memberikan hadiah. Kalau bungkus kadonya cantik dan menawan, apa pun isi kadonya pasti akan terasa lebih istimewa.

Tips Memilih Ukuran Kotak Kado untuk Barang

Terkadang, kita lebih suka memberi kejutan untuk penerima kado. Tak jarang kita menyelipkan kado yang kecil namun dibungkus dalam berlapis-lapis kotak kado sehingga terlihat besar. Tak ada salahnya sih, namun akan terlihat sedikit kuno dan mengesalkan si penerima juga.

Pilihlah ukuran kotak kado yang sesuai dengan barang yang kamu berikan. Jika kurang sesuai pastinya bungkusan kado akan terkesan kurang rapi kala dipandang. Ukur saja dulu kadonya untuk bisa lebih pas kala dibungkus. Intip beberapa cara dari BP-Guide untuk memilih ukuran kotak kado, yuk!

Untuk Barang Berukuran Kecil

Memberikan kado memang tak harus selalu barang yang besar. Meski barangnya berukuran kecil, namun jika si penerima tengah membutuhkannya, tentu akan bermakna besar. Membungkus barang kecil kadang jadi sedikit sulit juga. Karena jika dibungkus pas terlalu kecil maka akan terlihat sangat kurang imbang.

Hindari membungkus kado kecil dalam kotak atau dalam model bungkusan yang terlalu besar. Ini akan menyebabkan kado menjadi longgar dan mudah terguncang. Misalnya kado bisa digulung memanjang model tabung dan dibungkus dengan model ala permen.

Supaya bagian ujung seolah mekar, maka tinggal dipotong-potong dengan gunting agar membentuk garis seakan-akan terurai. Ikat menggunakan pita berwarna yang kontras dengan warna kertas kado sehingga tampak makin manis.

Untuk Barang Berukuran Sedang

Jika memiliki hadiah dengan ukuran yang agak besar, maka cara membungkus juga harus disesuaikan. Kamu bisa memakai kotak untuk membungkus kado yang akan kamu berikan. Supaya mudah membungkusnya, bisa juga kotak kadonya langsung kamu tempeli dengan aneka pernik atau kertas bermotif.

Silakan berkreasi dengan kotak kardus untuk membungkus kado. Pilih saja yang persegi panjang dan bukan yang kubus. Selanjutnya gunakan kertas bungkus kado yang memiliki motif sesuai acara atau sesuai warna favorit penerima. Hias dengan pita dan pernik atau korsase yang bisa membuat kadonya makin cantik.

Untuk Barang Berukuran Besar

Jika barangnya berukuran besar namun masih bisa masuk ke dalam kotak kado, maka tak akan jadi masalah. Kamu tinggal menghias kotak kadonya saja. Bisa dengan kertas kado maupun aneka pernik hiasan.

Namun, jika barangnya tak muat untuk masuk ke dalam kotak, maka kamu bisa mempertimbangkan membungkusnya dengan kertas kado secara langsung. Bisa juga memakai kertas sampul polos yang kamu bentuk serapi mungkin untuk bisa menutup kado kamu. Biar tidak bingung, simak macam-macam cara membungkus kado yang bisa kamu tiru.

Cara Bungkus Kado ala Tahun 2018

Cara Bungkus Kado ala Jepang

Bosan pastinya kalau membungkus kado modelnya kotak, permen, atau mungkin persegi panjang. Sesekali boleh deh kamu mencontoh cara orang Jepang membungkus kado. Mereka dikenal sangat kreatif kala membungkus kado. Cukup efektif dan efisien sehingga, bisa kamu tiru dan kamu lakukan di rumah loh.

Sejak zaman kekaisaran, di Jepang sudah dikenal cara membungkus kado dengan teknik Furoshiki. Ini merupakan cara membungkus kado menggunakan bahan pakaian. Lebih simpel dan tanpa membutuhkan selotip, cara membungkus kado yang satu ini bisa dibilang sangat efisien.

Sementara itu, bisa juga tetap memakai kertas kado namun dengan cara membungkus yang cepat. Pertama kamu harus pastikan kadonya kamu masukkan ke dalam kotak kado. Selanjutnya, kamu harus memastikan kertasnya cukup pas untuk menutup bagian kado. Lalu supaya lebih mudah melipatnya, kamu bisa menandai kertas kado dengan membuat garis menggunakan kuku tangan. Supaya rapi hasil lipatannya, maka kamu bisa memakai jari telunjuk saat melipat. Memakai cara yang satu ini, kamu hanya memerlukan 3 potong selotip saja.

Cara Bungkus Kado Bentuk Hewan

Sumber gambar Bobo

Cara membungkus yang unik bisa jadi acuan kamu supaya kado kamu berkesan untuk si penerima. Saat si penerima membuka kadonya, ia pasti takjub karena bungkus kadonya tak biasa. Apabila kamu hendak memberi kado untuk anak kecil, cara bungkus kado ini bisa kamu tiru.

Kamu akan memerlukan kertas kado polos dan juga kertas HVS warna putih. Sediakan juga spidol serta gunting.

Untuk membuatnya, kamu perlu membuat 4 buah gambar kaki harimau di kertas kado. Selanjutnya kamu bisa menggambar sepasang kuping, ekor, dan hidung di kertas HVS putih. Ingat ya, ukuran gambarnya tinggal disesuaikan dengan kotak kadonya.

Langkah selanjutnya adalah menggunting semua gambar. Lalu kamu bisa mulai menggambar mata dan motif belang-belang harimau pada kado. Sekarang kamu bisa menempelkan guntingan gambar kaki, kuping, ekor, dan hidung harimau. Bagaimana setelah jadi, pasti unik dan menarik bukan? Supaya lebih jelas, lihat tutorialnya pada tautan ini: http://bobo.grid.id/read/08674774/bungkus-kado-bentuk-harimau?page=all

Cara Bungkus Kado Membentuk Tas

Sumber gambar Bisikan

Supaya makin menarik, kamu bisa membungkus kotak kado sehingga menjadi bentuk tas. Ini bakal cocok banget untuk bungkus kado teman kamu yang hobi mengkoleksi tas.

Kamu akan membutuhkan pisau cutter dan gunting. Sediakan juga double tape dan pulpen. Lalu kamu juga butuh aksesori penghias dan juga selembar kertas manila berukuran 50x20 cm.

Pertama kamu siapkan duku bungkus kado bentuk persegi. Lalu taruh kadonya ditengah dan lipat ujung atas dan ujung bawahnya ke arah dalam. Pakailah selotip untuk merekatkan ujungnya. Lipat sedikit agar bekas potongan kertas kado tidak terlihat mencolok sebelum kamu melipat bagian ujung sisanya. Kamu bisa melipat segitiga sedikit saja supaya tak ada bagian ujung yang runcing.

Berikutnya kamu beri berikan rangkapan bagian dalamnya dengan bentuk yang sama menggunakan kertas manila sebelum direkatkan. Kamu perlu merangkap kertas manila ke dalam lipatan segitiga.

Selanjutnya tandai dengan pulpen supaya mudah, lalu bisa digunting. Kamu bisa mulai merekatkan pola dari kertas manila yang baru saja dibuat. Caranya adalah dengan merekatkan bagian ujung segitiga menggunakan doubletape hingga membentuk bola berlapis dengan kertas manila tadi. Lalu kamu bisa merekatkan ujung ini dengan ujung sebelumnya.

Sekarang kamu bisa mulai membuat talinya. Pakailah sisa kertas kado dengan ukuran 50 cm dengan lebar 10 cm. Cukup lipat hingga membentuk tali lalu berikan perekat menggunakan double tape. Tempelkan tali bersamaan dengan akan dirapikannya bagian ujung kanan dan ujung kiri yang masih terbuka.

Kamu tinggal lipat ke bagian dalam dan rekatkan bersama dengan tali tas kado tadi menggunakan doubletape dan tutup kedua ujungnya. Terakhir, kamu bisa berikan aksesori di bagian depan supaya lebih menarik. Kalau masih belum jelas, lihat tutorialnya pada tautan ini: https://bisikan.com/cara-membungkus-kado-bentuk-tas

Cara Bungkus Kado Model Kemeja

Sumber gambar Berhijab.id

Mau memberikan kado untuk teman laki-laki? Kenapa tidak mencoba membentuknya jadi kemeja? Kamu hanya membutuhkan selembar kertas kado dan juga gunting. Siapkan juga doubletape serta pita.

Langkah awalnya adalah melipat kertas bagian bawah ke bagian atas sekitar 2 cm saja. Lalu rekatkan memakai doubletape pada lipatan dasi. Kemudian lipatlah kertas menjadi dua bagian sama besar dan rekatkan kembali.

Bagian alas kadonya bisa dibuat dengan cara melipat bagian bawah kertas ke arah dalam dengan menyesuaikan besarnya dengan hadiah yang kamu masukkan. Buka lagi lipatan dan bentuk sesuai gambar. Kini kamu bisa melipat bagian bawah dan atas kertas ke arah garis tengah, lebihkan beberapa centimeter lalu rekatkan kembali.

Kamu bisa mulai masukkan hadiah ke dalam kertas kado lalu melipas bagian atas kertas. Gunting kedua ujungnya lalu sisakan bagian tengah. Bentuklah lipatan yang tersisa dengan membentuk kerah kemeja lalu rekatkan.

Sekarang, kamu bisa menggunting miring kedua sisinya lalu rekatkan memakai doubletape dan tempel pita sesuai keinginan. Lihat cara lengkapnya di sini: http://kerockan.blogspot.com/2010/08/cara-membungkus-kado-kemeja.html

Cara Bungkus Kado Berbentuk Pita

Sumber gambar Riuh Imaji

Kotak kado bentuk pita pastinya juga terbilang unik. Untuk membuatnya, kamu membutuhkan kertas kado dengan ukuran yang cukup besar. Kamu memerlukan juga double tape serta kertas kado.

Pertama, kamu bisa meletakkan kado pada bagian tengah kertas kado lalu lipat pada bagian kertas kado, ke arah tengah bagian kado. Sekarang, kamu lipat lagi ke bagian tengah sampai bentuk kertas kado menjadi persegi panjang yang rapi. Kini kamu bisa merekatkannya dengan memakai double tape.

Langkah selanjutnya, kamu bisa mulai melipat ujung kanan dan kiri kertas kado lalu buatlah sebuah tali tengah untuk pitanya. Untuk bagian tengah dari bungkus kado ditarik ke tengah hingga membentuk pita. Ikat membentuk tali pada kadomu.

Tambahkan Pernak Pernik Lucu Agar Kadomu Makin Menarik Perhatian

Membungkus kado dalam kotak memang simple karena kamu tinggal masukkan kadonya dan tinggal hias saja kotaknya. Namun akan lebih bermakna kalau kamu menghias kotaknya bukan hanya dengan kertas kado. Sertakan juga berbagai ornamen pernik yang bisa membuat kado kamu makin menarik.

Dengan hadirnya aneka pernik di kotak kado kamu maka jangan heran kalau kado kamu bisa berkesan lebih menarik. Untuk aneka pernik yang bisa ditempelkan, kamu bisa lirik rekomendasi BP-Guide di bawah ini, ya.

Mawar Romantis

Sumber gambar Trys99

Bunga bisa menjadi pernik keren yang kamu sisipkan pada kado kamu. Pilih bunga mawar yang bisa sekaligus menjadi simbol ikatan pribadi. Bunga mawar juga memberikan kesan romantis yang penuh cinta.

Mawar dengan warna merah akan memberikan arti penuh cinta, kecantikan, sekaligus keberanian. Kamu boleh menyematkan korsase mawar merah pada kado kamu untuk menyatakan perasaan cinta pada si penerima kado.

Bunga Kertas

Sumber gambar idn times

Ketika kita akan membungkus kado, tak jarang kita dibuat pusing dengan hiasan yang akan di tempelkan. Jika hanya dibungkus kertas kado biasa, maka tampilannya akan biasa saja. Biar lebih menarik bisa juga ditempeli dengan bunga kertas.

Berkreasilah membuat bentuk bunga dari kertas kado lalu ditempel di atas kado. Bisa juga membuat bunga kertas dari bahan kertas kerajinan yang polos. Sesuaikan warnanya dengan warna kesukaan si penerima supaya lebih berarti.

Pita

Sumber gambar DIY Pakeotac

Yang paling umum dipakai untuk menghias kado adalah pita. Dengan hiasan berupa pita, maka kado yang tadinya sederhana bisa menjadi lebih unik. Aneka macam ikatan pita bisa diaplikasikan supaya kado lebih menarik.

Sediakan saja pita warna biru yang berukuran besar dan juga pita berwarna pink dengan ukuran kecil. Sediakan juga kancing atau manik dan jarum serta benang. Kamu wajib juga menyediakan hair pin dan gunting.

Ambil pita berwarna bitu lalu atur dan beri hair pin supaya pita tidak bergeser kala dijahit. Kamu wajib menjahit tepat ditengah dengan warna benang yang sama supaya tak terlihat. Kini kamu bisa merapatkan benangnya lalu kerutkan pitanya sehingga menjadi satu.

Sekarang, lakukan cara yang sama pada pita kecil berwarna pink. Jika sudah, maka kamu tinggal menggabungkan kedua pita dengan cara menumpuk pita pink di atas pita biru. Berikan hiasan kancing atau manik di atas bagian tengah pita. Tempel pita pada kertas kado memakai doubletape dan jadilah bungkus kado yang menarik.

Bunga Kering

Sumber gambar Trys99

Siapa bilang menghias kado hanya bisa memakai pita dan bunga kertas saja. Boleh juga menghias kado dengan memakai bunga kering. Ini akan jadi hiasan kado yang unik dan tentunya berkesan banget.

Kalau mau cepat, kamu bisa mengeringkan bunga segar dengan microwave. Pilih bunga yang akan dikeringkan lalu letakkan satu per satu tangkai bunga ke dalam wadah kecil dan tutup dengan cat litter. Berikutnya, kamu masukkan wadah tadi ke dalam microwave selama 3 menit. Keluarkan bunga lalu bersihkan sisa cat litter yang menempel. Sekarang kamu bisa mulai menempel bunga kering pada kertas kado atau pada kotak kado yang kamu sediakan.

Kain Kanvas

Sumber gambar Trys99

Membungkus kado dengan rapi tak selalu harus memakai kertas kado. Supaya unik bisa juga memakai kain kanvas. Gunakan kreativitas kamu supaya bungkus kado kamu jadi lebih menarik.

Cukup gunakan kantong kanvas untuk membungkus kado kamu. Selanjutnya kamu bisa melukis di atas kanvas yang sudah dibuat membungkus tadi. Bisa gambar simple seperti hati atau gambar bunga. Alternatif lainnya, kamu bisa menempelkan bunga dari kain atau bunga kertas pada kanvas pembungkus kado supaya lebih menarik.

From our editorial team

Kotak Kado Unik Tinggalkan Kesan yang Mendalam

Kado yang telah dipersiapkan akan jadi sangat berkesan apabila dikemas dengan menarik. Ornamen atau aksesori tambahan pada kotak kado akan jadi kesan yang mendalam bagi penerimanya. Jadi jangan malas untuk membungkus kado atau menuangkan kreativitasmu ketika membungkus kado. Karena bisa jadi hal tersebut akan menambah keistimewaan dari kado pemberianmu.