Rawat Bibir Kamu dengan 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik, Bye Bibir Pecah-Pecah! (2022)

Rawat Bibir Kamu dengan 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik, Bye Bibir Pecah-Pecah! (2022)

Dapatkan informasi lengkap seputar perawatan bibir kering dan pecah-pecah. Dimulai dari tips perawatan bibir hingga rekomendasi lip balm terbaik dari kami untuk melengkapi rutinitas perawatan bibir harian kamu. Simak selengkapnya, hanya di artikel ini!

Bibir Pecah-Pecah dan Kering, Yuk Mulai Perhatikan Perawatan Bibir Kamu!

Bagian mata dan bibir dipercaya merupakan magnet pada wajah yang mampu menarik perhatian orang tertuju pada kita. Kali ini, kami akan membahas seputar perawatan bibir yang tentu saja penting untuk mendapatkan tampilan bibir sehat dan berkilau. Memang bibir bisa nggak sehat ya?

Jawabannya bisa saja, biasanya hal demikian ditandai dengan bibir kering, pecah-pecah hingga luka dan tak jarang sampai berdarah. Memang bibir merupakan bagian wajah yang tidak mengandung kelenjar minyak, sehingga mudah kering. Akan tetapi, tanda-tanda yang disebutkan sebelumnya sudah merujuk kepada gejala bibir bermasalah.

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya permasalahan bibir, salah satunya adalah melakukan perawatan bibir. Bukan hanya fokus mempercantik bibir dengan berbagai produk make up untuk bibir, kamu juga perlu memikirkan skincare khusus untuk bibir. Perawatan bibir bisa dilakukan dengan beberapa produk, seperti pembersih khusus bibir, scrub bibir, lip oil, lip balm dan masih banyak lainnya.

Simak beberapa tips perawatan bibir di bawah ini ya!

Tips Merawat Bibir Tetap Sehat dan Pink Alami

Membersihkan Sisa Lip Product dengan Sempurna

Ingin tampil cantik dengan berbagai lip produk itu boleh saja, tapi jangan lupa untuk secara rutin membersihkan bibir dari sisa-sisa lip produk. Tahukah kamu, sisa-sisa lip produk yang tidak dibersihkan secara sempurna dapat menyebabkan tumpukan sel kulit mati di bibir sehingga tak jarang bibir akan menggelap. Nah, bukannya makin indah, justru penggunaan lip produk yang tidak dibarengi dengan perawatan bibir yang benar bisa menjadi boomerang untuk kamu.

Tips pertama untuk merawat bibir adalah memastikan bibir selalu bersih dari sisa-sisa lip produk yang kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis pembersih bibir, seperti lip & eye remover ataupun cleansing milk. Kamu juga bisa menyikat kulit bibirmu dengan sikat gigi secara lembut untuk memastikan kotoran di bibir terangkat sempurna.

Rutin Eksfoliasi Kulit Bibir

Tips kedua, masih terkait dengan membersihkan bibir secara sempurna, yaitu dengan menambahkan rutinitas eksfoliasi. Eksfoliasi kulit bibir bisa kamu lakukan minimal 1 kali dalam seminggu. Untuk produk eksfoliasi bibir sendiri, saat ini banyak sekali beredar scrub bibir di pasaran dengan berbagai merk, yang biasanya terbuat dari bahan utama butiran gula.

Gunakan Produk-Produk Pelembap Bibir

Yang terakhir, tentu saja kamu harus menggunakan produk yang dapat menjaga dan mempertahankan kelembapan bibir. Termasuk di dalamnya adalah lip mask, lip oil dan lip balm yang sebagian besar mengandung oil yang berguna untuk menjaga kelembutan bibir. Kamu bisa menggunakan produk-produk tersebut secara rutin setiap hari, termasuk sebelum pengaplikasian lipstik maupun sebelum tidur dan kapan pun bibir terasa kering.

Rawat Bibir Kamu dengan 10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik, Bye Bibir Pecah-Pecah!

For Skin's Sake Buttered

Pertama, rekomendasi dari kami adalah lip balm dari brand FSS, For Skin's Sake Buttered. Lip balm terbaik ini hadir dengan lebih dari sepuluh varian yang bisa kamu cobain lho! Hal menarik dari lip balm ini adalah tidak terdapatnya kandungan petroleum, sebaliknya justru menggunakan organic beeswax sebagai penggantinya. Oh ya, dari semua variannya, kamu juga bisa memilih varian unscented jika kurang suka dengan lip balm berbau wangi.

Selanjutnya, produk ini memiliki beberapa kelebihan. Yang pertama, dikemas dalam bentuk roll on stick, sehingga merupakan pilihan yang cukup higienis. Selain itu, tekstur produknya sangat ringan sehingga nyaman di layer berapa kali pun dan tetap lembap. Lip balm ini menjaga bibir tetap sehat dan tidak lagi pecah-pecah.

Tak hanya itu, kabar baiknya, lip balm ini juga sudah mengandung SPF 15 yang akan melindungi kulit bibirmu dari paparan sinar matahari.

Harga Rp. 30.000-42.000

Vaseline Lip Therapy Rosy Lips

Berikutnya, rekomendasi lip balm terbaik dari kami jatuh kepada merek Vaseline, Vaseline Lip Therapy Rosy Lips. Untuk produk lip balm terbaiknya, kamu bisa memilih dua jenis kemasan yaitu stick dan jar. Beberapa varian lainnya, antara lain cocoa, creme brulee dan original.

Vaseline Lip Therapy Rosy Lips masih mengandung petroleum jelly, sama dengan produk unggulan mereka. Kandungan lain yang terdapat di dalam lip balm ini adalah Vitamin E, almond dan rose oil. Dengan kandungan-kandungan tersebut, lip balm dari Vaseline ini menawarkan fungsi perawatan bibir harian termasuk merawat kulit bibir dari pecah-pecah, menjaga kelembapan dan kelembutan bibir.

Harga Rp. 32.000-52.000

Somethinc Lipvocado Vegan Lip Treatment Tint

Yang ketiga, kami punya juaranya brand lokal dalam hal inovasi, yaitu lip balm terbaik dari Somethinc. Somethinc Lipvocado Vegan Lip Treatment Tint, lip balm berwarna yang hadir dengan Avocado Oil sebagai hero ingredient. Diklaim tahan lama, melembabkan sekaligus dapat membuat bibir lebih plump, apa saja sih kandungan lain di dalam lip balm ini?

Mengandung Avocado Oil dan Hyaluronic Acid, lip balm ini juga sudah 100% vegan lho. Kemasannya sendiri menyerupai lipstik dengan warna hijau mirip warna buah alpukat. Untuk tekstur produknya, Somethinc Lipvocado Vegan Lip Treatment Tint terasa seperti oil yang ringan dan sangat melembabkan.

Pigmentasi warna dari lip balm juga OK! Kamu bisa memilih warna lip balm sesuai selera kamu, karena lip balm terbaik dari Somethinc ini menghadirkan 7 pilihan shade. Tunggu apalagi, yuk cobain!

Harga Rp. 61.000-79.000

Nivea Lip Care Shoothe & Protect

Start from 17.000 rupiah saja, kamu sudah bisa mendapatkan lip balm terbaik. Ya! Murah dan berkualitas, kamu pasti tahu brand yang kami rekomendasikan ini, yaitu Nivea. Nivea dikenal luas dengan produk-produk pelembapnya, tak ketinggalan lip balm andalan mereka, Nivea Lip Care Shoothe & Protect.

Lip balm ini hadir dengan kemasan stick yang higienis dengan berat 4,8 gram. Poin plusnya ada pada kandungan lip balm berupa 100% Jojoba Oil yang mampu menjaga kelembapan bibir dan mencegahnya pecah-pecah. Di samping itu, untuk kamu yang takut bibir makin menghitam karena terkena paparan sinar matahari, Nivea Lip Care Shoothe & Protect sudah mengandung SPF 15 yang dapat melindungi bibir dari UVA dan UVB.

Cocok untuk perawatan bibir kering dan bisa diaplikasikan berulang-ulang untuk hasil maksimal.

Harga Rp. 17.000-30.000

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm & Moisture Lip Nutrition

Produk selanjutnya untuk lip balm terbaik adalah Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm & Moisture Lip Nutrition. Hadir dengan 4 varian yang bisa kamu pilih, strawberry, grape, honey dan green tea. Lip balm Wardah ini merupakan tipe lip balm color changing, maksudnya adalah produk akan berubah warna natural sesuai shade saat diaplikasikan di bibir.

Key ingredients dari lip balm Wardah di antaranya adalah Shea butter, Vitamin E, serta SPF 15. Kandungan tersebut dapat merawat bibir sekaligus melindunginya dari paparan sinar matahari. Tekstur Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm & Moisture Lip Nutrition dikenal begitu lembut, namun tidak terasa tebal sehingga disukai banyak orang.

Harga Rp. 19.000-28.000

Dior Addict Lip Glow

Meski cukup mahal, rasanya kurang tepat jika tidak memasukkan brand Dior ke dalam daftar lip balm terbaik. Dior Addict Lip Glow merupakan lip balm terbaik dengan rating mencapai 4,9 di situs Female Daily. Apa sih yang membuat orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk lip balm branded ini?

Faktanya, Dior Addict Lip Glow memiliki tekstur emolien yang nyaman dan ringan di bibir. Bibir terasa lembut setelah pengaplikasian sehingga produk ini seringkali digunakan sebelum menggunakan lipstik atau lip product lainnya untuk menciptakan tekstur bibir yang baik secara instan. Produk dari Dior ini juga memiliki pilihan shade yang variatif dengan warna-warna natural dan sudah mengandung SPF 10.

Boleh nih dibeli untuk kamu yang sedang mencari ide untuk self reward!

Harga Rp. 535.000-600.000

Maybelline Baby Lips Love Color

Selanjutnya, rekomendasi dari kami jatuh kepada Maybelline Baby Lips Love Color. Lip balm ini mendapatkan nilai 4,1 dari total 5 bintang di website Sociolla dan lebih dari 90% user merekomendasikan produk ini. Penasaran?

Produk ini memiliki klaim tahan hingga 12 jam dengan cara pemakaian diusapkan ke bibir sebanyak 12 kali. Tak heran diklaim demikian, mengingat kandungan yang terdapat di dalam lip balm meliputi Vitamin E, Jojoba Oil dan SPF 16. Review mengatakan bahwa produk ini tidak terlalu minyakan, ataupun waxy sehingga teksturnya nyaman untuk digunakan seharian.

Harga Rp. 37.000-45.000

The Body Shop Vitamin E Lip Care Stick Lip Balm SPF15

Rekomendasi lip balm terbaik selanjutnya datang dari brand The Body Shop. The Body Shop Vitamin E Lip Care Stick Lip Balm SPF15 merupakan salah satu produk terlaris dari brand ini. Kira-kira apa sih rahasianya kok sampai jadi lip balm terlaris?

Produk lip balm dari The Body Shop dinilai hanya butuh beberapa usapan saja dan sudah mampu melembapkan bibir. Selain itu, kelembaban bibir tetap terjaga hingga waktu cukup lama setelah aplikasi produk. Ternyata, rahasia kelembapannya ada pada kandungan utama lip balm ini, yang menggunakan Olive Oil dan Wheat Germ Oil. Jika sudah mencoba berbagai produk dan bibirmu tetap kering, kamu bisa mencoba produk satu ini.

Harga Rp. 74.000-109.000

Holika Holika x PEKO Melty Jelly Lip Balm

Tak banyak diketahui orang dan masih sedikit yang mereview, tidak membuat lip balm asal Korea berikut ini keluar dari list lip balm terbaik versi kami. Holika Holika x PEKO Melty Jelly Lip Balm bisa jadi merupakan salah satu lip balm terunik yang pernah ada. Kok bisa?

Dikemas dalam jar 9,8 gram, produk Holika Holika x PEKO Melty Jelly Lip Balm bertekstur jelly dan dibentuk menyerupai buah strawberry di tengahnya. Bentuk strawberry di tengah bukannya tanpa arti, tetapi sebagai penanda bahwa produk ini memiliki dua warna sekaligus di dalam satu kemasannya. Warna pada bentuk strawberry lebih bold, sementara backgroundnya lebih transparan.

Terdapat dua variasi shade yang bisa kamu pilih, yaitu Cherry Berry dan Peach Berry.

Harga Rp. 103.000-158.000

Pure Pawpaw

Terakhir, jika kamu sedang mencari balm multifungsi yang nggak cuma bermanfaat untuk kulit bibir, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada Pure Pawpaw. Pure Pawpaw selain sebagai lip balm, juga bisa digunakan pada luka bekas gigitan serangga, ruam, hingga bagian-bagian tubuh yang sangat kering seperti siku dan lutut. Praktis bukan melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan?

Pure Pawpaw hadir dengan beberapa varian, mulai dari original hingga varian dengan bau buah-buahan yang lembut. Teksturnya seperti salep, meleleh saat dioles, sedikit berat, tetapi melembabkan secara maksimal. Produk ini sangat disarankan untuk kamu yang memiliki tipe kulit sangat kering, termasuk kulit bibir.

Harga Rp. 34.000-81.000
From our editorial team

Bibir Tetap Sehat dan Pink Alami dengan Lip Balm

Poin utama dari perawatan bibir untuk mendapatkan kondisi bibir sehat ada pada menjaga dan mempertahankan kelembaban bibir. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan berbagai produk pelembab bibir, termasuk lip balm. Kebanyakan lip balm mengandung oil, seperti Jojoba Oil, Avocado Oil, Olive Oil maupun petroleum jelly yang memiliki kemampuan untuk melembabkan. Tak hanya itu, kini banyak beredar lip balm dengan kandungan SPF sehingga bibir aman dari paparan sinar UVA dan UVB. Bibir tetap sehat sekaligus pink alami dengan kandungan lip balm, ditambah beberapa lip balm juga mengandung tint dengan warna natural untuk mempercantik bibir.