Uniknya Rasa Kopi Malaysia, Ini 10+ Rekomendasi Produk Kopi Malaysia yang Patut Anda Coba

Uniknya Rasa Kopi Malaysia, Ini 10+ Rekomendasi Produk Kopi Malaysia yang Patut Anda Coba

Menikmati kopi yang berbeda bisa Anda rasakan dengan mencicipi kopi Malaysia. Berbeda dengan Indonesia, Malaysia didominasi dengan kopi Liberica, yang tumbuh di semenanjung Malaka. Rasanya lebih pahit dan asam, memberikan sensasi berbeda ketika menikmati kopi di negeri jiran satu ini.

Meski tidak termasuk negara penghasil kopi terbesar, kopi Malaysia punya penggemarnya sendiri

Malaysia bukan negara penghasil kopi terbanyak, karena produksi kopi mereka masih di bawah Brazil, Vietnam dan Indonesia. Tahun 2010 misalnya, hanya ada sekitar 3.160 hektar total lahan kopi di seluruh Malaysia, dengan total penghasilan dari sektor perkebunan kopi hanya sekitar RM 12.355.000 per tahun.

Hal ini dikarenakan budaya negara Malaysia yang merupakan peminum teh, sehingga konsumsi teh lebih tinggi daripada kopi. Namun, saat ini seiring berjalan waktu, peminum kopi di Malaysia mulai bertumbuh dan menjadi semakin banyak. Kopi yang ditanam ada tiga jenis, antara lain kopi arabica, liberica dan robusta. Paling banyak yang dihasilkan adalah kopi liberica yang ditanam di sekitaran daerah Selangor, Sabah, dan Johor. Sedangkan di wilayah Semenanjung, jenis kopi robusta merupakan yang paling banyak diproduksi.

Cara menikmati kopi di Malaysia, dimulai dari pemanggangan kopi yang menggunakan mentega dan gula. Lalu, setelah itu cara membuatnya diseduh dengan menggunakan penyaring. Sehingga ampasnya tidak ikut ke dalam minuman. Rasanya pahit, tebal dan kuat, sehingga sering dilunakkan dengan susu kental manis.

Apa yang membedakan kopi Malaysia dan kopi lainnya?

Kopi Malaysia dianggap unik karena jenis biji kopi yang paling banyak ditemukan di negeri jiran satu ini adalah kopi liberica. Sebagai catatan, hanya ada 2 persen kopi di dunia yang merupakan kopi liberica, karena rasanya yang asam dan keras. Kopi yang sering disebut kopi putih ini aromanya juga maksimal, namun kandungan kafeinnya lebih rendah.

Namun, perlu dicatat, kopi liberica merupakan hasil kopi yang mendominasi di Malaysia. Bahkan 95 persen dari produksi kopi di Malaysia adalah kopi Liberica. Cara penyeduhannya juga berbeda, yakni harus menggunakan air yang sangat panas, kurang lebih 200 derajat untuk mendapat rasa yang maksimal.

Keunikan kopi Malaysia lainnya adalah dipanggang dua kali sebelum diproduksi. Ditambah lagi, kopi Malaysia harganya juga jauh lebih murah, ketimbang kopi hitam seperti jenis arabica dan robusta.

Tips memilih kopi yang aman bagi lambung

Bila Anda adalah penderita maag atau masalah pada lambung, maka sebaiknya memilih kopi yang kafeinnya lebih rendah. Selain itu usahakan biji kopi yang dipilih berasal dari biji kopi yang segar. Itulah kenapa, sebaiknya membeli biji kopi daripada produk kopi bubuk, agar menghasilkan kopi yang segar dan aman bagi lambung.

Tips selanjutnya agar kopi lebih aman bagi lambung adalah seduh dengan cara manual. Dengan metode manual brew, maka kopi akan difilter atau disaring. Dengan demikian, selain karakter asli kopi akan keluar, juga menjadikan kopi ini menjadi lebih ringan rasanya.

Pilih jenis Arabica

Kafein yang berada pada kopi bisa berubah menjadi racun, bagi orang yang menderita penyakit lambung. Selain itu, terlalu banyak kopi juga membuat lambung menjadi terganggu.

Cara aman adalah gunakan kopi arabica yang kadar kafeinnya lebih rendah. Batas tolelir Lambung masih diterima dan aman, dengan kadar yang rendah dari kopi arabica. Selanjutnya, konsumsi sekitar 2 cangkir sehari agar lebih aman lambung Anda.

Kopi organik

Jenis kopi yang paling aman adalah kopi organik. Kopi organik merupakan kopi yang ditanam tanpa bahan kimia, pestisida dan proses tumbuhnya alami. Tumbuh di tanah yang subur membuat kopi lebih nikmat dan murni, tidak murahan dan rasanya berkualitas.

Nah, agar kopi yang Anda minum aman bagi Lambung, pastikan bahwa biji kopi yang Anda pilih merupakan kopi organik yang tidak mengandung sedikitpun bahan kimia. Dengan demikian, selain akan mendapat rasa yang sempurna dari segelas kopi, Anda juga akan lebih sehat dan tidak terkena resiko buruk akibat mengonsumsi kopi yang mengandung zat kimia.

Dark roasted

Agar rasa kopi lebih nikmat, tentunya proses pemanggangan biji kopi perlu menjadi perhatian sendiri. Bila Anda lebih memilih biji kopi, maka biasanya Anda akan memulai dengan memanggang biji kopi terlebih dulu.

Ada beberapa jenis pemanggangan kopi, dimulai dari light roast alias pemanggangan rendah. Dengan cara memanggang yang satu ini, biji kopi akan dipanggang sampai berwarna cokelat tua. Perlu diingat, rasa kopi akan berubah setiap kali cara pemanggangannya berbeda, loh.

Bila dipanggang hingga tingkat medium roast, kopi akan berwarna cokelat tua gelap dan cenderung hitam. Juga akan muncul sedikit minyak di permukaan bijinya. Sedangkan dark roast adalah tingkatan paling akhir dengan biji kopi yang berwarna hitam dan diselimuti minyak diseluruh permukaannya.

Agar lebih aman bagi lambung, maka jenis pemanggangan yang paling baik untuk Anda adalah jenis dark roast.

Untuk kopi bubuk, pilih yang bubuknya kasar

Setiap proses penggilingan kopi akan menghasilkan dua jenis bubuk kopi, yakni bubuk kopi halus dan bubuk kopi kasar. Perbedaan tersebut terletak pada proses penggilingan, atau mesin giling (grinder) yang digunakan.

Bubuk kopi yang halus dan kasar juga memberi rasa yang berbeda pada kopinya. Selain itu, untuk mendapatkan rasa yang maksimal, cara penyeduhannya juga berbeda, loh.

Jenis bubuk kopi yang dibutuhkan untuk membuat espresso tentunya berbeda dengan yang dibutuhkan untuk membuat kopi tubruk. Espresso membutuhkan bubuk kopi yang lebih halus. Bila Anda adalah penderita sakit lambung, maka sebaiknya pilih bubuk kopi yang kasar untuk dinikmati.

Merek kopi Malaysia yang bisa kamu dapatkan di sini

Berikut produk Kopi Malaysia yang bisa Anda coba nikmati di rumah. Apa saja, simak rekomendasi BP-Guide berikut ini :

Kopi Ah Huat

Sumber gambar www.youbeli.com

Kopi pertama yang paling terkenal di daerah Penang, khususnya wilayah Georgetown adalah Kopi Ah Huat. Kopi ini menggunakan gula tebu agar bisa lebih manis. Bentuknya adalah sachet dengan ukuran per sachet sekitar 35 gram.

Rasanya nikmat dan mengandung non dairy Creamer dan kelebihan satu lagi adalah aman bagi lambung Anda. Jenis white coffee satu ini bisa Anda dapatkan seharga Rp 90.100 di Lazada, untuk satu kotak berisi 15 sachet.

Old Town White Coffee

Sumber gambar whitecoffeemarket.com

Kopi selanjutnya adalah Old Town White Coffee 3 in 1 Hazelnut. Uniknya white coffee yang satu ini adalah dibuat dengan tambahan creamer, gula dan ada rasa hazelnutnya. Selain aman bagi lambung, juga aman bagi Anda yang muslim, karena dijamin 100 persen halal.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Tokopedia dan Shopee dengan harga mulai dari Rp 60.000 hingga Rp 67.000 untuk satu box berisi 15 sachet ukuran 40 gram.

Kopi Harimau

Sumber gambar blogspot.com

Kopi selanjutnya adalah Kopi Harimau. Kelebihan kopi harimau adalah campuran bahannya yang menjadikan kopi ini memberikan stamina tambahan bagi Anda. Selain itu, kopi ini juga bisa membuat Anda lebih kuat dan bertenaga, juga menambah gairah dan keperkasaan lelaki.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Galaxyharga atau di Bukalapak dengan harga mulai dari Rp 33.600 hingga Rp 35.000 untuk satu bungkus ukuran 30 gram.

Kopi Radix Sinergi

Sumber gambar tokopedia.com

Kopi Radix adalah pilihan kopi yang dicampurkan dengan sejumlah bahan herbal pilihan. Bahan yang dikandungnya selain kafein adalah B-Silosterol yang sangat berguna untuk merangsang pengeluaran hormon endrogen N-Nonacosane. Tugas hormon ini adalah merangsang syarafnya Neoclovene yang bisa menjadikan keletihan dan membangkitkan semangat Anda.

Jadi, kopi ini bisa membantu proses otot dan ligamen yang rusak, juga mengandung antioksidan dan magnesium. Ada berbagai jenis bahan herbal yang dikandungnya antara lain akar mata pelanduk, akar teja lawang, akar tebu gajah, akar mengkudu hitam, akar tebu gajah dan sebagainya.

Produk ini bisa Anda dapatkan di Lazada dengan harga Rp 250.000 atau bisa juga dibeli di berbagai situs seperti herbalismart.com, kopiradix.net dan sebagainya.

Kopi Jantan Semulajadi

Sumber gambar bukalapak.com

Di Malaysia ada nama kopi yang mungkin Anda akan tersenyum membacanya, antara lain kopi jantan dan kopi janda. Pemilihan nama tersebut bukan sembarangan, lantaran kopi ini memang ada kaitannya dengan stamina, gairah dan semangat bagi seorang pria dalam urusan seksual.

Kopi ini sangat mampu dalam urusan mengatasi disfungsi ereksi dan ejakulasi dini. Bahannya dicampur dengan herbal alami yang memberikan tambahan tenaga bagi seorang lelaki.

Ditambah bahan-bahannya yang sangat berguna bagi tulang, kesehatan tubuh dan lain-lain seperti tongkat ali, guarana, maca dan tentunya kopi. Dapatkan produk ini di Bukalapak sekitar Rp 22.000 per bungkus kecil, atau untuk ukuan 250 gram bisa Anda pesan di Boskopi seharga Rp 115.000.

Nescafe Latte Mocha Coconut

Sumber gambar minimeinsight.com

Nescafe yang merupakan produk dari Nestle juga ada yang dibuat dengan bahan dasar khas Malaysia. Rasanya merupakan paduan kopi dengan kelapa segar yang tentunya menjadikan Anda lebih menikmatinya.

Selain rasa kelapa, juga ada berbagai pilihan rasa lainnya yang bisa Anda dapatkan di tempat lainnya seperti rasa Latte Caramel dan rasa lainnya. Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga sekitar Rp 69.500.

Kopi Chek Hup

Sumber gambar tokopedia.com

Produk lainnya yang bisa Anda coba nikmati adalah Chek Hup. Produk yang berdiri di Ipoh, Malaysia sejak awal tahun 1900-an ini merupakan salah satu kopi ekslusif asal Malaysia yang rasanya sangat mencirikan khas budaya lokal setempat.

Kopi ini juga ternama di beberapa negara, seperti Filipina, Thailand, Singapura, Brunai dan China. Tekstur kopinya halus dan sempurna, dan memiliki pilihan rasa yang nikmat.

Dapatkan produk ini di Tokopedia, Elevenia dan berbagai toko online lainnya dengan harga mulai dari Rp 60.500 hingga Rp 64.000.

Kopi Durian Malaysia

Sumber gambar tokopedia.com

Kopi durian juga merupakan salah satu pilihan menikmati kopi yang paling asyik dan menyehatkan. Paduan rasa kopi dan durian menjadikan produk ini memiliki banyak penggemar di seluruh negeri.

Salah satu produk kopi Durian bisa Anda dapatkan di Malaysia. Bermula dari Penang, kopi ini juga bisa Anda temukan di Kualalumpur, Kedah dan kota lain di Malaysia. Penang Mycaffee Durian White Coffee adalah brand ternama urusan kopi durian ini.

Bila tidak sempat ke Malaysia, namun ingin menikmati kopi durian ini, Anda bisa memesannya di Shopee atau Tokopedia dengan harga mulai dari Rp 52.500 hingga Rp 55.000.

Kopi Super Power

Sumber gambar tokopedia.com

Masih produk kopi kuat dari Malaysia, kali ini produk yang BP-Guide rekomendasikan adalah Super Power 6in1 Tongkat Ali Gingseng & Cat Misai. Minuman yang sempurna untuk pria, juga ada yang dibuat khusus untuk wanita. Dibuat dari bahan kopi yang kuat dan nikmat, dengan bahan campuran herbal yakni tongkat ali dan kumis kucing yang terbukti mampu meningkatkan vitalitas pria.

Anda bisa juga membeli produk ini di Bukalapak untuk produk khusus wanita dijual seharga Rp 75.000 sedangkan produk untuk lelaki biasanya dijual Rp 80.000 untuk satu box isi 20 sachet ukuran 30 gram.

From our editorial team

Coba dan Nikmati Kopi Rasa Unik asal Negeri Jiran Malaysia

Penyuka kopi tentunya wajib mencoba rasa baru yang unik. Kopi Malaysia juga tentunya masuk dalam daftar kopi yang harus dicicipi, karena rasanya yang unik. Apalagi, kopi durian khas Malaysia dan kopi campuran herbal yang bisa menambah stamina. Yuk, cobain sekarang.

Tag