10 Rekomendasi Smartband Murah namun Berkualitas untuk Kamu yang Ingin Tampil Sporty (2021)

10 Rekomendasi Smartband Murah namun Berkualitas untuk Kamu yang Ingin Tampil Sporty (2021)

Smartband memang menjadi pilihan kekinian sebagai aksesori yang canggih. Kalau kamu tertarik membeli smartband, ada baiknya kamu juga harus tahu cara pakai yang benar. Ini karena cara pakai juga mempengaruhi hasil data yang didapatkan. Selain itu, kamu yang ingin punya smartband namun sedang bokek juga tak perlu khawatir. Kami menyediakan rekomendasi smartband murah dan berkualitas untuk kamu jadikan pilihan.

Smartband, Perangkat Wearable Praktis Pilihan Anak Muda

Perangkat wearable memang banyak disukai oleh para anak muda. Salah satu yang paling populer adalah smartband. Produk yang satu ini berfungsi sebagai alat pemantau kesehatan dan kebugaran penggunanya. Dengan bentuk dan cara kerja mirip smartwatch, produk ini kerap disamakan dengan smartwatch. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Dari segi desain misalnya, smartband dinilai lebih sederhana dan kesannya lebih ramping. Kesannya seperti gelang tangan silikon pada umumnya. Ini tentu beda dengan smartwatch yang memiliki tampilan mirip jam tangan dengan strap yang lebih tebal. Nah, jika kamu ingin bergaya simpel, tentunya smartband bisa jadi pilihan. Gaya dan desain simpel tersebut bisa membuatnya terkesan elegan dan juga mewah untuk menunjang tampilan keseharian.

Perbedaan smartband dan smartwatch selanjutnya, ada pada fungsinya. Smartband lebih fokus sebagai fitness tracker alias alat pelacak kesehatan. Alat ini cocok untuk kamu yang ingin lebih bugar dan sehat. Beda dengan smartwatch yang fungsi utamanya adalah untuk menunjukkan waktu namun dibekali sederet fitur pintar sehingga bisa terkoneksi dengan smartphone.

Smartband fungsinya melacak berbagai metrik yang berkaitan dengan kebugaran. Dengan alat ini kamu bisa mengecek jumlah kalori yang terbakar, mengukur jarak tempuh, hingga mengukur detak jantung kala kamu beraktivitas. Data yang ditampilkan juga bisa jadi acuan kamu untuk meningkatkan kebugaran. Beberapa smartband canggih bahkan juga bisa menampilkan notifikasi dari smartphone sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengecek smartphone.

Dari segi harga, smartband juga terbilang lebih terjangkau ketimbang smartwatch. Hadir dengan desain keren dan fitur yang mumpuni, harga smartband tidak akan lebih mahal dari smartwatch. Ini cocok untuk kamu yang sedang bokek namun ingin memakai wearable device yang keren.

Tips Memakai Smartband yang Tepat

Pakailah di Tangan yang Sama

Memakai smartband tidak bisa asal saja. Supaya lebih tepat guna, kamu bisa memakai smartband di tangan yang sama. Hal ini sepele namun kerap diabaikan. Padahal jika diabaikan maka akan bisa mempengaruhi sensitivitas sensornya.

Saran kami adalah memakai tangan yang jarang dipakai beraktivitas yakni tangan kiri. Ini untuk mengimbangi tangan yang dominan dan cenderung lebih sering bergerak. Jika kamu memakainya berpindah-pindah tangan maka sensitivitas alat ini bisa berkurang. Maka dari itu, putuskan sejak awal tangan kanan atau kiri yang kamu gunakan.

Lakukan Pengaturan Dasar

Jangan lupa untuk melakukan pengaturan dasar pada saat awal memakai smartband. Kamu perlu mengintegrasikan sistem dan aplikasi yang ada di dalamnya. Isilah data pribadi secara detail dan juga akurat. Umumnya data pribadi meliputi usia, berat badan, tinggi badan, dan jenis kelamin. Nantinya data tersebut akan disinkronisasi dengan smartphone.

Jika sudah terisi lengkap, maka kamu bisa memprediksi berapa kalori terbakar, berapa jarak tempuh yang harus dilampaui, dan seterusnya. Pengaturan dasar yang benar akan membuat data kebugaran tubuh kamu jadi terjamin lebih baik.

Atur Targetnya

Kamu juga wajib mengatur target yang kamu ingin capai saat memakai smartband. Biasanya smartband yang baru dipasang akan mengatur target 10.000 langkah per hari. Target ini akan sulit dipenuhi oleh semua orang karena kondisi setiap orang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu bisa menyesuaikan dengan pola aktivitas kamu.
Atur saja menjadi 5.000 atau 6.000 langkah sehari. Kamu bisa menaikkan target jika kamu sudah terbiasa memenuhi target awal tersebut.

Nonaktifkan Sleep Mode

Smartband memang memiliki fungsi untuk bisa mencatat lama waktu tidur pemakainya. Sleep mode ini biasanya harus diaktifkan. Namun, ada baiknya kita menonaktifkan mode ini saat beraktivitas. Ini untuk menjaga catatan pola tidur agar tidak terganggu. Selalu aktifkan sleep mode hanya saat kamu sudah siap untuk tidur. Dengan begini, catatan jadi bisa lebih valid.

Ini Dia Rekomendasi Smartband Murah untuk Kamu Miliki

Smartwatch M2

Smartwatch M2 ini bisa jadi pilihan kamu yang pertama. Produk yang satu ini bentuk dan fungsinya mirip dengan Xiaomi Mi Band 2. Bedanya adalah pada tombol fisik dan aplikasi yang digunakannya. Alat yang satu ini hadir dengan fitur fitness tracking yang canggih. Selain itu, kamu juga bisa memakai ftur pengatur kualitas tidur dan juga fitur alarm.

Smartband ini hadir dengan layar OLED 0,42 inci. Ada fitur pengukur detak jantung, fitur penunjuk jumlah kalori, sleep mode, pengukur jarak, pedometer, dan lain sebagainya. Produk ini juga lengkap dengan notifikasi call reminder, alarm, SMS, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 65.000-149.000

FitMe Lite Plus

FitMe Lite Plus tentu bisa kamu lirik jadi produk keren selanjutnya. Smartband murah ini nyaman dipakai. Case berbahan logam berpadu dengan strap berbahan lentur membuatnya terkesan keren dan kokoh. Produk ini sudah bersertifikasi IPX7 sehingga aman digunakan saat mandi. Namun, sebaiknya tidak digunakan untuk berenang.

Alat yang satu ini bisa menampilkan notifikasi media sosial seperti Line, Whatsapp, Twitter, dan lain sebagainya. Dengan smartband ini, kamu juga bisa melihat memantau kondisi tidur, menghitung kalori yang terbakar, mengecek tekanan darah, hingga mengecek detak jantung. Alat ini bisa kuat 15 hari meski selalu digunakan.

Harga Rp. 155.000-188.000

Cognos Smartband F1

Cognos Smartband F1 merupakan gelang pintar yang tidak bisa kamu lewatkan. Alat yang satu ini hadir dengan sertifikasi IP67 water resistant yang membuatnya aman meski kehujanan. Fitur anti-lost function akan memberi peringatan ketika jarak koneksi kerja berada di luar jangkauan.

Dengan alat ini kamu bisa mengukur detak jantung dan juga mengecek tekanan darah. Ada juga notifikasi pesan, pengingat, dan lain sebagainya yang bisa kamu terima dengan smartband ini. Kamu juga bisa memakainya untuk mengatur waktu tidur kamu. Produk juga bisa menemani kamu berolahraga dengan menunjukkan jarak, waktu tempuh, dan kalori yang sudah terbakar. Ada juga fitur jam, tanggal, alarm, dan kalender yang tersedia.

Harga Rp. 89.000-187.000

Lenovo G03

Lenovo G03 tidak bisa ketinggalan kamu jadikan pilihan. Desainnya elegan dan sangat menawan. Alat yang satu ini hadir juga dengan fitur yang esensial. Kamu bisa menghitung langkah kaki dengan sensor pedometernya. Kamu juga bisa memantau detak jantung dan pola tidur.

Selanjutnya, kamu bisa melihat data kebugaran pada aplikasi Lenovo Go di smartphone kamu. Ada juga fitur Find My Phone jika kamu tidak bisa menemukan smartphone kamu. Layar OLED monokrom pada produk ini membuatnya tampak mengesankan. Smartband ini tahan air hingga kedalaman 5 ATM. Baterainya bisa tahan hingga 12 hari.

Harga Rp. 210.000-450.000

Huawei Band 4e

Huawei Band 4e ini juga bisa jadi pilihan. Produk yang satu ini bisa menigkatkan performa kamu dalam bermain basket. Kamu cukup menyematkan bodi smartband ini pada tali sepatu untuk mengetahui catatan performa kamu. Mulai dari lompatan, jarak kaki, hang time, hingga kecepatan lari.

Produk ini juga hadir dengan sensor 6 axis yang bisa mencatat pola langkah kaki, irama lari, dan lain sebagainya. Analisis yang dihasilkan bisa sangat terperinci karena smartband ini berkolaborasi dengan CISS. Ini membuat kamu bisa berlari dengan efisien dan mengurangi risiko cedera.

Smartband ini tahan air dan baterainya bisa tahan 14 hari. Alat berukuran 15x210 mm ini memiliki pilihan warna seperti sakura coral, misty grey, seaweed green, merah, kuning, dan lain sebagainya.

Harga Rp. 266.526-545.000

Xiaomi Mi Smart Band 5

Xiaomi Mi Smart Band 5 adalah rekomendasi kami selanjutnya. Produk yang satu ini bisa membantu merancang target kamu untuk lebih bugar. Alat ini juga hadir dengan fitur sleep tracking, data aktivitas seharian, kualitas tidur, detak jantung, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melihat notifikasi smartphone baik berupa ramalan cuaca, pesan, media sosial, dan lain sebagainya.

Smartband ini juga bikin kamu bebas menikmati musik yang bisa dikoneksikan dengan smartphone atau headphone. Desainnya sporty dan keren untuk aneka aktivitas. Ada fitur NFC dan asisten pintar Xiao AI sehingga kamu akin terbantu dalam kehidupan sehari-haro. Talinya berbahan plastik TPU 6 warna. Layarnya berjenis touch screen AMOLED 1,1 inci yang jernih dan tampak menawan.

Harga Rp. 343.000-499.000

Lenovo G10

Lenovo G10 ini juga bisa jadi pilihan selanjutnya. Produk yang satu ini dilengkapi baterai 110 mAh sehingga bisa tahan lama digunakan. Ada banyak fitur kesehatan terbaik yang membuat kamu bisa mengetahui tingkat kebugaranmu. Produk ini akan menampilkan perhitungan detak jantung, tekanan darah, hingga sleep monitor.

Dilengkapi pula dengan penghitung kalori, notifikasi panggilan, pedometer, dan lain sebagainya. Smartband ini tahan air hingga kedalaman 3 ATM.

Harga Rp. 180.000-300.000

OPPO Smartwatch OASE Smartband

OPPO Smartwatch OASE Smartband tidak bisa dilewatkan sebagai pilihan. Produk ini memiliki sederet kemampuan mengagumkan dan layak dipertimbangkan jadi andalan kamu setiap hari. Desainnya sporty sehingga bikin kamu makin keren saat memakainya ke berbagai acara.

Layar sentuhnya memiliki respons sentuh luar biasa dan kontras warna yang nyaman di mata. Ada fitur tahan debu dan tahan air sehingga nyaman dipakai dalam aneka aktivitas. Alat ini juga dilengkapi sensor kadar oksigen darah, sensor detak jantung, penunjuk tekanan darah, pelacak kualitas tidur, dan penunjuk kalori yang terbakar. Baterainya bisa tahan hingga 10 hari.

Harga Rp. 535.000-678.000

Smartband X9 Pro

X9 PRO menjadi rekomendasi lain yang bisa kamu tengok. Smartband keren ini membuat kamu bisa mencoba gaya hidup yang lebih sehat. Alat yang satu ini bisa membantu kamu untuk mengontrol kualitas tidurmu. Kamu juga bisa memantau target kebugaran yang kamu inginkan dan membagikan hasil datanya ke Facebook dan Twitter.

Baterainya tahan lama sampai 15 hari. Produk ini juga bersifat waterproof sehingga aman untuk digunakan saat mandi atau kehujanan.

Harga Rp. 199.000-340.000

4Connect 4Fit

4Connect 4F adalah rekomendasi terakhir dari kami. Alat yang satu ini bisa mengontrol gaya hidup yang lebih sehat. Produk yang satu ini bisa memonitor denyut jantung dan tekanan darah dengan akurat. Kamu boleh juga memakainya saat olahraga untuk mengetahui kalori yang telah terbakar, jarak tempuh lari, dan lain sebagainya.

Ada juga pengingat yang bisa membantu kamu untuk mengetahui pesan dan telepon yang masuk. Produk juga dibekali dengan fitur anti lost sehingga kamu bisa tetap berada pada jarak yang aman dengan smartphone kamu. Baterai produk ini berkapasitas 80 mAh dan bisa digunakan 4 hari lamanya.

Harga Rp. 149.000-241.000
From our editorial team

Cek Kompatibilitas pada Smartband

Ketika hendak membeli smartband, ada baiknya kamu memilih yang kompatibel dengan sistem operasi iOS dan Android. Ini supaya kamu lebih mudah mengoneksikan dengan smartphone yang kamu punya. Untuk notifikasi juga perlu kamu cek. Pastikan smartband kamu bisa mengirim data secara otomatis ke smartphone sehingga kamu lebih nyaman memakainya dan mudah mengetahui data kebugaran tubuhmu.

Tag