Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan 10 Rekomendasi Smartband Terbaik Pilihan BP-Guide (2020)

Jaga Tubuh Tetap Bugar dengan 10 Rekomendasi Smartband Terbaik Pilihan BP-Guide (2020)

Smartband menjadi gadget yang banyak diminati selain smartwatch karena fungsi utamanya sebagai alat pelacak kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda yang ingin tubuh selalu bugar setiap saat namun seringkali lupa untuk berolahraga ada baiknya untuk memiliki smartband terbaik ini.

Smartband Bisa jadi Solusi jika Smartwatch Dirasa Terlalu Kompleks

Smartband merupakan alat berbentuk gelang yang berfungsi sebagai pelacak kesehatan atau fitness tracking. Alat ini akan mendukung aktivitas olahraga dan menunjang gaya hidup sehat lewat fitur-fitur yang dimilikinya yang dirancang untuk melacak kebugaran tubuh. Layaknya smartwatch, saat menggunakan smartband Anda bisa mendapatkan notifikasi langsung dari smartphone.

Dibanding smartwatch, smartband memiliki desain yang lebih ringkas, ringan, dan beberapa diantaranya ada yang dapat dibawa untuk berenang. Dari segi harga, smartband jauh lebih murah ketimbang smartwatch dan menjadi alternatif bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan smartwatch.

Namun, sebelum membeli smartband ada baiknya untuk mengetahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan pengguna smartband. Hal ini penting untuk diketahui agar smartband dapat melacak kebugaran tubuh dengan optimal. Dengan menghindari kesalahan yang umum dilakukan berikut ini, maka Anda pun akan mendapatkan data yang valid terkait kebugaran tubuh.

Beberapa Kesalahan yang Biasanya Dilakukan oleh Pengguna Smartband

Tidak Mengatur Tangan yang Sering Digunakan untuk Memakai Smartband

Dalam penggunaan smartband ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar gelang pintar ini dapat bekerja optimal. Salah satu yang perlu diperhatikan namun sering dilupakan adalah pengaturan letak pemakaian smartband, apakah di tangan kiri atau kanan.

Meski terlihat sepele namun hal ini sangat berpengaruh pada sensitivitas sensor smartband. Seperti pada pemakaian smartband di tangan yang dominan, maka sensitivitas sensor akan berkurang karena tangan dominan lebih aktif bergerak.

Sleep Mode Selalu On

Kesalahan lain yang juga sering dilakukan oleh pengguna smartband adalah sleep mode yang selalu 'on'. Fitur sleep mode pada gelang pintar ini berfungsi untuk mendeteksi pola tidur penggunanya. Mulai dari menghitung detak jantung saat tidur, lama jam tidur, hingga kualitas tidur.

Namun, kebanyakan pengguna smartband justru membiarkan sleep mode ini tetap hidup pada siang hari saat beraktivitas. Hal ini justru membuat catatan pola tidur menjadi kacau. Karena itu, sebaiknya fitur sleep mode pada smartband hanya diaktifkan saat Anda beranjak tidur dan mematikannya setelah bangun tidur pagi hari. Dengan begitu, catatan mengenai aktivitas tidur Anda akan lebih valid.

Target Tidak Realistis

Sumber gambar www.macrumors.com

Fitur lain yang terdapat pada smartband adalah fitness tracker. Pada fitur ini akan ada catatan berupa digital diary yang akan menampilkan target-target yang harus dicapai untuk menjaga kebugaran tubuh. Saat awal membeli maka smartband secara otomatis akan mengatur target sebesar 10.000 langkah per-hari.

Jika pengaturan ini dipakai maka tidak realistis dan tidak semua orang bisa memenuhi target tersebut karena setiap orang memiliki pola aktivitas yang berbeda-beda. Karena itu, jangan lupa untuk mengatur ulang target untuk kebugaran Anda sesuai dengan kegiatan harian. Untuk permulaan Anda bisa mengatur target pada 5.000 atau 6.000 langkah sehari.

Tidak Mengisi Data Diri

Saat memakai smartband penggunanya akan diminta untuk membuat akun pribadi dan mengisi data diri dengan detail dan valid. Mulai dari usia, tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, dan sebagainya.

Data ini nantinya akan berfungsi sebagai pembanding untuk memprediksi jumlah langkah yang ditempuh, jumlah kalori yang terbakar, dan hal lainnya terkait dengan kebugaran tubuh.

Namun hal ini juga sering diabaikan sehingga smartband yang digunakan tidak dapat memberikan hasil yang valid. Karena itu, jangan lupa untuk mengisi data diri dengan lengkap saat pertama kali memakai smartband sehingga gelang ini dapat bekerja dengan optimal.

10 Rekomendasi Smartband Terbaik

Fitbit Ace 2

Fitbit Ace 2 merupakan smartband untuk anak-anak dengan desain yang stylish dalam warna-warni yang menarik. Smartband dirancang dengan pita silikon dan jepitan yang dapat disesuaikan dengan tangan anak. Hal ini membuat smartband tidak mudah lepas meski anak aktif bergerak maupun melompat.

Smartband memonitor kesehatan dan kebugaran tubuh anak menggunakan aplikasi yang user-friendly dan dapat memberikan hasil yang lebih akurat. Smartband terbaik ini akan mencatat aktivitas tidur anak, jumlah langkah sehari-hari, dan waktu aktif anak untuk berolahraga. Bahkan smartband ini juga dapat dikenakan saat berenang karena bersifat waterproof. Baterainya pun tahan hingga 5 hari.

Harga Rp. 1.065.000-1.269.000

Smartband Huawei Talkband B5

Smartband Huawei Talkband B5 hadir dengan warna-warna yang cerah dengan desain yang keren dan dilengkapi layar berwarna Amoled 1.13 inci.

Gelang pintar ini juga mendukung penggunaan handfree dan headseat. Smartband terbaik dari Huawei ini memiliki fitur kalender, pengingat pesan, dan pelacak detak jantung.

Terdapat juga pengukur kecepatan, pencatat waktu tidur, penghitung langkah, dan pencatat kebugaran. Smartband dengan layar sentuh ini juga waterproof dan terbuat dari bahan pita silika.

Smartband yang mendukung 9 bahasa ini kapasitas baterainya 108 mAh yang tahan selama 3 hari dengan waktu bicara maksimum 6 jam.

Smartband juga dilengkapi dengan fitur menjawab, mengakhiri, dan menolak panggilan masuk. Smartband ini kompatibel dengan smartphone dengan sistem operasi android 4.4 dan iOS 9.0 serta dapat terkoneksi bluetooth 4.2 atau dengan versi yang lebih tinggi.

Harga Rp. 2.179.000-2.499.000

Samsung Gear Fit2 Pro

Samsung Gear Fit2 Pro merupakan pilihan lain untuk smartband terbaik yang dilengkapi dengan fitur pemutar musik, GPS, dan monitor detak jantung. Smartband ini juga tahan air yang bisa dibawa berenang dan menyelam hingga kedalaman 50 m.

Dengan smartband ini Anda juga dapat mendengarkan musik favorit saat berolahraga, bahkan juga disediakan fungsi untuk menyimpan dan mendownload musik. Smartband dengan internal memori sebesar 4GB & RAM 0.5GB ini kompatibel dengan android & iOS.

Tampilan layarnya 1.5 Inch Curved Super Amoled 216 x 432, 310.7ppi. Dengan memakai gelang pintar dari Samsung ini Anda dapat mengetahui jumlah kalori yang terbakar selama beraktivitas dan memantau denyut jantung secara real-time.

Harga Rp. 2.499.000-2.988.000

Fitbit Alta HR

Fitbit Alta HR juga menjadi pilihan smartband terbaik yang kompatibel dengan Mac OS X 10.6, iPhone 4S, iPad 3 gen, android 4.4, dan Windows 10 atau dengan versi terbaru.

Smartband ini dapat tetap terhubung dengan perangkat hingga jarak 30 kaki melalui koneksi internet atau bluetooth LE. Smartband terbuat dari bahan elastomer yang fleksibel dan tahan lama serta stainless steel berkualitas.

Smartband ini waterproof dan baterai lithium-polimer pada gelang ini dapat bertahan hingga 5 hari. Perangkat dari smartband ini memiliki fitur denyut jantung PurePulse, pelacak aktivitas harian, tingkat kebugaran cardio, dan alarm.

Terdapat pula fitur pelacakan tidur otomatis, smarttrack, mode multi-olahraga, sleep mode, dan pengingat untuk bergerak.

Harga Rp. 2.399.900-2.999.000

Garmin Vivosport

Garmin Vivosport akan mendukung aktivitas olahraga Anda dan memantau kesehatan serta kebugaran tubuh. Smartband terbaik ini berbasis GPS yang akurat sehingga dapat melacak segala aktivitas Anda sepanjang hari.

Smartband kompatibel dengan android 4.4 OS dan IOS 9.0 atau versi terbaru serta dapat terkoneksi dengan bluetooth 4.0. Alat pemantau kebugaran ini dapat melacak tingkat stres dan memantau kebugaran seperti menampilkan taksiran VO2 max dan perkiraan usia kebugaran.

Smartband dengan profil ramping ini memiliki fitur cerdas seperti livetrack, notofikasi cerdas, dan sebagainya. Daya tahan baterai 8 jam dalam mode GPS dan 7 hari dalam mode smartwatch.

Harga Rp. 2.649.000-2.899.000

Withings Pulse HR

Withings Pulse HR jadi pilihan smartband terbaik berikutnya untuk melacak kebugaran dan kesehatan harian Anda.

Smartband ini hadir dengan fitur multi-sport, pelacakan detak jantung, pelacakan aktivitas tidur, dan berbagai fitur lainnya termasuk GPS aktif, notifikasi panggilan, pesan, dan aplikasi lainnya.

Baterai smartband tahan hingga 20 hari dan juga tahan air hingga kedalaman 50 meter. Smartband ini dapat Anda kenakan untuk berolahraga air seperti berenang atau snorkeling.

Harga Rp. 2.305.000-3.918.500

Sony Swr12

Sony Swr12 juga merupakan smartband terbaik untuk memantau aktivitas kesehatan Anda. Gelang pintar ini dapat memantau semua aktivitas, gerakan, hingga detak jantung.

Bahkan alat ini juga dapat mengukur tingkat stres Anda. Setiap pergerakan Anda akan dicatat oleh alat ini baik saat Anda aktif beraktivitas hingga saat terlelap tidur.

Smartband ini tahan air hingga kedalaman 3 m dan kompatibel dengan perangkat android 4.4 dan iOS 8.2 atau dengan versi yang lebih tinggi. Smartband juga dapat terhubung melalui koneksi NFC dan bluetooth.

Smartband dengan desain LCD berwarna ini juga dilengkapi dengan sensor akselerometer dan monitor detak jantung. Daya tahan baterainya pun hingga 5 hari.

Harga Rp. 3.119.000-3.747.300

Fitbit Charge 3

Fitbit Charge 3 bisa jadi pilihan smartband terbaik untuk Anda yang peduli dengan kesehatan. Smartband ini hadir dengan fitur optical heart rate monitor, 3-axis accelerometer, vibration motor, altimeter, relative SpO2 sensor, dan bluetooth 4.0. Smartband juga tampil dengan grayscale OLED touchscreen yang keren.

Anda tidak perlu khawatir karena semua data terkait kesehatan dan kebugaran seperti detak jantung hingga pelacakan aktivitas olahraga akan tersimpan dengan baik. Smartband ini juga dirancang tahan air hingga kedalaman 50 m, namun walau demikian sangat disarankan untuk segera mengeringkan smartband seusai berenang.

Untuk materialnya smartband ini terbuat dari bahan berkualitas aero-space grade alumunium yang tahan lama, lebih ringan, dan fleksibel. Untuk desainnya pun lebih ramping dan tipis sehingga nyaman dikenakan. Baterai smartband ini pun dapat bertahan selama 7 hari.

Harga Rp. 2.239.000-3.099.000

Sony 3 SWR50

Satu lagi smartband terbaik dari Sony adalah Sony 3 SWR50. Smartband yang kompatibel dengan perangkat android 4.3 atau yang lebih tinggi ini lebih canggih dengan sensor cahaya sekitar, akselerometer, kompas, gyro, dan GPS.

Smartband ini juga didukung oleh RAM 512 MB, 4 GB eMMC, dan Quad ARM A7, 1,2 Ghz. Masa pakai baterai tahan hingga 2 hari, smartband juga dilengkapi dengan pelindung air IP68.

Untuk konektivitasnya, gelang pintar dari Sony ini dapat terhubung ke perangkat melalui wifi, NFC, dan bluetooth. Smartband ini dapat mendeteksi segala aktivitas, perhitungan gerakan dan arah Anda dengan tepat. Smartband juga dapat tersinkronisasi dengan aplikasi musik, pesan, hingga media sosial.

Harga Rp. 3.649.000-4.842.800

Garmin Vivofit 3

Garmin Vivofit 3 jadi pilihan terakhir untuk Anda yang masih bingung memilih smartband terbaik. Smartband ini dapat tersinkronisasi secara otomatis pada perangkat. Dengan smartband ini aktivitas harian Anda terkait masalah kesehatan akan termonitor dengan baik.

Smartband ini akan menampilkan jumlah langkah Anda sepanjang hari, jumlah kalori yang terbakar, hingga jarak yang Anda tempuh per hari. Saat Anda lebih banyak diam maka smartband ini akan mengingatkan Anda untuk lebih aktif bergerak. Tali smartband terbuat dari bahan silikon dan lensanya berbahan akrilik. Smartband ini juga waterproof 5 ATM.

Harga Rp. 1.264.000-1.556.639
From our editorial team

Yuk, Miliki Smartband Terbaik Ini!

Karena kesibukan seringkali kita lupa untuk lebih banyak bergerak sehingga membuat kesehatan tubuh rentan menurun. Namun dengan memiliki smartband terbaik ini maka tubuh pun akan terdorong untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga agar tetap bugar. Anda pun dapat memantau kesehatan tubuh setiap saat di mana saja dan kapan saja.