Para Gamers! Cek 10 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik Tahun 2022 Ini!

Para Gamers! Cek 10 Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik Tahun 2022 Ini!

Kursi jadi benda yang sangat penting lho buat para gamers. Dengan kursi yang nyaman, duduk untuk nge-game selama berjam-jam pun tidak masalah! Temukan rekomendas kursi gaming terbaik di tahun 2022 hanya dalam artikel BP-Guide berikut ya!

Kursi Gaming yang Bagus Akan Bikin Main Game Lebih Seru

Kursi gaming termasuk salah satu hal yang penting bagi para gamers. Pasalnya, kesibukan bermain game sangat menyita waktu sampai berjam-jam. Jika tempat duduknya tidak nyaman, maka akan berpengaruh terhadap konsentrasi saat bermain game.

Dulu, sebelum adanya e-sports atau kompetisi game profesional, keberadaan kursi gaming atau gaming chair barangkali masih terasa asing, terutama di telinga orang awam. Kursi gaming pun tak jarang menjadi barang yang kerap dipandang sebelah mata karena dianggap sia-sia.

Padahal kursi ini didesain untuk kenyamanan dan kesehatan tulang punggung saat duduk lama. Anda pun tidak gampang merasa lelah jika duduk lama di kursi gaming. Di kursi gaming juga tersedia tempat menaruh barang-barang seperti headphone dan makanan.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Kursi Gaming

Fleksibilitas Desain

Fleksibilitas sebuah tempat duduk merupakan bagian yang sangat penting untuk menciptakan kenyamanan. Jika Anda merasa nyaman, Anda pun jadi lebih fokus dengan apa yang sedang Anda mainkan. Ini tentu akan berpengaruh pada hasil akhir. Jadi, perhatikanlah bagaimana bentuk kursi, apakah nyaman untuk Anda duduki.

Bahan Pembuat

Sebagai sebuah tempat yang Anda gunakan untuk duduk dalam waktu lama, maka Anda perlu memperhatikan kualitas bahan yang digunakan untuk membuat kursi gaming. Bahan yang sesuai tentu akan membuat Anda lebih nyaman dan juga kursi dapat lebih bertahan lama.

Pada umumnya, bahan kursi gaming terbaik meliputi 4 jenis, yakni leather/kulit, PU leather/kulit imitasi, PVC leather, dan fabric/kain. Keempat bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Leather merupakan bahan yang terbuat dari kulit asli sehingga awet meskipun digunakan dalam waktu lama. PU leather/kulit imitasi tergolong juga memiliki sifat yang hampir mirip dengan bahan leather/kulit.

PVC leather juga hampir mirip, hanya saja posisinya di bawah PU leather. Namun, PVC leather memiliki kelebihan yaitu tahan air, tahan api, dan anti noda, sehingga cocok bagi Anda yang suka ngemil di kursi gaming.

Selanjutnya, ada bahan kain, yang tidak begitu banyak disukai oleh para gamers. Sebenarnya bahan ini cukup lembut dan nyaman dipakai. Namun sayangnya kurang awet dibandingkan bahan-bahan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Ukuran dan Kekuatan

Ukuran kursi akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda saat menggunakannya. Anda juga tentu menginginkan kursi yang kuat dan dapat dipakai dalam waktu yang lama, bukan? Maka sebaiknya tes dulu, coba dulu duduk di atas kursi itu sebelum membelinya.

Bantalan Kursi

Bagian pada kursi gaming yang cukup penting adalah headrest dan sandarannya. Produsen biasanya menambahkan bantalan pada kedua bagian tersebut. Tujuannya untuk menyangga leher, kepala, dan pinggang agar tidak mudah pegal. Jadi, pastikan produk kursi gaming yang hendak Anda beli dilengkapi bantalan.

Harga

Harga kursi gaming sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Hal ini tentu tergantung pada bahan dan fitur yang dimiliki. Maka pilihlah kursi gaming yang sesuai dengan budget keuangan, namun juga memiliki desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Merawat Kursi Gaming Berdasarkan Bagiannya

Dudukan dan Cover

Kursi gaming dibuat dari bantalan tebal yang dilapisi oleh cover kulit, kain, atau jala. Jika Anda memiliki kursi berlapis kain, Anda perlu membersihkannya secara rutin dengan menggosok permukaannya menggunakan kain microfiber yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Gosoklah secara lembut.

Proses perawatan kursi gaming berlapis kain dan jala sedikit lebih sulit, karena kotoran tidak mudah dibersihkan hanya dengan sekali usap. Sebaiknya Anda rutin menyedot debu pada permukaannya dengan vacuum cleaner kecil, dan gunakan sabun cuci serta lap saat membersihkan noda membandel pada permukaannya.

Roda

Roda kursi gaming memang cukup tangguh dan mampu menahan beban yang berat. Namun, roda-roda itu pun bisa aus dan retak jika tidak dirawat dengan baik. Sebaiknya Anda tidak terlalu sering menggerakkan roda pada saat bermain, karena gesekan yang kasar dapat membuat roda mudah retak.

Secara berkala, bersihkanlah roda-roda kursi dari debu-debu. Jika tidak, debu-debu bisa berkumpul dan menggumpal, dan dapat membuat roda menjadi sulit untuk digerakkan. Anda dapat membersihkan debu dengan tisu basah atau lap yang sudah direndam di dalam air.

Sandaran Tangan

Meskipun beberapa kursi gaming diproduksi dengan sandaran tangan kuat, namun jika terus menerus mendapatkan tekanan berat, sandaran tangan itu pun berpotensi rusak.

Jadi, perhatikanlah tekanan yang Anda berikan terhadap sandaran tangan. Periksalah apakah sandaran sudah mulai longgar. Anda juga perlu rutin membersihkannya dari debu dan kotoran.

Rekomendasi Kursi Gaming Terbaik Buat Para Gamers

Rexus Gaming Chair RGC 100 2D

Rexus membuat kursi gaming dengan model yang simpel tapi elegan. Kursi gaming ini didesain secara ergonomis, sehingga akan memberikan kenyamanan saat dipakai dalam waktu yang lama sekalipun. Ukurannya ideal untuk postur orang Indonesia. Sandaran tangan dan punggung pun bisa disesuaikan dengan mudah.

Lapisan kulitnya terbuat dari PU leather yang fleksibel dan tidak mudah sobek. Bahan ini juga akan terasa lembut di kulit serta tidak menyerap keringat.

Membersihkannya pun sangat mudah, cukup dilap, maka kotoran akan tersapu bersih. Bahan ini membungkus foam super lembut yang mengikuti kontur tubuh. Kaki-kakinya terbuat dari bahan metal sehingga kokoh dan bisa menampung beban hingga 120 kg.

Harga Rp. 1.800.000-2.500.000

Onex GX3 Premium Quality Gaming Chair

Onex GX3 menawarkan kursi gaming terbaik dengan berbagai pilihan warna. Mengusung desain yang terinspirasi dari jet streams, kursi gaming keren ini tidak hanya tampil trendy dan stylish, tetapi juga dapat memberikan kenyamanan dan meningkatkan performa gamers.

Kursi gaming yang satu ini dirancang menggunakan teknologi air tech yang dibalut dengan material premium, agar penggunanya dapat merasa nyaman untuk duduk dalam waktu yang lama, tanpa merasa gerah atau membuat tubuh berkeringat. Untuk mekanisme recline, kursi gaming ini dapat direbahkan hingga 180 derajat dan mudah diatur sesuai kenyamanan dalam menatap monitor.

Produk ini juga dilengkapi dengan head dan back cushion yang mampu menopang leher dan punggung secara baik agar dapat mengurangi risiko pegal saat bermain game dalam intensitas tinggi.

Harga Rp. 2.300.000-2.800.000

DXRacer Pink Kitty Gaming Chair

Kursi gaming DXRacer ini memiliki warna yang cerah sehingga dapat menghidupkan suasana streaming Anda. Perpaduan warna pink dan putih memberikan tampilan manis pada kursi gaming ini. Alhasil, kursi ini juga cocok untuk Anda yang hanya menggunakan furnitur cerah di kamar.

Selain warnanya yang cute, desain headrest-nya juga sangat lucu. Bagian tersebut didesain seperti kepala kucing, lengkap dengan ekspresi yang menggemaskan. Jika Anda melakukan streaming, viewers Anda bisa salfok dengan pesona kursi gaming ini.

Kursi gaming ini dibuat dari bahan PU leather, dengan material kerangkanya terbuat dari logam. Sehingga, kursi ini pun kokoh dan awet. Dari segi kenyamanan, kursi ini memiliki pengaturan sudut hingga 135 derajat.

Harga Rp. 5.000.000-8.000.000

Rexus DT1 Dark Thrones

Sekilas, Rexus Dark Thrones ini tidak terlihat seperti kursi gaming pada umumnya. Perpaduan warnanya dibuat minimalis sehingga cocok sebagai kursi untuk aktivitas apa pun. Anda bisa menggunakannya sebagai kursi kerja yang nyaman. Bila Anda mencari kursi gaming yang bisa fleksibel dipakai untuk bermain game dan bekerja, inilah jawabannya.

Kaki kursi terbuat dari baja dengan bahan lapisan dari PVC Leather. Pengaturan sudutnya bisa hingga 150 derajat yang bisa Anda sesuaikan dengan kenyamanan.

Kursi ini juga memiliki bantalan leher dan pinggang yang dibuat cukup tebal, sehingga terasa empuk saat bersandar. Produk ini menggunakan bahan berpori sehingga sandaran dan alas duduknya terasa adem.

Harga Rp. 3.000.000-5.000.000

IKEA HUVUDSPELARE

Bekerja sama dengan Asus RoG, raksasa perabotan asal Swedia IKEA terjun ke pasar gaming. Salah satu produk andalan mereka adalah kursi gaming seri HUVUDSPELARE yang dibuat dari bahan berkualitas, dan memiliki fitur sandaran yang dapat menyokong punggung dan leher Anda.

Sandaran dan pegangan kursi ini dibuat ergonomis, demi kenyamanan dan kesehatan tulang punggung Anda. Berkat sandaran yang terbuat dari jaring-jaring, punggung pun bebas keringat dan tetap tertopang dengan nyaman.

Ketinggiannya dapat diatur dengan mudah, tinggal dicocokkan dengan gaya bermain atau posisi bermain yang paling nyaman untuk Anda. Paket lengkap demi kenyamanan bermain game, dari bahan dan fitur yang disediakan!

Harga Rp. 1.300.000-2.000.000

Corsair T1 Race Gaming Chair

Kursi gaming Corsair T1 Race menghadirkan desain yang terinspirasi dari mobil balap. Hal tersebut bisa Anda lihat dari model kursi, penggunaan warna, hingga pola jahitannya. Sebagai brand yang sudah lama berkecimpung dalam periferal gaming, Corsair tentu sudah berpengalaman dalam menciptakan produk yang berkualitas.

Corsair sangat memperhatikan ketahanan kursi gamingnya, sehingga ia menciptakan kursi gaming yang kokoh dan awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang panjang, berkat kerangkanya yang dibuat dari baja.

Dibekali dengan lima roda yang terbuat dari bahan nilon, gesekan roda pada lantai tidak akan meninggalkan goresan. Ditambah lagi, kursi gaming ini memiliki fitur 4D-movement armrest yang bisa Anda sesuaikan dengan menggunakan mechanical control. Sangat layak untuk Anda pertimbangkan, terutama bagi yang menyukai game penuh adrenalin seperti racing.

Harga Rp. 3.000.000-6.000.000

Cougar Armor S

Kursi gaming Cougar Armor S ini menggunakan pola jahitan berlian pada hampir seluruh bagian sandaran dan alas duduknya. Alhasil, kursi gaming yang satu ini pun terlihat mewah seperti halnya furnitur-furnitur premium.

Anda bisa memilih perpaduan warna hitam dan oranye untuk menguatkan kesan sports pada kursi ini. Sementara itu, pilihan warna royal gold makin meningkatkan kesan mewahnya.

Kenyamanan dan kualitasnya tentu tidak perlu diragukan lagi karena sudah menjadi andalan gamer di Indonesia. Kursi ini menggunakan bahan lapisan PVC leather dengan kerangka baja dan kaki aluminium, serta pengaturan sudut 180 derajat. Terdapat juga bantalan leher dan pinggang yang membuat Anda semakin nyaman.

Harga Rp. 4.000.000-6.000.000

Sage SG-168 Premium Gaming Chair

Ingin tahan berlama-lama main game esports tanpa merasa pegal? Sage SG-168 adalah jawabannya. Kursi gaming ini memiliki tampilan yang simpel, tapi mempunyai banyak fitur yang fungsional. Terdapat panel kontrol hidrolik yang memudahkan pengaturan tinggi dan rendah kursi.

Bahan bakunya juga terbuat dari kombinasi besi dan aluminium, kuat dan tahan karat untuk pemakaian lebih lama. Tampilan luarnya menggunakan bahan yang lembut dan nyaman di kulit. Sandaran kursinya dapat diatur hingga kemiringan 145 derajat. Jadi bisa digunakan untuk rebahan santai saat istirahat main game.

Sandaran tangan juga dapat diatur, membuatnya fleksibel untuk berbagai macam posisi kenyamanan sesuai selera. Untuk leher dan punggung atas, tersedia bantal untuk menopang dengan baik. Menahan rasa pegal dan meningkatkan kenikmatan untuk waktu lama.

Harga Rp. 1.400.000-2.000.000

Marvo CH-106 Scorpion Gaming Chair

Marvo CH-106 merupakan salah satu kursi gaming yang berkualitas. Kursi gaming ini memiliki mekanisme butterfly, yang memungkinkan Anda agar dapat bergerak lebih leluasa saat bermain game dengan menggunakan kursi ini.

Bila Anda ingin memberikan kursi gaming untuk anak, produk ini bisa dipilih. Terlebih, ukurannya pas untuk anak-anak. Kelengkapan fiturnya pun sudah mumpuni untuk penggunaan yang secukupnya.

Kursi gaming ini dibuat dari bahan lapisan kombinasi PU Leather dan PVC Leather, dengan sandaran yang dapat direbahkan hingga 180 derajat. Terdapat juga bantalan leher dan pinggang yang semakin membuat nyaman. Kursi ini tersedia dalam pilihan warna hitam, merah, biru, dan hijau.

Harga Rp. 3.000.000-4.000.000

Secretlab Titan 2020 Series

Kursi gaming yang satu ini memadukan material kulit sintetis dan cold molded foam. Tersedia juga versi yang menggunakan material fabric dan nappa leather tetapi dengan harga yang lebih mahal. Agar terlihat tambah menarik, di bagian sisinya juga teraplikasi motif serat karbon yang membuat kursi gaming ini jadi keren.

Soal kenyamanan, kursi gaming ini juga dibekali mekanisme recline hingga 165 derajat serta armrest 4D yang dilapisi dengan bahan soft touch. Kedua mekanisme tersebut membuat kursi gaming ini layak mendapatkan predikat sebagai salah satu kursi gaming ternyaman di kelasnya.

Anda juga akan mendapatkan head pillow. Sementara untuk bagian punggung, kursi ini sudah dibekali dengan mekanisme lumbar support yang terintegrasi di dalam rangka yang terbuat dari baja ini. SecretLab mengklaim kursi ini mampu menahan bobot hingga 130 kilogram.

Harga Rp. 7.500.000-10.000.000
From our editorial team

Minum Air yang Banyak Untuk Menghindari Sakit Punggung Akibat Kelamaan Duduk

Duduk untuk main game selama berjam-jam tidak baik untuk kesehatan, meskipun Anda sudah memilih kursi gaming terbaik seperti rekomendasi BP-Guide di atas. Untuk itu, Anda perlu banyak minum air agar tidak mengalami gangguan kesehatan serius di masa depan. Selain itu, pastikan Anda sering-sering melakukan stretching ya!

Tag